Sunday, April 5, 2015

5 Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Kota Lama Semarang :)


Dear Temans,

Setelah berminggu-minggu menulis tentang  Kota Lama Semarang, macam nulis cerita bersambung saja ya hehe. Kini dakuw mau menulis 5 tempat yang wajib dikunjungi kalau kamu main ke Kota Lama Semarang, Yuk, kita intip apa saja sih tempat wajib itu?

    1. Toko Buku Book Boss

Kalau berkunjung ke  Kota Lama Semarang, jangan lupa mampir di Toko Buku Book Bos, tak jauh dari stasiun Poncol. Toko buku ini terletak di Jalan Dorang. No 7. Kalau naik BRT dari Sisemut, kita bisa berhenti di Halte Layur.

5 Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Kota Lama Semarang
suasana toko buku yang nyaman
Buku-buku yang tersedia disini adalah buku berbahasa asing dan kondisi bekas. Eits, walau bekas, kondisinya terawat lho. Bahkan ada yang seperti baru. Harga bukunya bisa kita lihat dari stiker bulat yang ada di belakang buku. Warna bulatan menunjukkan harga buku.

5 Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Kota Lama Semarang
seakan berada di surga buku
Mulai dari buku anak, novel, buku ensiklopedi, buku pelajaran hingga coffee table book bisa kamu temukan disini dengan harga terjangkau. Suasana toko buku yang terletak di lantai 2 gedung Penerbit Dahara Prize pun nyaman, dengan musik lembut senantiasa mengalun. Membuat kita betah berjam-jam membaca disana. Seolah ini adalah sebuah perpustakaan, bukan toko buku. 

    2. Semarang Contemporary Art Gallery

Galeri yang letaknya tak jauh dariTaman Srigunting ini ternyata telah menjadi salah satu tujuan wisata hits di Kota Lama Semarang. Para perngunjung rela menunggu hingga galeri buka pada jam 10.00.

5 Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Kota Lama Semarang
suasana semarang contemporary art galery
Sayangnya, galeri ini belum masuk lho di buku panduan wisata Jawa Tengah yang diterbitkan Pemerintah Kota. Padahal galeri ini rutin memamerkan kekayaan seni kontemporer seniman lokal mulai dari lukisan, patung hingga buku karya NH. Dini.   

5 Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Kota Lama Semarang
menikmati seni di galeri semarang

Beberapa koleksinya yang menarik adalah patung orang berjalan miring di taman sebelah galeri, Gedung yang direnovasi besar-besaran pada tahun 2007 ini oleh pemilik galeri Chris Darmawan awalnya adalah  pabrik sirup Fresh. Galeri yang terletak di Jalan Taman Srigunting ini sangat bagus dikunjungi para pelajar dan mahasiswa untuk belajar banyak hal.


   3. Pasar Klitikan

Jika kamu pencinta barang antik, ayo mampir ke Pasar Klitikan Kota Lama Semarang. Klitikan adalah istilah Jawa untuk barang-barang bekas. Pasar Klitikan hanya diselenggarakan tiap minggu kedua setiap bulan dari Hari Jumat-Minggu.

5 Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Kota Lama Semarang
si mas penjaga kios pasar klitikan

Pasar kaget ini mengambil tempat di sekitar Taman Srigunting, Kota Lama Semarang. Hanya terpisah sebuah jalan saja. Berbagai kios yang diisi oleh para anggota komunitas  Koka Kola alias Komunitas Klitikan Antik Kota Lama. Para pencinta barang antik berkumpul disini. Tak hanya melakukan aktivitas jual-beli, mereka juga ngobrol tentang barang seni dalam suasana guyub.

5 Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Kota Lama Semarang
Pasar Klitikan Kota Lama menarik minat anak-anak

Pasar Klitikan cukup banyak kiosnya, memanjang dari arah Selatan ke Utara Jalan Letjend. Soeprapto hingga Kafe Retro. Barang yang dijual pun beragam. Mulai dari mainan antik, kipas angin tua, gramofon, kartupos lama, perabotan kayu jati hingga batu akik! 

