Friday, April 3, 2015

Kafe Buku Deqiko Semarang, Tempat Nongkrong Dapat Ilmu

Dear Temans,

Jumat lalu (27/03), waktunya dakuw berburu tempat kuliner seru lagi nih di Semarang.
Kali ini di Banyumanik, daerah Semarang atas. Nama tempatnya adalah Kafe Buku Deqiko. Kafe ini diklaim sebagai kafe buku pertama di Semarang, hehe. Beralamat di Jalan Tusam Timur Raya No. 24, Banyumanik, tak jauh dari Kampus Undip Tembalang.


Kafe Buku Deqiko Semarang
taman belakang kafe buku deqiko

Kafe Buku Deqiko yang dibuka 08 Oktober 2014 ini selalu ramai pengunjungnya lho.
Selain karena menu makanan beragam dan lumayan terjangkau untuk kantong mahasiswa, suasananya enak banget buat nongkrong bahkan bikin tugas kuliah *kalau emak-emak bikin list belanja sebulan haha.

Kafe Buku Deqiko Semarang
kafe buku deqiko

Aku dan seorang teman datang siang bolong. Yak, nekad banget memang, menjelajahi Semarang saat sedang hot-hotnya. Kafe Buku Deqiko baru buka pukul 11.00.

Kafe Buku Deqiko Semarang
meja kasir kafe buku deqiko

Saat kami datang, Bapak tukang parkir kafe buku Deqiko langsung nyeletuk, "Perpusnya belum buka, Mbak."

Ya, ternyata perpustakaan yang terletak di lantai dua gedung dengan desain unyu ini buka setelah shalat Jumat. Aih, tampang kami berdua kutu buku bingiit ya, Pak?

Kafe Buku Deqiko Semarang
welcome to kafe buku deqiko
Kami pun menaiki tangga imut lalu masuk kafe buku Deqiko.
Disambut meja kasir dan suasana yang homey. 
Beberapa pengunjung anak muda, asyik nongkrong. 

Di teras, juga disediakan meja dan kursi lho. Ada beberapa payung besar juga.
Dengan lantai keramik tegal kunci yang aku suka bingit. Tapi, berhubung cuaca di luar terik, sepertinya gerah kalau mau nongkrong di teras.Takut muka dakuw belang, uhuk.

Kafe Buku Deqiko Semarang
filosofi kafe deqiko adalah lebah jadi atap kafe mirip sarang lebah

Awalnya, Kami memilih tempat di dekat pintu yang menuju taman belakang.
Dakuw mengagumi penataan Kafe Buku Deqiko yang asyik.
Taman belakang ada beberapa meja dan kursi dilengkapi payung lebar. Ada beberapa kolam dengan ikan cantik hilir-mudik. Asyik banget nih kalau malam. Syahdu suasananya.

Kafe Buku Deqiko Semarang
asik nongkrong sepulang sekolah

Aku mengintip lagi.
Eh, Ada ruangan bagian dalam dengan interior putih termasuk meja dan kursinya. Katanya, ruangan ini bisa dibooking untuk acara kopdar atau rapat dengan kapasitas 20 orang. Wah, kayaknya adem di ruangan itu, deh.

Kafe Buku Deqiko Semarang
kolam ikan di taman belakang kafe buku deqiko

Kami pun pindah tempat duduk.
Sambil minta menu makanan dan tanya pasword wifi. Heei, Wifinya kencang juga lhooo.
Bisa mendowloand game di playstore dengan cepat #eh. Lumayan, buat oleh-oleh bocah di rumah *ibu yang baik hihihi.

Mbak waiternya menunggui kami memilih makanan.
Wah, menunya cukup banyak juga. 
Mulai dari menu nasi seperti Nasi Bali seharga Rp.17.500, makanan Eropa seperti spageti dan fish & chips. Ada juga menu desert seperti banana split dan mendoan, hehe gado-gado pisan ya menunya. 

