Friday, August 4, 2017

Jelajah Energi Cirebon Bersama Pertamina

Jelajah Energi Cirebon Bersama Pertamina. Dear Temans, nggak ada hujan, nggak ada angin eh dapat e-mail mengharukan, aish hihi yang isinya aku terpilih ikut Blogger Touring Pertamina: Jelajah Energi Cirebon Bersama Pertamina, yippie!



Selasa subuh, aku otw ke Cirebon naik kereta api Argo Sindoro. Perjalanan ke Cirebon sekitar tiga jam. Ah, excited mau ikutan jelajah Cirebon karena aku belum pernah jjs Cirebon.

Hanya lewat doang, singgah makan siang kalau pulang ke Semarang naik mobil Abah, huhu. Penasaran juga icip-icip kulinernya kayak tahu gejrot dan nasi jamblang. Sempat mbatin pengen jjs ke Cirebon, eh diajakin Pertamina! Alhamdulillah.


Ya, kali ini aku berangkat sendirian dari Semarang. Peserta lain berangkat dari Jakarta. Ada dua peserta dari Bandung yaitu Kang Dicky ngiderngiler.com dan Kang Fauzi Nur Hasan. Deg-degan juga nggak banyak kenal dengan pesertanya, hihi.


Kereta tiba di Stasiun Cirebon Siliwangi pukul 09.00. Masih ada waktu sejam untuk sarapan. Rombongan Jakarta tiba pukul 10.00. Langsung keluar stasiun cari warung dan disambut panas terik Cirebon. Mataharinya banyak yaa?

Puas leyeh-leyeh, menyeberang deh ke stasiun. Olala, ternyata bus Pertamina Touring sudah stand by! Telpon-telponan dengan Mas Zulfan, hehe ternyata orangnya di depanku, hihi. Begitu rombongan siap di atas bus, bus pun melaju menuju Pertamina EP 3 Jatibarang Field. Asyik, nggak sabar deh!

Peserta touring kebanyakan travel blogger ya ada Kak Terry Negeri Kita Sendiri, Fahmi Catperku.com, Wira Nurmansyah dan Eka Situmorang-Sir dari ceritaeka.com. Meriah!


Perjalanan ke kilang minyak Jatibarang Field makan waktu sekitar satu jam dari stasiun. Dinginnya AC bus membuatku tertidur sejenak hehe. Tak terdengar penjelasan dari panitia touring.

Ups, maafkan aku ya! Maklum, Mamak mau piknik, dari pagi buta siapkan bekal nasi buat bocah-bocah, wkwkw. Sebenarnya sih nggak berani tidur lagi tadi takut ketinggalan kereta!


Alhamdulillah, tak lama kemudian kami tiba di Jatibarang Field. Kami diajak ke ruang rapat utama. Sebelum dijelaskan tentang Jatibarang Field, para blogger dan rombongan Pertamina menonton film tentang cara menghadapi situasi bencana di area ini misalnya jika terjadi gempa dan kebakaran.

Setelah itu, kami dijelaskan tentang PT. Pertamina EP Asset 3. Ternyata, PT. Pertamina EP Asset 3 adalah anak perusahaan Pertamina yang khusus melakukan kegiatan usaha di sektor hulu bidang minyak dan gas bumi. Aku baru tahu kalau EP itu adalah singkatan dari eksplorasi dan produksi.


PT. Pertamina Asset 3 ini mempunyai 3 field di area Subang, Tambun dan yang akan kami kunjungi yaitu Jatibarang Field.

Menurut Bapak Adiatma Sardjito (VP Coorporate Communication), Pertamina EP Asset 3 mempunyai total 53 struktur dari 3 lokasi dan memproduksi 10181 Barrel Oil Per Day minyak serta 290.7 million standard cubic per feet per day (MMSCFD).


Produksi minyak ini untuk memenuhi kebutuhan BBM beberapa kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

Ya, tugas utama Pertamina EP adalah eksplorasi dan produksi sumber minyak di dalam bumi, tugas yang cukup berat karena mencari sumber minyak di dalam bumi lalu mengeksplorasi, dan memproduksinya membutuhkan dana yang tidak sedikit.


Kadang dari 10 sumber minyak yang diteliti, sangat beruntung jika ada 1 yang bisa menghasilkan minyak.


Tidak sembarang orang bisa memasuki kawasan kilang minyak ini. Jadi kami para blogger peserta tur sangat beruntung bisa melihat dari dekat proses pengeboran minyak ini. Rejeki mamak sholehah, hihi. Yang bisa masuk pun tetap harus mematuhi segala SOP dan aturan keamanan dan keselamatan yang ada.

Sebelum kami mengunjungi kilang minyak Jatibarang Field, kami diharuskan memakai seragam, juga topi proyek serta sepatu bot. Baiklah, mari ganti kostum!


Huaa, luar biasa deh! Siang bolong pakai seragam ini jadi semacam sedang sauna! Hihi. Belum lagi sepatu boot yang berat. Setelah itu, kami berjalan menuju kilang minyak yang berada di tengah persawahan. Nggak lupa foto-foto, dong! Hihi kapan lagi bisa bergaya ala Insinyur Teknik, begini?


Sebelum masuk ke area pengeboran atau drilling, kami dibriefing lagi oleh Bapak Tunjung W Kurniadi, penanggung jawab area. Harus hati-hati berjalan dan tidak boleh terlalu jauh dari rombongan. Tak heran, jika Pertamina Asset 3 Jatibarang Field ini mendapat penghargaan kecelakaan nihil dari Kementerian Tenaga Kerja.


