Wednesday, March 25, 2015

Naik Bus Tingkat Semarjawi di Kota Lama Semarang :)

Dear Temans,

Alhamdulillah, Jumat lalu bisa piknik perdana naik bus Semarjawi bareng Paguyuban Kelas 1 SD. Hj. Isriati Ungaran. Yup, rencana piknik ini benar-benar dadakan. Gara-gara mupeng naik bus Semarjawi, dakuw 'menghasut' emak-emak di grup ortu murid untuk piknik setelah ulangan mid semester.


pesertanya tumbang hihihi

Nggak disangka, sambutannya meriah. Akhirnya, ditetapkanlah Jumat, 20 Maret kami bakal piknik naik Bus Semarjawi di Kota Lama Semarang. 

Dakuw lalu mengirim e-mail ke admin Bus Semarjawi yaitu management.semarjawi@gmail.com, untuk membooking bus. E-mailku dibalas dan diberi no ponsel Mas Rifaldi Angga, Marketing Manager Semarjawi (085201884095) agar bisa menghubungi langsung.

berpose sebelum naik bus di taman Srigunting
Oh iya, Ada program Semarjawi Peduli Pendidikan untuk anak sekolah.
Dimana kita bisa mencarter satu bus untuk rombongan sekolah.
Jadwalnya Senin-Jumat pukul 07.00-17.00. Biaya operasionalnya Rp.500.000,- jadi sekitar Rp.12.500 per orang dengan kapasitas bus maksimal 40 orang.

Taman Srigunting

Jika ingin naik bus dengan jadwal reguler alias bukan rombongan, bisa kok hari Senin-Jumat yaitu pukul 18.00-20.00 atau hari Sabtu-Minggu dengan tiket 15.000 per orang (08.00-10.00 & 15.00-21.00).

Kita bisa membooking tiket di website www.semarjawi.com dengan mengisi formulir. Atau datang langsung ke Retro cafe di Jalan Garuda 09, Kota Lama Semarang.

emak-emak kece

Alhamdulillah, tanggal 20 Maret hari Jumat, Bus Semarjawi bisa dibooking.
Hanya saja, mas Angga meminta agar rombongan datang lebih pagi sekitar 08.00-09.00.
Ada acara permainan dan kuis di Taman Srigunting sebelum naik bus. Tapi, berhubung anak-anak masih sekolah, Kami mengajukan pukul 11.00 siang.

duo ganteng duduk di muka tanpa pak kusir
Mas Angga agak keberatan karena cuaca Kota Lama yang daerah pesisir sangat panas.
Apalagi siang bolong, huhu. Tahu kan, Bus Semarjawi bagian atas busnya terbuka.

naik bus tingkat uhuy


Akhirnya, diambil jalan tengah kami disarankan memakai topi, kacamata, syal, payung, dan jaket pelindung panas. Apa saja yang bisa menghalau panas. Juga tak lupa membawa air minum agar tidak dehidrasi.

Mas Herman cuap-cuap

Sumpah, deg-degan ya.
Takut panas sekali dan atau malah hujan deras. Cuaca saaat ini nggak bisa diprediksi.
Ah, sepertinya enakan naik busnya malam-malam kali yaa terasa suasana romantis di atas bus dengan angin semilir, dan pemandangan bangunan tua Kota Lama hihi *ini bukan suara tawa kunti, sumpah deh.

melewati kantor pos besar

Bismillah.
Hari Jumat, dengan berbagai kehebohan, akhirnya kami sampai di Kota Lama.
Anak-anak dan emaknya excited hihi bakal naik tram ala Eropa yang tingginya 3.17 meter.
Pak Herman, pemandu kami sudah menunggu dengan drivernya.

Yeayy, Kami siap berangkat!
Anak-anak pun naik ke bus bagian atas. Wah, lumayan tinggi lho kalau naik di atas!
 Alhamdulillah, mendung menggelayut. jadi cuaca nggak terik. Fiuh!

selfie dengan kacamuka

Perlahan, bus menyusuri jalan-jalan Kota Lama.
Di bagian bawah, pemandu berbaju batik Mas Herman asik cuap-cuap menerangkan bangunan yang kami lewati. wah, jadi dapat ilmu baru nih. Misalnya di depan Gereja Blenduk, ada bangunan kantor Asuransi Jiwasraya yang memiliki lift aka elevator pertama di Semarang, lho.

gereja blenduk

Juga ternyata Jembatan Mberok yang kita lalui itu bukanlah jembatan asli, tapi replika dari Jembatan asli yang mengarah ke Kantor pos.

Bus Semarjawi diresmikan tanggal 20 Oktober 2014 oleh Pak Hendi, walikota Semarang.
Dan merupakan hibah dari Telkomsel dari program CSR perusahaan.
Plat nomernya dong, H 467 A, yang merupakan usia Semarang saat itu.

