10 Oleh-Oleh Paling Ngehits di Cirebon

10 Oleh-Oleh Ngehits di Cirebon. Dear Temans, Alhamdulillah kemarin main ke Cirebon, piknik ke beberapa tempat wisata ikut acara #JelajahEnergiCirebon bersama Pertamina dan mencoba berbagai kuliner Cirebon yang endess.

10 Oleh-Oleh Ngehits di Cirebon
10 Oleh-Oleh Ngehits di Cirebon


Sayangnya, hanya dua hari satu malam nggak cukup untuk jelajah Cirebon. Semoga next trip Cirebon, bisa lebih puas eksplor yaa. Nah, akuh mau sharing yaa 10 oleh-oleh ngehits di Cirebon, hihi. 

Iyaa, seperti biasa di blogku sudah banyak artikel tentang oleh-oleh dari berbagai daerah ini. Ada oleh-oleh khas Malang hingga Makassar dan cukup banyak pembacanya. Dasar blogger tukang makan yaa hihi. Apa saja 10 oleh-oleh ngehits Cirebon? Intip yuuk..

1. Tahu Gejrot

Makanan khas Cirebon berbahan dasar tahu goreng dengan bumbu campuran gula merah dan asam jawa ini kerap dijadikan oleh-oleh wisatawan yang main ke Cirebon.

10 Oleh-Oleh Ngehits di Cirebon
tahu gejrot (foto: sebandung.com)

Pas main di Cirebon, dapat goodie bag dari Pertamina. Pas diintip isinya ulala, ternyata tahu gejrot yang sudah dikemas dalam plastik terpisah, hehe. Jadi sampai rumah, maem tahu gejrot. Yummii!

2. Terasi  Udang Rebon

Terasi udang rebon atau jenis udang kecil dari Cirebon memang hits yaa sejak zaman dulu kala. Konon, terasi ini jadi upeti Kerajaan Cirebon untuk Padjajaran, Raja KerajaKe Singapura.

10 Oleh-Oleh Ngehits di Cirebon
terasi Cirebon (Foto: Danan Wahyu)

Pas buka kardus goodie bag Pertamina awalnya kukira dodol haha. Untung belum dicemilin bocah. Soalnya kemasannya mirip banget sama dodol duren. Jadi halu deh aku.

Blogger hits Batam malah disuruh bongkar kardus ajaibnya pas mau masuk Bandara oleh petugas karena curiga melihat rencengan terasi yang montok dalam kardus. Dikiranya bom kecil apa ya?

"Ini terasi udang, Pak!" teriak Kak Danan kesal.
Haduhh!

3. Rengginang

Entah kenapa, rengginang hits banget sebagai oleh-oleh Cirebon. Kemasannya pun bukan kaleng bekas kue Monde, hihi.

Bahan dasarnya sama yaitu beras ketan hanya rengginang di Cirebon naik kelas dengan adanya varian rasa mulai rasa udang, keju hingga rasa terasi! Ajiib...

4. Sirup Tjampolay

Sirup ini legendaris pisan terutama yang rasa pisang susu. Menjadi minuman kesukaanku karena rasa sirupnya sama seperti sirup DHT rasa pisang dari Makassar.
10 Oleh-Oleh Ngehits di Cirebon
sirup tjampolay khas Cirebon (Foto: sportourism.id)

Jadi kalau bikin es pallu butung atau es pisang ijo paling cucok ya sirup ini, bukan sirup Marjan dll, hiks. Happy banget pas tahu ternyata isi goodie bag nan berat Pertamina karena ada sirup Tjampolay ini, hahaha.

5. Aneka Kerupuk

Kerupuk ternyata jadi andalan Cirebon sebagai oleh-oleh. Kerupuk udang Cirebon dikemas dua macam, yang siap santap atau harus digoreng dulu.

10 Oleh-Oleh Ngehits di Cirebon
kerupuk udang mentah

Selain kerupuk udang, ada juga kerupuk kulit sapi yang gurih. Ada juga kerupuk melarat karena proses menggoreng kerupuk warna-warni ini menggunakan pasir bukannya minyak goreng! Hehe unik yaa. Kita juga bisa membeli emping yang banyak dijual di toko oleh-oleh Cirebon.

