7 Ide Bisnis Sampingan saat WFH untuk Menambah Pemasukan

 

Dear Teman, Kondisi perekonomian di tanah air tengah mengalami gejolak akibat pandemi sejak tahun 2020. Tak sedikit karyawan yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), meskipun ada pula yang masih bekerja dari rumah (Work From Home atau WFH). Kalau kamu sedang berada dalam fase bekerja dari rumah, tak ada salahnya bila kamu menjajal bisnis sampingan saat WFH.

Seperti aku, selain menulis buku dan blog, aku menambah penghasilan dengan membuka kelas menulis online Ruang Aksara tahun lalu. Setiap bulan, aku membuka kelas menulis berbagai tema yang kira-kira dibutuhkan oleh para peserta. Untuk bulan Maret 2022, aku membuka kelas blog pemula dan kelas blog lanjutan. Alhamdulillah, animo peserta cukup bagus dan membuatku semangat untuk membuka kelas-kelas lain yang seru.

7 Ide Bisnis Sampingan saat WFH untuk Menambah Pemasukan

Selain menambah pemasukan, bisnis sampingan saat WFH juga membuatmu tak terlalu bosan dengan suasana rumah. Yuk intip dulu inspirasi bisnis sampingan berikut ini sebelum memilih salah satu di antaranya:

Reseller Online

Salah satu ide bisnis sampingan yang praktis dan bisa dijalankan semua orang adalah menjadi reseller online. Bila menjadi reseller, kamu tidak perlu pusing memikirkan inovasi produk atau modal awal yang besar. Sekarang, ada peluang besar mudah di Evermos yang dapat membantu mewujudkan keinginanmu menjadi reseller online.

7 Ide Bisnis Sampingan saat WFH untuk Menambah Pemasukan

Evermos adalah aplikasi reseller dropship yang menyediakan ratusan produk brand muslim ternama Indonesia. Kamu berkesempatan memperoleh keuntungan besar jika menjadi reseller online Evermos. Cuan via Evermos bisa diperoleh dari komisi setiap produk yang berhasil kamu jual. Tak sekadar membantu kalangan masyarakat yang ingin menjadi reseller, Evermos juga konsisten mendukung pengembangan UKM dan UMKM produk muslim lokal di tanah air agar semakin populer. Kehadiran Evermos diharapkan dapat membantu perekonomian umat secara berkesinambungan di masa kini dan masa depan. Informasi lengkap seputar Evermos dan pendaftaran reseller online bisa kamu akses langsung di website Evermos.

Katering Makanan Sehat

Aktivitas WFH tak selalu membuat orang-orang jadi rajin memasak. Berada di rumah justru membuat pekerjaan semakin menumpuk dan menunggu untuk diselesaikan. Itulah sebabnya catering makanan sehat bisa menjadi salah satu ide bisnis sampingan saat WFH. Mulailah dengan memberikan tester kepada orang-orang terdekat, misalnya tetangga dan sahabat. Cita rasa makanan yang lezat dan sehat dengan harga bersahabat pasti membuat banyak orang tertarik berlangganan.

Jamu dan Minuman Herbal Lainnya

Konsumsi jamu juga meningkat akhir-akhir ini karena jamu adalah ramuan herbal yang efektif menjaga daya tahan tubuh. Jika kamu pandai membuat jamu dan jenis minuman herbal lainnya, manfaatkan keahlian tersebut sebagai bisnis sampingan saat WFH. Jamu dan minuman herbal yang dikemas secara menarik dan higienis pasti diminati banyak orang. Salah satu jenis minuman herbal yang kini paling diminati adalah empon-empon.

Jasa Desain Grafis

Kemampuan desain yang mumpuni tak boleh dibiarkan begitu saja, apalagi kalau kamu punya banyak waktu senggang saat WFH. Manfaatkan kemampuan tersebut untuk merintis bisnis sampingan saat WFH. Kamu bisa memulai jasa desain dengan menawarkannya melalui media sosial. Buatlah branding yang baru dan unik supaya bisa lekas mendapatkan pelanggan setia. Saat ini, banyak bisnis jasa desain grafis yang bisa dikerjakan secara remote dengan target klien dari dalam dan luar negeri.

Bisnis Frozen Food

Aktivitas WFH yang dilakukan banyak orang membuat kebutuhan bahan makanan semakin meningkat. Oleh sebab itu, bisnis frozen food adalah salah satu solusi tepat untuk mendapatkan pemasukan tambahan.

7 Ide Bisnis Sampingan saat WFH untuk Menambah Pemasukan

Bisnis sampingan saat WFH ini tidak sulit karena kamu hanya perlu menyiapkan freezer dan persediaan frozen food yang beragam. Usahakan untuk menyiapkan berbagai jenis frozen food, mulai dari frozen vegetable dan lauk seperti nugget dan sosis hingga camilan seperti donat, siomay, dan bakpao.

Budi Daya Hewan Ternak

Waktu luang selama WFH juga dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan hobi memelihara hewan terutama kalian yang punya halaman luas. Cobalah menjalani budi daya hewan ternak yang menguntungkan, misalnya ayam, ikan lele, burung puyuh, atau bebek.

Bisnis sampingan saat WFH ini tak hanya berpotensi menghasilkan keuntungan karena hasil budi dayanya juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga.

Baca Juga: Tips Keuangan Stabil di Masa Pandemi

Budi Daya Tanaman Hias

Selain hewan ternak, tanaman hias juga bisa menjadi salah satu inspirasi bisnis sampingan saat pandemi. Hobi berkebun patut dimanfaatkan untuk mengembangbiakkan tanaman kemudian menjualnya kembali. Carilah informasi mengenai jenis tanaman hias yang sedang disukai khalayak ramai sehingga kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk meraup keuntungan besar.


