Friday, January 8, 2016

Tips Archa Bella Menang Lomba Gado-Gado Femina (Piknik Ke Jogja Bagian 1)

Dear Temans,

Alhamdulillah, posting lagii..
Hari Kamis (07/01) lalu, Blogger Gandjel Rel dan IIDN Semarang Piknik ke Jogja. Yippie, akhirnya terlaksana juga acara jalan-jalan yang sudah lama direncanakan ini. Kali ini tujuannya adalah Penerbit Bentang Pustaka dan Stiletto Books. Acara yang diikuti para anggota komunitas Gandjel Rel dan IIDN Semarang ini sepakat dresscodenya bunga-bunga hehe. So, sweet dah!

menang best drees juga saat workshop batik Femina
Sekitar 20-an peserta berangkat pagi-pagi dari Semarang. Acara ini bertujuan untuk menambah ilmu para anggota komunitas seputar dunia penerbitan dan penulisan. Dua tahun lalu, kami pernah piknik ke Solo, mengunjungi Penerbit Tiga Serangkai dan wisata di kampung batik Laweyan Solo. Kali ini, kami ingin mencari job eh ilmu di dua penerbit keren di Yogya. So excited!

Di bus, kami mendaulat Archa Bella dan Muna Sungkar untuk sharing. Yup, acara sharing ini biasanya kami adakan setiap bulan, dan mumpung ketemu, kami todong deh keduanya untuk berbagi pengalaman di atas bus. Sharingnya dirapel! Hihihi...

Ketiga finalis lomba Gado-Gado Femina 2015

Mbak Archa Bella, seleb IIDN Semarang dan mom dua anak ini kami daulat untuk sharing pengalamannya menjadi finalis tiga besar Lomba Menulis Gado-Gado Femina bersama BTPN. Gara-gara menulis artikel sepanjang dua halaman, Mbak Archa diundang ke Jakarta untuk ikut serangkaian acara seru bersama dua finalis lainnya. Semua atas biaya panitia mulai dari tiket pesawat, menginap di apartemen mewah hingga berbagai hadiah menggiurkan. 

Archa Bella yang berprofesi arsitek, dosen arsitektur dan pengajar piano ini termasuk seleb Facebook karena status-statusnya mengundang ratusan like dan share. Kesukaan menulis status kocak dan panjang di sosial media ini ternyata mengasah kemampuan menulisnya. Archa jadi terlatih untuk menulis cerita kocak dan menggelitik.

Tema Gado-Gado Femina yang ia ikuti adalah simple kindness atau kebaikan kecil, kebaikan sederhana. Tulisan Archa diilhami pengalaman suaminya. Suami Mbak Archa bergerak di bidang arsitektur, karena dollar meroket, pekerjaannya agak tersendat. Mereka agak kesulitan membayar berbagai pengeluaran rumah tangga. 

Minat Archa besar pada kain tradisional Nusantara
Suatu hari, Suami Mbak Archa pulang mengantar anak-anak sekolah dengan sepeda motor. Di jalan ia menemui kakek-kakek berdiri sendirian, ia memakai dua tongkat di kedua tangannya. Mas bojo mengira beliau akan menyeberang, maka berhentilah ia dan memarkir motornya untuk menolong. 

Ternyata, si kakek bukan ingin menyeberang tapi ingin ke bank. 
Kakek itu malah minta antar setelah mereka berkomunikasi dengan bahasa tulisan menulis di selembar kertas, karena ternyata si kakek itu kena stroke, bisu dan tuli. Subhanallah. Akhirnya, Suami sholehnya Mbak Archa mengantar beliau ke bank dengan segala kerepotannya. 

Tak disangka, setelah kebaikan kecil, keluarga Archa Bella mendapat berita yang menggembirakan. Dan membuat mereka bertanya-tanya, inikah balasan darti Tuhan? Diberikan langsung, kontan, tak lama setelah suamina melakukan kebaikan! Masya Allah!

Yup, dari pengalaman sederhana itulah, Archa mendapatkan ide menulis cerita Gado-Gado, tak disangka cerita itu membawanya merasakan pengalaman baru, mengunjungi workshop desainer batik ternama Wignyo Rahadi di Sukabumi dan dibanjiri hadiah, bertemu sahabat baru dan segudang pengalaman seru lainnya. Archa bahkan memenangkan predikat best dress di acara workshop di Sukabumi itu. Keren!

Setelah mengikuti workshop, ketiga finalis ditugaskan menuliskan liputan workshop batik yang mereka kunjungi dan dari ketiga naskah itulah akan ditentukan juaranya. Dan Archa masih deg-degan nih menantikan siapa pemenangnya. Waaa, seru banget ya Mbak Archa! Semoga menang!

Tenun dari Lombok dijadikan gaun cantik Archa
Archa excited karena selain mendapat pengalaman baru, ia juga punya ketertarikan khusus dengan kain Nusantara seperti batik dan lainnya. Jadi, bisa berkunjung ke workshop desainer batik ternama, melihat proses pembuatan batik langsung dan berkenalan dengan desainernya benar-benar pengalaman berharga. Dapat batik tulis yang cantiik pula ya Archa! Wow!