5 Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Kota Lama Semarang
pasar klitikan kota lama semarang
Asyik sekali rasanya mengelilingi pasar ini, melihat-lihat barang antik, tawar-menawar dengan penjual. Bernostalgia dengan barang-barang lama yang persis seperti yang dipunyai nenek kita dulu.

5 Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Kota Lama Semarang
berburu kartupos antik di pasar klitikan semarang
Disini kami menemukan kartupos zaman dulu yang kondisinya masih bagus. Ada juga kartupos yang sudah ditulis dan berperangko luar negeri. Dari tahun-tahun lampau, kartupos ini menyimpan kenangan banyak orang, hiks. Setelah lelah mengitari Pasar Klitikan, baru deh kita leyeh-leyeh di Taman Srigunting, memandangi keindahan Gereja Blenduk di Kota Lama Semarang.

 4. Toko Oleh-Oleh Wingko Babat Cap Kereta Api

Ingin bawa pulang oleh-oleh untuk orang rumah? Dari Taman Srigunting, kita jalan sedikit yuk ke Toko Wingko Babat Cap Kereta Api yang terletak di Jalan Cenderawasih No 14. Kamu bakal menemukan toko wingko babat legendaris yang berdiri sejak tahun 1946. Harganya sih lumayan ya untuk sepotong kue. Tapi, rasanya memang nendang gulindang, Bambang!

5 Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Kota Lama Semarang
suasana toko mungil wingko babad cap kereta api
Toko ini sudah turun-temurun dimiliki oleh keluarga Nyonya Mulyono yang berasal dari Daerah Babad, Jawa Timur. Diberi cap kereta api karena dulu mereka berjualan di sekitar Stasiun Tawang. Lalu kemudian membuka toko mungil  di jalan yang dulunya bernama Oosterwal Straat 14.

5 Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Kota Lama Semarang
jalan cenderawasih no 14 semarang
Kini, toko itu tak hanya menjual wingko babat, tapi juga makanan khas semarang lainnya seperti kue gandjel rel, lumpia, berbagai jenis kripik. Beberapa pernak-pernik khas Semarang seperti kaus keren, gantungan kunci dan tempelan kulkas. Hingga kartupos pun dijual disitu! Yippiee!


5 Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Kota Lama Semarang
wingko babat legendaris dengan 5 macam rasa

5. Noeris Cafe 

Kaki pegal berjalan-jalan menyusuri Kota Lama Semarang?
Kini waktunya untuk mengaso di Noeris CafĂ© di Jalan Nuri No. 6 Semarang. 
Kafe yang baru berdiri tahun 2013 mengusung tema tempo dulu ini. Kafe Noeris cocok sekali suasananya untuk bersantai dan mengobrol bersama teman. 

Latar belakang berdirinya pun luhur, ingin menjadikan kawasan Kota Lama Semarang sebagai tempat yang nyaman untuk beraktivitas.

koleksi radio jadul noeris kafe

Begitu masuk kafe, kita disambut suasana adem ruangan zaman dulu. 
Serasa terlempar ke masa lalu. Bangunan yang tadinya adalah gudang ini, benar-benar membutuhkan renovasi besar-besaran hingga bisa dipakai menjadi kafe yang nyaman dan bersih.

5 Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Kota Lama Semarang
meja kasir dan konter layan noeris kafe

Berbagai macam perabotan yang seperti dimiliki nenek kita dipajang disini. Mulai dari radio kuno yang masih berfungsi, gramofon, mainan congklak, hingga berbagai jenis kamera antik. 

5 Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Kota Lama Semarang
kue oentbikoojk tempo doeloe

Makanannya pun tak kalah jadul. Kafe Noeris menyediakan kue-kue tempo doeloe dari zaman belanda seperti oentbitjkoek. Minuman segar seperti teh mint menemani kita melalui siang terik kawasan Kota Lama Semarang. Betah deh berlama-lama disini. 

