Cara Belanja Online di Website IKEA untuk Menata Ruangan Baru

Dear Teman,

Cara Belanja Online di Website IKEA untuk Menata Ruangan Baru-Alhamdulillah, rumahku baru saja selesai direnovasi beberapa waktu lalu. Rumah yang sudah kami tempati selama 14 tahun itu memang bentuknya masih bawaan developer dengan tipe 45/130 paling hanya ditambah teras belakang untuk dapur dan ruang kerja.

Beberapa bulan lalu, Mamaku meminta tolong ke Kak Hakir sepupuku yang arsitek untuk dibuatkan desain rumah yang kami inginkan. Kami berencana menambah satu kamar tidur untuk anak lanang, dapur, kamar mandi, ruang cuci dan ruang jemur serta ruang keluarga. 

Cara Belanja Online di Web IKEA
Berpose di IKEA Sentul

Alhamdulillah, walaupun ngos-ngosan dananya, akhirnya bisa selesai juga dalam waktu tiga bulan sesuai rencana. Terima kasih untuk Pak Sugeng, yayang tercintanya Mbak Wati sobatku blogger di Gandjel Rel yang sudah memimpin renovasi rumah ini. Duh, rasanya kayak mimpi. Alhamdulillah. Akhirnya, rumah idaman kami terwujud. Aku punya ruangan kerja mungil sekaligus perpustakaan mini. Buku-buku yang ada di rumah akhirnya bisa dijadikan satu di sebuah ruangan layaknya mini library. Tadinya, buku-buku ini bertebaran di berbagai ruangan mulai dari kamar tidur hingga ruang tamu. So happy. Semoga berkah dan menjadi baiti jannati, aamiin.

Untuk ruangan lama, aku dan mas bojo mengecat sendiri agar lebih hemat maklum dananya sudah habis. Kami mengecat ruang tidur anak wedok, ruang tidur kami, kamar mandi serta ruang tamu pelan-pelan setiap ada waktu luang.

Alhamdulillah, hasilnya lumayan hehe ternyata mas bojo sudah terbiasa mengecat ruangan sejak masih sekolah, bantu bapaknya. Padahal, saking sangsinya, aku mengirim link artikel cara mengecat ruangan dari internet ke mas bojo biar dibaca dan dipelajari, haha. 

Cara Belanja Online di IKEA untuk Menata Ruangan Baru
kamar tidur Nailah jadi nampak baru dan segar setelah dicat

Saat menata ruangan, baru sadar kalau ternyata butuh dana lebih ya untuk membeli perabot baru dan printilan lainnya. Hehe. Aku mengandalkan marketplace Tokopedia untuk beli beberapa keperluan rumah seperti tirai untuk rak dapur, cover sofa biar sofaku yang buluk nampak baru hehe, terus beli rak di kamar mandi untuk meletakkan peralatan mandi, apa lagi ya? 

Cara Belanja Online di IKEA untuk Menata Ruangan Baru
Ruangan keluarga dengan sofa yang dilapisi kain hehe

Hm, aku membeli cover headboard untuk kepala tempat tidur Nailah biar nampak baru. Bahkan aku membeli stiker motif kayu yang kupakai untuk melapisi meja kayu bututku, hihi. Lumayan untuk meletakkan dispenser dan rice cooker di dapur baru, uhuk. Jadi, berusaha memperbaiki dan memanfaatkan barang lama yang ada dengan maksimal.

Membeli Perabot Idaman dari IKEA

Nah, salah satu perabot yang sudah lama kuidamkan adalah rak besi tipe Lerberg untuk menaruh pajangan dari IKEA. Sayangnya, IKEA belum ada di Semarang. Mau menunggu pas aku mudik Bogor rasanya masih lama. Nggak sabar, hihi.

Aku sempat melihat-lihat rak pajang merek lain dengan model serupa. Tapi, harganya lebih mahal. Dan aku tidak tahu bagaimana kualitasnya. Hm, bagaimana kalau beli online saja ya? Jadilah, aku melihat-lihat informasi belanja online IKEA. Biasanya, aku melihat banyak iklan jastip IKEA tuh di medsos.

Cara Belanja Online di IKEA untuk Menata Ruangan Baru

Nah, aku mengecek Tokopedia ternyata ada official store IKEA di sana. Senang dong bisa beli rak idamanku online. Apalagi, ada diskonnya dari Rp249.000 jadi Rp149.000 lumayan banget kan diskon akhir tahunnya IKEA. Berat paketnya sekitar 4-5 kg karena bahan raknya dari besi. Sayangnya, pas mengecek ongkos kirim raknya di Tokopedia ternyata 120 ribu lebih! Padahal, sudah pakai gratis ongkos kirim Rp20.000 jadi lumayan dapat diskon. Hiks. Mahal banget sama saja tidak diskon ya? Aku pun mengurungkan niatku untuk membeli rak.

