Sunday, September 27, 2015

Kemeriahan Dancow Ranch Adventure di Semarang :)

Dear Temans,

Alhamdulillah, Sabtu kemarin (26/09) dakuw dan Gandjel Rel diundang ke acara Dancow Ranch Adventure Semarang di ADA Setiabudi, Banyumanik. Jam 11 Siang, para GRes sudah standby di TKP. Dakuw yang bawa dua bocah datangnya telat hihihi. Beberes rumah duluu #Hihi. Ini kali kedua kami diundang Dancow. Sebelumnya, di acara Seminar Parenting Dancow bersama Shahnaz Haque.

Koboi Cantik dan Ganteng uhuk (Foto:Aditya Meilia)
Suasana Koboi dan peternakannya di Dancow Ranch Adventure Semarang terasa kental mulai dari lobi Toko ADA. Mas-Mbak pramuniaganya berpakaian ala Koboi dalam nuansa kuning, warna Dancow .Meriah!

"Registrasi dulu, Mbak!" kata Norma yang sudah standby bersama Noofa. Jauh-jauh, ia datang dari Pekalongan. Keren!

Akhirnya, aku menggeret dua bocahku ke meja registrasi Dancow untuk pers dan blogger.
Ia menyerahkan press kit dan amplop kecil yang ternyata berisi dua vocer makan di McD! Asyiik hihihi.
Si Mas bertanya, anak-anakku nanti dijaga siapa. Ngg, masnya mau melamar jadi baby sitter? #plak.

Yup, karena emaknya bakal hadir di acara Media Gathering Dancow, anak-anak kudu dijaga siapa?
Ya, bapake lagi kerja jadi anak-anak ya ngintil emaknya. Hihi. Dikasih tempat duduk di pojokan jaga-jaga kalau Alde rewel. Inshaa Allah, ngga rewel ah, udah biasa ikut dia #pray.

main dengan kuda poni
Oke, untuk membantu orangtua agar si kecil dapat belajar dan bereksplorasi, Nestle Dancow Excelnutri+ menghadirkan Dancow Ranch Adventure, sebuah area bermain berbentuk peternakan di Semarang. Didesain untuk memberikan stimulasi pada panca indera si kecil. Hal ini untuk mendukung perkembangan si kecil lebih optimal.

Dancow Ranch Adventure  ini sukses diselenggarakan di Yogya dan Jakarta. Menyusul setelah Semarang, adalah Makassar, Medan, Surabaya. Asyiik, siap-siap ya Bunda di tiga kota!

mancing ikan untuk digoreng di rumah #eh
Setelah diberi paspor yaitu tanda masuk ke arena Dancow Ranch Adventure, kami bertiga hore-hore.
Di bagian Peternakan, ada kuda poni dan kelinci! Gyaa!
Pertama, foto bareng kuda poni. Hihihi, sayangnya Alde dan Nai ogah. Kuda poninya agak ganjen, nyosor pengunjung yang lewat. Untung, nggak mengunyah baju ya! Hihihi...

Alde dan Nai lalu memberi makan kelinci yang unyuu...
Senang banget deh mereka! Tuh, kelinci saja makan sayur nak, kamu nggak mau jadi unyu dan pandai mengendus-endus kayak mereka? Ogah! Teriak Nai dan Alde. Hihihi.

memberi makan kelinci unyuu sayang ga boleh dibawa pulang
Selanjutnya, ada Kolam Ikan!
Alde dan Nai mengambil alat pancing dan ember kecil. Mereka memancing dengan semangat. 
Waah, Alde dapat banyak ikan! Sayangnya, nggak semua boleh dibawa pulang hihi (Ya ialah, nanti ikannya habis), mereka berdua diberi gelas plastik berisi dua ekor ikan. Sebelumnya, diberi oksigen dulu biar ikannya nggak mumet. Coba, kelincinya juga boleh dibawa pulang ya, Naak #plak.

