Monday, October 12, 2015

Sepotong Indonesia di Museum Nasional, Jakarta

Dear Temans,

Tanggal 12 Oktober, katanya Hari Museum Nasional ya, sudah resmi belum ya? Atau baru diusulkan? Hehe. Baiklah, hari ini mau membahas tentang Museum Nasional atau yang lebih dikenal sebagai Museum Gajah. 

Museum Nasional
Museum Gajah
Museum ini disebut Museum Gajah karena ada patung gajah dipajang di halaman depan Museum. Patung gajah unyu dari perunggu ini hadiah dari Raja Thailand pada tahun 1871. Selain patung gajah, ada juga beberapa replika arca dan instalasi seni dipajang di halaman Museum yang asri dan terawat rapi.

Jangan berkunjung ke sini pada hari Senin. 
Karena di hari Senin, semua museum di Indonesia tutup, temans. Untuk masuk ke museum tarifnya murah-meriah lho. Orang dewasa ditarik tiket Rp.5000, sedangkan anak-anak Rp.2000. Museum yang beralamat di Jalan Merdeka Barat 12 Jakarta ini letakna tak jauh dari Tugu Monas. 

Museum Nasional
replika arca di halaman museum
Anak-anak begitu excited ketika diajak masuk museum. 
Di sebuah hall besar, terdapat banyak sekali arca yang didapatkan para arkeolog dari berbagai penggalian di Nusantara. Dan yang paling menakjubkan ada arca setinggi 400 an cm! Namanya patung Dewa Bhairawa! Alde langsung antusias menyuruh emaknya memofoto dia bareng patung tertinggi di museum itu.

Museum Nasional Jakarta
Halaman tengah Museum Nasional yang asri
Setelah memasuki hall besar, kita akan menemukan lapangan rumput di tengah bangunan museum. Disana diletakkan berbagai arca dan potongan candi dari berbagai tempat. Kami lalu memasuki ruangan pertama yang ternyata adalah sebuah ruangan dimana diletakkan koleksi kain nusantara yang memukau. Menarik sekali koleksinya.

Museum Nasional Jakarta
koleksi kain nusantara yang memukau
Ada seperangkat alat tenun yang seperti pernah dakuw jumpai di Desa Sade, Lombok. 
Ya, gimana nggak mahal kainnya jika dibuat hand made dan bikin perajinnya bekerja menenun berbulan-bulan lamanya untuk sepotong kain cantik? Di museum Nasional dipajang juga pakaian dari kulit kayu lho! 

koleksi keramik cina yang cantik
Koleksi kain nusantaranya bikin hati bahagia banget deh. Cantik-cantik! Yang memukau adalah kain sutera Makassar, kain songket dan ulos yang menawan. Disini, dipajang pula koleksi kain RA Kartini dari Abad 19 lho, Temans.

Museum Nasional Jakarta
koleksi keramik dari Cina
Setelah mata dimanjakan dengan kain-kain cantik, kita beralih ke ruangan keramik dan gabah. 
Keramik yang berasal dari Cina ini ternyata merupakan hasil penggalian arkeolog dari berbagai daerah di Nusantara. Ada yang ditemukan di dalam kapal karam, ada yang ditemukan di berbagai daerah. Keramik cantik ini ternyata berasal dari dinasti yang berbeda. 

Museum Nasional Jakarta
ruangan museum yang tertata rapi
Koleksi di Museum Nasional ditata apik, dengan penerangan yang cukup, jadi tidak berkesan suram dan mengerikan seperti keadaan museum pada umumnya. Selain ruangan keramik dan kain, kita juga bisa menjelajahi koleksi maket rumah adat, pakaian adat dan benda tradisional lainnya. 

maket rumah adat Nusantara
Di gedung baru Museum Nasional, kita bisa naik lift ke lantai tiga dan melihat-lihat koleksi perhiasan emas para raja dan bangsawan Nusantara. Wow, blink-blink sekali koleksinya. Bikin dakuw ngiller. Beraneka ragam perhiasan emas dan batu akik yang ternyata sudah jadi kegemaran orang Indonesia sejak dulu kala, hehe. 

Museum Nasional Jakarta
koleksi panggung wayang kulit Museum Nasional
Tak hanya perhiasan emas tapi koleksi emas para raja ini juga meliputi perabot makan seperti panci, piring dan sendok garpu, hingga perlengkapan perang seperti senjata juga terbuat dari emas, Temans! Wow, sayang koleksinya tidak bisa difoto hehe. Atau dibawa pulang #plak.

Museum Nasional Jakarta
Koleksi gamelan Museum Nasional
Oh iya, di lantai dasar gedung baru, ada ruangan khusus anak-anak lho.
Disana mereka bisa berkreasi bikin batik, menggambar, main wayang kulit, mewarnai dan ada acara mendongeng dari kakak-kakak pegawai museum. Sayangnya pas kesana, aku lupa mampir ke ruangan itu, hehe sudah pada kecapean.

koleksi arca yang tak ternilai harganya
Jadi, jika ingin piknik sambil menambah ilmu pengetahuan, bisa lho mengajak si kecil kesini. Mereka pasti bakal senang berkeliling dan melihat benda-benda bersejarah. Ingin menyewa jasa pemandu museum juga bisa lho. Museum Nasional buka Selasa-Kamis pukul 08.00-16.00 dan buka lebih lama pukul 06.00-17.00 di akhir pekan yatu di hari Jumat-Minggu.





