Monday, December 7, 2015

Merawat Milky si Bayi Kelelawar :)

Dear Temans,

Happy Monday!
Semoga berkah harimu yaa!
Baru pulang piknik nih mengawal bocah fieldtrip Sekolah Kucica ke Desa Menari, Getasan Kabupaten Semarang. Inshaa Allah nanti diliput yaa. Masih lelah hehe.

ini bukan Milky yaaa ini bayi kelelawar di RS Bat Tolga Atherton Australia (Foto: Sicuy.com)

Dua hari lalu, dakuw baru balik Ungaran. Mau beberes rumah, dan mencuci seabrek perlengkapan Alde pulang dari Bogor. Kayak baju-baju, botol minum lock & lock dan kotak bekal. Pas mau menyiapkan air untuk mencuci piring, tiba-tiba ada seekor makhluk kecil di lantai tempat cuci kami! Gyaaa!


Ya, rumah kami memang mungil. Untuk keperluan memasak dan segala macam kegiatan mencuci, kami lakukan di belakang rumah. Ada semacam teras terbuka tempat seperangkat meja makan diletakkan. nah, disebelahnya ada kompor gas, mesin cuci dan keran air.

Karena lokasi yang terbuka ini pula, Ayah Nai suka banget duduk-duduk di belakang rumah. 
Iya, udaranya di malam hari tentu lebih sejuk. Ia suka nongkrong di kursi meja makan. Kadang mengerjakan tugas kantor kalau lagi banyak, kadang membaca koran, apa saja. Ada kaleng kecil berisi dua ekor ikan peliharaan kakak dan adek.

Dan karena terbuka jugalah.
Teras belakang kami yang menghadap seuprit lahan ini sering didatangi makhluk tak diundang.
Mulai dari burung-burung, tikus, ular, dan berbagai jenis serangga. Dan tebak apa yang kutemukan pagi itu? Ternyata, sosok hitam kecil itu adalalah bayi kelelawar, Temans!

Kemungkinan, mereka bersarang di atap rumah kami yang mepet sawah, karena beberapa kali kulihat ada kelelawar jika sore menjelang maghrib. Kalau depan rumah, ada sarang burung-burung kecil. Nah, belakang kelelawar ey.

Aku segera mengambil kelelawar itu dengan bantuan kertas dilipat hihi aku gelii kalau ambil sendiri.
Kuletakkan di teras, menyuruhnya terbang. Tapi, bergerak pun tak mampu. Karena takut dia mati dirubungi semut, akhirnya kumasukkan ke dalam gayung kecil. Duh, ini lalu diapakan Kak?

Kak Nailah lalu menggugling. Makanan untuk kelelawar. Ketemu cara merawat bayi kelelawar yang matanya pun belum melek, baru lahir banget. Mungkin jatuh dari gendongan emaknya ya? Hiks. Disitu dikatakan:

1. Alasi kardus atau tempat tidurnya dengan kain atau tisu agar hangat.
2. Jangan ditutup kardusnya karena nanti sesak napas.
3. Beri minum air atau susu sejam sekali minimal
4. Beri buah-buahan atau serangga, tergantung jenis kelelawarnya. 

Ya, ternyata ada kelelawar pemakan buah dan pemakan serangga. Ada juga yang berubah jadi Batman, hiks. Untunglah, nih bayi kelelawar yang akhirnya di beri nama Milky oleh Nailah bisa diberi air dan minum air putih dengan lahap, menggunakan sedotan. Berasa punya baby hihihi kata Kak Nailah.

"Iya, Kak Nailah jadi kakak angkatnya Milky," 
Dia ketawa geli.
"Adek kakak angkatnya ikan koi,"

Untuk susu, kami mencoba susu cair, tapi kaykanya dia kurang suka. Ya iyalah, adanya rasa stroberi di rumah susunya hihihi. Pas lagi ada tukang sayur, aku beli pepaya California, kupotong ujungnya dan kusendok ke mulut Milky dengan sedotan. Dia makan lahap! Horee, untung dia bukan pemakan serangga, susah pan menangkapnya? Hihihi...

Pas harus jemput Nai dan Alde terus ke rumah Mbah Uti, aku worry banget karena seharian meninggalkan dia di rumah. Mau disiapkan air dan buah, takutnya dia dirubungi semut, atau basah. pasrah deh kalau dia wafat. Mau dibawa ke Mbah Uti, susah karena aku kudu ketemu emak-emak aguyuban sekolah Nai untuk rumpi eh miting hihi..