Kafe Buku Deqiko Semarang
mari makaan di deqiko semarang

Minumannya?
Bervariasi mulai dari minuman serba susu, jus buah, float hingga kopi.
Aha, ada susu cokelat!
Kebayang deh meneguk segelas susu cokelat dingin di tengah cuaca Semarang yang sedang galak-galaknya ini!
Aku pesan satu, Mbak! Tapi, hot chocolate kok kayaknya menggoda ya? *maruk.
 
Kafe Buku Deqiko Semarang
dari pintu masuk kafe deqiko semarang

Untuk makanan, Aku memilih spageti bolognaise Rp.17.500 karena kesukaan dakuw, menu fish and chips kosong hiks. Sahabatku memilih mie goreng dan float. Harga makaanan berkisar Rp.9.000-Rp.35.000. Sedangkan minumanmulai dari Rp.2000,- hingga Rp.25.000.

Kafe Buku Deqiko Semarang
suka quotenya deqiko semarang

Sambil menunggu pesanan tiba, dakuw berkeliling kafe buku Deqiko.
Biasa, jepret ala-ala reporter, hihi.
Wah, duduk di taman belakang asyik juga ya apalagi kalau datangnya malam hari. Ada kolam dengan ikan-ikan yang cantik hilir-mudik. Duduk di bawah payung, amboi asyiknya mengobrol bareng sobat sampai ndower. 

Tak lama kemudian, pesanan tiba.
Kami menyantapnya sambil memperhatikan pengunjung yang kebanyakan anak sekolah dan kuliahan. Hmm, yummi juga lho. Porsinya cukup besar terutama mie goreng, hehe. 

Kafe Buku Deqiko Semarang
mari minum eh coklatnya belum tiba

Setelah makan, aku merangsek ke meja kasir, membayar pesanan kami.
Hanya Rp.54.000,- bo, wow! Cucok nih buat mak irits hahaha.

Kafe Buku Deqiko Semarang
loker perpustakaan kafe buku Deqiko
Setelah kenyang, Kami naik ke lantai 2.
Horee, perpusnya sudah buka!
Kafe Buku Deqiko Semarang
penjaga perpustakaan deqiko

Kami melepas sepatu dan meletakkannya di rak dekat tangga. 
Deretan loker menyambut kami. Aku mengambil kunci loker dan sekalian mendaftar.
Wow, rak bukunya unyuuu! *berbinar-binar. Sst, disini juga wifinya kencang!

Kafe Buku Deqiko Semarang
perpustakaan nyaman kafe buku deqiko

Aaah...suasana perpustakaannya nyaman! Dilengkapi pendingin ruangan.
Ada wastafel dan toilet yang bersih.
Ada karpet besar dilengkapi bantal-bantal dengan sarung bantal warna-warni. 
Ada beberapa kursi dan meja diletakkan di depan jendela.

Kafe Buku Deqiko Semarang
komik donal bebek
Buku-buku disusun berdasarkan jenis: komik, cerita silat khoo Ping Ho, novel, buku anak dll.
Lengkap juga lho koleksi kafe buku Deqiko! Bikin betah lama-lama disana.
Sumpah, jadi nggak konsen baca-baca karena mengagumi penataannya, hihihi. Sahabatku malah berulangkali bilang, "Pengen buka seperti ini di Ungaran,"
Aamiin, Jumat berkah ya!

Kafe Buku Deqiko Semarang
sudut perpustakaan yang nyaman deqiko

Untuk jadi member perpustakaan kafe buku Deqiko hanya Rp.10.000,-
Membaca disana dikenai Rp.2000 per jam. 
Meminjam buku pun tidak mahal kok. Rp.1.500 untuk majalah atau komik jangka waktunya sehari.
Sedangkan novel biaya sewanya seperlima dari harga buku. 

Kafe Buku Deqiko Semarang
banyak anak sekolahan di deqiko

Waah, sayangnya nih kafe buku jauh dari rumah dakuw yang letaknya di kaki gunung Ungaran hihihi.
Encok kalau mau bolak-balik balikin buku doang, hehe.

