Wednesday, April 15, 2015

10 Oleh-Oleh Khas Makassar Paling Hits :)


Dear Temans,

Baru mampir di blognya Mak Irits, Rahmi Aziza yang bahas oleh-oleh Makassar, dakuw jadi pengen ngejembreng oleh-oleh khas Makassar yang dibawa Oma Nailah dari Makassar. Ya, dakuw itu sebenarnya blasteran ayam kampung dan.. #eh, Sunda-Bugis Enrekang. Abah dari Cianjur dan Mama Bugis Enrekang.

otak-otak tengiri khas Makassar foto www.eresep.com

Dakuw sendiri lahir dan tinggal di Makassar hingga kelas 1 SMP. Keluarga kami kenyang deh menclok-menclok di beberapa kota kabupaten di Sulsel mulai dari Makale, Gowa, Sinjai, Bantaeng dan finally, Makassar! Sebelum merantau ke pulau seberang.

Mama tuh berasal dari keluarga besar. Dan sebagian besar keluarga Mama tinggal di Makassar. Jadi kalau kesana, nggak pusing akomodasi, hehe. Jadi, berapa banyak keluarga di Makassar? Ratusan! *iklan vintage. 

Minggu lalu, Mama dan Abah baru pulang dari Makassar. Pulangnya tentu saja membawa oleh-oleh khas Makassar. Kabar gembiranya, aku yang di Ungaran dan adikku yang di Jambi Alhamdulillah kecipratan juga, hehe. 

Apa aja sih oleh-oleh Makassar dari Oma Nailah? 
Selain berbagai jenis ikan dan seafood yang ditaruh di kotak pendingin dan diimpor ke Bogor, biasanya Mamaku bawa ini:

1. Minyak tawon 

Ini minyak gosok paling happening di Makassar selama berpuluh tahu. Biarpun minyak gosok merek lain merajalela. Minyak tawon ini paling juara hehe. Sekarang sih banyak dijual di apotek-apotek di Jawa.

Tapi paling nendang ya beli di kotanya langsung. Ada kemasan jumbo juga. Ada pilihan aroma juga kalau nggak salah, hehe. Harganya lumayan deh.

Tapi berkhasiat banget deh dengan aromnya yang khas. Untuk bisul, gatal, pegal, hingga sakit gigi bisa pakai ini. Bahkan bisa ditenggak, aku sih belum pernah coba hihihi.

minyak tawon khas Makassar foto: www.jalan2.com


2. Sirup DHT

Ini sirup andalan untuk jadi oleh-oleh khas Makassar sirup DHT rasa pisang ambon. Rasanya sih sama dengan sirup Tjampolay dari Cirebon. Tapi, kataku sih lebih nendang DHT. Ya, namanya kesukuan yang bicara, haha.

Produk sirup ini nggak berubah kemasannnya sejak zaman purba. Enak banget ditenggak langsung atau jadi topping pallu butung, pisang ijo. Sirup ini sangat menggoda iman terutama saat bulan puasa pas aku SD.
sirup DHT Makassar www.twicsy.com

3. Abon Raos

Abon bermerek bahasa Sunda ini agak absurd ya. Hihi. Lho, oleh-oleh khas Makassar kok namanya Raos? Hehe. Tapi, abon daging sapi ini nendang banget rasanya.

Abon Raos asli Makassar www.mkssnack.blogspot.com

Kalau makan abon, apa-apa dibandingkan sama abon ini. Ya, ini mungkin yang namanya citarasa nostalgia. Semuanya dikaitkan dengan kenangan masa jaya. Ya, Juara!

4. Kue Kurma

Orang menyebutnya kue kurma. Mungkin karena kue yang terbuat dari tepung terigu, mentega, telur dan maizena dan dibalut karamel ini mirip kurma penampakannya.

Rasanya makin ndess ketika kue ini dibaluri lagi dengan potongan kacang seperti kacang tanah, kenari atau kenari. Kue ini bikin kangen rasanya. Jadi teringat masa SD di Mattoangin 1, ededeee...hahaha. 

Kue Kurma Makassar

5. Kacang Sembunyi

Selain kacang disko, kacang sembunyi juga disebut-sebut kacang khas Makassar. Cemilan ini berbahan kacang tanah yang dibalut kulit tepung terigu dan dibentuk seperti pisang molen mini. Rasanya gurih dan kriukk. Gimana mau diet kalau jalan-jalan di Makassar? Ngunyah melulu. Hihi.