Setelah itu, Kita bisa foto ala Koboi lho di Ranch Adventure. Kami dipinjamkan rompi, kemeja dan topi koboi lalu difoto. Uhuy! Jadinya unyu juga lhooo...suka!
Nai dan Alde hobi mewarnai hehe
Setelah itu, anak-anakku mengajak untuk mewarnai di bagian Kreativitas. 
Mereka anteng diberi  selembar gambar untuk diwarnai dan sekotak besar krayon.
Sambil menunggui anak, dakuw pun bisa konsultasi ke ahli gizi dan psikolog yang hadir disana. Wow, keren yaa! Kita bisa bertanya apa saja pada psikolog dan ahli gizi cantik ini. Gratis! #berbinar-binar. Anak-anak dibagikan balon kuning.

psikolog dan ahli gizi siap sedia untuk konsultasi
Terakhir, mereka diajak untuk mencoba memerah susu sapi.
Sebagai latihan, sapinya sapi jadi-jadian yang terbuat dari kayu ya, nak. Tapi unyu lhoo sapinya. Colourful banget! Sapinya ini punya nenen karet yang bisa mereka perah. Seru!

perah sapi unyu hihihihi
Setelah itu, dakuw mengajak mereka ke ruangan tempat Media Gathering dulu. 
Iyaa, tuntutan profesi, Nak! #uhuk. Mainnya ditunda dulu yaaa. Lumayan lama menunggu para pembicara hadir. Dakuw pun makan siang dulu bersama anak-anak dengan menu prasmanan yang sudah Dancow persiapkan. 

para pembicara dari Jakarta di Media Gathering Dancow
Sambil ngobrol haha hihi dengan member Gandjel Rel, Ada Mbak Arina, Mbak Muna Sungkar, Winda, Aditya, Rahmi, Norma, Mbak Dian Nafi, dan Mbak Rizka Alyna, psikolog kece kakak Mak Irits dari Kudus. Hadir pula banyak wartawan dari berbagai media di Semarang dan Yogya. 

Tak lama kemudian, para pembicara dari Jakarta hadir. 
Gyaa, ada Mbak Shahnaz Haque! Horee, ketemu lagi. Beberapa waktu lalu, Gandjel Rel juga diundang Dancow ke seminar parenting. Sayang, nggak sempat foto bareng Mbak Naz yang ramah dan cantik. 

Giliran Pak Dokter yang presentasi (Foto: Noorma Fitriana)
Pak Dokter yang humoris, Dr.dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), Dokter spesialis ahli tumbuh kembang anak mengungkapkan, Masa 1000 hari pertama atau periode emas sangat penting bagi masa depan seorang anak. Stimulasi otak si kecil dimulai sejak Bunda dinyatakan hamil, sejak si kecil dalam kandungan hingga lahir dan berusia dua tahun. 

Nutrisi dan stimulasi yang tepat sangat dibutuhkan si kecil, Bunda.
Nutrisi yang tepat adalah makanan yang bergizi lengkap dan seimbang. Sangat dibutuhkan untuk perkembangan fisik si kecil. Untuk bayi, tentu saja ASI eksklusif hingga 6 bulan. Serta MPASI ketika si kecil mulai berusia 6 bulan hingga 2 tahun. 

foto bersama pembicara semoga ketularan pinter hihi (Foto: Winda Oetomo)
Selain aspek fisik, anak juga harus distimulasi dengan bermain. 
Jika Bunda dan Ayah ingin anak tumbuh menjadi anak yang sopan dan baik perilakunya. Beri contoh dia dalam kehidupan sehari-hari. Memberi contoh adalah cara paling baik untuk si anak belajar. Mereka adalah peniru ulung. 

Beri contoh berbicara santun, contoh beribadah, contoh cara bermain sepeda dan lainnya, dengan penuh kasih sayang. Biarkan anak bebas mencoba, eksplorasi sekelilingnya. Mengulang-ulang kebiasaan baik. Dan jangan lupa, beri pujian dan pernghargaan. Senyum dan pujian Bunda sangat berarti bagi si kecil, lho! Praktekkan!

Pembicara kedua, adalah Ahli Gizi Ibu Sari Sunda Bulan, AMG. 
Beliau mengungkapkan pentingnya asupan nutrisi yang seimbang dan sesuai tahapan usia perkembangan si kecil. Selain nutrisi, Ayah & Bunda juga harus mengajak si kecil bermain. Ternyata, bermain itu penting sekali untu stimulasi otak dan tubuh anak, lho. Memberikan nutrisi tepat, mengajak anak bermain dan memberi kasih sayang akan membantu anak tumbuh sehat, cerdas, kreatif, inovatif dan mandiri! Wow!