Jadi, jangan pernah minder atau nggak pede jika ingin mengikuti suatu lomba. Informasi lomba yang didapat Archa dari grup WA, membuatnya tergerak ingin ikut lomba. Ia pun mempersiapkan diri, mencari bahan tulisan sesuai tema yang diminta Femina. 

Walaupun ia belum punya banyak pengalaman menulis di media massa. Tulisan perempuan penghobi fotografi, wisata kuliner dan jalan-jalan ini memang sesuai untuk gaya Gado-Gado Femina yang kosmopolitan, segar dan kocak, juga diambil dari pengalaman sehari-hari yang sederhana namun berarti. Jadi, tak ada istilah senior dan yunior dalam penulisan. Yang punya ide seru dan uniklah yang jadi juaranya. Aakk, mupeeng!

Kerap kita dengar keluhan teman-teman penulis yang keder duluan mengikuti suatu lomba. 
Terlebih lagi, kalau yang menyelenggarakan lomba adalah perusahaan besar atau pesertanya seabrek. Ya, we never know before we try, isn't it? Siapa tahu kali ini kita pemenangnya? Jadi jangan gentar mengikuti lomba atau audisi apapun. Kerahkan kemampuanmu. Ambil sisi unik dari sebuah tema, yang kira-kira berbeda dari tulisan peserta lain. Jadi, tulisan kita outstanding dibandingkan peserta lain. 

Terus, ikuti persyaratan lomba sebaik-baiknya. Jangan ada yang tertinggal. Tepati juga deadline lomba. Jangan sampai terlambat mengirim naskah lomba. Walaupun banyak lomba yang diperpanjang waktunya, jangan sampai telat ah. 

Bagaimana dengan persyaratan lomba? Ikuti sebaik-baiknya ya. 
Misalnya disuruh mengisi formulir, atau syarat berapa halaman, atau harus ada foto penulis memegang pulpen misalnya, ikuti dan lengkapi syaratnya. Jangan sampai naskah kita terjungkal karena kesalahan teknis. Rugi kan? Nah, itulah tips Archa Bella menang lomba gado-gado Femina :)

Selamat ya Archa Bella, semoga setelah prestasi ini, semakin semangat menulis dan berkarya. Rencana selanjutnya dari Archa Bella yaitu ingin menulis buku. Ayo, segerakan. Ditunggu karyanya, ya! 

Photo Courtesy of 
Archa Bella on Facebook




15 comments:

  1. mbak Archa emang keren kece badai... sayang wingi lali nggak njaluk foro bareng mbak Archa, kan dia seleb, mbokan saya ikut bertakdir baik kaya mbak Archa..

    ReplyDelete
  2. Aih seru ya pengalaman Mbak Archa. Kemarin pengen banget ikut lomba BTPN dan Femina, cuma gak nemu ide :D

    ReplyDelete
  3. Waa jadi pengen coba lagi ngirim gado2 femina, cobain tipsnya mbak archaa

    ReplyDelete
  4. Waahhh padu padan cantik ya tenun lomboknya jadi baju malam yg kereenn

    ReplyDelete
  5. Wahhhh seneng banget bacanya! Sudah lama saya penasaran, kayak apa sih, tulisan pemenang lomba Femina? Thanks ya Mbak...:)

    ReplyDelete
  6. Emang kocak dan keren deh mb Archa...pantes jadi seleb, di bus aja banyak abege2 yang moto-motoin dia...hihi

    ReplyDelete
  7. Woewww...makasih mak dedew.
    Jadi tersanjung...ini berkat mak dedew juga yg nularin virus nulis mpe aku jadi begini. Hormat pada suhu...

    ReplyDelete
  8. pengin baca cerita gado-gadonya dimana?

    ReplyDelete
  9. Ambil sisi unik dari sebuah tema, yang kira-kira berbeda dari tulisan peserta lain. Jadi, tulisan kita outstanding dibandingkan peserta lain

    Kalau lagi ikutan lomba. Bagian ini yg agak susah. Hrs bener2 dipikir

    ReplyDelete
  10. Wah keren, nggak sekedar jalan2 tapi juga berbagi pengalaman meraih prestasi. Salut dg teman2 Semarang. Aku belum merambah media cetak selain buku nih. Jadi semangat membaca sharing Archa Bella. Salamin ya :))

    ReplyDelete
  11. Ohhh begitu. Xixixix. Paling keder kalo penyelenggara itu 'besar' :D

    ReplyDelete
  12. Aku jadi terinspirasi pengen bisa ngikutin jejak mba Archa, tinggal ikhtiar aja nih yang masih kurang, hihii..

    ReplyDelete
  13. Wahhhh...merasa tersanjung diangkat ceritaku oleh penulis idolaku.
    Semoga saya dapat mengikuti jejak sang master best seller Dewi Rieka yg produktif.doakan ya...

    ReplyDelete
  14. Waaah, thanks sharingnya Mbk Dedew, aku mau add ah Mbk Acha Bella, biar ketularan jago nulis gado-gado hehhehe...

    ReplyDelete
  15. Selamat buat yang menang. Gaun tenun Lomboknya unik dan etnik.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...