Saturday, April 13, 2013

Review Anak Kos Dodol Dikomikin Vol. 4 by Yayan

Kehebohan Anak Kos Dodol Dikomikin Vol.4 ::: 

AKD Dikomikin 4



Anak Kos Dodol Dikomikin Vol.4 ::: | 2013 | Naskah : Dewi ”Dedew” Rieka | | Desain Sampul & Ilustrasi : Karisma Jati | Penerbit : Gradien Mediatama | | ISBN : 9786022080947 | Harga Rp. 29.000- | | 160 Hal | Skor ala Omnduut : 7.7/10 | Rating GR di sini| 

Ketika pertama kali diterbitkan tahun 2008 lalu, Anak Kos Dodol langsung menjelma menjadi PeLit (Personal Literatur) yang meledak di pasaran sehingga kisah dodol mbak Dewi Rieka selama ‘menjabat’ sebagai anak kos di Yogyakarta makin terus diminati. 

Bahkan, hingga kini Anak Kos Dodol sudah masuk seri ke-4! Hebat sekali. Tidak banyak PeLit yang bisa menembus seri keempat karena PeLit tersebut haruslah memiliki cerita unik, lucu, menggelitik dan menggemaskan *kayak aku #Eaaaa* Kesuksesan Anak Kos Dodol ternyata tidak hanya berakhir di situ saja. Setahun pasca kehebohan Anak Kos Dodol, penerbit Gradien memberanikan diri mengadaptasi PeLit ini ke dalam sebuah komik. 

Pada tahun itu, keberadaan komik asli Indonesia memang mulai menggeliat. Ternyata, keberadaan komik ini juga digemari sehingga tembus 4 volume. Hingga tahun 2013, ada 8 buku berembel-embel Anak Kos Dodol yang diterbitkan plus satu buku yang ditulis oleh para anak kos hingga dengan judul Anak Kos Dodol Bareng Konco (yang kini tengah dipersiapkan volume 2-nya! Ruaaar biasa). 

 Karisma Jati masih menjadi eksekutor dalam penggarapan komik ini. Seperti halnya 3 volume terdahulu, Karisma Jati masih menampilkan ciri khasnya. Yakni kekocakan, detail dan ekspresi-ekspresi yang mampu membuat lemak bergoyang. Yiha! Di volume ke-4 ini, ada 4 (empat) cerita yang dipilih untuk diwujudkan dalam bentuk gambar. Yang pertama judulnya Perang Saudara. 



Ceritanya khas anak kos banget. Hidup dalam satu atap dengan banyak karakter dan watak, tentu sajah pertumpahan serapah tak bisa dihindarkan. Dimulai dari keputusan bersama membentuk geng arisan, siapa sangka berakhir dengan mengenaskan karena ada saja penghuni kos yang mangkir untuk membayar kewajiban. Maka, perperangan semacam ini mau tak mau harus terjadi… Hahaha. 

 
Perperangan dan kerusuhan yang terjadi Trus, anak kos tentu berhubungan dekat dengan keisengan. Misalnya saja iseng mengintip teman satu kos pacaran. Iseng banget nggak tuh! Haha… bagi yang belum pernah ngerasain pacaran, tentu saja ketiban ‘rezeki’ mendapati peragaan pacaran ala ‘sekarang’ ditampilkan secara gratis. *hiyyy* Hahaha. Idih, pacaran kok kayak gini… tuh sampe diintipin hehe.

Di cerita Makhluk-Makluk Dodol Kelas E diceritakan kalau mbak Dedew mulai kenal cowok dan kerap ‘memanfaatkan’ cowok untuk jadi ojek kesana-kemari hihi. Ceritanya, bareng geng kelas E, mbak Dedew berencana untuk jalan-jalan ke Klaten naik motor. Ya, namanya juga apes adalah solmet-nya mbak Dedew, ada aja kekacauan yang tecipta selama perjalanan. 

Misalnya saja, di kejar anjing kayak gini nih! Gelak ya! Ini komik memang dodol abis! Setelah ‘menelurkan’ 3 edisi sebelumnya, gambar yang dibuat Karisma Jati makin bagus dan rapi. Selain jago menggambar, Karisma Jati juga pandai mengolah sebuah cerita dalam sebuah komik. Banyak sekali orang yang jago menggambar, tapi hanya sedikit yang bisa bercerita dengan baik. Maka, duet Karisma Jati dan mbak Dedew ini memang duet yang cetar membahana. Hihihi. 

 Masih banyak keseruan yang ditawarkan komik ini. Bagi yang nggak suka baca komik pun, aku jamin jika baca komik ini akan merasakan kehebohan yang ada. Tapi ingat! Ini peringatan keras. Warning tingkat tinggi, hehe. Komik ini hanya boleh dibaca oleh orang yang sudah 17 tahun ke atas ya! 

Gambar-gambar mengenaskan di komik ini tidak cocok untuk anak-anak. *sodorin komik Doraemon* Terakhir, Anak Kos Dodol Vol. 4 adalah hiburan yang asyik. Harapanku, dalam waktu dekat akan keluar lagi komik edisi terbaru. Hihi. Oh ya, ini dia koleksi Anak Kos Dodol series yang aku punya. Lengkap!!! 

Dan… sttt… di Anak Kos Dodol 1 ada endorsmentku loh *pamer* hwhwhw. 


Anak Kos Dodol Series 

Sumber: http://omnduut.wordpress.com/2013/04/13/1897/

2 comments:

  1. akan lebih menarik klo dbagi per paragraf.. hihi.. salam kenal yaa...

    ReplyDelete
  2. Hehe ini kopasan mba blom sempat drapiin keburu puyeng...klik sumbernya aja omndut.wordpress, malah keren tampilannya, ada komiknya segala :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...