Monday, September 7, 2015

Mencicipi Lezatnya Nasi Gandul Pak Harjo di Pati :)

Lezatnya Nasi Gandul Pak Harjo di Pati

 

Dear Temans,
Happy Monday, semoga berkah hari ini ya temans, aamiin.
Alhamdulillah, Sabtu (03/09) bareng rombongan Tellkomsel, dakuw ke Bumi Mina Tani alias Kota Pati untuk mengisi Digital Writing Coaching Loop Kepo di SMKN 2 Pati. Setelah seminggu sebelumnya, manggung di SMAN 2 Kudus, hehe. Aih, berasa artis nih, wkwkwk.

nasi gandul pati
Selamat datang di warung nasi gandul pak harjo pati
Nggak nyangka deh, ternyata peminat kelas Writing di Pati membludak.
Targetnya 45 anak eh, yang mendaftar 60-an orang. Walhasil, kami pindah ruangan kelas yang lebih besar. Karena kelas awalnya nggak bisa menampung siswa writing class. Wow, dakuw kudu angkat-angkat lagi tas unyuku yang beratnya mencapai 10 kg inii hihi entah dakuw bawa apa saja di dalamnya,

"Mbak Dedew pakai susuk apa?" canda teman-teman Telkomsel Pati.
Wkwkw, terlaluu...

nasi gandul pati
Nasi Gandul Pak Harjo dari desa Gajahmati Pati
Tapi, tak urung, anak-anak yang jumlahnya seabrek dan duduk manis dengan hening di hadapanku bikin grogi juga. Hahaha..jadilah, berusaha ngocol, walau garing. Ya, akyu bukan member Stand Up Comedy siiy. Butuh beberapa waktu untuk bikin suasana cair di terik matahari Pati Sabtu itu. Alhamdulillah, tugas negara berhasil dilalui dengan baik. 

nasi gandul pati
menggoda selera deh nasi gandul pak harjo di pati
Setelah cuap-cuap dan seru-seruan sampai jam tiga lebih, kelar juga acara hari itu. Capeknyaa. Ya, perjalanan Semarang-Pati juga lumayan jauh ya, menguras tenaga 5 jam PP, hehe. Dakuw nggak bisa tidur karena supirnya ternyata pembalap. Ngebuuut...hihihi...

Alhamdulillah, lelah itu terbayar lunas melihat wajah antusias anak-anak sekolah di Pati. Thank you, guys. Dakuw menyemangati mereka untuk berani berkarya hingga berbusa-busa haha. Ya, dakuw yang orang Ungaran, atas gunung bisa kok eksis menerbitkan buku, hihi. Jangan minder karena tinggal di pelosok desa yaa.

nasi gandul pati
potongan kikil memanggil-manggil untuk disantap
Acara hari itu ditutup dengan acara late lunch makan nasi Gandul khas Pati!
Iyaaa, seumur-umur, belum pernah makan nasi gandul itu. Jadinya, penasaran bingiiit. 
Sepanjang jalan, dimana-mana terlihat warung nasi gandul. Wow, benar-benar ngetop ya menu nasi ini di Pati. Konon, penduduk Gajah Mati yang pertama memperkenalkan nasi gandul ini, tak heran kebanyakan pedagang nasi menambahkan tulisan daerah itu di spanduknya.

nasi gandul pati
Kuah santan encer nasi gandul mengepul di panci
Tak lama, rombongan sampai di sebuah warung nasi gandul Pak Harjo, letaknya di Jalan Diponegoro, Pati.
Warungnya kecil namun bersih. Konon, terkenal di Pati sebagai peracik nasi gandul paling enak hehe.

Kami disambut ramah oleh ibu warung. Dengan gesit, ia meletakkan selembar daun pisang di atas piring, mengisinya dengan nasi putih. Dan menyirami nasi dengan secentong kuah bersantan dari panci yang mengepul.

"Lauknya apa?"
Pandanganku berkeliling. Tersedia berbagai macam lauk di atas meja panjang. Ada telur pindang, perkedel, tempe dan tahu, lidah sapi, dan dagingnya hingga berbagai macam jeroan sapi. Mulai dari paru, hati, kikil, usus dan lainnya. Temanku menunjuk potongan besar daging sapi. 

nasi gandul pati pak harjo
kalau ini potongan paru dan daging sapi
Menggunakan gunting, si ibu memotong-motong daging itu menjadi potongan suap-able.  Menambahkan kecap dan sambal, Dan menyajikannya untuk temanku. Oh, begini ternyata penampakan nasi gandul khas pati.