Menurut Ibu Sari yang enerjik ini, periode tahun pertama si kecil adalah tahun paling pesat si kecil tumbuh. Berat badannya akan meningkat tiga kali berat lahir. Begitu juga tinggi badannya. Penuhi kebutuhan nutrisi sesuai parameternya. 

bersama Shahnaz Haque (Foto: Noorma Fitriana)
Kadang kala, orangtua begitu khawatir ketika anak bermain di luar ruangan. Misalnya lari-larian, hujan-hujanan. Takut si kecil sakit atau terjatuh. Padahal, bermain bersama teman-temannya adalah stimulasi yang bagus untuk perkembangan tubuh si kecil. 

Padahal, kalau anak sehat dan kuat, Bunda dan Ayah tidak perlu khawatir anak bergerak bebas dan aktif. Menurut Ibu Sari, 80% Sistem daya tahan tubuh manusia terdapat di saluran cerna. Kita perlu bakteri baik untuk melawan bakteri jahat untuk sistem daya tahan tubuh. nah, jika saluran cerna si kecil sehat, orangtua tidak perlu khawatir jika anak bermain dan bergerak aktif. Ia sudah dilindungi.
Bagaimana sih cara memenuhi kebutuhan gizi si kecil?
Ibu Sari menunjukkan My Plate Planner, A healthy meal taste great.
Yaitu menu yang lengkap dan seimbang untuk si kecil. Ada karbohidrat, protein, vitamin dan kandungan mineralnya. Dalam artian menunya lengkap mulai dari nasi, lauk pauk, sayur, buah dan susu. Gizi seimbang dan beraneka ragam pangan. Dan porsinya disesuaikan dengan usia anak ya. Misal nasinya ya porsinya segenggam tangan, tapi tangan anak ya, bukan tangan bapaknya hihi. 

Biasakan anak punya jadwal makan. Jadi, ia akan merasa lapar dan lahap makan.
Jangan beri makan terus-menerus ya, Bunda. 

Ibu Sari juga memperkenalkan Tumpeng Gizi Seimbang.
Dimana makanan anak-anak digambarkan dengan piramida. Ada karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.
Jika ia tidak ingin makan nasi tapi ingin makan roti, tidak usah dipaksa. Toh, roti itu termasuk karbohidrat kan Bunda? Jika ia tidak mau makan daging, beri tahu atau tempe, sama-sama mengandung protein. 

cinta Ibu adalah bekal terbaik untuk si kecil kata Mbak Vera
Jangan malah salah kaprah, jika ia tidak mau makan nasi, lalu diberi cemilan ringan. Itu namanya gizinya tidak seimbang, hehe. Dan jangan lupa, nutrisi lengkap dan seimbang harus dibarengi dengan aktivitas fisik yang cukup yaitu bermain dan berolahraga. Tidur yang cukup juga!

Sementara Psikolog cantik, Mbak Vera Itabiliana Hadiwidjoyo yang dulu pernah dakuw hadiri talkshownya di acara Loreal Semarang, menjadi pembicara ketiga hari itu. 

"Cinta adalah berani memberi ruang pada si kecil untuk berusaha bangun saat ia terjatuh, agar dapat belajar berjalan dan akhirnya berlari mengejar cita-citanya, Perlindungan yang baik akan membantu kita orangtua memastikan tumbuh-kembang si kecil agar dapat bereksplorasi namun tetap terlindungi. Beri si kecil kepercayaan dan kemandirian agar ia berani bereksplorasi dan belajar mengenal sesuatu yang baru, sehingga ia menjadi si kecil yang tangguh. Cinta Bunda adalah bekal terbaik untuk si kecil di masa depannya,"

Dancow Ranch Adventure Semarang
operet Dancow yang meriah
Huaa, jadi terharuuu! Cinta Ibu adalah bekal terbaik!
Hiks, hiks...peluk my bocahs. 