6. Batik Cirebon

Yang menarik dari Cirebon adalah batiknya yang bermotif khas diantaranya motif mega mendung dan berwarns cerah dan memikat.

Oleh-oleh batik khas Cirebon (Foto: klikhotel.com)

Batik Cirebon termasuk batik motif pesisir hasil akulturasi budaya Cirebon dengan pendatang dari negeri lain seperti Tiongkok dan Arab. Jika ingin berburu batik khas Cirebon biasanya wisatawan berkunjung ke Desa Trusmi.

7. Berbagai jenis ikan & camilan hasil laut

Cirebon juga terkenal dengan berbagai camilan hasil laut diantaranya bilis goreng, ikan teri, cumi telor hingga ikan jambal. Berbagai camilan atau lauk kering dari laut ini dikemas rapi dalam plastik dan banyak dijual di toko oleh-oleh.

8. Bawang Goreng

Pas Mama ke Cirebon, aku dapat oleh-oleh bawang goreng yang terbuat dari bawang merah diiris dan digoreng. Yah, bawang goreng di,mana-mana ada! Tapi jangan salah, bawang gorengnya tengah! Kres kres gitu pas dikunyah. Nggak nyadar, malah habis buat camilan, wkwkwk...

9. Kue Gapit

Kue gapit ini juga merupakan makanan khas Cirebon yang terbuat dari tepung tapioka. Cara bikinnya unik, yaitu dengan cara adonan kue ditekan dengan dua cetakan kue dan dipanggang atas kompor alias digapit. Hasilnya kuenya jadi renyah.

kue gapit aneka rasa khas Cirebon
( Foto: jualkuetradisional.blogspot.com)

Kue gapit ini kemudian berkembang dan berinovasi dengan punya berbagai jenis rasa diantaranya rasa udang keju, manis wijen, manis cokelat, manis jahe, dan balado! Penasaran, kan!

10. Mangga Gedong Gincu

Salah satu oleh-oleh epik dalam goodie bag Pertamina adalah mangga gedong gincu! Bentuknya kecil-kecil tapi wangi dan rasanya manis. Duh, hepi banget deh pas menemukan buah ini dalam kardus, hihi.

mangga gedong gincu khas Cirebon (foto: waras.WordPress.com)

Nah, aku sudah sharing 10 oleh-oleh ngehits di Cirebon. Semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi untuk berburu oleh-oleh saat berkunjung ke Cirebon. 
Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

11 Comments

  1. Sirup Tjampolay ini enak rasanya daripada sirup brand lainnya heheeh.. apalagi pisang susu... recomended deh

    ReplyDelete
  2. yang paling terkenal tuh rengginang. dimana-dimana kalau ada rengginang yang teringat cuman satu kota yaitu cirebon doang, emang hits banget nih cemilan. saya pernah nyoba tuh tahu gejrot, rasanya enak banget, sekarang aja masih kebayang rasanya pas di lidah.

    ReplyDelete
  3. Mangga Gincu.. manisnya beda! penasaran ma sirupnya Mbak.. belum pernah nyoba..

    ReplyDelete
  4. hihihi iya ya terasinya mirip dodol. Aku juga paling seneng dibawain oleh-oleh terasi cirebon, khas soalnya, bikin sambel buatanku dikangenin suami

    ReplyDelete
  5. Aku penasaran banget sama rasa syrup tjampolay...

    ReplyDelete
  6. pingin coba mangganya kayaknya enak

    ReplyDelete
  7. Sirop tjampolay! Yang rasa pisang susu itu bertahun-tahun lalu itu jadi subtitusiku kalo kangen sirop Kurnia (Specie) yang khas Medan. Tapi abis itu jadi keterusan suka :D

    ReplyDelete
  8. Seger penampakan mangga gedong gincunya :)

    ReplyDelete
  9. Tahu genjrot dan sirup Tjampolay aku sukaaa hehe. Paling enak makan tahunya panas2 dan lebih banyak cabenya hehe...temen duet banget tuh langsung minum sirupnya dingin2 ya mbak Dedew 😊

    ReplyDelete
  10. Tahu gejrotnya kak bikin ngiler, kalo dibawa jadi bekal di perjalanan enak juga ya

    ReplyDelete
Previous Post Next Post