Penampilannya sepintas terlihat seperti gulai atau semurr daging, hanya disajikan di atas piring beralas daun pisang. Praktis, begitu selesai makan, daun pisang dibuang ke tempat sampah dan piring bisa digunakan kembali tanpa dicuci. Irit air dan sabun hehe. 

nasi gandul khas pati
nasi gandul dengan potongan daging sapi
Rasanya memang mantap. 
Manis pedas menyatu dalam kuah santan. Dimakan panas-panas. Wuih, menggugah selera benar deh.
Lupakan sejenak kadar kolesterol hihi. Nikmati petualangan rasa nasi gandul di kota asalnya, Bumi Mina Tani. Rasanya memang ngangeni. Masih terbayang-bayang hingga saat ini. Hehe.

nasi gandul khas pati
mari makaaan


"Sudah pernah makan nasi gandul, Mbak?" tanya temanku.
Aku menggeleng. Yup, ini pengalaman pertama.
"Wah, salah kalau begitu diajak kesini."
"Lho, kenapa?"
"Iya, kalau pertama kali makannya langsung disini, nasi gandul di tempat lain bakal berasa nggak enak," ia tertawa.

Hahaha.
Ternyata, begitu ya? Salah strategi dong akyuu..

36 comments:

  1. Potongan kikilnya benar-benar memanggil nih mbak Dew. Ayo tanggung jawab :D

    ReplyDelete
  2. itu gorengan dekatnya kikil makjosss banget mbak...jd laper...

    ReplyDelete
  3. mbakkkk itu kikilnya bikin ngilerr seketikaaaa
    aaaaaaaahng pengennn

    ReplyDelete
  4. Ceritanya bikin daku ikut2an merasakan sedapnya makan nasi gandul..

    ReplyDelete
  5. aku doyan banget nasi gandul, sayang di Jakarta jarang nemu

    ReplyDelete
  6. Untuk nasi aja Indonesia banyak sekali ragamnya. Nasi Gemuk, Nasi Minyak, Nasi Tiwul eeh ini Nasi Gandul. Keren dah!

    ReplyDelete
  7. wiii lauknyaa.... aku juga belun pernah nyoba nasi gandul

    ReplyDelete
  8. mana mbak aku lihat dong tas unyunya :)

    ReplyDelete
  9. Wah ngenyangin nih, cocok buat makan siang...

    ReplyDelete
  10. Namanya unik banget. Kalau aku pakai tempe goreng aja dah marem kayaknya... ira

    ReplyDelete
  11. Paling suka kuliner tradisional dan disuguhkan diatas daun pisang, kuahnya bikin seger, bersantan, khas banget jawa tengahnya. Tuh kikil bikin hati mengigil pingin menyantapnya.

    Tan unyunya pasti berisi banyak buku ya mbak ?

    ReplyDelete
  12. Yeay! Akhirnya mbak dew ngerasain nasi gandul. Gimana? Nagih nggak? Etapi saya malah belum nyobain yg di situ mbak. Jadi penasaran gimana enaknga nasi gandul di jalan diponegoro ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nagiihhh tapi akyu icip icip saja saay..ngga boleh makan daging dan santan huhu

      Delete
  13. Belum pernah yobain, Dew. Beneran nelen ludah nih baca postingannya hehehe. Btw, kenapa dinamakan "gandul"?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi ada yang bilang karena jeroan sapi itu gandul2 alias menggantung mba, gelii yaaa....

      Delete
  14. pengen nyobain nih... kayanya enyak ya mak, itu kikilnya gede2 banget *_*

    ReplyDelete
  15. baca tulisan ini tengah malam, iman langsung goyah dan kelaparn. bikin kepengen makan dah

    ReplyDelete
  16. sayangi badanmu berentio pegang tas berat2

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho ohh..kemarin tuh pas ke luar kota jadi tasnya montok bener cha..kapook...

      Delete
  17. Blognya makin bagus terus, mba Dew... enak nih cerita traveling dan kuliner terus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi sekali dayung ela, ngga mau rugi cari bahan ngeblog juga :D

      Delete
  18. Itu makanan bikin ngeces aja mba, dan lihat kikilnya gede2.
    Kakau udah ngomongin kuliner suka laper lagi deh.

    ReplyDelete
  19. Kikil nya nikmat banget, aku doyan :-)

    ReplyDelete
  20. Membaca postingan ini disaat lapar itu sesuatu.

    ReplyDelete
  21. Napa hanya aku yang kurang suka nasi gandul ya mbak, santannya itu loh bikin mblenger. Eh tapi kalo disuguhi kayak mbak Dew gini ya pasti disantap, haram nolak rejeki, hihiii

    ReplyDelete
  22. itu kikilnya kalau di sop terus di santap panas-panas...hemmmm yummyy.

    Eh, saya baru tahu nasi gandul ini *kudet kuliner*

    ReplyDelete
  23. wah, itu kampung halamankyyuuu...#kapan ya aku bisi isi motivasi nulis buat anak2 di Pati? hihi

    ReplyDelete
  24. Aaaah mb Dedew nih bikin ngiler aja, padahal sudah maksi nih aku :D

    ReplyDelete
  25. Terima kasih ya mbak, sudah nyobain nasi gandul nya pak harjo , , kapan2 datang lagi ya 😊

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...