Say I'm Sorry dan M.I.A Awali Debut Afgan di Amerika Serikat

Dear Teman,

Apa lagu favoritmu saat bekerja? Belakangan ini, aku suka sekali mendengarkan lagu-lagu Afgan di Spotify sambil ngetik. Rasanya menenangkan deh. Memang sih, biasanya aku memutar lagu random sesuai suasana hati. Kadang memutar lagu-lagu Kpop yang jedag-jedug dari NCT dan Stray Kidz. Kadang, pengen memutar lagu ballad Tulus dan Afgan.

Say I'm Sorry dan M.I.A Awali Debut Afgan di Amerika Serikat
Afgan debut di AS (Foto: Youtube Afgan) 

Tapi, belakangan ini lagu-lagu Afgan menjadi favoritku. Apalagi sejak ia merilis lagu barunya dalam bahasa Inggris yaitu Say I’m Sorry dan M.I.A bersama Jackson Wang. Jadi ngefans sama penyanyi kelahiran Jakarta 27 Mei 1989 ini.

Afgansyah Reza, nama lengkapnya memulai karir sekitar tahun 2008. Ia suka sekali bernyanyi tapi tak punya keberanian untuk mengikuti lomba menyanyi. Satu-satunya cara ia nyaman bernyanyi adalah di ruangan tertutup seperti kamarnya. Suatu hari, ia iseng merekam suaranya di studio rekaman Wannabe sepulang sekolah. Ternyata, suaranya terdengar di speaker seantero studio. Langsung deh, seorang produser menawarkan kontrak rekaman pada Afgan saat itu. Wow. Tak terduga ya!

Lagu debut Afgan berjudul Terima Kasih Cinta dari album Confession No.1 tahun 2008 langsung mengangkat namanya di pencinta musik Indonesia. Ia meraih puluhan penghargaan tahun itu mulai Most Favorite Male Artist – MTV Indonesia Awards (2008), Artist of The Year – MTV Indonesia Awards (2008) hingga Nickelodeon Indonesia Kids Choice Awards Most Favorite Male Singer (2008). Keren ya!

Sejak itu, kesuksesan Afgan tak terbendung. Suaranya yang merdu memukau pendengarnya. Ia bahkan memiliki fandom, Afganisme yang selalu mendukung karyanya. Ia menelurkan banyak hits mulai dari Sadis, Jodoh Pasti Bertemu, Bawalah Cintaku, hingga Kamu Yang Kutunggu bersama Rossa. 
Say I'm Sorry dan M.I.A Awali Debut Afgan di Amerika Serikat
bersama produser Empire Record  (Foto: Trinity Optima Production)


Tapi, Kesuksesan di tanah air ini tak membuatnya terlena. Afgan sempat vakum bermusik untuk menyelesaikan kuliahnya di Monash University Malaysia tahun 2011.  Setelah lulus, Afgan pun kembali berkarya dengan musik-musik yang selalu segar di telinga. Ia selalu mencari bentuk baru untuk karyanya. Diantaranya berkolaborasi dengan penyanyi muda lain, Randy Pandugo dan Isyana Sarasvati.

Tahun 2019, setelah konser Dekade ia berencana ke Amerika Serikat untuk menjajal pasar musik Amerika. Impian Afgan adalah ingin membuat album berbahasa Inggris bergenre RnB. Ia pun mencari informasi bagaimana membuat musik di luar negeri.

Akhirnya, ia bertemu dengan pemilik Empire Records di Singapura. Empire Records ini label tersohor yang menangani banyak artis  terkenal seperti Adam Lambert hingga Snoop Dog. Pihak Empire Records setuju untuk berinvestasi pada Afgan, membuat album untuknya.

Nah, karena pandemi pembuatan albumnya sempat tertunda nih. Oh iya, Saat pergi ke San Fransisco untuk rekaman, ia dirampok di China Town pada hari pertamanya. Ia kehilangan tas beserta semua isinya. Jadi, Afgan merasa ia memulai dari 0 di negara orang. Belajar bagaimana beradaptasi dengan lingkungan dan orang-orang baru.