Alhamdulillah, pulangnya Milky masih segar-bugar. 
Aku lupa, kalau kelelawar di siang hari tidur seharian dan malam baru ia aktif beraktivitas. Sekarang Milky udah sehat dan bugar. Nggak lesu seperti waktu ditemukan. Anak-anak senang banget ada peliharaan. Tapi, kami belum berani dilepas ke alam bebas. Belum kuat kayaknya. Moga segera kuat dan bisa ketemu lagi dengan ibunya yaa, Milky..



23 comments:

  1. kalo Aufa kemarin nemu kucing...masih bayii..., aku kasih syarat..harus bener2 dirawat ..eh beneran dirawat, dikasih susu, di selimuti...
    sekarang Rara juga nimbrung pegen ngerawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh kak aufa dan kak rara asik yaa punya bayi kucing...ni biasa nai yang rajn kasih makan dan minum, alde ngacir mba hihihi

      Delete
  2. Anak kecil memang jiwanya penolong ya, tapi tetep harus dibimbing orang tuanya. Biar enggak cepet bosen.. Moga Milky sehat & bisa terbang cari makan sendiri ya Mbak Dew :)

    ReplyDelete
  3. Hahaha, ada-ada aja ya yang mampir ke rumah, si emak kelelawar juga lupa kalo ada bayinya yang tertinggal. Nai sama Alde tuh yang seneng punya saudara angkat, hihiii

    ReplyDelete
  4. Wah Kak Nay penyayang hewan yaa, saluut. Kami juga punya hewan peliharaan di belakang (dapur) yaiu tikus wekekeke

    ReplyDelete
  5. WWaah telaten bange Dew meliharaya. Semoga anak kelelewarnya kuat dan bisa terbang bebas di alam ya

    ReplyDelete
  6. bayi kelelawarnya kembar yaa mbak? hah bener tuh mbak, kita keseringan lupa kalau kelelawar tidurnya siang, makanya kalo ada tebak2kan "kapan kelelawar tidur?" spontan jawab malam :D

    ReplyDelete
  7. kalo saya ko agak serem ya mba, mirip tikus :(

    ReplyDelete
  8. Ternyata gak cuma bayi manusia aja yang lucu, bayi hewan juga lucu :D

    ReplyDelete
  9. semoga anak kelelawarnya cepat sembuh dan ketemu ibunya ya mbak... :)

    ReplyDelete
  10. Seru sekali ya mb, merawat hewan bersama anak. Biasanya anak2 malah seneng sekali

    ReplyDelete
  11. bayi kelelawar ya, mak. baru liat bentuknya kalau diuntel2 kain hehe. kalau di sini kelelawar biasanya nyari tempat yang agak suwung gitu, memang jarang nongol kalo siang bobo hihi

    ReplyDelete
  12. Ya Alloh bayi kelelawar psti unyu-unyu bangettt yaaa

    ReplyDelete
  13. Suka deh sama hewan yang masih kecil apalagi kucing, kelenci atau doggie unyu-unyu gimana gitu :D

    ReplyDelete
  14. Mba dedew bayi kelelawar dirawat gitu? Waaaahhh....kalau dilihat dari gambar di atas kok kayak anak anjing gitu ya...hihihi...

    ReplyDelete
  15. kalau q jg nemu bayi kelelawar,, tk kasih tp dia gk mau mbuka mulutnya,, gmna donk?? tlong dibantu ya kalau ada yang tau.. :( sedih,, gak tega jg ninggalin dia sendirian di kampus,,

    ReplyDelete
  16. hari ini q jg nemu bayi kelelawar,, tk kasih susu dia gk mau,, gmna donk?? tlong bntuin

    ReplyDelete
  17. uwaa...berani ya mak,aku mah g bakal beranii...takuttt hehe

    ReplyDelete
  18. Kemarin di rumah saka sama aku melihara anak burung puyuh. 10 ekor. Hihihiii... Udah 2 bulan lebih mereka udah besar dan kemarin baru aja disembelih. Dibumbuin, diungkep, digoreng sreeeeng... Hihihiii tapi aku gak tega mau makannya. Secara tiap hari yang kasih makan aku. Heheheee

    ReplyDelete
  19. Ya ampun, Dew, unik banget peliharaannya. :) Semoga mommy Milky segera menemukan anaknya ya...

    ReplyDelete
  20. Ealah makdew punya piaraan baru. Lama tak nengok ke rumahmu nih.

    ReplyDelete
  21. jadi inget rumah kakekku yang penuh dengan hewan liar jugaa hehehe...paling sering ular. tapi bukan kelelawar sih :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...