Apapun Aktivitasku Sekarang, Aku Tetap Ngeblog

 Dear Teman,


Senangnya sudah masuk November. Semoga di bulan baru ini cepat turun hujan dan sehat semuanya ya. Aamiin. 


Mau ikutan tantangan Komunitas Blogger Perempuan Semarang Gandjel Rel nih dalam rangka memperingati Hari Blogger Nasional 2023. Temanya apapun aktivitasku sekarang, aku tetap ngeblog. 


Apapun Aktivitasku Sekarang, Aku Tetap Ngeblog.
Mengajar di STT Simpson Ungaran 

Ya, aku berprofesi sebagai penulis buku dan blogger. Jadinya, walaupun katanya sekarang menulis blog sudah ketinggalan zaman aku tetap setia ngeblog. Blog sudah menjadi bagian dari aku.


Bahkan, bulan ini aku menulis lebih dari 15 tulisan untuk empat blog dan web Paberland. Duh, mentang-mentang hari blogger jadi semangatnya berkobar nih, haha. 


Ya, memang kegiatan ngeblogku tidak seintens dulu walaupun empat blogku tetap aktif di-update, Alhamdulillah. Sekarang pekerjaan ngeblog dan ngebuzzer produk mulai ramai lagi setelah beberapa bulan lalu sepi.


Ya, aku punya empat blog berbagai niche yaitu blog www.dewirieka.com niche lifestyle, blog www.semarangcoretku.com niche kuliner dan wisata Kabupaten Semarang dan sekitarnya. Terus, ada www.pejalansantai.com blog jalan-jalanku dan terakhir ada blog www.ruangaksaraku.com yang membahas tentang literasi dan kegiatan kelas menulis online Ruang Aksara.


Rata-rata, aku ngeblog 2-3 artikel untuk tiap blog. Berkurang dari zaman dahulu. Tapi, tetap happy ya bisa tetap memperbarui blog. Sayang kan, sudah bayar sewa domain empat blog eh nggak diapdet, huhu.


Alhamdulillah, Domain Authority blogku lumayan stabil terutama blog utama. Yang lain juga DA lumayan jadi bisa untuk menambah penghasilan. Hanya blog Semarang Coret yang mulai dari 0 lagi setelah domainnya tidak kulanjutkan. Sekarang blognya kembali lagi tapi dengan nama baru dan DA balik jadi 1 hehe. Kembali fitrah.


Apapun Aktivitasku Sekarang, Aku Tetap Ngeblog.
Liputan blogger terus videonya diedit Alde

Kegiatanku selain ngeblog? Alhamdulillah, tidak jauh dari kegiatan literasi. Setelah ikut kelas menulis novel platform bersama mentor Rahmi Aziza, aku berusaha menamatkan novel onlineku, doakan ya. Aku juga punya satu naskah novel yang rencana ingin kulanjutkan. Semangat!

Bulan Oktober sibuk jadi staf redaksi majalah PaberMagz dari Forum Penulis Bacaan Anak. Aku bertugas jadi redaktur Cerita Rakyat yang tugasnya menyeleksi kiriman cerita rakyat dari penulis. Aku juga bertugas menulis resensi buku anak untuk majalah jadi cukup sibuk. Pengalaman baru yang berharga buatku bikin majalah ini. Hasilnya bisa intip di paberland.com ya!


Apapun Aktivitasku Sekarang, Aku Tetap Ngeblog


Aku lagi mengajak anakku Aldebaran untuk giat belajar membuat video pendek dan mengeditnya. Hasilnya, ia unggah di TikToknya. Aku juga memberinya tugas untuk mengedit video untuk pekerjaanku dan diberi honor biar dia lebih semangat. Alhamdulillah, tugas video reels ASUS, Scotch Brite dan beberapa produk lainnya Aldebaran yang edit. Hore!


Terus, aku diajak Kemdikbud untuk suatu proyek baru bersama beberapa teman Forum Penulis Bacaan Anak. Tantangan baru untuk kami hehe jadinya ya terseok-seok namanya saja belajar ya.


Alhamdulillah, aku masih dipercaya jadi juri lomba blog suatu komunitas blogger besar. Pekerjaan yang kulakukan bareng mereka sejak 3 tahun lalu. Jadi bulan ini masih berkutat ngejuri ratusan artikel blog dan reels Instagram. 