Kacang sembunyi Makassar

6. Dangke

Awwee..ini mi makanan juara kodong. Dangke adalah makanan fermentasi susu kerbau. Satu-satunya daerah penghasil dangke adalah kampung halamanku, Enrekang.

Jangan ki kasih ka steak, hidangkan saja dangke dan daku akan jadi orang paling bahagia di dunia *eh.

Kalau yang baru pertama coba, rasanya memang aneh. Tapi lama-lama ya tetap aneh, haha. Bikin nyandu. Dangke digoreng dan dinikmati dengan nasi hangat dan sambel. Surga! 

dangke sumber foto www.sulastama.wordpress.com

7. Sirup Markisa

Selain Medan, Makassar juga penghasil sirup markisa. Yang beken sirup cap bola dunia. Sekarang sih di supermarket Semarang banyak sirup markisa tapi asal Medan. Jadi, teteup kangen sirup ini. Rasanya markisa asli bukan serbuk markisa olahan kimia.

Sirup Markisa khas Makassar www.pasarnusantara.com
8. Selai kaya

Ini dia teman makan roti paling mesra di Makassar! Selai kaya! Desain kemasannya juga ngga berubah dari dakuw SD. Vintage! Selai yang terbuat dari kelapa, telur dan gula ini rasanya endess banget. 

Kalau di minimarket sering ada tuh rasa serikaya. Tapi ini yang menggodaa! Jauh dah rasanya! Warnanya kecoklatan memanjakan rasa. Taglinenya aja dahsyat: kaya asli tidak membosankan rasa.

Harganya juga lumayan mihil. Jadi dikirimi satu kotak kecil, makannya dikit-dikit haha. Biar awet!

Selai kaya asli Makassar

9. Kerupuk Jintan

Agak ajaib juga dibilang kerupuk. Padahal penampakannnya nggak kayak kerupuk. Tapi kalau dimakan emang kriuk kriuk.

 Dibuat dari tepung terigu, margarin, telur dan soda kue. Kalau salah bikin, gigi bisa jadi korban saking kerasnya. Yang unik adonan kue ini ditambahi jintan hitam. Yang enak tentu saja kerupuk jintan yang kriuk diluar dan renyah di dalam.   

Kerupuk jintan khas Makassar
10. Kopi Toraja

Kalau main ke Sulsel, nggak lengkap kalau belum ke Tana Toraja yang eksotik. Kebudayaannya amazing. Dan oleh-oleh andalannya kopi Toraja yang pekat dan nikmat. Asli dari biji kopi pilihan. Uhuk. Kemasannya juga unik, ada lho yang kotaknya terbuat dari kayu dengan ukiran khas Tator, ada!

kopi kemasan kayu berukiran kas toraja www.kopisetia.com

Aaah..jadi kangen kampung halaman!
Obat kangennya ya menggasak oleh-oleh khas Makassar yang dibawa ortu dan sodaraku.
 Terakhir kesana 2005. So last year, huhu..
Ada yang mau mengajak daku mudik? Hiks..




49 comments:

  1. makanan khas makassarnya kok ada yang bernama raos ya?raos itu bahasa suda loh mba.hehe
    kaya nya kalo jalan-jalan ke makasar harus beli oleh-oleh tersebut..

    ReplyDelete
  2. @Hendri: Yup..sepertinya pemiliknya orang Sunda yang merantau ke Makasar ya hehe

    ReplyDelete
  3. Baru tahu makanan dangke. Bagus namanya. Seperti bahasa Jerman, Danke yg dibaca Danngke. Maknanya 'terima kasih' :)

    Oleh-olehnya banyak banget mbak. Selamat menikmati :)

    ReplyDelete
  4. minyak tawon ternyata dari makasaar toh,,,saya baru tau mbak...

    ReplyDelete
  5. waktu pulang dari makassar, saya membawa markisa,sama minyak tawon,sama kaos yang saya beli didekat pantai losari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nyk. Bw minyak tawon yg 330 ml gpp ya di pswst ? Soalnya pgn bw byk ...

      Delete
    2. Mau nyk. Bw minyak tawon yg 330 ml gpp ya di pswst ? Soalnya pgn bw byk ...

