Manfaat Pisang dan Resep Olahan Pisang Bakar Kental Manis

Dear Teman,

Pisang telah menjadi buah favorit banyak orang. Baik dimakan langsung buah pisang yang ranum ini. Apalagi jika diolah menggunakan salah satu bahan yaitu kental manis sebagai camilan di sore hari.


Manfaat pisang untuk kesehatan

Hadir di setiap musim dan harganya yang terjangkau, membuat pisang kerap jadi bahan baku untuk berbagai olahan makanan dan minuman. 


Bila kamu memiliki persediaan sesisir pisang tanduk atau jenis pisang lain, dan ingin variasi menikmatinya, bisa nih dicoba berkreasi dengan berbagai bahan, misalnya digoreng lalu ditaburi parutan keju, dicampur dengan sereal atau oatmeal, bahkan menggunakan topping kental manis. Sebab pisang memiliki citarasa yang nikmat untuk dikreasikan dengan sejumlah makanan lain.


Dengan tambahan kental manis, pisang bakar bisa menjadi pilihan untuk camilan. Sebagai bahan untuk topping di camilan pisang bakar, susu kental manis tersedia dalam berbagai kemasan seperti kaleng, pouch atau sachet, kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhanmu.


Tertarik untuk mencobanya? Berikut cara membuat camilan pisang bakar kental manis yang cepat, mudah dan lezat. 

Resep Pisang bakar dengan Kental Manis 

Kamu bisa membuat pisang bakar kental manis menjadi teman di sore hari sebagai camilanmu, lho. Biasanya, pisang bakar dihidangkan dengan topping keju yang gurih. Jika kamu bosan dengan pisang bakar biasa, kamu bisa tambahkan bahan kental manis dan kayu manis bubuk untuk pisang bakar. 


Manfaat pisang untuk kesehatan


Penasaran bagaimana cara membuat pisan bakar dengan kental manis? Sederhana kok, berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan serta cara membuatnya!


Total waktu pembuatan: 20 menit 

Persiapan: 10 menit 

Memasak: 10 menit 

Tingkat kesulitan: mudah 


Bahan: 

  • 3 buah pisang matang, tidak dikupas

  • kental manis, secukupnya 

  • Kayu manis bubuk, secukupnya

  • Margarin 

  • Cokelat chips atau selai kacang 


Cara membuat: 

  1. Kupas pisang 

  2. Masukkan pisang utuh di dalam panggangan pada suhu berapa pun 

  3. Panggang sampai sangat cokelat dan lembut antara 5 hingga 10 menit tergantung suhu panggangan

  4. Iris pisang, melalui kulitnya, dari ujung ke ujung. 

  5. Siram dengan kental manis di atas pisang dan taburi dengan sedikit bubuk kayu manis.

  6. Kamu bisa menambahkan cokelat butiran atau selai kacang sesuai selera pada pisang 


Nah, untuk membuat pisang bakar, kamu harus tetap memilih jenis pisang yang cocok untuk dibuat menjadi menu pisang bakar kental manis agar rasanya tetap lezat. 


Sedikit tips untuk menentukan pisang yang cocok untuk dibakar, kamu bisa memilih pisang uli, pisang kepok atau pisang tanduk.


Sebab kedua pisang tersebut empuk dan sangat cocok untuk dibakar dan ditambahkan topping kental manis.


Jika memilih jenis pisang lain, kamu berisiko mendapatkan rasa asam atau sepat pada pisang, jadi bisa mengganggu after taste dari pisang bakar yang kamu buat. Pastikan juga pisang sudah matang sampai ke dalamnya agar saat makan terasa empuk, ya. 

Manfaat Mengonsumsi Pisang 

Kita tentu tahu pisang memiliki banyak manfaat saat dikonsumsi. Bahkan sejumlah ahli gizi menyarankan kita mengonsumsinya setiap hari minimal satu buah. 


Manfaat pisang untuk kesehatan


Tidak terkecuali untuk menikmati pisang bakar sebagai camilan di sore hari dengan menjadikan pisang sebagai bahan baku utama untuk membuat kreasi makanan. 


Berikut manfaat pisang yang bisa kamu dapatkan jika dikonsumsi secara rutin dengan berbagai olahan atau sebagai makanan utama. 

Sumber energi 

Pisang adalah sumber energi yang lebih baik daripada minuman olahraga yang mahal, menurut sebuah studi tahun 2012 di Appalachian State University, yang diterbitkan di PLoS ONE menyebut dua buah pisang memberikan kalori yang cukup untuk latihan atau jalan kaki selama 1-1/2 jam.


Pisang juga merupakan pilihan yang ideal, saat kamu merasa lelah dan lesu di sore hari.


Selain itu, buah pisang diperkaya dengan zat besi yang efektif untuk mengatasi masalah kekurangan energi.

Menjaga kesehatan jantung

Pisang ternyata dapat membantu kesehatan jantung karena kaya kalium, pisang membantu sistem peredaran darah tubuh mengantarkan oksigen ke otak.


