Nordic Blanket Cover Sofa, Selimut Estetik yang Kutemukan di Marketplace

Dear Teman,

Saat menikah dan pindah rumah ke Ungaran, kami memesan sofa mungil dari bahan kain yang bertekstur di sebuah studio furniture Livorno Living di daerah PRPP Semarang. Aku memesan satu set sofa custom dan kitchen set kala itu. Kami memutuskan memesan sofa custom karena kalau beli sofa dengan ukuran standar di toko bakal nggak bakal muat di ruang tamu mungil kami. Hihi. 

Nordic Blanket Cover Sofa, Hidden Gem yang Kutemukan di Marketplace

Sofa ini hanya terdiri dari two seat plus one. Warnanya cokelat tua bergaris dengan bantal besar dengan motif garis-garis cokelat dan krem. Sofa juga dilengkapi meja berbentuk kotak yang di tengahnya ada semacam tempat untuk memajang pernak-pernik. 

Bagian tengah meja ini berisi pasir pantai lengkap dengan kerang-kerangnya yang cantik. Sempat aku tambahkan pasir dari Pantai Kuta di Lombok yang kubawa dengan botol plastik. Desain mejanya khas tahun 2000an hihi. Motif kayunya juga bergaris seperti bantal kursiku. Kata teman, unik mirip kue lapis motifnya. Ada yang punya juga?

Baca Juga: Menata Rumah dengan Koleksi Pernak-Pernik

Sofa itu menjadi andalan hingga bertahun-tahun ke depan. Tempat menerima tamu, tempat bocah main, hingga tempat rebahan santai nonton drakor setelah lelah beberes. Sofa ini bahkan lebih tua daripada anakku yang kini berusia 16 tahun, haha. Makanya, Nai sering menyebut sofa ini Kakak Sofa atau Sofa Sunbaenim. Haha. 

Sofaku ini lumayan jarang dicuci paling disedot debunya. Suatu hari, diduduki anak tetangga yang besar badannya hingga pegangan sofanya patah. Jadinya, sofaku meleyot bagian pegangannya. Huhu. Jelek penampakannya tapi tetap kami pakai karena belum ada dana untuk menggantinya. 

Terus, ketika Mama dan Abahku datang ke Ungaran, mereka membelikan kami satu set sofa baru. Jadilah, sofa ini berpindah ke belakang, tempat yang terbuka semacam teras belakang. Di situ ada dapur dan meja makan open air. Terima kasih atas jasamu, Kakak Sofa.

Sofanya jadi tempat suamiku nongkrong. Suami melepas pegangan yang patah, jadi sofa ini hanya punya satu pegangan saja. Hehe. Tapi, jadi lebih terlihat rapi.  

17 tahun berlalu, tentu saja keadaannya makin lusuh. Walaupun kami cukup telaten merawatnya. 

Nordic Blanket Cover Sofa, Hidden Gem yang Kutemukan di Marketplace

Saat merenovasi rumah tahun lalu, sofa ini kami biarkan di area belakang rumah. Paling hanya ditutupi plastik saat pak tukang bekerja. Rencananya, sofa ini bakal kami buang karena sudah tak layak pakai. Terus, beli sofa bed jadi kalau ada keluarga datang bisa tidur di depan TV kalau kamarnya tidak cukup.

Saat teras belakang sudah disulap menjadi ruang keluarga, sofa ini berada di tengah-tengah ruangan. Kami tak jadi membuangnya, rencananya menunggu ada dana untuk membeli yang baru. Sofa kami yang lebih baru kan diletakkan di ruang tamu. 

Akhirnya, kami cuci deh sofanya. Tapi, penampakannya ya tetap lusuh. Hehe. Tadinya, mau dipermak dan diganti kain sofanya dengan. Ternyata, biayanya nyaris sama dengan beli sofa baru. Batal deh Dapat ide beli cover sofa setelah melihat IG Ikea dan Informa. Tapi, harganya lumayan mahal, ya. Aku pun membeli cover sofa di Tokopedia dan mengukur lebar sofanya. Saat itu, beli yang termurah asal ada dulu deh biar nampak lebih cantik dipandang. 