      Delete
  6. tiga kali aku ke makasar. tiga-tiganya pulang bawa sirup markisah yang dibawa gretongan alias dikasih sebagai buah tangan dari temen-temen Makasar. malah yang terakhir itu belinya langsung dari rumah produksinya. lupa daerah mana. Yang masih ingat ada otak-otak endess yang dibungkus daun pisang muda .Warungnya depan mall Panakukang deketan jarimatika Makasar. Makannya dicocol sama sambel kacang... aduuh smooty & guriih gitu.. penyajiannya yang pakai dibakar dulu itu jadi bau daun pisangnya sriwing-sriwing.hmmm kalau bumbu kering Conro atau Palu basah ada nggak yaaa ....

    ReplyDelete
  7. Deeh...baru ka tahu kalo kak dedew orang makassar. Sama ji jki itu pale. Iyaaa....sa suka semua yg di atas.
    sa pernah lho minum minyak tawon, kalo batuk parah sekali. Tp yg kepala merah ji. Ndak berani yg kepala putih.

    ReplyDelete
  8. Wiii enak semua itu Maak. Ada lagi yang lain: brownies pisang dan dodol markisa :)
    Sy juga belum pernah minum minyak tawon, padaha katanya bisa hehehe.

    Mudah2an bisa ke MKs nanti buat MIWF ya biar kita bs ketemuan :)
    Eh, SD Mattoangin(g) pale ... ndak jauh ji dari rumah, sy dulu tinggal di Jl Kasuari kira2 1 km dari stadion. Sy dulu di SD Mangkura (eh memang penting? wkwkwk). Tahun berapa sih SD dan SMPnya? Jangan2 kita pernah papasan di jalan ya? :D

    ReplyDelete
  9. Suamiku barusan dinas Makasar Dew oleh-olehnya kopi Toraja dan Minyak Tawon. Hihihihi...padahal aku ngarep batik Toraja. :)

    ReplyDelete
  10. Kopi toraja enak tuh, mba dew. :D Kalo kacang sembunyi di jateng juga ada, mba. Rasanya maniiiss.

    ReplyDelete
  11. Ya Allah, mbaaaak.. postingan ini mengingatkanku akan masa kecilku. Ortuku asli Bugis, mbak.. dari Bone. Kalo lebaran kami suka bikin kerpuk jintan, kacang sembunyi, juga baruasa.. Jadi kangeeeeeen...

    ReplyDelete
  12. Wuiiiiih....banyak banget oleh-oleh yang dibawa Oma Nailah.
    Eh aku baru tau kalo mb Dedew ada campuran Makassarnya. Kirain asli darah Jawa, hehehe....

    ReplyDelete
  13. @mba vivin: iyaa otak2 makassar happening bangeet...

    ReplyDelete
  14. @dee an: waahh iya yaa..asli bugiis...tos...lestari tuh baru pulang dari bone say..belum kue basahnya yaa..kue pelita, cucuru bayao, barongko..slurpp..

    ReplyDelete
  15. @dewi: hihi tos..iya kan ya bisa diminum..kalau yg putih buat apa di' lupa ka'

    ReplyDelete
  16. @eki hihi iyaa sekarang terdampar di jateng ki..yang orang jawa bapake nailah hihi tapi lama di pontianak..

    ReplyDelete
  17. @mugniar: aku angkatan jadul say hihi...Aamiin semoga bisa bersua di' ada rejekiku mudik..

    ReplyDelete
  18. @mba tatit: dirimu ga request sama si yayang hihi..kain toraja dan kain sutera cantik2 banget..

    ReplyDelete
  19. Hampir semuanya bikin kepo pengen cicipin,kecuali minyak tawonnya hihihi.... duh ga kabayang gimana rasanya. :D

    ReplyDelete
  20. wahhh...kmrn pas dmakassar cma smpet bli sirup markisa ja mak..trnyata mash ada 9 list yg blum trcapai hehe...
    kpan2 ah klo brlabuh lgi dsana lumayaaaaan.. :-D

    ReplyDelete
  21. Aku punya teman orang Makasar, dia buka lapak Es Pisang Ijo.. Enak banget dan citaranya segar mantap... Katanya sih dia bikin sirupnya khusus pake sirup pisang yg didatangkan khusus dari Makasar.. Sirup pisang katanya gak ada dijual di tempat lain selain Makasar.. Ternyata memang benar ya ...