Ini juga membantu tubuh menjaga detak jantung teratur, menurunkan tekanan darah dan keseimbangan air dalam tubuh, menurut National Institutes of Health. Bahkan menurut sebuah studi tahun 2014 di jurnal American Heart Association, makanan kaya kalium juga diketahui dapat mengurangi risiko stroke pada wanita yang lebih tua.  

Superfood

Pisang juga disebut sebagai superfood sebab pisang memiliki lebih banyak vitamin dan nutrisi selain juga sumber karbohidrat dua kali lebih banyak. Kandungan lain yakni: vitamin A dan zat besi 5 kali lebih banyak dan fosfor. Pisang juga kaya potasium, serat, dan gula alami.


Kekayaan nutrisi ini membuat pisang menjadi ‘makanan super’ yang harus menjadi bagian dari menu harian sehat kamu.

Mengurangi Nyeri Haid 

Ketika datang bulan datang sering kali kram perut menjadi keluhan para wanita. Mengatasinya paling mudah adalah minum obat untuk mengurangi nyeri haid. Padahal sebenarnya mengonsumsi pisang bisa meredakan nyeri haid yang terjadi pada wanita. 


Baca Juga: Pilih Camilan dengan Bijak


Mengapa? Sebab pisang memiliki banyak vitamin B6, Penelitian National Institutes of Health's Office of Dietary Supplements (ODS) menyebut kandungan B6 dapat mengurangi gejala sindrom pra menstruasi (PMS). Wah, harus selalu sedia pisang di rumah, nih!

Pisang bisa meningkatkan kesehatan pencernaan

Pisang kaya akan serat dan pati resisten yang dapat memberi makan bakteri baik di usus. Selain itu, juga melindungi kamu dari risiko kanker usus besar. 

Meningkatkan Mood

Tahukah kamu? Pisang ternyata termasuk dalam “mood food,” lho, yaitu bahan pangan yang mendorong pembentukan hormon serotonin di dalam otak. Tugas hormon ini adalah menyebabkan timbulnya perasaan senang.


Manfaat buah pisang tersebut berasal dari kandungan vitamin B6 dan asam amino triptofan-nya. Bahkan, mengonsumsi pisang dipercaya mampu membantu mengatasi depresi. Triptofan akan diubah menjadi serotonin oleh tubuh, yang juga bisa membuat tidurmu menjadi lebih nyenyak. Sedangkan magnesium pada pisang membantu merelaksasi otot-otot tubuh.


Nikmati Pisang Bakar dengan Kopi atau Teh 

Pisang bakar kental manis sebagai camilan bisa kamu konsumsi dengan pendamping seperti kopi atau teh, lho. Kedua pilihan minuman tersebut bisa membuat kamu terjaga dan merasa segar.

Manfaat pisang untuk kesehatan


Jadi, jika setelah makan siang kamu merasa mengantuk, kamu bisa menjadikan pisang bakar kental manis yang dinikmati dengan kopi atau teh hangat sebagai salah satu opsi untuk snack di sore hari. Hmmm, nikmat!


Baca Juga: Hanif, Pelindung Buah Borneo


Agar rasa kopi dan teh kamu semakin menggugah selera, menggunakan kental manis tentunya bisa menjadi pilihan!


Selain itu, menggunakan kental manis juga bisa menambah cita rasa pada makanan dan minuman lho, sehingga rasa kreasi makananmu akan menjadi lebih nikmat dan lezat. 


Kental manis bisa digunakan untuk menambah nikmat kopi, teh, es campur, es buah serta berbagai macam penganan seperti kue-kue, martabak, pisang, roti bakar dan camilan lezat lainnya. Jadi, pastikan untuk selalu sedia kental manis di rumah ya.


Sekarang waktunya untuk berkreasi menggunakan kental manis dengan camilan buatan kamu, ya! Selamat mencoba.


(Foto: Pixabay.com)









Comments

  1. Hmmm kayak enak tuh mba pisang bakarnya, cocok banget nih jadi cemilan sore sama anak .. o iya mba itu pisangnya bisa dipanggang pakai teflon gak?

    ReplyDelete
  2. Pisang buah kesukaanku, dibuat menjadi olahan apapun aku sukaaa. Anak-anakku sukanya kalau dibuat pisang goreng, kolak pisang atau pisang bakar. Biasanya kalau bikin pisang bakar, diberi topping meses, kental manis dan parutan keju. Enaak!

    ReplyDelete
  3. nah emang best banget kental manis ini untuk menu dessert ataupun minuman. hmm makin enak dan bikin giler deh

    ReplyDelete
  4. Pisang bakar cemilan fav keluarga, apalagi ditambahin pake toping coklat dan kejuuu, huhuu makin maknyoos, Maak!
    Kaya akan manfaat pula buah pisang ini, gampang didapet.

    ReplyDelete
  5. Pisang menjadi buah favorite yang selalu dikangenin saat gak ada di meja makan.