Proses rekamannya cepat sekali dan produsernya terbiasa berkolaborasi dengan musisi Asia seperti EXO. Proses rekamannya sehari bisa selesai 3-4 lagu dan mereka sangat kooperatif. Nah, jadinya seperti apa? Ternyata lagu yang rilis tahun 2021 ini memang enak-enak lho, Teman. 

Ada dua video musik yang sudah tayang di Youtube yaitu Say I’m Sorry dan M.I.A bersama Jackson Wang. Konsepnya berbeda dengan lagu-lagu Afgan sebelumnya. Ia tampak lebih matang, dewasa dan ganteeng, hihi. Sudah dengar belum? Kabar gembiranya, album debut internasional Afgan akan release tanggal 9 April 2021 dan bertajuk Wallflower.  Nggak sabar nungguin Afgan's New Era!

Nah, sekarang aku mau bahas lima lagu favoritku yang Afgan nyanyikan dan cover ya!

1.Say I’m Sorry

Lagu berbahasa Inggris ini adalah single pertama Afgan bersama Empire Music dan rilis Februari 2021. Lagu bergenre RnB dan Soul ini direkam di San Fransisco. Produsernya adalah The Aristocrats yang pernah menangani Chris Brown, EXO dan BoA.  Lagunya menceritakan tentang penyesalan seorang lelaki yang meninggalkan kekasihnya dan kini hanya bisa mengingat kenangan manis bersamanya. Afgan ingin pendengarnya belajar bahwa rasa sakit dan penyesalan membuat kita berusaha menjadi manusia yang lebih baik.


Say I'm Sorry dan M.I.A Awali Debut Afgan di Amerika Serikat
Konsep baru Afgan (Foto: Trinity Optima Production)

Musik videonya memberikan image baru pada Afgan yang biasanya tampil imut dan berkacamata. Liriknya membuat kita ikut tersayat hatinya dengan penderitaan si cowok. Penghayatannya itu lho. Pasangan Afgan dalam video klipnya adalah Pevita Pearce yang aktingnya yahud. Menurut Afgan, videonya direkam di rumah kawan dengan gratis, hehe. Coba deh dengerin, lagunya sopan banget masuk kuping, hihi.

2.M.I.A Featuring Jackson Wang

Single berikutnya berjudul M.I.A dan kejutannya adalah Afgan menggandeng Jackson Wang! Tahu kan siapa Jackson Wang? Ia adalah Idol Kpop dari Got7 dan juga bergabung dengan label 88Rising di Amerika Serikat bersama deretan penyanyi Indonesia Stephanie Poetrie, Niki dan Rich Brian. Sebelum collab dengan Afgan, Jackson pernah berduet juga dengan Stephanie Poetri dan Rich Brian, lho. Kolaborasi ini berawal ketika keduanya tampil di Seoul pada sebuah acara penghargaan Vlive Award V Heartbeat 2019 dan berkenalan di belakang panggung. Tak lama, keduanya sepakat untuk berduet.

Say I'm Sorry dan M.I.A Awali Debut Afgan di Amerika Serikat
Collab dengan Jackson Wang (Foto: Instagram Afgan) 

Lagu ini rilis di Youtube 19 Maret 2021 dan dalam waktu dua hari sudah ditonton 1,4 juta kali dan terus bertambah! Wow, the power of Afganisme dan Ahgasse (Fandom Got7).  Lagunya ear catching banget. Perpaduan suara Afgan dan Jackson Wang pun mulus banget, video musiknya juga menarik walaupun syutingnya terpisah. Lagunya mengisahkan tentang seorang lelaki yang berusaha meyakinkan kekasihnya ia akan selalu setia dan tak berpaling. Ah, terharu deh melihat keduanya kolaborasi.