Terus, aku keluarkan meja TV panjang dari ruang tidurku. Meja ini juga kami pesan tapi di toko kerajinan lokal di Ungaran. Pakai kayu solid dengan model sederhana banget nggak estetik. Heran juga kenapa dulu tak beli perabot meja yang lebih ringan bahannya dan bergaya minimalis sesuai dengan gaya rumah mungil kami. Mana berat banget lagi bobotnya. 

Meja panjang ini tak sekadar meja tapi sekaligus tempat penyimpanan yang bisa dibuka bagian atasnya. Aku meletakkan gorden dan koper tak terpakai di situ. Meja ini kalau ditaruh di kamarku terlihat bulky dan berat. Eh, begitu aku letakkan di ruang keluarga berpadu dengan sofa tua kok jadi terlihat kecil dan ramping? The power of luas ruangan ya? Senangnya! 

Nordic Blanket Cover Sofa, Hidden Gem yang Kutemukan di Marketplace

Saat Mama datang, ia ingin membelikanku sofa bed. Tapi, aku menolak ah nanti beli sendiri saja kalau ada rezekinya. Toh, bukan kebutuhan yang urgen, kan. Sofa tua kami masih bisa dipakai. 

Setelah sekian lama, Alhamdulillah, akhirnya punya ruang tamu dan ruang keluarga khusus dengan konsep open space alias tanpa sekat. Ruangan jadi terlihat lebih luas. Tadinya, Mamaku ingin membelikan rak buku yang berfungsi sebagai pembatas antara dua ruangan. Tapi, sebagai pemirsa setia Youtube Rizki Abadi dan Wicak Mifta aku memutuskan ruangan ini tanpa sekat seperti yang sekarang sedang tren. 

Saat rumah belum direnovasi, ruang tamuku sekaligus ruang keluarga tempat anak-anak belajar dan bermain. Jadi, bisa terbayang betapa riuhnya ruang tamu kami yang berukuran 3x3m ini. 

Ya, namanya saja rumah di perumahan ukuran tipe 45. Jadi, ruangannya terbatas sekali. Alhamdulillah, sekarang lebih leluasa gerak kami. Anak-anak sering mengajak teman-temannya ke rumah. Entah main atau kerja kelompok. Mereka jadi lebih nyaman di rumahku. 

Baca Juga: Rekomendasi Channel Menata Rumah 

Nordic Blanket Cover Sofa, Hidden Gem yang Kutemukan di Marketplace

Ruang tamu dan ruang keluarga ini kutata bernuansa kayu dan cokelat tua dan berbagai gradasinya. Menyesuaikan warna gorden dan sofa tua, hihi. Perabot juga kebanyakan kayu. Hanya rak susun IKEA yang terbuat dari besi dan dicat putih. 

Jadilah, aku menggunakan taplak meja, karpet, dan keset dengan warna senada sesuai tema ruangan. Jadi lebih nyaman deh walaupun aku tak tahu konsep apa namanya ruangan ini. Dibilang minimalis, tidak juga karena pernak-pernikku banyak dan dipajang di berbagai sudut ruangan, haha. 

Balik ke sofa, beberapa waktu lalu aku memutuskan membeli cover sofa baru untuk dipakai selang-seling dengan cover sofa lama. Aku dan anak-anak kan sering nongkrong di sofa tua ini karena sofa baru tak boleh untuk berbaring, haha. Sofa ini nyaman untuk mengetik, nonton drakor dan lainnya. 

Aku mengetik cover sofa di kolom pencarian Toped dan keluarlah banyak toko yang menjual aneka cover sofa. Kebanyakan seperti yang aku beli dulu bahannya tipis dan lebih cepat lusuh. Nah, pandanganku tertuju pada cover sofa yang bentuknya berupa selimut agak tebal. Cover sofa throw blanket jadi cara pakainya tinggal dihamparkan saja di atas sofa. 

Baca Juga: Cara Belanja Online di IKEA

Terus, aku menemukan motif Nordic Blanket yang cantik banget. Selimut ini bisa untuk cover sofa, seprai, selimut bahkan properti foto yang cantik. Serba guna, ya.