Gimana?
Kaki kamu jadi gatal pengen menelusuri  5 Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Kota Lama Semarang? 
Haha, selamat! Berarti dakuw berhasil meracuni kamu hehehe.

Oh iya, pesan dakuw kalau mau menjelajahi Kota Lama, jangan lupa bawa bekal nasi bungkus..eh segala macam alat pelindung panas! Soalnya, panas Semarang ndess bow! Bawa payung unyu, jaket, topi, jas hujan, permadani terbang. Apa saja deh untuk melindungi kecantikan kulitmu!  Jadi, biar jalan-jalan seharian tetap kece badai hihihi....Sudah siap menjelajah Kota Lama Semarang? :)

Sumber Foto: Pribadi & Lestari






42 comments:

  1. Aku belum pernah ke Nuris kafe, mupeng, hiks

    ReplyDelete
  2. kalo ke kota lama bisa naik BRT ga mbak??wkwkwkwkwk..besok tak gantian nulis 5 tempat wisata yang bisa diakses dg BRT..hehehehe

    ReplyDelete
  3. @fida: bisa lho..kalau books, stop di halte layur. Kalau noeris, mau naik bus semarjawi, galeri, gereja blenduk, turun di halte Tawang, sambung BRT jurusan cangkiran berenti persis depan ikan bakar cianjur, tinggal nyeberang ke Blenduk :) *duta wisata jateng 2015 hahaha

    ReplyDelete
  4. @Mba wati: ayoo kopdar di Noeris :*

    ReplyDelete
  5. Tempat2 yg blm pernah aku datangi semua di Semarang.
    Bookmark aahh tempat2nya kece2.
    Mak Dew bersedia kan jadi my tourguide kalo aku ke Semarang? Hihii .

    ReplyDelete
  6. Waaaaa.... suka banget liat art gallery sama buku-bukunya... Selama ini ke semarang belum pernah kesana. Taunya cuma makannn aja. Hihihihih....

    -Ninneta-
    www.ninneta.com

    ReplyDelete
  7. dan aku ngga tahu tempat itu donk, kerennya kota lamaa ini

    ReplyDelete
  8. ya mak aku jd mupeng ksna da klo k Semarang
    good luck ya mak bwt lombanya
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. Penasaran pingin datang dan lihat-lihat pasar Klitikan.

    Tfs mbak. Informatif.

    ReplyDelete
  10. Nomer satu pingin kaki gatel. Pingin segera meluncur ke Semarang trus hunting buku :)

    ReplyDelete
  11. Waah...maak...dirimu berhasil meracuniku..hahaha... mupeng pengen ke sana nih..semuanya baguus untuk dikunjungi.

    ReplyDelete
  12. Wuah, menarik banget Mba Dedew, jadi pengen ke Semarang. Dulu suka bingung kalo ke Semarang mau ngapain. Toko buku itu kayanya tujuan pertama, kedua cafe jadul yg banyak radio antiknya, aseeeek... Entar kan entah kapan Ima ke Semarang, nebeng tidur di rumah Mba Dedew, yaaaah... hehheeee... (ga enak akhirnya)

    ReplyDelete
  13. Ayaya... Aku pengen ke pasar klitikan itu, maksay... Liat telepon jaman dulu itu, bisa buat properti foto :D

    ReplyDelete
  14. Radionya. Dulu si Mbah punya 2 radio jadul. Aduh harusnya kusimpan saja ya. Lumayan buat hiasan rumah *malah bahas radio

    ReplyDelete
  15. Beberapa kali ke semarang... tp cuma sebentar..gk sempet muter2

    ReplyDelete
  16. Beberapa kali ke semarang... tp cuma sebentar..gk sempet muter2