3.Tunjukkan bersama Raisa

Lagu berikutnya adalah lagu Tunjukkan karya Alam Urbach. Awalnya, dibuat untuk Afgan sendiri. Tapi, Afgan berpikir sepertinya lagunya lebih cocok untuk diduetkan. Eh, pihak label mengirimkan lagu ini ke Raisa dan ia suka. Jadilah, lagu ini dinyanyikan Afgan bersama Raisa.


Say I'm Sorry dan M.I.A Awali Debut Afgan di Amerika Serikat
Duet dengan Raisa (Foto: Trinity Optima Production)

Oh iya, Lima tahun lalu keduanya berduet dalam lagu Percayalah, dan meledak. Nah, tahun 2020 keduanya kembali berkolaborasi. Irama lagu pop yang riang dan groovy ini semakin memikat dengan perpaduan suara keduanya. Apalagi dengan video musiknya yang menggambarkan keceriaan di apartemen. Beneran home video ya karena pandemi syutingnya di rumah saja, hehe. 

Baca Juga: Tiga Rekomendasi Drakor

4.Heaven bersama Randy Pandugo dan Isyana Sarasvati

Awalnya, Afgan akan berduet dengan Randy Pandugo  lalu mengajak Isyana Sarasvati ke studio. Di sana, mereka jamming dan ternyata Isyana suka lagunya dan ingin ikutan. Diluncurkanlah lagu Heaven yang melodinya enak banget pada tahun 2018. Perpaduan suara ketiganya begitu cocok. Lagu berbahasa Inggris ini menceritakan tentang menikmati cinta dengan sederhana tanpa rumit. Lagu Heaven ini pula mengawali kolaborasi ketiga penyanyi berbakat ini dan berhasil menelurkan mini album Air pada tahun 2019.  

5. Eyes, Nose, Lips bersama Mawar De Jongh

Kalau lagu kelima ini bukan lagu Afgan. Tapi, lagu milik personil Bigbang dari Korsel, Taeyang yang ia nyanyikan kembali bersama Mawar De Jongh di Youtube. Lagu berbahasa Korea ini terkenal banget hingga ada ungkapan apapun fandomnya, lagu galaunya Eyes, Nose, Lips milik Taeyang, hehe. Ceritanya, lagu pemersatu ya. 

Baca Juga: 3 Perempuan Tangguh dari Drakor 

Ya, beberapa kali Afgan mengcover lagu terkenal di akun Youtube miliknya. Lagu ini mengundang perhatian pendengar karena lagunya makin enak didengar. Aku beberapa kali menonton reaction Yutuber Korsel untuk lagu ini, mereka terkagum-kagum dengan pelafalan Bahasa Korea keduanya. Terus, rata-rata jatuh cinta dengan suara Afgan dan Mawar.


afgan debut di amerika serikat
Afgan dan Mawar (Foto: Youtube Afgan)

Duh, semoga ada rezekinya ya Afgan bisa menyanyikan OST drakor, aamin. Hm, Mungkin Afgan memang sedang belajar bahasa Korea ya. Karena lagu Sudah yang ia nyanyikan dalam bahasa Korea tahun lalu direaction beberapa Yutuber Korea. Menurut mereka, pengucapannya ada yang kurang pas tapi suaranya benar-benar empuk. Ternyata, sudah lebih meningkat kemampuan Afgan berbahasa Korea. Great job, Afgan. Nah, itu dia lagu-lagu Afgan yang kudengarkan, kalau kamu suka lagu Afgan yang mana?

 

Comments

  1. Gebrakan baru nih Afgan feat Jackson. Beberapa hari yang lalu aku udah dengerin lagu barunya yang sama Jackson Wang. Asik banget

    ReplyDelete
  2. Waahh Afgan cukup produktif juga yaa mbak ngeluarin lagu baru. Baru tau, padahal sering liat IG-nya sliweran, haha. ketauan lebih suka mantengin orangnya dibanding mantengin karyanya, wkwkwkwk

    ReplyDelete
  3. Partner duetnya keren-keren bangeet ini Afgan. Semoga sukses dan albumnya bisa diterima baik di kancah musik international. Bawa banyak penyanyi dari Indonesia juga kan. Mau coba cari lagunya ah. Tapi itu sedih amat dia sempet kecopetan ya di China town, hiks.