Nordic itu sebutan untuk negara-negara yang ada di kawasan Benua Eropa bagian utara. Tepatnya dekat Laut Baltik. Diantaranya Denmark, Swedia, dan Norwegia. Kalian sering lihat Nordic blanket ini di IKEA kan? Dihamparkan di atas sofa atau tempat tidur. Sering juga kita lihat di Pinterest menghias rumah bergaya Nordic dan Skandinavia. Estetik banget, ya. 

Aku jadi tergiur. Apalagi, aku berhasil menemukan toko di Toped yang harga selimutnya lebih murah dibandingkan toko lain namanya SmithTom dan pengiriman dari Jakarta Barat. 

Nordic Blanket Cover Sofa, Hidden Gem yang Kutemukan di Marketplace

Toko lain harga barangnya sekitar 200 ribuan, toko ini menjual selimut ukuran 130x180 cm hanya sekitar 165 ribu, Nordic Blanket ini ada yang tanpa motif, ada yang motifnya geometris khas Nordic. Etnik banget. Ada tiga jenis ukuran kain yaitu 130x180 cm, 180x260cm dan 180x340cm. Sayangnya, ukuran yang tersisa hanya yang paling kecil. Hanya dua motif tersisa pula, Maple Jeruk, Sucre dan Geometris. Laris juga ya toko ini! Dapat rating bintangnya juga bagus. 

Aku baca deskripsi barang di tokonya:

1. Nordic blanket ini berbahan katun dan campuran serat polyester dan akan lebih lembut setelah dicuci. 

2. Nordic blanket warna putih tidak melalui proses pemutihan jadi lebih aman dan nyaman digunakan. 

3. Nordic blanket ini ditenun dengan mesin tradisional, jadi ada kemungkinan ada benang berlebih, ujung kain kurang rapi. Cukup digunting saja. 

4. Selimut ini bisa dicuci dengan air suhu normal atau mesin cuci dry clean, atau mesin cuci biasa. 

5. Nordic blanket ini berbulu tapi bukan rontok. Bulu ini akan menghikang sendiri setelah beberapa kali dicuci. 

Menurut info di flyer selimut ini menggunakan teknologi anti tungau level mikron. Terbuat dari serat ultra halus dua komponen. Jadi, lebih halus dan ramah kulit, anti tungau serta anti bakteri. Wow. 

Akhirnya, aku pesan deh selimut dengan motif Maple Jeruk menyesuaikan dengan warna temaku yang cokelat. Motifnya unik dengan paduan warna cokelat oranye dan biru donker. Proses pengemasan dan pengirimannya memakan waktu empat hari. Saat tiba, aku senang banget karena selimutnya tebal dan apik motifnya! 

Selimut ini ada dua sisi jadi bisa kamu balik untuk suasana berbeda di ruangan. Sayangnya, saat menghamparkannya di sofaku eh ternyata agak kekecilan! Jadi tidak menutupi sofaku dengan sempurna. Hiks. 

Ya, gimana memang nggak ada stok ukuran lebih besar lagi. Untungnya, dapat diskon lumayan dan ongkir gratis dari Toped. Semuanya habis. Tapi, berhubung warnanya senada jadi ya nampak cantik juga! Aih, senangnya rasa hati! Semoga nanti ada rezeki lagi ya bisa beli Nordic Blanket motif lain dengan ukuran lebih besar. 


Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

15 Comments

  1. Cakep bener Nordic Blanketnya, meluncurr ahh ke tokonya buat lihat-lihat motif lain. Sofa lama jadi rasa baru ya kalau ada cover yg cakep gini.

    Rumahnya bagus Mbak, bersih dan rapi.

    ReplyDelete
  2. eh eh kok sama mbaa...aku juga suka itu liat rizky abadai dan wicak mifta hehehe..tapi kalo liat itu jadi pengen punya rumah lagi hahaha...
    blanket nya cantik mbaaa jadi sofa tuanya kembali muda lagi deh,,,sepertinya aku juga perlu beli soalnya cover sofaku juga sdh lusuhhhhh hihi

    ReplyDelete
  3. Bagus banget mbak covernya, multifungsi pulak bisa untuk jadi cover berbagai macam dan jadi background foto juga, hehehe.