38 comments:

  1. museum indonesia bagus juga yah, bisa dijadikan wisata edukasi juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, wisata murmer hihihihi #emakirit

      Delete
  2. aku belum pernah kesini mbak, ntr kalo ke jakarta mau mampir ah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk yuk mampiir....sekalian main monas, istiqlal sama naik bis tingkat semuanya daerah seputaran situ yak...

      Delete
  3. wah baru tau nih ada hari museum :)
    heu, terimakasih lho mba kebetulan saya mah rasanya belum pernah ke museum hari senin untung baca disini nmbah ilmu nih buat kdepannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi Alhamdulillah kalau bermanfaat mas nuhun yaaa...

      Delete
  4. Aku sering ke monas tapi belum sempata mampir ke tempat ini. Kirain itu tempatnya kantor, ternyata untuk umum. Museum nasional tampak asri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi ayoo mampir mas, bisa buat cari wangsit, cari ide segar, hehehe....inspiring deh....

      Delete
  5. Wah mantab ini, minggu depan kesana aaahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. asiik ada yang berhasil dihasut hehehe....makasih yaa...

      Delete
  6. Aku belom.peenah kesini..seru ya kayanya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak alternatif jalan-jalan murah dan seru ini hehe...

      Delete
  7. Sepertinya pengunjung museum sekarang mulai berkurang ya, masyarakat nampaknya lebih suka berkunjung ke tempat bermain dan alam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, lebih asik main ke mal jadi pengurus museum yang harus pintar2 bikin event asik biar pada tertarik main hehe....

      Delete
  8. Jadi ingat pas sd Mbak, selalu kesini nih hehehehe. Duh, kangeeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. studi tur mainnya slelau kesini ya hihihi...kurangk reatif gurunyaa...hihihi

      Delete
  9. Ini mirip museum batik ya mba? Kl di jogja, museumnya banyak tapi ya gitu nggak diupdate biar menarik sepertinya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yogya banyak museum seru yaaa mupeng deh mba ima....

      Delete
  10. Wah Alde doyan banget nih diajakin ke museum. Ayooo kita main lagi Adeeekk :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah pada ndak sabaaar tuh ate taroo...

      Delete
  11. Kece dan murah yah ... murah meriah ... aih tapi kalau bungsuku dibawa, dia pasti kacca-kaccaki isi museum -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak ji tawwa kak, koleksinya banyak yang di dalam kaca jadi aman, palng kayak gamelan itu aja yang ngga pakai tutup hihihi

      Delete
  12. Terima kasih infonya, Mak :) Di Museum Gajah ada aktivitas atau event apa biasanya? Kepengen deh kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering ada event menarik mba, oh iya, di lantai dasar ada ruangan untuk anak lho berkreasi..coba cek www.museumnasional.or.id untuk eventnya...

      Delete
  13. Nahh ini info yang aku perlukan. Pengen banget main ke sini lagi.

    ReplyDelete
  14. kalau ngajakin Najin ke Museum, aku yang kawatir. dia banyak tinkah, tekut klo tenggor sana sini. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iyaa kayak alde lari-larian, tapi rata-rata koleksinya dalam lemari jadi amaan...

      Delete
  15. Murah banget masuk museumnya, Mbak... Duh kalau di sini museum mahal2. Tapi pengunjungnya tetep rame. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba ira disana museumnya keren-keren yaa, kalau disini belom banyak yang suka main ke museum...

      Delete
  16. wah shidiq pasti senang diajak kesini bisa menggambar juga ;)

    ReplyDelete
  17. wah asik sekali ya mbak liburan ke museum nya, jadi tahu sejarah ya mbak setelah kesana, jadi patung gajah itu dari raja thailand ya?sudah lama sekali ya mbak, tapi ga karatan atau apa ya mbak?saya jadi penasaran deh nih buat berkunjung kesana teh :)

    ReplyDelete
  18. aku sama anak2ku kesini pertama kali pas hari senin... huhuhuhu.. tutup ternyata...sebel banget...jadi balik lagi hari lain setelah mendapat pelajaran berharga tersebut. telat baca tulisan ini.. hehehe

    ReplyDelete
  19. suka horor sendiri kalau ke museum yang penerangannya agak suram gitu.. wkwkwk... untung musem nasional nggak kayak gitu :)))

    ReplyDelete
  20. kalau ke museum gitu bawaannya ngantuk trs ngadem gitu tapi banyak sejarah dan pelajaran yang di dapat .. banyak banget malah

    ReplyDelete
  21. Ini museum kesayangan akuuu mbaa.. Baguuus dan lumayan lengkap.. Keren presentasinya dan banyak orang asing yang juga suka.. Museum Indonesia harus makin keren seperti iniii yaaa

    ReplyDelete
  22. sudah beberapa kali ke sini. tempatnya bagus dan koleksinya banyak.. banyak spot untuk selfie juga

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...