Cara Belanja Online di IKEA untuk Menata Ruangan Baru
Ruangan jadi lebih nyaman sekarang

Suatu hari, aku melihat iklan drop belanjaan kita di IKEA di beberapa kota. Jadi, kalau kita beli produk IKEA secara daring nanti bisa dikirimkan ke drop point di setiap kota secara gratis dan kita tinggal ambil barang kita di lokasi yang ditentukan. Ah, apa begitu saja caranya ya untuk menghemat ongkos kirim? Kalau ambilnya di drop point terdekat aku bisa menjemput rak pakai taksi online dengan harga miring.


Cara Belanja Online di IKEA untuk Menata Ruangan Baru
Rak pajang yang cantik dari IKEA akhirnya tiba

Akhirnya, aku mengintip website IKEA dan mencari info drop point Semarang. Ada beberapa lokasi yang bisa kutitipkan barang pesananku di sana. Syukurlah, barang incaranku juga masih diskon, aku juga membeli tempat sampah yang warnanya senada dengan dapurku, abu-abu, hehe. Pas mau check out dan mengecek ongkos kirim betapa kagetnya aku ternyata ongkos kirim produk pesananku ke Ungaran hanya Rp30.000 menggunakan ekspedisi Lion Cargo. Wah, murah banget! 

Cara Belanja Online di IKEA untuk Menata Ruangan Baru
Mini library dan ruang kerja yang tadinya dapur

Cara Belanja Online di IKEA untuk Menata Ruangan Baru
Akhirnya punya perpustakaan mini yang memuat semua buku di rumah

Hm, mending aku pakai jasa ekspedisi ini daripada harus mengambil barang di drop point dengan taksi online? alhamdulillah. Aku sempat membaca komentar di web kalau pengiriman ekspedisi ini agak lama tapi ya nggak apa-apa aku nggak buru-buru ini, hehe.

So, aku akhirnya memesan satu buah rak pajang yang lama kuidamkan. Tadinya, bingung pilih warna karena ada pilihan warna putih, kuning dan hitam. Setelah banyak pertimbangan, akhirnya pilih warna yang putih biar lebih estetik, hehe. Pas check out aku mengecek berkali-kali apakah benar pesananku ongkirnya hanya Rp30 ribuan saja? Eh, ternyata benar lho. Aku pun mentransfer ke rekening yang ditentukan dan menunggu pesananku tiba dengan deg-degan, hehe.

Bagaimana cara pesan online di IKEA? Mudah banget:

1.       Buka situs website IKEA, daftar dulu jadi member jika kamu belum pernah berkunjung ke website IKEA sebelumnya. Kalau sudah pernah, tinggal login ya.

2.       Setelah masuk website, pilih produk yang kamu inginkan dan masukkan ke dalam keranjang belanja.


Cara Belanja Online di IKEA untuk Menata Ruangan Baru

3.       Jika sudah selesai memilih barang, klik Mulai Pembayaran Selanjutnya.

4.       Selanjutnya, isi alamat tujuan kamu dengan lengkap ya biar barangnya tiba dengan cepat dan selamat, hehe. 


5.       Lalu pilih metode pengiriman. Ada tiga cara pengiriman yaitu Home Delivery alias barang dikirim langsung ke rumah atau Distributor Point seperti yang kujelaskan di atas kita mengambil barang pesanan kita sesuai alamat yang tersedia. Ada juga Indomaret Pick Up di mana barang kita dikirimkan ke Indomaret terdekat yang nanti kita ambil di sana. 

6.       Selesaikan pembayaran dengan menggunakan metode Bank Transfer atau Kartu Kredit.

7.       Pembelian selesai. Kamu tinggal menunggu konfirmasi dari IKEA melalui surel dan barang pesananmu akan segera dikirim.

Mudah, bukan?

Butuh waktu semingguan deh kalau tidak salah akhirnya pesananku datang. Aku memantau pesananku lewat website. Memang agak lama ya. Tapi tak mengapa. Pesananku diantar dengan mobil dari Lion Cargo. Ada dua paket yaitu rak pajang dan tempat sampah. Yippie! Aku membuat video unboxing dan minta tolong mas bojo untuk merakit lemarinya. Tak lama, rak idamanku pun jadi dan kuletakkan di ruang tengah. Cantik sekali, ah nggak bosan-bosan memandangnya, hihihi. Alhamdulillah.