Setelah itu, kami dipersilakan untuk menuju Ranch Adventure kembali untuk peluncuran Nestle Dancow Excelnutri+ di panggung. Tapi, sebelumnya, kami minta foto-foto bareng dulu dong bersama pembicara dan Mbak Shahnaz Haque, akhirnya kesampaian juga foto bareng Mbak Shahnaz! Hihihihi....

peluncuran Dancow Excelnutri+
MC yang kocak membuka acara sore itu.
Dibuka dengan operet tentang bakteri baik di perut yang melawan bakteri jahat. Untung ada Dancow Excelnutri+ membantu si kecil melawan bakteri jahat. Alde sukaa sekali operetnya. Alde, Nailah dan Thifa berdiri di atas kursi untuk menonton operet itu. Ada tari-tariannya juga lhoo. 

Setelah itu, barulah peluncuran Dancow Excelnutri+ yaitu acara menyibak kain yang menutupi kotak susu Dancow raksasa. Dan ratusan balon-balon turun. Meriah!

vocer dan goodie bag isinya banyak hehe
Menurut Mbak Nur Shilla Christianto yang akrab disapa Shilla, Nestle Dancow percaya bahwa proses tumbuh si kecil harus dilakukan secara holistik dan pemahaman akan aspek penting nutrisi inlah yang melatarbelakangi peluncuran Dancow Excelnutri+. Terima kasih Dancow, atas undangan acara yang seru ini.  Yuk yang di Semarang, hari ini masih ada lho acara Ranch Adventure-nya. Bakal ada RAN tampil lho! Gyaaa! #melipirbalik ke ADA Setiabudi. Hihihi. 







28 comments:

  1. Wah meriah banget acaranya mbak... Ada acara perah susu sapi unyunya juga :D hahaha... Oh tempatnya di ada yang deket tol tembalang itu ya

    ReplyDelete
  2. wiii, ada kelinciii :D jadi inget sama kelinci peliharaan~ tapi sekarang sudah mati :( *sedih*

    ReplyDelete
    Replies
    1. anakku baru pernah pelihara ikan mas fahmi, belum pernah hewan lain..pengen juga sih..hanya rumahnya imut..

      Delete
  3. Mbak Dewi...ijin minta fotonya ya...😊 terima kasih sebelumnya😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. waa, ada mbak vera, silakan mba, nuhun yaaa sudah berkunjung :*

      Delete
  4. Ngiler banget sama isi gudibeknya Mbak. Gak murah soalnya :D

    CokelatGosong.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iyaa lumayan bingit ka, susu dua kotak, flashdisk, vocer mcD..Alhamdulillah..

      Delete
  5. Replies
    1. iya say...asik acaranya, makassar bentar lagi nyusul lhoo...dateng yaa

      Delete
  6. Goodie Bag XD. ..liputan Mak Dew seru pisan, euy!

    ReplyDelete
  7. wah ini asyik ada hewan peliharaan di dalam gedung ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, sayang tokonya terlalu sempit hihihi....

      Delete
  8. keren mak keren. Hewannya beneran dan ada di dalam gedung.. itu keren banget

    ReplyDelete
  9. Acaranya rame dan seru, banyak manfaat yg bisa didapet. Anak2 pasti senang ya mba Dew.
    Mba ikutan GA ku yuk yuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia lis, emaknya digeret-geret melulu hihihi..siap aku intip dulu yaaa GA mu saaay..

      Delete
  10. gatau infonya...ga bisa mlipir kesana ngajak keponakan :'(

    ReplyDelete
  11. Eh itu goodybag-nya bikin mupeng, payungnyaaa...
    Asik dong Nai ama Alde bisa main sepuasnya mbak :)

    ReplyDelete
  12. Seruu banget. Aku pass yg di Jogja. Hiks. Mak Dedew itu stay nya di Semarang atau di Bogor siihh? :D

    ReplyDelete
  13. Waaa seru banget ya. Ada2 aja skrg hewan bisa masuk mall. Aku nggak ikut waktu di Jogja. Anak2ku ketuaan heheee

    ReplyDelete
  14. Sayang GR ga poto bareng di booth foto ala cowboy ya Maak

    ReplyDelete
  15. seolah-olah datang di hr sabtu dengan baca ulasan dr mak dew. trims ya mak

    ReplyDelete
  16. Insya Allah sabtu besok nih acara di Makassar. Wajib hadir karena udah dpt undangan 😄

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...