    Pisang itu nyaman banget saat masuk ke dalam perut dan menjadi buah yang kupercaya membantu pencernaan. Aku suka makan pisang kapanpun, khususnya malam hari.

    bener banget, Kental manis itu cocok sekali dong dinikmati dengan topping SKM lalu dkitaburi meses atau keju parut. Aduh, auto kepingin banget aku, Mak

    ReplyDelete
  6. Dulu aku sering bikin pisang bakar seperti ini mbak. Makin ke sini makin malas hahahah eh jangan ditiru wkwkwk :) AKu pernah dengar sih kalau pisang ini superfood. Banyak kandungan terbaik buat kesehatan tubuh kita. Mengenyangkan juga loh makan beberapa heheh.... Dotemenin teh hangat sepertinya enak banget.

    ReplyDelete
  7. Iya bener banget pisang emang good mood food ya Mba, makanya kalau dijadiin camilan comfort food bisa memuaskan bgt, apalagi pisang bakar dikucuri kental manis dan keju, wow langsung bikin ngiler

    ReplyDelete
  8. Saya agak bingung dengan cara membuatnya, Mbak. Itu di nomor 1 kan pisangnya dikupas. Tetapi, di nomor 4, iris pisang melalui kulit. Maksudnya dikupas, tapi harus tetap di dalam kulitnya ketika dipanggang?

    ReplyDelete
  9. wah di musim hujan gini emang paling enak bikin cemilan pisang bakar dikasih kental manis dan kopi pahit perpaduan yang seimbang hehehe,, kalo aku kental manis juga kupakai buat bikin kolak gantiin santen dan gula jadi pake kental manis dan pandan aja enak loh mba

    ReplyDelete
  10. Di rumah juga suka buat olahan pisang bakar yang disiram dengan kental manis dan taburan keju. Gak nunggu lama, biasanya pisang bakarnya langsung ludes, habis.

    ReplyDelete
  11. wah iya ini camilan yg enak dan praktis banget buat dicoba di rumah
    klo aku biasanya bikin dari pisang kepok mbak
    enak makan ini sambil ngeteh sore di rumah

    ReplyDelete
  12. Kalo di daerahku ada kuliner pisang bakar tapi kuahnya sarikaya gitu. Nah, kalo nggak bisa bikin kuah sarikaya (contohnya aku hehe), tentu resep dari mbak dewi rieka ini berguna banget. Cuusss ah pisang bakar kental manis.

    ReplyDelete
  13. kebetulan di rumah ada pisang kepok, ntar sore mau cobain resepnya ah.

    Iya pisang ini memang buah yang nggak kenal musim, sepanjang waktu ada dan harganya juga murah

    ReplyDelete
  14. Asik kalau makan pisang panas panas di siram dikit susu kental manis. Yummy banget. Apalagi pakai parutan keju. Hahaha

    ReplyDelete
  15. Belum pernah aku bikin pisang bakar pake kental manis sih mba jadi pengen cobain setelah baca ini biasanya pisang bakarku ya minim toping sih hahaha

    ReplyDelete
  16. Pisang ini salah satu buah yang memang selalu tersedia di rumahku mbak, soalnya bagus buat pencernaan. Ternyata banyak juga ya manfaat lainnya :D
    ANakku soalnya pecinta pisang. Diapa2in mau dimakan gtu aja, dibikin pisang bakar, pisang goreng semua dia suka hehe

    ReplyDelete
  17. Aku pecinta banget pisang, mulai dari dimakan gitu aja sampai diolah jadi cake. Paling enak dibakar, di goreng itu pisang kepok. Aku seringnya pake pisang kepok, enak banget

    ReplyDelete
  18. Kulit pisangnya mulus-mulus gini jaminan enak dan matang pas. Baru aja siang tadi aku ngabisin pisang 2 biji. Bisa jadi pengganjal perut kalau lagi laper atau mau diet. Tapi paling enak itu pisang keju bakar pake olesan susu kental nih Dew. Nikmatnya....

    ReplyDelete
  19. Anak2 ku Suka bikin ini juga mba bikin sendiri mereka jadi cemilan favorite Dan selalu juga sedia mental manis di rumah

    ReplyDelete
  20. Nyaam...nyam..
    Pisang memang jagonya kalau dibuat variasi camilan begini.
    Apalagi pisang yang pas kematangannya. Uugh, makin endeeuuss~

    ReplyDelete
  21. Pisang memang cocok nih untuk sarapan apalagi dijadikan camilan sehat mengenyangkan dan menyehatkan ya

    ReplyDelete
  22. Wow senangnya karena di saat seperti ini banyak resep untuk dicoba di rumah dengan bahan yang mudah diperoleh juga. Apalagi nih pisang, dimana mana ada

    ReplyDelete
  23. Aku lagi seneng ngemil pisang goreng tanduk pakai keju dan skm diatasnya. Btw kayanya skm cocok sama semua gorengan manis deh.

    ReplyDelete
  24. Aku suka banget Mbk makan pisang kaya gini, rasanya makin segar di badan. Apalagi ada resep kayak gini, asyik bakal mau nyoba deh.

    ReplyDelete
  25. Aku dari dulu suka banget pisang Mak. Pisang biasanya nggak diapa-apain aja udah enaaakkk banget, apalagi olahannya. Enak aja gitu rasanya :D

    ReplyDelete

Post a Comment