 

Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

29 Comments

  1. Eh baru tahu beli produk ikea bisa kayak gitu. Ada drop point di Solo nggak ya? Biar bisa hemat ongkir gt. Kalau titip ke indomaret, ongkirnya gimana mbak? murah mana sama drop point?

    ReplyDelete
  2. Ternyata makin praktis aja ya belanja perabotan rumah secara daring di IKEA. Drop point ditentukan oleh pembeli atau bagaimana ya mbak Dedew? Asyik nih banyak diskonnnya hahah bisa kalap belanjanya wkwkwkwkw :D Rak panjangnya cakep nih, multi fungsi ya :D RUmah jadi lebih rapi deh.

    ReplyDelete
  3. Saya pernah pernah coba belanja online di IKEA...barang2 nya cakep dan unik...rasanya pengen pilih banyaaak

    ReplyDelete
  4. IKEA tuh salah satu solusi belanja perabotan rumah yang nyaman dan serba ada ya. Sekarang enak kita bisa belanja online, ga perlu pilih on the spot. Ternyata rak pilihan mbak Dedew ada diskonnya juga nih mantap. Rumah jadi rapi dan kelihatan lebih rapi tentunya :)

    ReplyDelete
  5. Ya Allah, cantik kak Dew..
    Aku baru tau kalau tempat tidur bisa dicoverin gitu.. jadi Manis yaah..

    Punyaku juga Uda ga berbentuk nih..tapi masih keukeuh diplastikin, haha...gimana cobak tempat tidur pas mau tidur bunyi kresek kresek..??
    Soalnya dulu belinya pas anak-anak masih bayi, dulu belum tau ada seprai waterproof segala yaa..


    Andalan banget belanja di IKEA. Meski dateng lnua terbilang kudu banyak stock kesabaran yaa...

    ReplyDelete
  6. Renov / makeover ruangan tuh seru banget memang apalagi dilakuin sendiri. Kerasa puasnya pas lihat hasilnya. Aku pun sempat beli beberapa perintilan kamar di IKEA tapi aku datang langsung belinya, belum pernah coba beli online. Aku ada meja incaran juga sih nanti coba beli via website-nya.

    ReplyDelete
  7. Kamarnya mba Naila cantik nih tata letaknya. Dulu pengen juga punya kamar kayak gitu, tapi apa daya saat itu ortu masi ngontrak hihi

    ReplyDelete
  8. Berita yang menyenangkan nih, walau di kota kita belum ada gerai IKEA, tapi bisa beli barang di IDEA secara online dengan ongkos kirim yang nggak mahal.

    Saya kalau lihat ada teman yang posting lagi jalan di IKEA tuh sering mupeng, barangnya unik dan lucu-lucu gitu

    ReplyDelete
  9. Iyaaa mbaak belanja di IkEA sekarang lebih mudah ya. Mau rumahnya di Ungaran juga sekarang bisa belanja ke IKEA gak harus jauh jauh ke Jakarta. Kalau kami yg dekat sih lebih suka datang langsung sambil cuci mata . Hahaha

    Tp enak nih bisa belanja barang- barang bagus di IkEA lewat online.

    ReplyDelete
  10. IKEA ini memang menjanjikan waktu kirim yang gak terlalu cepat untuk menghindari kekecewaan sih ya. tapi nyatanya pesanan dari IKEA ini selalu datang sebelum waktu yang dijanjikan. senang ya, belanjanya jadi aman dan terpercaya. raknya baguuss, hasil catnya juga terlihat rapi, ihihi

    ReplyDelete
  11. Kalau lihat katalognya IKEA, duh kekeupin dompet >.< Selamat ya mba dapurnya sekarang jadi ruang kerja yg berbeda :) apik, homeee sekali. Aku beli rak dari tokped waktu itu. Nah iya pakai lion lebih murah ya mba, teman aku kalau ngirim2 pernah pakai lion parcel, apakah ekspedisi yg sama atau bukan ya itu

    ReplyDelete
  12. Jadi klo yang kirim ke drop point ga kena biaya ongkir sama sekali kah mba? Cm memang risikonya tinggal ambil sendiri ke lokasi which is klo hrs pakai kesadaran umum lg kena charge lumayan jg ya. Jd lbh praktis ya klo antar langsung ke rumah dg hanya 30 rb saja. Kok murah yaa?