    Aku suka sama dekorasi kamarnya mbak. Sederhana, tapi nyaman untuk kumpul keluarga.

    ReplyDelete
  4. Cover sofa nya beneran uniq, menarik dan cakep banget mba 😍 bahannya juga bagus, tokopedia memang bisa jadi tempat terbaik buat beli perlengkapan rumah ya. Salut juga aku sama cara mba merawat sofa sampe belasan tahun masih awet lho.
    Btw Tokped promoannya ciamik juga nih, bikin semangat CO hehhehe. Siapa sih yang gak seneng sama diskon yakan 🤩

    ReplyDelete
  5. Mbaaaa, jadi pengen lihat tokonya yg jual deh 😍😍😍.

    Soalnya sofa ku yg udh ada sejak kami nikah, juga udh kucel. Apalagi para kucing menjadikan kakinya sebagai cakaran kuku mereka 😂. Udh aku beliin cakaran kuku ttp aja senengnya di sofa.

    Makanya pengen juga nutupin pake selimut gini , JD ga malu pas tamu datang hahahaha

    ReplyDelete
  6. Nordic Blanket Cover Sofa tidak hanya berfungsi sebagai selimut, tapi juga sebagai pelindung sofa. Bahannya yang tebal dan tahan lama dapat melindungi sofa dari debu, kotoran, dan hewan peliharaan. Perawatannya juga mudah banget yah ini

    ReplyDelete
  7. Cantik euy.. Nordic blanket nya.. jadi terinspirasi juga nih cari selimut sofa utk sofa uzur kami juga..

    ReplyDelete
  8. Mba Dedewww, aesthetic parahhhh nih rumahnyaaa
    @dewirieka

    tsakeepp benerrr, dan ornamen2 kyk nordic blanket itu jadi point interest bangetttt ya mba ❤️

    aku juga mau coba cari2 ahhh
    makasiii mbaaa😻🏃

    ReplyDelete
  9. Suka banget gaya interior nordic. Asyik ya nemu selimut dua sisi. Cuma kayanya agak rempong di rumahku masih banyak anak kecil. Bakal sering ketarik-tarik tuh selimut.

    ReplyDelete
  10. cover sofanya vintage estetik mbak, aku suka yang motif beginian, barang yang ditutupi dengan cover vintage terlihat beda aja
    aku sering melihat di pinterest model sofa yang ditutupi kain atau cover minimalis, bikin ruangan terlihat simple dan betah aja pasti bawaannya

    ReplyDelete
  11. Nordic Blanket Cover Sofa tidak hanya berfungsi sebagai selimut, tapi juga sebagai pelindung sofa ya mbak. Aku suka melihat desainnya cantik dan kelihatan elegan gitu

    ReplyDelete
  12. Blanket cover sofanya keren banget, motifnya cantik dan warnanya juga pas.
    Sofa dan ruangan jadi kelihatan serasi.

    ReplyDelete
  13. Ka Dew matanya jeli banget memilih model dan warna dari Nordic Blanket Cover Sofa yang pas buat ruang keluarganya..
    Kesan vintage-nya beneran dappeett banget.

    Dan iyaya, skarang tuh kreatif banget. Interior dan barang-barang bisa diakalin sama produk cakep di ecommerce.
    Pokonya tinggal sebutin kaca kunci yang pas aja gitu yaa..

    ReplyDelete
  14. Masyaallah cantik banget lo cover sofanya mbak..pas banget bahkan melengkapi semua baramg yg ada di ruang tamu. Aku kok jasi terinspirasi pengen beli juga cover sofa. Meskipun ga ganti sofa ganti suasana baru sgn cover sofa kan bisa juga ua hehehe

    ReplyDelete
  15. Baru tau cover sofa seperti itu namanya Nordic Blanket Cover Sofa, sudah lama pengen cover sofa bermotif kayak gitu, apalagi bahannya tebal Dan tahan lama yaa

    ReplyDelete
Previous Post Next Post