Wednesday, February 24, 2016

Kedai Coto Makassar Nin Lala Yang Sedap di Sukabumi

Dear Temans,

Satu lagi tempat wisata kuliner enak kalau main ke Sukabumi, Jawa Barat.
Apa ituu?  Namanya Kedai Coto Makassar Nin Lala Sukabumi. Nin kalau dalam Bahasa Sunda berarti Nini aka Nenek. Tapi, yang punya kedai ini Bi Yulia aka Lala, masih muda dan geuliis. Biarpun konon cucunya udah seabrek, hehe. Yang terbaru, cucunya dinamakan Neng Senja. Jauh-jauh dari Semarang, dakuw pengen mencicipi coto Makassar nin Lala nu geulis..very delicious!
Kedai Coto Makassar Nin Lala Sukabumi
Coto Makassar ala Nin Lala di Kedai Coto Makassar Nin Lala Sukabumi
Kedai mungil ini dibuka tahun 2013 dengan menu utama Coto Makassar.
Kedai Coto Makassar Nin Lala Sukabumi letaknya di depan gedung Perpustakaan Kota Sukabumi beralamat di Jalan Perpustakaan, Sukabumi. Perempuan yang memiliki satu putra dan satu putri ini memang jago memasak. Dulu serngdakuw komporin untuk ikut Ajang Masterchef Indonesia, sayang nggak percaya diri untuk mendaftar, hiks.
Coto Makassar adalah soto khas Makassar yang terdiri dari campuran daging, jeroan dll.
Biasanya disantap dengan ketupat atau buras. Di Kedai Nin Lala, coto Makassar ini disantap dengan nasi. Makanan favoritku niih, sebelum diet huhu. Coto Makassar memang sedaap tapi tinggi kolesterol. Sedikit mah nggak apa-apa, untuk icip-icip hihi. Untuk menyesuaikan dengan lidah orang Sunda, coto ini juga bisa dimakan dengan bakso hihi. Unik yaa.

Kedai Coto Makassar Nin Lala Sukabumi
Nin Lala bersama putrinya sama-sama geulis nya'
Nin Lala, pemilik kedai ini suku Sunda asli, Hanya, ia bersuamikan orang Bugis yang merantau ke Tanah Jawa. Suaminya Ronald Kamase yang bekerja di TVRI, sering kangen masakan daerahnya, jadilah Nin Lala meracik coto untuk suaminya, berdasarkan resep rahasia Almarhumah Ibu Mertuanya. Nin Lala yang kerap disapa Bi Yung, adalah adik bungsu Ayahku lho. Jadi kalau ke Sukabumi, jangan lupa mampir kesana yaa hihihi #promosi nggak terselubung. 

Kedai Coto Makassar Nin Lala Sukabumi
mie ayam endess Nin Lala di Kedai Coto Makassar Nin Lala Sukabumi
Walaupun kedai coto Makassar ini terbilang baru, sebenarnya Biyung sudah berbisnis kuliner sejak 15 tahun lalu, diantaranya membuka usaha kue kering dengan label Laa Julie. Ia juga menerima pesanan katering untuk acara arisan, pernikahan dll. Namanya cukup terkenal seantero Sukabumi sebagai juru masak andal lho. 

Kedai Coto Makassar Nin Lala Sukabumi
Ayam krispi Nin Lala yang lezat dan sehat tanpa bahan pengawet
Kini, kedai semakin ramai dan menu yang tersedia semakin beragam, untuk memenuhi selera pelanggan yang beragam. Selain menyajikan coto Makassar, ada pula pepes nasi isi ayam dan telur, nasi liwet komplet, mie kocok bakso ceker. Ada pula es pisang ijo yang segar disantap kala panas terik Sukabumi membakar di siang hari bolong. Harga makanan dan minuman disana sangat terjangkau lhooo. Baiklah, mari kita coba coto Makassarnya yaa.

Kedai Coto Makassar Nin Lala Sukabumi
Kedai Coto Makassar Nin Lala Sukabumi selalu ramai dikunjungi pelanggan



Menu ini selalu jadi hits di Kedai Coto Makassar Nin Lala Sukabumi, Coto Makassar paling cepat habis. Selain disantap di kedai, banyak pelanggan memesan untuk dibawa pulang. Atau diantar ke kantor-kantor yang letaknya tidak jauh dari kedai. Coto juga sering laris dipesan untuk acara pernikahan atau khitanan.

Kedai Coto Makassar Nin Lala Sukabumi
Sop juga tersedia lho di Kedai Coto Makassar Nin Lala Sukabumi
Hm, pantas saja laris ya. Rasanya enaak. Nggak kalah deh dengan coto yang dijual di Makassar sana. Kuahnya nendang rasanya. BUMBU rempah-rempahnya meresap hingga ke hati, halah. Nggak hambar dan melulu rasa MSG atau kaldu sintetis. Gurih dari daging sapi asli. Serasa pulang kampung ke Makassar hihi. Kayak makan coto daeng siapaa gitu. Bukan nini-nini. Kikikik.

Oh iya, kedai ini buka pukul 08.00-15.00 WIB, dari hari Senin-Jumat saja. Jadi, kalau sedang main ke Sukabumi, mampir yaa ke kedai ini dan kenalan sama Nin Lala yang ramah dan cantikatau putrinya yang tak kalah geulis, Neng Adel. Jangan digangguin ya, dia udah ada yang punya hehe. Sebentar lagi menikah, jangan pada patah hati yaa..




4 comments:

  1. Bikin ngiler ih, untung dah masak soto sapi lobak ala sunda tea ning heuheu

    ReplyDelete
  2. Coto makasar itu citarasanya gurih.. aku suka banget kebetulan di dekat tempat tinggalku ada yang jual.. gak perlu jauh2 ke Makasar, hehe..

    ReplyDelete
  3. waahhh aku suka bgt coto makasar ^o^... untungnya di jkt ada bnyk resto makasar, jd kalo kangen, bisa dtgin yg mana aja.. ntr kalo ke sukabumi lg aku cobain yg ini mba ;)

    ReplyDelete
  4. wow enak banget kayaknya! Indonesia memang penuh dengan masakan lezat yang beraneka rasa. cek disini Beautiful Indonesia untuk lihat keanekaragaman Indonesia lainnya ya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...