Oh iya, bulan Oktober aku diajak mengisi kelas jurnalistik di STT Simpson Ungaran dan mengajar mahasiswa membuat cerita anak. Alhamdulillah, deg-degan tapi seru. Sekarang tahap menilai cerpen karya mereka.


Apapun Aktivitasku Sekarang, Aku Tetap Ngeblog
Kelas Penulis Cilik juga ada di rumahku ya

Terakhir, aku membuka kelas Penulis Cilik di rumah. Biasanya, aku mengajar menulis online di Ruang Aksara. Nah, ada yang menghubungiku ingin les menulis di rumah. Baiklah, aku setujui dan tiap Senin sore muridku yang kreatif ini datang ke rumah. Semoga nanti dia bisa nulis cerita yang keren ya.


Itulah cerita kegiatanku sekarang disela-sela aktivitas ngeblog yang ditulis untuk memeriahkan kegiatan Hari Blogger Nasional 2023 di Gandjel Rel. 


Apapun kata orang, aku percaya blog takkan mati. Ya, selama orang-orang masih menggugling di Google mencari informasi detail tentang suatu hal yang mereka butuhkan dan itu hanya bisa ditemukan di blog yang personal dan ditulis dari hati. 


Selamat Hari Blogger Nasional ya GRes!



Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

11 Comments

  1. Mantap banget sebulan udah 15 artikel dan masih plus2 pula. Emang penulis sejati, deh

    ReplyDelete
  2. Mbak Dedew...produktif banget tetap ngeblog, jadi penulis di majalah anak, dan jadi guru menulis untuk anak-anak. Tetep ngeblog karena udah sesayang itu sama ngeblog ya, Mbak.

    ReplyDelete
  3. MasyaAllah... Mbak Dew keren amat bisa update sampai 15 artikel. Kek gini nih yang bikin aku seneng di Gandjel Rel, banyak motivasi berserakan biar semangat terus nulis dan ngeblog :)

    ReplyDelete
  4. Kalo dirimu mah menulis sudah mendarah daging yaa. Blog aja ada banyak aktif kabeh, belum nulis lainnya. Kece badaii lahh.

    ReplyDelete
  5. Gimanaaa ini mbak Dewi blog segitu banyak bisa tetep eksis dan bagus2 isinya. Salutttt, belum ngajar, nulis buku, pokoknya nulis terus ya mbak Dewi. Love...

    ReplyDelete
  6. MasyaAllah...mbak Dew..gak gabis2 salutku padamu! Sibuk nulis dan ngajar, tapi ttp bisa ngeblog di 4 blog! Mantap jiwa!! Semoga semangat nya nular ke aku...

    ReplyDelete
  7. Produktif banget nih mamanya Nai Alde. Nulis naskah iya, mengajar kelas nulis iya, ngeblog juga jalan terus. Salut padamu, emak kos dodol ;)

    ReplyDelete
  8. Waah kereen. Sebulan 15 artikel gimana cara bagi waktunya mbak? Trus sekarang juga nulis novel pula. Yang muda2 ini makin memberi motivasi pada saya buat terus belajar.

    ReplyDelete
  9. Wow senang dengan semangat nulisnya mba. Dan keren tetap update menulis dengan blog sebanyak itu. Semoga kecipratan semangatnya. Salam kenal.

    ReplyDelete
  10. huhuhu, paragraf akhirnya oke banget mba. Saya ngeblog sejak 2010 tapi sejak 2015 hampir nggak pernah nulis lagi. ketika kemarin mau nulis blog. Hal pertama yang saya googling adalah "apakah blogspot masih ada? dan tulisan ini semakin memantapkan hati untuk kembali ngeblog. Makasi, oya saya juga gabung di paberland hehehe

    ReplyDelete
  11. Mbak Dew produktif sekaliii bisa ngurus 4 blog dan tetep konsisten, saya 1 aja nulisnya jarang2 hehe
    Tapi emang kalau udah suka banget sama dunia menulis, ngejalaninnya pasti happy sih nggak ada beban sama sekali jadinya

    ReplyDelete
Previous Post Next Post