    ReplyDelete
  4. Wah keren ya Afgan. Saya bari tahu dari tulisan ini kalau Afgan mulai mendunia. Semoga sesukses Anggun dan Agnes Mo.

    ReplyDelete
  5. Afgan makin berkibaaarrr, BRAVOO!
    Dulu sih Afgan nih identik dgn lagu2 mbak2 kantoran
    Kan mellow, mendayu2 gitu
    tapii belakangan banyak juga cowok yg demen ama lagunya Afgan
    Karena memang SEENAK ITUUU!

    ReplyDelete
  6. Afgan salah satu penyanyi favorit aku loh mbak. Mulai dari dia debut udah suka banget sama lagu-lagunya. Apalagi waktu liat Boy William main ke apartemen Afgan, uwoooowww idaman banget pokoknya 🀣🀣🀣 semoga sukses go internasional nya Afgan

    ReplyDelete
  7. Wah lengkap dan mendetail ya perjalanan kisah Afgan ini.. ngomong2 masih gak ya doi sama Rossa? Cmiiw dehh.. semoga langeng hingga jenjang pernikahan <3

    ReplyDelete
  8. Wah ada Afgan di sini. Makin keren aja performancenya si abang ini dan makin mendunia. Saya belum tahu lagu barunya. Yang ama jackson wang ini rame ya pada bahas.

    ReplyDelete
  9. Waaah...congraaat buat Afgan. Semoga debut di Amerika sukses dan menambah deretan penyanyi Indo yg berkiprah di LN. Aku nggak ngikuti medsos afgan dan baru tau kabar ini dr blog mb dewi. :)

    ReplyDelete
  10. Aku udah lama nih gak update sama singlenya Afgan. Paling membekas tentu aja Sadis. Sering jadi bahan majas juga kan πŸ˜‚
    Baca ini jadi banyak tau perkembangan musiknya

    ReplyDelete
  11. Afgan emang salah satu legend dunia musik Indonesia, dan karena suaranya empuk dan khas, kita jadi terbawa juga larut....

    AKu kok agak kurang menikmati ya yang MIA itu, mending melow gitu si Afgan hahaha

    ReplyDelete
  12. Afgan tuh suaranya bagus, sikapnya apik, dan nggak neko neko. Karya karyanya selalu aku sukaa

    ReplyDelete
  13. Afgan duet ama jakson trending yang ke 22 loh mbakπŸ’•

    ReplyDelete
  14. Afgan sama jackson berhasil trending youtube urutan 22 loh mbak��

    ReplyDelete
  15. Afgan ama jackson lagi trnding di ytb

    ReplyDelete
  16. Akkkkk asli keren banget Mak dia sekarang udah bisa go international, bareng sama Jackson Wang lagi. Aduh makin bangga deh sama penyanyi top Indonesia yang karyanya bisa dikenal dunia :))

    ReplyDelete
  17. Duh, aku dah lama banget gak kepo sama afgan. Ya ampun yg tau cm lagu terimakasih cinta doang langsung lupa lagi. Tyt udah sekeren ini skrg.. Debut ke amerika. Smg sukses sll ya Afgan

    ReplyDelete
  18. Ooh baru tau kalau Afgan sempat vakum karena kuliah. Lagunya Afgan memang selalu dinanti ya

    ReplyDelete
  19. Inget banget gimana dulu mendapatkan tanda tangan Afgan di kaset untuk sepupuku

    saya kenal orang tuanya dan sering berkomunikasi dengan dr Lola, dan nitiplah ke dr Lola untuk memintakan tanda tangan Afgan

    itu berapa tahun yang lalu yaa, pas saja sering mondar mandir ke RS Fatmawati.

