Tuesday, June 20, 2017

Arti Sahabat Bagiku, Tentang IIDN Semarang

Arti Sahabat Bagiku, IIDN Semarang. Dear
Temans, Alhamdulillah masih semangat kan puasanya? Sebentar lagi Lebaran yaa, sudah mulai sibuk packing nih.

Arti sahabat untukku, tentang IIDN Semarang
Kunjungan ke Penerbit Tiga Serangkai Solo


Aku ingin berbagi tentang sahabat sesuai tema #ArisanBlogGandjelRel dari  pemenang arisan putaran ke-4 yaitu Agustina, blogger di www.ceritadandelion.com dan owner Frozen Kuro dan Mbak Nunung pemilik blog www.parentingid.com yang tagline nya Seni Mendidik Anak.

Waktu pindah ke Ungaran, rasanya mati gaya karena ngerasa sendirian. Jauh dari orang tua dan teman, udah nggak ngantor dan proses beradaptasi dengan mertua.

Ya, ceritanya ikut suami pindah ke kotanya selepas menikah. Cukup stres bawaannya, hehe. Pengen mudik melulu ke Bogor.

Arti sahabat untukku, tentang IIDN Semarang
Kopdar perdana IIDN Semarang di Toko Oen

Apalagi Mas Bagus hanya weekend husband. Kerjanya di luar kota dan pulang ke rumah Jumat sore. Yang bikin semangat adalah aku punya laptop untuk menulis ceritaku.

Ya. Aku sedang merintis karir jadi penulis, buku jadi bersemangat untuk menulis dan berkomunitas, uhuk. Sahabatku berada di kota lain, hanya bisa SMS an berkeluh-kesah, pilu deh.

Keadaan ini berubah ketika aku ikut komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis di Facebook. Ketika Indari Mastuti menyarankan mendirikan IIDN wilayah Semarang, aku menyanggupi. Kami membuat grup IIDN Semarang di Facebook.

Arti sahabat untukku, tentang IIDN Semarang
Kopdar IIDN Semarang di rumah Mbak Uniek 

Ternyata, banyak yang berminat untuk gabung,  para perempuan sekitar Semarang yang tertarik belajar menulis.

Akhirnya, Tahun 2011, berdiri deh IIDN Semarang. Launchingnya di Banyumanik, hadir Teh Lygia dari Bandung. Formasi saat itu siapa saja ya? Mbak Venus Pecandu Rindu, Archa Bella, Fenty Arifianti, Mbak Rachmi Rosanti, Lestari, Nenny Ratih, Winda Oetomo, Mbak Dian Nafi dan Aan Wulandari ya?

Arti sahabat untukku, tentang IIDN Semarang
Foto sejenak pas acara Kang Gol A Gong 

Setelah peluncuran IIDN Semarang, Kami juga mengadakan kelas cerpen bersama Mas Wiwien Wintarto. Semua peserta membawa cerpen karyanya untuk dibedah bareng. Uji nyali deh, hihi. Bagaimana menguji mental ketika karya kita diberi kritik dan saran dari teman-teman.

Alhamdulillah, akhirnya di kota ini aku menemukan sahabat baru yang punya semangat dan passion sama, menulis. Aku pun jadi betah di Semarang, hihi. Kegiatan IIDN Semarang membuatku tambah semangat menulis.
Arti sahabat untukku, tentang IIDN Semarang
Mejeng bareng IIDN Semarang di TVku hihi

Hingga kini, persahabatan kami terjaga, bahkan kian bertambah personilnya. Ada Inung Nie, Uniek Kaswarganti, Wuri Nugraeni, Hartari, Rahmi Aziza, Hidayah Sulistyowati, Hapsari, Vita Puspita, Marita dan banyaak lagi.

Ada juga yang pergi dan lepas dari komunitas. Mungkin kesibukan menghalangi, atau mendalami passion baru. Tapi, itulah kehidupan. Namanya pertemanan, ada drama, ada cerita.

Arti persahabatan bagi aku? Jadi betah tinggal di suatu kota karena kehadiran mereka haha. Dahsyat, kan. Terus, jadi bersemangat berkarya karena saling memberi ide dan masukan diantara teman.