7 Ide Bisnis Sampingan saat WFH untuk Menambah Pemasukan

Jadi, bisnis sampingan manakah yang paling sesuai dengan minat dan kemampuanmu? Yuk, merintis bisnis di sela-sela rutinitas WFH agar potensinya lekas berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Foto: pixabay.com

Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

20 Comments

  1. dari dulu mau ternak ikan lele gak jadi jadi, sampai satu tahun berlalu wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Wih mantep banget bisa menambah pemasukan walaupun kerja dari rumah, dengan adanya bisnis online sih kita gak khawatir kekurangan walaupun masa pandemi. Apalagi mengerjakannya mudah, hanya berbekal smartphone.

    ReplyDelete
  3. Dari semuanya baru kepikiran yang Budi Daya Hewan Ternak, karena ini berasa repot sekali prosesnya ha ha ha, WFH memang asyik dan banyak waktu untuk lakuin hal positif termasuk punya kerja sampingan.

    ReplyDelete
  4. Temenku jualan makanan frozen lumayan laku pas pandemi. Tapi memang tantangannya tidak mudah dan harus punya tempat penyimpanan makanan beku yang memadai. Jualan jamu menarik juga ya, sambil minum sendiri sekalian dijual

    ReplyDelete
  5. Sekarang ini, mau sedikit belajar tentang digital marketing, bisa banyak yang dilakukan Mbak Dew. Arenga Indonesia punya banyak reseller yang berasal dari ibu rumah tangga. Mereka memasarkan gula aren organik ke circle sendiri atau bikin toko di marketplace. Pokoknya asal rajin, mau belajar, banyak banget bisnis sampingan yang bisa dilakukan

    ReplyDelete
  6. Untuk budi daya hewan ternak, butuh space yang memadai ya, mungkin bukan di pekarangan rumah kita. Menarik juga untuk dicoba. Tapi yang budi daya tanaman hias, bisa di lahan terbatas.

    ReplyDelete
  7. Temenku ada yang buka jasa katering makanan sehat, berkembang banget bisnisnya karena banyak yang WFH dan memperbaiki pola makan. beneran bikin cuaaannn

    ReplyDelete
  8. Dunia boleh kocar-kacir karena pandemi. Tapi, kita tetap harus jeli melihat peluang ya, Kak... Beberapa ide bisnis sampingan itu bisa kita tiru sih. Tinggal kita mau konsisten apa nggak...

    ReplyDelete
  9. Temanku punya usaha frozen food kecil-kecilan sejak pandemi. Alhamdulillah itu jadi penghasilan tambahan buat dia. Aku pribadi jualan produk juga di olshop dan lumayan banget untuk tambah penghasilan. Di masa yang bikin galau ini kudu semangat menjalani hari biar makin cuan, hehe.

    ReplyDelete
  10. Aku jadi pembeli nya aja mba 🤣. Kerjaan sekarang udah lumayan nyita waktu, agak susah kalo harus bisnis sampingan jualan 😄. Tapiiiii kalo belanja online aku msh rutiiiin, trutama nih kalo udh berkaitan Ama makanan. Beuughh, langsung mudah tergoda 🤣

    ReplyDelete
  11. Intinya, walau sedang bergejolak ini pandemi, tapi asal kita jeli melihat peluang, dan mau fokus untuk jualan, pasti ada jalan buat rezeki lain ya mba 😊. Aku paling suka nih kalo temen2 jualan makanan atau Frozen foods. Sebisa mungkin beli. Selain membantu mereka, juga Krn aku suka icipin makanan2 baru 😄

    ReplyDelete
  12. Aku kalau bisnis ujung²nya mentok dan rugi mbak mungkin krn modal pas pasan yak, jd skarang ngonten ajalah larisin umkmnya hehe....

    ReplyDelete
  13. Aku salut sama kreatifitas orang2 sekarang saat jaman covid. Banyak yg jadi terpancing unt berkarya dan bermanfaat unt diri sendiri n org lain.

    ReplyDelete
  14. Selama pandemi aktivitas yg paling sering kulakukan dri rumah adalah budidaya tanaman hias. Ada bunga 1 pot di kasi ma teman, kini sdh jadi 5 pot hahahaa.. tp bukan tuk dinjual sih, buat diri sendiri aja.

    ReplyDelete
  15. Ide berbisnis ini kudu banget matang dipikirkan.
    Tapi selama mau tetap bergerak di masa pandemi, semoga rejeki terus mengalir.

    ReplyDelete
  16. Pandemi mengajarkan kita untuk survive, apapun yang bisa jadi cuan yaa segerakan ya. Makasih infonya, ini bisa jadi referensi kalau kebingungan mau bisnis saat WFH ya

    ReplyDelete
  17. Tertarik dengan Ide Katering Makanan Sehat, Wah tapi perlu banyak praktek masak nih, juga perbanyak riset karena gabisa sembarangan. Overall, nice info mbakku !

    ReplyDelete
  18. Mau jadi reseller online, tapi bingung sama produknya. Produk apa ya yang cocok? Eh, malah curhat sih.

    ReplyDelete
  19. pengen menekuni dunia bisnis fashion sih mbak, tapi sampai sekarang masih bingung mulainya. padahal mah jadi reseller di evermos aja kali ya, gak pake modal banyak

    ReplyDelete
  20. Penasaran Mbak sama kelas blogger online lanjutannya... Kalo aku masih ngeblog & cari cuan di medsos aja nih. Suka ada keinginan jadi dropshipper produk pakaian, tapi belum niat banget kayaknya, buktinya sampai sekarang gak dicoba2 hehe

    ReplyDelete
Previous Post Next Post