    ReplyDelete
  20. Suara Afgan memang khas banget sih ya..Suka juga aku denger lagu2nya... Tapi justru belum denger nih lagu versi inggris nya Say I am sorry..

    langsung googling nih..

    ReplyDelete
  21. Wah Afgan mainnya sekarang sudah lintas negara ya
    Salut
    Berprestasi memang tidak perlu menunggu
    Saatnya beraksi

    ReplyDelete
  22. Saya dah denger nih lagunya, mendayu2 bangeet. Pas saat lagi nulis kisah romantis.. Hahaha. Tapi ga pas kalau lg nulis artikel blog. Jadi ga semangat. Hahaha. Buat saya ya.. Hebat ya bisa go internasyenal

    ReplyDelete
  23. Saya dah denger nih lagunya, mendayu2 bangeet. Pas saat lagi nulis kisah romantis.. Hahaha. Tapi ga pas kalau lg nulis artikel blog. Jadi ga semangat. Hahaha. Buat saya ya.. Hebat ya bisa go internasyenal

    ReplyDelete
  24. Aku masih ingat awal Afgan gimana ceritanya bisa rekaman, dari hal yang enggak sengaja eh malah sukses terkenal. Suaranya Afgan memang khas banget dan merdu, pantaslah ia go international.

    btw, ikutin perjalanan Afgan di US kok ya pakai acara dirampok segala. Itu rampok ga tahu apa ya kalau doi penyanyi terkenal. Kasihan amat, Gan. Sadisss

    ReplyDelete
  25. Aku sampek mantengin tanggal 20 Maret, karena saking penasarannya MV Afghan yang berkolaborasi dengan Jackson. Sukses selalu, Afghan.

    ReplyDelete
  26. Lagunya yang bareng jackson beneran enak banget. Suka. Keren banget ya, Afgan ini penyanyi yang semakin berkembang. Harapanku juga, mudah2an afgan bisa nyanyi Ost drakor yaa

    ReplyDelete
  27. Teh aku belum dengerin nih, jadi kepo banget lagunya.
    ntar mau buka youtube ah sekalian mau liat videonya kayak apa. Afgan emang daebak

    ReplyDelete
  28. Wahhh kagum banget adalagi artis indonesia yg go international, semoga akan bisa sesukses agnes monica ya. Dukung terus penyanyi tanah air

    ReplyDelete
  29. Afgan kalau saya bilang penerus penyanyi Broery Pesolima (hihihi, yg gak tau tanya kakek-nenek, ya...) meski karakter suara mereka berbeda. Saya melihat pendekatan mereka dalam mengembangkan karirnya juga mirip. Semoga Afgan bisa jauh lebih baik dari pendahulunya.

    ReplyDelete
  30. deeeuuh afgan ini gantengnya ngga luntur2 yaaa. hhahha.. aku sambil baca ini jadi sambil nyari lagunya, belom sempet denger beberapa diantara lagu yang disebutin mba dewi di atas

    ReplyDelete
  31. suka suaranya afgan sejak lama. enak banget emang, empuk. nah kayaknya untuk lagi debut kali ini dia lebih eksplore suaranya ya. lebih asyik gitu didengar

    ReplyDelete
  32. Suka suara Afgan, nyanyinya lebih sopan sih. Nah, lagu terbarunya aku enggak nyimak. Tapi pernah lihat videonya

    ReplyDelete
  33. Ini aku seneng banget, soalnya dia collab sama Jackson ya ampun 😍😍πŸ₯ΊπŸ₯Ί

    ReplyDelete
  34. Suka banget sama afghan, suaranya enak didengar, keren bisa go international

    ReplyDelete
  35. Afgan aja damage nya udah kebangentan, malah duet sama Jaclson Wang wahhh.... perfect match banget, kerennnnn.....

    ReplyDelete
  36. Afgan diam diam makin bersinar ya, deretan nama pasangan duetnya pun gak nanggung2. Jujur aku belum pernah denger lagu2 yg di sebutin di atas. Semoga Afgan makin melejit jd artis internasional..

    ReplyDelete

Post a comment