Ternyata Semarjawi itu singkatan dari Semarang Jalan Wisata.
Sambil bercerita, Pak Herman berulangkali memperingatkan kami yang duduk di atas untuk berhati-hati terhadap kabel dan dahan pohon, bisa kesambar muka, dab! Hihi.

mendadak panaas hihihi
 Perjalanan naik bus Semarjawi menyusuri Kota Lama ini memakan waktu sekitar 30 menit.
Rutenya Taman Srigunting-Kantor Pos Johar-Jl. Imam Bonjol-Jl. Mpu Tantular lewat Stasiun Tawang-Jalan Cenderawasih-Gereja Katolik Gedangan lalu kembali ke Taman Srigunting.

untung pake topi yaa cewek cewek cantik ini

Oow...nyaris di akhir perjalanan naik bus Semarjawi, cuaca mendadak panas terik!
Untung, anak-anak pada pakai topi!
Berguna sekali nih topinya untuk menghalau panas terik Kota Lama yang tak jauh dari pantai. Topi anak-anak yang lucu-lucu pun dikeluarkan dari ransel. Kacamata cengdem emak juga langsung beraksi. Dipakai selfie pula hahaha.


lunch di taman srigunting

Hore, Alhamdulillah nggak lupa pakai topi, muka nano spray eyke pun aman hahaha! *buru-buru booking salon buat fesyel hihihi. Anak-anak mulai merengut dan mengeluh kepanasan dan lapar hehe. Untungnya, tak lama kemudian kami kembali ke Taman Srigunting. Setelah foto bareng, kami pun menyantap makan siang bareng. Nom..nom..

Terima kasih Mas pemandu dan pak driver, Seru sekalii naik bus Semarjawi!
Alhamdulillah, piknik perdana sukses. Mau kemana lagi kita, emak-emak kece? Hihihi.


Photo Courtesy of
Dedew & Santi Mama Keke

57 comments:

  1. Mbak Dedew gak ikutan pakai topi? heheee

    ReplyDelete
  2. @eki: ituu topiku yang dipakai nai, pink ngejreng hihi beli pas piknik di bangkok hihihihi...*tutup muka pakai handuk..panaas...

    ReplyDelete
  3. asiknya jalan-jalan naek bis tingkat :)

    ReplyDelete
  4. Mau aah (cari rombongan dulu nih *celingukan)

    ReplyDelete
  5. Seru sekali ya Mbak keliling kota naik bus pariwisata berasa di Eropa :D
    Kalo di Malang namanya Macyto: Malang City Tour.

    ReplyDelete
  6. Pingin coba... Sudah lama nggak ke Semarang. Kalau naik yang diatas harus pakai Topi, biar nggak kepanasan soalnya terbuka itu.

    ReplyDelete
  7. gak kuat lihat kacamata belalangnya dedew.. hahaha

    ih seru nih bus ya.. kayaknya bakalan nyoba deh kala ada rejeki ke semarang.. amiiin..

    jadi kepikiran.. di jakarta ada juga kan bus jenis gini.. apa gak uni coba aja ya.. biar temen2 si kakak billa juga bisa nyobaik.. ah curi ide dedew aaaah ...

    ReplyDelete
  8. pengen juga naik bis tingkatnya mbak :)

    ReplyDelete
  9. Seru mbak naik busnya. Anak-anak pasti senang banget itu ya :)

    ReplyDelete
  10. pinjem dong kacamuka-nya..hehhehew... berasa ikut naik bus tingkat juga akuuh

    ReplyDelete
  11. Waa...kaya'nya asyik tuuh.. Ayo, mba Dedew.. Kopdar sambil jjm naik semarjawi :)

    ReplyDelete
  12. Eh semarang juga punya bus wisata begini #salut.
    Btw salam kenal kak dew, saya pembaca ampe guling2 ngakak novel anak kos dodolnya. Akhirnya ketemu ama penulisnya disini hehehe

    ReplyDelete
  13. Aku juga mau menghasut kepseknya Faris ah biar piknik naik bis Semarjawi ini hihiii....

    ReplyDelete
  14. bisa buat piknik di semarang berarti ya :D

    ReplyDelete
  15. Wuaaah pengen niih naik bis Semarjawi. Ntar kalo aku naik bis semarjawi pinjem topinya mbak Dedew yaaa.. :)

    ReplyDelete
  16. Aow asiiknya.... spt diluarnegeri ya.... nano spray nya makin bikin kumplit lindungi ya mak...haha...