    ReplyDelete
  17. aku save postingan ini nih mbak, pingin lihta kafe buku juga

    ReplyDelete
  18. huwaaa aku mau bookmarked dulu aah :)
    banyak tempat seruu di Semarang

    ReplyDelete
  19. Aku malah belum pernah mampir ke pasar klitikan
    Kalo kotalama biasa muter muter di pasar yg jual ayam ayaman. Lupa nama jalannya

    ReplyDelete
  20. Ya Allah...wingko babadnya menggiurkan sekali...aku jadi lapar :)

    ReplyDelete
  21. Pengen banget ke galerynya deeh mak... bener2 baru tau Semarang punya galery bagus bgt gituu

    ReplyDelete
  22. aku baru denger yang pasa klitikan mbak,boleh nih kalau ke semarang..semoga tahun ini aamiin^^

    ReplyDelete
  23. iNyonge baru tahu ada pasar klitikan di Semarang. Seringnya ke Klitikane nJogja. :D

    ReplyDelete
  24. Pengen yg kulineran. Noeris cafe

    ReplyDelete
  25. Waksssss klitikan itu barang bekas. Berarti kalo mantan pacar, aku sebutnya klitikan juga ngak papa yessss hahaha

    ReplyDelete
  26. Yeyyy jadi punya referensi kalo ke Semarang enaknya ngapain ^^

    ReplyDelete
  27. Jadi pengen ke semarang dan ke kota lamanya... keren banget tuh toko bukunya :D

    ReplyDelete
  28. Asli bikin pengen jln2 ke sana :)

    ReplyDelete
  29. Aku pengen ke sana semuanya! :D

    Ngga terlalu jauh dari Jogja kan ya, Mbak Dew? Paling 3 jam gitu.. :P *sotoy*

    ReplyDelete
  30. Wow banyak juga ya tempat wajib kunjung di semarang ini. Klo ke sana, pengin ke Noeris Cafe dan toko oleh2 wingko ah. Di situ ada juga bandeng2an nggak mb Dew?

    ReplyDelete
  31. @beby:dekaaat...hobiku mlipir ke yogya beb hihihi...

    ReplyDelete
  32. @Hana aamiin ayoo ditunggu sama teman2 blogger semarang yaa :*

    ReplyDelete
  33. Khusus untuk Oleh-Oleh Wingko Babat Insya Allah tidak akan saya lupakan setiap kali berkunjung ke Semarang

    ReplyDelete
  34. kalo setelah lebaran jadi mau ke Salatiga ke tempat embah, nanti disempetin mampir muter2 semarang ha, ngunjungin tempat2 yang uda ditulis mbak dewi

    ReplyDelete
  35. Kalo liburan ke semarang, harus beli nie wingko babatnya buat oleh-oleh

    ReplyDelete
  36. Sudah jadi wong semarang tapi malah belum pernah ke tempat2 itu...*sakitnya tuh disini...;)

    ReplyDelete
  37. Wah nggak ada habisnya tempat2 menarik di Semarang di blogmu ini mak. Wisata Semarang jadi menggiurkan, padahal dulu2 kyk bingung mau kemana kalau di Semarang.

    ReplyDelete
  38. aku jadi kangen Semarang! beneraaan :)...terakhir ke sini sebelum berangkat, jadi udah lebih dari setahuuun...kebayang pasar klitikan et toko buku Book Boss itu :)

    ReplyDelete
  39. Mba dedew, insyaAllah sabtu dan minggu depan aku ada di semarang. Udah janjian sama mba taro. Ketemuan yuk mba :D

    Oya berarti ntr disana harus bawa payung ya? Heuheu

    ReplyDelete
  40. catet ah, kalau ke semarang mampir2 dimari. makasih infpnya mbk dew yak

    ReplyDelete
  41. Aku baru tau juga,mupeng ke noeris cafe ama pasar klitikan, padahal sering lewatin kota lama hee, masukanya dari mana gereja blenduk mbak dew

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...