    ReplyDelete
  22. gak usah 10 kok mbak kalau buat aku , pasti aku terima :)

    ReplyDelete
  23. huaaa...daftar oleh-olehnya banyaaaak...dan makanannya kayaknya yummy semua tuh mba :)

    ReplyDelete
  24. Huwaa..ini saya tetangga sebrang jalan dapat bagian apa Mbak??hehehehe

    ReplyDelete
  25. bner nie mba, kayanya orang sunda lagi nyasar ke makasar.hehe
    pengen juga sih nyobain oleh-oleh makasar.hehe

    ReplyDelete
  26. salam kenal mba dewi, ini kunjungan pertama saya :)
    saya udah follow blofnya, jangan lupa follback :D

    ReplyDelete
  27. Kok banyak bangett sih, Mbak. Aku belum nyobain satupun. Aku kira yg dari kacang itu ting-ting, tapo balutannya tepung. Jadinya ting-tong wae. .. :D

    ReplyDelete
  28. Wah banyak juga oleh-oleh dari Makasar. Aku baru tau kalo minyak tawon itu dari Makasar. Minyak tawon selalu harus tersedia di rumahku krn manfaatnya banyak :)

    ReplyDelete
  29. Kalo salah satu oleh2nya dikirim ke palembang bakal senang bgt nih...

    ReplyDelete
  30. dari sekian banyak yg mba tulis, aku penasaran ama dangke... Kirain itu cemilan, ternyata lauk nasi ya... ga kebayang rasanya ;p Tapi jd pgn coba.. Mamaku walo bukan org makasar, tp pernah tinggal di sana bbrpa thn...jd kalo sedang ke makasar, mama suka bawain oleh2 minyak tawon ama otak2 gitu.. enak deh otak2nya ^o^

    ReplyDelete
  31. AKu suka otak2, suka banget yg tengiri, dicocol sambal cair :D

    ReplyDelete
  32. @fanny: iyaa itu makanan langka say..ntar kuulas cara bikinnya yaa :)

    ReplyDelete
  33. Pengen otak-otaknya.. Apalagi dicocol sama saos.. :(

    ReplyDelete
  34. Sirup DHT wajib beli kalau lagi transit di Makassar
    Biarin mahal dikit beli dalam bandara
    Soalnya sirup ini gak ada di daerah lain

    ReplyDelete
  35. Aq lagi di makasar dan rencananya balik agustus ke jawa..tempat beli oleh oleh nya dimana kalo di makasar ?

    ReplyDelete
  36. Aq lagi di makasar dan rencananya balik agustus ke jawa..tempat beli oleh oleh nya dimana kalo di makasar ?

    ReplyDelete
  37. Otak-otak tenggiri khas Makassar yummy, cuma ini lidah sudah lebih dulu akrab sama otak-otaknya Wong Palembang, tapi pas dibawain sekotak ya habis juga. Dan sirup pisang Ambonnya saya suka banget ^_^ Es pisang ijo kalau sirup merahnya bukan sirup pisang Ambon kurang marem deh ^_^ Banyak ya oleh-olehnya...

    By the way saya sudah follow blog nya #232 (ngarep di follow balik he he), baru manjat thread follow-follow an di KEB. Terima kasih :)

    ReplyDelete
  38. nomer satuu...doyan benget! ampe rela pesen beberapa hari sebelumnya :D

    ReplyDelete
  39. kopi toraja rasanya emang beda dari yang lainnya.. dan kebetulan ane juga pecinta kopi..hehe

    ReplyDelete
  40. Postingan ini membuat saya ingin segera terbang ke Makassar, Mbak Dedew hahahha.
    Kenapa tidak dimasukkan kodong sarung sutra dan juga emas makassar hahahha

    ReplyDelete
  41. Banyak yg belum coba..duh pgn ke makasar dwh

    ReplyDelete
  42. alhamdulillah saya tinggal di makassar,dan ternyata banyak yang suka,makanan khas kota ku hehe.yang balas komen ku nanti saya kasih oleh oleh susu dangke,hehe ,ehh tapi klw sudah gajian wkwkw.

    ReplyDelete
  43. minyak tawoon...!!
    selalu ada persediaan dirumah buat urut ^^

    ReplyDelete
  44. Aku orang Makassar, yang pengen jalan2 atau lihat kota makassar serta jajanan khas nya , mari ditunggu yaa:D

    ReplyDelete
  45. Kayaknya yang menarik itu kopi torajanya... ;D

    ReplyDelete
  46. Rekomendasi kalo jalan-jalan ke Makassar inih

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...