Arti sahabat untukku, tentang IIDN Semarang
Ketemu Pemred Gradien Mediatama Yogya, Mas Tepe 

Kegiatan IIDN Semarang sudah banyak juga ya, mulai dari kopdar untuk berbagi ilmu, piknik ke beberapa penerbit di Yogya dan Solo, bikin buku antologi tentang nama bayi, mengajar di sekolah bersama Faber Castell, kunjungan ke Desa Bahasa Borobudur, mengundang penulis Dian Kristiani, Gol A Gong dan Boim Lebon hingga bekerjasama bikin event Agustusan bersama Penerbit Gradien Mediatama.

Arti sahabat untukku, tentang IIDN Semarang
Berguru pada Mbak Indah Juli penulis dan blogger hits Yogya

Saat bikin kegiatan, rasanya kami menjelma jadi cewek super, menyiapkan segalanya sendiri termasuk mendekor ruangan dan angkat galon, hihi.

Jadi teringat saat mengundang penulis senior Kang Gol A Gong. Beliau sudah hadir di tempat acara, kami masih sibuk beberes, akhirnya ia turun tangan membantu. Duh, malunyaa!

Arti sahabat untukku, tentang IIDN Semarang
Seseruan di Desa Bahasa Magelang

Alhamdulillah, selama acara, ada para Papa Sitter yang rela momong bocah-bocah. Dukungan suami memang luar biasa ya! Terima kasih karena memberi kami ruang untuk berkarya dan mengaktualisasikan diri.

Berkat IIDN Semarang juga, kami bisa membentuk grup blogger perempuan Semarang Gandjel Rel, dan keduanya berjalan beriringan. Namanya juga sisters club, hihi. Alhamdulillah, terima kasih Allah menghadirkan IIDN Semarang untukku. Semoga persahabatan kita berkah selalu ya, Mak. 

13 comments:

  1. emang kalau udah nemuin temen satu passion itu betahnya nggak bisa dijelaskan dengan kata-kata. I feel you, mba. Selamat berkarya ya, mba ^^

    ReplyDelete
  2. happy banget ya bagi yang hobi nulis..terus berkarya mba, tak lekang dengan waktu.

    okapinote.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Aku juga bahagia ketemu sahabat-sahabat keren di IIDN Semarang trus lanjut ke GRes.. Apalah Semarang tanpa semuanya. Selalu kangen seru-seruan.. Yang serius atau yang enggak :) Hug hug mak Dew!!

    ReplyDelete
  4. Aku juga bahagiaaa bertemu dirimu di IIDN makdeww 😘😘😘

    ReplyDelete
  5. Gandjelrel ini meriah banget, pengen deh kapan² nimbrung

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah bisa gabung di IIDN Semarang, bertemu dengan para sahabat yang saling mendukung. keren!

    ReplyDelete
  7. Bahagia itu sederhana ya, saat dikelilingi sahabat

    ReplyDelete
  8. memang menyenangkan kumpul sama teman-teman sehobi ya mba...kini saya merasakan yang mba dewi rasakan setelah setahun ini ke pinggiran kota bogor (bogor coret) ...mau gabung atau kumpul teman sehobi mesti ke Jakartah atau tangsel

    ReplyDelete
  9. seneng ya mbak punya temen2 yang sehobi....

    ReplyDelete
  10. Perjumpaan pertama dengan mbak Dew, IIDN, dan teman-teman penulis bareng mak Wiwin. Surprise banget, karena merasa diterima sementara aku bukan siapa-siapa. Makasiiih semuaaa :D

    ReplyDelete
  11. Nyesel mb dew ngga gabung sejak dulu..hehe kaya doyan nulis aja akyu yaa. Semoga mba dew sll betah dan terus sukses dlm berkarya yaa mb.persahabatannya jg langgeng..Aamiin

    ReplyDelete
  12. Ternyata sebegitu besar ya pengaruh sahabat (komunitas IIDN) bagi, Mbak. Sekarang nggak lagi pengen T2 mudik kan, Mbak?

    ReplyDelete
  13. Gara2 iidn dan gandjelrel juga sekarang hidupku makin berwarna. Hore

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...