Di Jatibarang Field ini, kita bisa menyaksikan proses pengeboran minyak sumur ke-13 yang telah berlangsung 85 hari. Pengeboran ini menggunakan mesin terbaru dan biayanya sekitar 15 juta Dollar US, Temans! Duit semua, bukan daun!

Proses pengeboran ini pun ramah lingkungan, ada pengelolaan limbah khusus sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar. Pak petani tetap bisa bekerja di sawah sekitar area dengan aman dan tentram #apadeh.

Ternyata tidak mudah ya untuk mengolah minyak mentah menjadi bahan bakar yang kita gunakan. Butuh biaya besar, tenaga, waktu dan banyak lagi.

Jadi, sudah seharusnya kita mulai menjalani hidup hemat energi, menggunakan energi seefisien dan sehemat mungkin. Gunakan bahan bakar seefisien mungkin, naik kendaraan umum, matikan peralatan listrik yang tidak dipakai, kurangi penggunaan kertas dan plastik. Banyak yang bisa kita lakukan demi masa depan anak cucu kita, juga masa depan bumi.

Alhamdulillah, senang deh bisa ikut serta Pertamina Blogger Touring Jelajah Energi Cirebon ini. Banyak pengetahuan baru yang kudapat. Tujuan selanjutnya adalah mengunjungi Ekowisata Mangrove Karangsong di Indramayu. Baiklah, Tungguin kelanjutan cerita #JelajahEnergiCirebon ya!

Photo Courtesy of
Andiyani Achmad, Valencia Mieke, Pertamina
dan Kang Dicky.

21 comments:

  1. Panas mana cirebon & semarang, mba dew? Hahahaha :D seru euy acaranya. Bagus pertamina udah ajak blogger buat sosialisasi kayak gitu.

    ReplyDelete
  2. Waaah tur yang bener-bener nggak mainstream. Lucky you, Mak Dew. Seneng bisa baca ceritanya di sini.. :))

    ReplyDelete
  3. Serunyaaa bisa liat langsung kilang minyak. Kece lah pakai seragam ala insinyur hihi mau jugaaak.

    ReplyDelete
  4. berburu minyak kok gak ngajak-ngajak sih emak yang satu ini..seru dong, pasti cuma orang2 tertentu yang bisa masuk kesitu kan ya

    ReplyDelete
  5. Asyiknya jalan2 ke Cirebon. Kota kelahiranku tu mak
    #siapqygnanya

    ReplyDelete
  6. Waaah seru banget yaa acaranya
    Kapan donk aku bisa ikutan nii

    ReplyDelete
  7. Suka lihat seperti ini, datang ke tempat yang tidak sembarang orang boleh masuk, memakai pakaian sesuai SOP dan mendapat penjelasan tentang Pertamina.

    ReplyDelete
  8. Wah serunya mbak dew, kilang pertamina di cirebon panas nyak heuheu, tapi asyik pengalaman baru, tfs 😊

    ReplyDelete
  9. Asiknya mbak Dew jalan2. Dari fotonya kebayang panasnya Cirebon,, tapi seru ya mbak

    ReplyDelete
  10. panjang ya mba proses pengolahan minyak, kita sih emak-emak tahunya ngomel pas bbm naik karena pasti berimbas ke harga sembako hihi

    ReplyDelete
  11. Wah menyenangkan bgt kak dew bisa nambah ilmu dunia energi, jd pingin nyubain wearpacknya juga huhu

    ReplyDelete
  12. wah..bisa belajar banyak tentang proyek pertamina disana ya..
    panas-panas sih tapi seru kayaknya.

    okapinote.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. Waaah ternyata mbak Dedew ikutan juga ya? Seru bangeeeet.. Rame ya yang ikutan. Ketemu Danan juga.. Itu seragamnya gerah ya? Hehehe di sini aku pake seragam kayak gitu tiap hari mbak 😁😁

    ReplyDelete
  14. Pertamina lagi gencar-gencarnya ya kayaknya karena ulang tahun? Hehe. Soalnya aku juga habis ikut workshop yang diadakan oleh Pertamina :D
    seru banget tuh bisa jalan-jalan sekaligus belajar juga ya mbak.

    ReplyDelete
  15. jadi nambah ilmu tentang cirebon

    ReplyDelete
  16. serunya..saya aja 15 tahun nikah sama orang migas belom pernah lihat ke dalaman kilang, Mbak..haha rejeki blogger memang..Btw, keren ceritanya :)

    ReplyDelete
  17. Wah acaranya seru banget, Mbak. Eh itu Mas Danan ya, Mbak. Beruntung banget euy bisa melihat langsung ya Mbak.

    ReplyDelete
  18. Pengalaman jalan2 yang seru banget mba, jadi ngerti nih mesti hemat energi. Udah susah sekarang ngebor minyaknya.

    ReplyDelete
  19. wah seru banget mba acara jalan-jalannya, selain refreshing juga dapat ilmu baru ya mba :)

    http://www.dajourneys.com/

    ReplyDelete
  20. Wah.. seru sekali, Mbak Dedew.
    Saya mau juga kalau diajak hehehe.
    Ini awalnya daftar acara atau langsung diemail, Mbak?

    ReplyDelete
  21. Keren banget mbk dedew, mau juga dong tour bareng pertamin..hihi

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...