Tuesday, June 17, 2014

Gimana Sih Pesan Tiket Kereta Api Online?

Dear Temans,

Mau sharing tentang beli tiket KA online.
Orangtua dakuw kan di Bogor, jadi sering bolak-balik ke Bogor. Pilihan transportasinya sih naik Kereta Api. Selain lebih cepat dibandingkan bus, rasanya lebih nyaman bepergian dengan KA eksekutif Argo. Harga tiket KA memang beda tipis dengan naik pesawat.

Waktu tempuh perjalanan Semarang-Jakarta juga beda jauh jika naik pesawat dibandingkan KA *ya iyalaah. Naik KA ke Jakarta butuh waktu 6 jam, sedangkan pesawat, hm..30 menit? Hihi.
Hanya, selain agak parnoan, dakuw juga malas menghadapi kemacetan lalu lintas Cengkareng-Bogor, hehe. Naik pesawat mungkin butuh waktu 50 menit.


Tapi perjalanan ke Bogor naik busnya? Berjam-jam hehe apalagi kalau jam pulang ngantor. Hiks.

Jadi, lebih memilih kereta dengan tujuan akhir Gambir yang perjalanan ke Bogor tidak terlalu lama. Bisa jalan-jalan kemana dulu lagii hihi orang kampung masuk kota.
Dulu, dakuw selalu pesan tiket di stasiun. Dan baru kusadari itu capeek banget hihi dasar lola ya nyadarnya setelah bertahun-tahun. Butuh waktu dan tenaga, juga biaya. 

Why oh why? 
Because, Stasiun Tawang jauh pisan dari rumah eyke. Begitu juga Gambir dari Bogor.
Keluar duit lagi dong untuk transportasi. Minimal bayar karcis bus Trans Semarang hehe kalau mau ke Tawang.
Belum lagi, kalau musim holiday, alamaak antrenyaa panjaaang! Langsung encok deh eyke. Pernah nih, ngantri sekitar tiga jam. Gara-gara mau pulang ke Semarang, barengan dengan pengantre tiket lebaran yang masih 6 bulan ituu huhu...


Dodolnya dakuw.
Baru beberapa bulan ini tahu kalau tiket kereta bisa pesan di minimarket atau gerai lain seperti VSI ya?
Tinggal pergi ke minimarket. bilang ke kasir kalau mau beli tiket KA online. 

Langsung deh diinput data kita seperti nama, no ponsel, kereta yang dipilih dan jam keberangkatannya.  Jangan lupa, sekali memasukkan data, sebutkan berapa tiket yang kita mau pesan.

Jangan kayak dakuw dulu, kukira mbak kasirnya masukkan data satu-persatu. Ternyata, jumlah tiket yang kita pesan harus disebutkan di awal. jadilah, keburu submit data, eh Aldebaran belum dibeli tiketnya! Sedangkan ia masih terhitung bayi, aku beli tiket tanpa kursi.

Sedangkan bayi, nggak bisa pesan tiket tanpa kursi kalau tidak dengan tiket ibunya. Mau beli tiket duduk juga, takutnya berjauhan dariku huhu. Untungnya, bisa beli tiket tanpa kursi di loket stasiun saat mau berangkat. Coba, masa my baby ketinggalan keretaa? Huhu.

Oh iya, kita juga bisa pilih harga tiket termurah. Kan kelihatan tuh di web-nya. 
Di loket stasiun juga sudah mulai sih. Mereka bertanya mau tiket yang berapa. Yang tersedia harga berapa saja. Dulu, langsung saja kita dipatok nih harga segini. Dikasih yang mahal banget. Huhu, sengaja kali ya? *suudzon. 

Jadi, sekarang kalau dakuw bepergian masih bisa dapat tiket 230 ribu jika bukan musim liburan. Kalau lagi musim liburan, bisa diprediksi yang tersisa tiket kereta mahal sekitar 280-300 ribu huhu.
Setelah, data oke, disubmit deh oleh kasirnya. Nanti kita diberi struk yang bertuliskan kode tiket. Itu struknya, jangan dibuang yaa. Hihi, kebiasaan buang-buang struk. 

Struk ini nanti kita butuhkan kalau sudah di stasiun. Ada printer dan komputer di pojok ruangan, kita tinggal masukkan kode tiket kita di layar koumpter dan tekan print. 

Crekk...crekkk...
 
Sudah deh. Tiket kita otomatis dicetak oleh printer. 
Siap berangkaaat...

Mudah ya? Hihi.
Hanya kendalanya, biasalah. Jaringan internet negara kita slow kayak siput. Jadi beberapa kali submit data eh jaringan lagi konyol, error. Huhu, mulai dari awal lagi deh isi datanya. 
Sabar, sabar, orang sabar cepat kaya raya, hihi. Aamiin..

Sekian info dakuw. Semoga bermanfaat yaa.
Safe Triiip...



Sumber Foto:
 www.freedigitalphotos.net



4 comments:

  1. Lebih mudah ya mbk g harus ngantri di stasiun :)

    ReplyDelete
  2. makasih share infonya mbak, biasanya kita tinggal naik dan instan aja ya mbak, bener2 tips buat mak2 nich...*jempol mbak, bener2 small things,Kecil Tapi Penting

    ReplyDelete
  3. @hm zawan: makasih maak dah mampiir..

    ReplyDelete
  4. mbak Dian: makasih udah mampiir maak..hihi tadi mendadak ide nulisnya..dakuw ni yang telat tahu hihihi kasian dehh

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...