Kafe Buku Deqiko Semarang
betah deh nongkrong disini

Bisa jadi tempat kopdar berikutnya nih bareng emak-emak rempong, hehe.
Saat mau pulang, kita tinggal ambil barang di loker, mengembalikan kuncinya pada Mbak resepsionis dan membayar sesuai berapa lama kita nongkrong di perpustakaannya mencari wangsit.

Kafe Buku Deqiko Semarang
membaca dengan nyaman di kafe buku Deqiko
Hm, Asyik juga ya, kalau ngadain acara launching buku atau bedah buku di perputakaan kafe buku Deqiko Semarang ini.


26 comments:

  1. Wah, makasih ya Mbak Informasinya. Bisa dijadikan tujuan kalo pas ke Semarang nih.. :D

    ReplyDelete
  2. Waah tempatnya lucuk.
    Kapan2 ke semarang aku mampir kesini ^^

    ReplyDelete
  3. Waaa keren bingiits tempatnya...mo nyobain kesana juga ah...

    ReplyDelete
  4. Wuiiiiih.....kafenya kereeeeeeennn ih

    ReplyDelete
  5. Tempatnya keren. Pengen deh mengunjunginya :)

    ReplyDelete
  6. Semarang skrg keren, bnyk tempat hangout yg unyu.

    ReplyDelete
  7. Cafenya keren bingit penataannya.
    Makanannya sambel penyetan ada nggak Mbak?

    ReplyDelete
  8. Mauuuu kesana ah kl pas ke semarang. Mbak dedew itu kl libur lebaran buka ga ya kafenya

    ReplyDelete
  9. @mba tatit: adanya gado-gado, nasi ayam sambel matah, gitu mbak yang tradisional..mendoan, pisgor...

    ReplyDelete
  10. 2mak muna: yuuk kopdar disanaa...

    ReplyDelete
  11. @eki: yang kutu buku bakal betaah disinii...akyu mau ngineep hihihi

    ReplyDelete
  12. wah hebat mbak......cucok sama pengorbanannya untuk turun gunung, ternyata tempatnya bagus banget......
    makasih mbak.....

    ReplyDelete
  13. Idenya sangat kece, tempatnya te o pe, desaign nta kerenn banget. Klo aq ke sini bisa malas beranjak pulang ni mak

    ReplyDelete
  14. Kafe yang bikin gue betah banget kayaknya hahaha, jadi pengen kesana dan kopdar hehehe

    ReplyDelete
  15. keren bingit...cucok mbk jdi reporter detail bngt ^_^

    ReplyDelete
  16. @zaqia: reprter abal-abal Dedew, melaporkan dari tempat kejadian perkara hahaha...

    ReplyDelete
  17. Busyetttt bikkn list belanjaan mesti ngafe yeee mpok !!!! Hahaha.
    makanan nya murah banget kalo spagheti aja cuman 17.5k

    ReplyDelete
  18. ih tempatnya seru yahh, penataan ruangannya juga niat banget, dari kolam, tempat bukunya, jadi pengen mampir

    ReplyDelete
  19. Huaaaaa.. dijamin aku bakalan betah nongkrong di siniiii... :)

    ReplyDelete
  20. waaah tempatnya unik, kalo ke semarang mampir ke sini ah..

    ReplyDelete
  21. widih! semarang makin mantap. inovasinyakeren ya. nongkrong dapet, ilmu dapet. kreatif abis..

    ReplyDelete
  22. Dri jauh sarang lebahnya lebih mirip durian.... :D

    ReplyDelete
  23. Kami buka setiap hari pkl 10:00 - 22:00, hari-hari libur tetap buka... tersedia 100 menu makanan (tradisional, eropa, indonesia, chinese) dan 100 menu minuman (jus, squash, kopi, wedang, all tea, fload)

    ReplyDelete
  24. Jadi pengen ke sini dehh!
    Itu rak bukunya minta dibawa pulang kayaknya><

    ReplyDelete
  25. Wah kapan2 ke sini ah sama anak2.. thanks infonya Mbak :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...