    ReplyDelete
  17. Serunya.... Panas banget emang kalau gak pake topi ya, Mbak.. :) ira

    ReplyDelete
  18. Baru tau semarang ada bus tingkat begini. :D
    Murah juga cuma 12.500 :)
    Seru-seru!

    ReplyDelete
  19. mak @winda:cari massa duluu hihihi

    ReplyDelete
  20. @levin: iya berasa di London hahaha...

    ReplyDelete
  21. @levin: iya berasa di London hahaha...

    ReplyDelete
  22. mba @dewi: kacamukah legendaris hahaha

    ReplyDelete
  23. belum afdol kalau belom nyobain bus yang satu ini ya hehehe

    ReplyDelete
  24. serunya muter2 naik bus tingkat... aku belum pernah naik bus tingkat... ntar pengen nyoba ah bila ke Semarang, Bandung atau Jakarta...kan ada bus tingkat di kota2 tsb ya...

    ReplyDelete
  25. @salman: ho oh bus keramat baru ada satu yak hihi

    ReplyDelete
  26. @rita: ada di solo, jkt..tapi yg unik modelnya kayak tram ya di smg ini hehe

    ReplyDelete
  27. Haii mas toro: aihh makasiih baca bukukuu jadi terharuu..aku suka baca blogmu yg bikin cleguk hihi

    ReplyDelete
  28. Waaah... asyik banget....
    Makasih infonya ya mbak. saya memang cari2 info cara naik bis Semarjawi ini.

    ReplyDelete
  29. @mba susi: Alhamdulillah, kalau bermanfaat mbaa :*

    ReplyDelete
  30. Asyik banget ya, Mbak! Aku malah sama sekali belom pernah naik bus tingkat yg keliling monas-bunderan HI wkwkwkw

    ReplyDelete
  31. kalo di bandung ada BANDROS: Bandung Tour On Bus :)
    iya harus pake topi biar adem :)

    ReplyDelete
  32. Kalau di Solo, bis Werkudoro namanya.
    Sekarang tiap daerah punya bis wisata ini ya.
    Nayyy senyummu manis. :)

    ReplyDelete
  33. Mantaaaapp, Plembang harusnyo punyo jugo yang cak ini mbak Deew haha

    ReplyDelete
  34. Aiiih...seruuu..
    Makin akrab dong ya ama ortu-ortu yang berhasil dihasut itu..hehe

    ReplyDelete
  35. @mba tatit: penasaran sama yang di solo..apik bus tingkatnya gedee yaa..kalo semarang cilik kayak mainan hihi

    ReplyDelete
  36. @yayan: iyoo bagusnyo lewat jembatan ampera, nikmati sunset sambil makan pempek *mulai berkhayal

    ReplyDelete
  37. @mak putri: aku juga belum maak..penasaran naik bus tingkat itu keliling monas..selama ini lewat aja kalau turun dari gambir haha

    ReplyDelete
  38. kok belum pernah lihat ya, hehehe.
    payah nih saya :)

    ReplyDelete
  39. @aditya:hihi ayo pikniiiik ke bawaah...

    ReplyDelete
  40. Double decker terbuka gitu yaaa. Di Jakarta ndak adaaa T.T Adanya Mpok Siti tapi nggak terbuka busnya :D

    ReplyDelete
  41. @una: iya unaa...berasa turis banget dahh naek ituu, hanya ya siap2 aja muka belang, semarang panase pool hihihihi

    ReplyDelete
  42. kalau saya suka mabok tu mbak kalau naik Bus heehee

    ReplyDelete
  43. Di mana-mana sudah ada bus tingkat. ((Surabaya kapan?)) huhuhuhuhu

    ReplyDelete
  44. Waaah barutau Semarang ada juga. Di Solo yg pernah naik bus spt ini. Berarti kalau ke Semarang kudu naik ini juga

    ReplyDelete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  46. asik ya mak bisa keliling - keliling pakai bis keren :D
    Jadi iri gara - gara disini gak ada bis yang kyk gitu hehe

    ReplyDelete
  47. Wihiiiii.. Kayak di LN aja ya, Mbak :D

    ReplyDelete
  48. Aku menghasut siapa nih mbak *pak bojo n anak2 cuek pas aku cerita bus semarjawi

    ReplyDelete
  49. kalau ke semarang mau colek2 mb Dedew aaahh... makasih infonya ya mbaa... *_*

    ReplyDelete
  50. @mba wati: coba naik bus yang malam mbaa..asik tuhhh..semriwiiing :D

    ReplyDelete
  51. @prima: bener yaaa, kalau ke semarang coleek...

    ReplyDelete
  52. Kapan-kapan kita sewa bareng lagi yuk!!hehehehe

    ReplyDelete
  53. mbak dewi ,,, salam kenal ya,,, boleh dng saya mampir ke sini

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...