    ReplyDelete
  13. Rumahku yang sekarang deket banget ma ikea alsut, tp blm sempet ke sini lagi haha. Oya ya skrng belanja di ikea bisa via onlinr juga jadi tanpa ke lokasi pun udah bisa pilih barang yang dibeli.
    Suka sama barang dan printilan di Ikea yang lucuk2. Apalagi kadang suka ada contoh desain2nya gitu.

    ReplyDelete
  14. wah ada drop point yah supaya hemat ongkir karena furniture kan size gede dan berat sementara IKEA hanya ada di beberapa kota besar.
    kalau aku pernah sekali ke IKEA bikin gelap mata, hahaha ... barangnya lucu-lucu sambil bayangin mana yang cocok ditaruh di kamar.

    ReplyDelete
  15. Produk IKEA memang terbaik Mbak. Kemarin saya sempat berkeliling di IKEA Alam Sutra, sayang hanya bisa beli yg kecil-kecil saja soalnya susah bawanya ke Makassar. Btw selamat yah atas rumah barunya.

    ReplyDelete
  16. Halo mba. Alhamdulillah jadi ikut bahagia kondisi rumah sekarang yang cakep banget. Teryata bisa juga ya belanja online kebutuhan di Ikea dengan cara mudah gini

    ReplyDelete
  17. Rasanya kalau udah renovasi rumah itu plooong banger ya, Mbak.

    Senengnya bisa beli perabotan bagus di IKEA secara online. Pengiriman mungkin butuh waktu, tapi terpenting barang datang sesuai pesanan. Bikin happy deh..

    ReplyDelete
  18. Jadi tambah cakep habis dekor rumah. Aku kebayang punya rumah yang simpel, gak banyak perabotan. Milih yang multi fungsi aja. Kalau ada Ikea di dekat rumah, boleh lihat-lihat juga

    ReplyDelete
  19. IKEA emang paling the best
    Furniture nya lucu lucu
    Apalagi bisa dibeli secara online
    Aku senang nih, di Surabaya sudah ada IKEA

    ReplyDelete
  20. Ongkir murah bangetttt
    Dan pastinya kita tau klo produk IKEA THE BESTTT sihhh

    Bulan lalu baru aja opening store d Sby, ramee pol mbaaa

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah ikutan senang dengan hasil renovasi rumah Mba Dedew sekeluarga. Memang ya kalo abis renovasi rumah, pengennya melengkapi dengan furniture yang sesuai. Aku juga gagal beli di IKEA karena ongkirnya yang mahal. Ternyata ada pilihan drop poin terdekat ya mbak, mau deh buka website nya lagi. Masih mengincar meja makan yang simple

    ReplyDelete
  22. aku udah beberapa kali belanja IKEA ini via websitenya. apalagi pas promo. barangnya IKEA bagus2 soalnya

    ReplyDelete
  23. Belanja sekarang jadi lebih mudah lewat online. Pilihannya juga banyak dan harganya juga bersaing. Tinggal duduk manis, barang pesanan diantar hingga ke rumah. Sekali-kali pingin juga ah mencoba belanja online di IKEA.

    ReplyDelete
  24. Jadi pengin ikutan belanja IKEA nih klo gitu. Lagi seneng menata ulang meja kerja nih, biar makin semangat gitu mendulang cuan hehehhee...

    ReplyDelete
  25. Mudaah dan nyaman yaa beli secara online itu, pasti lebih hemat juga karena tidak kena bensin parkir jajanšŸ¤­.
    Barang2 di ikea oke oke dan bentuknya unik ya mak

    ReplyDelete
  26. Aww.. simpel tyt ya belanja di ikea. Disini msh blm ada ikea klo luar pulau sptnya Mayan ya mba ongkirnya

    ReplyDelete
  27. Masyaallah seneng liat rumah mbak dew abis direnovasi jd makin seger ya. Jd pengen main tamu2an ih ke sana hehehe... emang klo liat barang IKEA tu sungguh godaan berat bgt

    ReplyDelete
  28. aku sukaaa belanja di sini mbaaa. Waktu dari NYC, isi kontainer aku setengahnya barang lucu - lucu dari Ikea hahaha. di jakarta udah ada sekarang jadi lebih enak

    ReplyDelete
  29. Aku pernah beberapa kali belanja online di ikea, tapi ongkir ke aceh itu lho mba dewi. Sama kayak harganyaaa. Ada sih yang buka jastip tapi tetap aja mehong. Tapi karena barangnya aku butuh ya abaikan biaya ongkirnya

    ReplyDelete
Previous Post Next Post