Serunya Acara Mombassador SGM 2017 di Yogya

Serunya Mombassador SGM 2017 di Yogya. Dear Temans, apa kabarmu? Semoga sehat dan bahagia, ya. Aamin.

Serunya Mombassador SGM 2017

Aku ingin cerita keseruan acara Mombassador SGM 2017. Acaranya berlangsung tanggal 24-26 Agustus 2017. Alhamdulillah, aku terpilih menjadi salah satu dari 92 Ibu yang beruntung ikut acara ini. Katanya, yang mendaftar sekitar 600 orang lho.

Mombassador SGM Batch 5

Tahun lalu, aku mendaftar tapi tidak lolos. Karena mupeng dengan keseruan acara, tahun ini aku daftar lagi. Horee! Nggak kesampaian jadi Gadis Sampul, Alhamdulillah dikarantina di Mombassador SGM 2027, wkwk.

Mombassador SGM tahun ini adalah batch ke-5 dan acaranya kembali diadakan di Yogya. Mengapa Yogya? Karena di kota ini ada pabrik SGM terbesar lho. Tepatnya sih di Klaten. Aih, nggak sabar.

Mitap dengan Ima blogger Yogya Love Youu

Mombassador SGM adalah komunitas para ibu dari seluruh Indonesia, tugasnya berbagi ilmu dan informasi seputar gizi, parenting, dan tumbuh-kembang anak agar Indonesia lebih sehat. Bermanfaat sekali, kan.

Sempatnya mejeng di Rooftop Hotel Greenhost Yogya

Walaupun ada sedikit insiden soal transportasi Tim Semarang, kami tetap excited. Alhamdulillah, tahun ini blogger perempuan Semarang Gandjel Rel ada 4 yang berangkat yaitu aku, Rahmi Aziza, Wahyu Widya dan Muslifa Aseani. Senang!

Belum lagi nanti kopdar dengan puluhan emak blogger di sana. Hore! Apa saja kegiatannya? Simak yuk!

Hari Pertama

Makan Malam & Perkenalan Mombassador SGM 2017

Tiba di Hotel Greenhost Yogya yang jadi tempat syuting film hits AadC2, kami mengisi data, lalu diberi goodie bag yang berisi alat tulis serta baju kaos untuk acara tiga hari.

Ketemu Mbak Susindra Jepara dan Mbak Irfa Muntilan

Duh, ngapain bawa banyak baju, yes? Nggak nyangka ternyata kami juga dapat uang saku. Lumayan, beli oleh-oleh kiddos. Hihi.

Rahmi Aziza di kamar nyaman Hotel Indies

Bareng my roommate Filly yang ramah dan cantik

Setelah itu, kami difoto satu-persatu dan makan siang. Mungkin karena tahun ini pesertanya seabrek, kami tidak menginap di hotel yang sama. Ada dua hotel yang dibooking SGM, masih daerah yang sama tapi agak berjauhan.

banyak ketemu saudara baruu

Alhamdulillah, aku dapat kamar di Hotel Indies Prawirotaman yang nyaman.  Sudah kutulis di blog Pejalan Santai yaa cuzz mampir. Kenalan dengan Filly, emak tangguh punya dua anak yang cantik. Ternyata ia seorang Quiz Hunter. Takjub deh sepak-terjangnya.

Acara makan malam di Greenhost Hotel

Akhirnya mitap sama Lina Sasmita Blogger Batam
Malamnya, kami dinner di Greenhost Hotel. Selain makan malam, ada perkenalan dengan SGM, para kru dan briefing acara besok. Seru deh, biarpun lelah bodi ternyata masih bisa seseruan hihi.

Hari Kedua

Membeli Oleh-Oleh di Toko Bakpia Patuk 25

Pagi buta, kami sudah bersiap. Karena khawatir nggak sempat beli oleh-oleh karena acara padat, kami pun disempatkan mampir ke toko oleh-oleh sama panitia dalam perjalanan ke Klaten. Bahkan tokonya pun belum buka hihi.

Sambil nunggu, kami saling menyapa emak blogger dari berbagai kota. Ramenyaa! Jejeritan ajaa hihi apalagi pas ketemu Eva dari Bandung. Beda hotel jadi bikin susah ketemuan, yes.

Bertemu Emak Blogger Berbagai Kota hepiiiii

Duh, kok lama ya nggak buka juga tokonya? Terpaksa, diketuk deh hihi agak maksa biar buka dulu. Nggak heran, Mbak pramuniaga rada cemberut menghadapi serangan pagi kami.

Kayaknya belum pada sempat sarapan mereka, hehe. Maaf yaa. Para Bunda semangat banget borong berbagai jenis oleh-oleh khas. Aku nggak belanja di sini karena sudah rencana beli oleh-oleh di Magelsng bareng Tim Semarang, hehe.

Kunjungan ke Pabrik SGM, Klaten

Iyaa, Pagi buta kami sudah naik bus menuju Klaten. Lokasinya memang agak.jauh dari kota. Ya, Pabrik SGM terbesar ada di sana. Luasnya sekitar 14 hektar. Semalam, kami sudah dibriefing untuk acara ini. Badan harus fit, tidak boleh memakai celana atau rok pendek dan yang paling penting harus memakai sepatu tertutup.

Pabrik SGM di Klaten, Pabrik Danone terbesar di Asia Tenggara

Saat masuk kawasan pabrik, kami terpesona melihat halaman yang luas serta apik karena dimana-mana taman. Pabriknya pun serba rapi, teratur dan bersih.

Kami makin takjub setelah dijelaskan bahwa air untuk menyiram tanaman ini berasal dari air bekas limbah pabrik. So, pengolahan limbahnya bagus banget sampai airnya bisa digunakan menyiram tanaman. Aman!

Kenal lebih dekat dengan SGM

Tak hanya itu, air pengolahan limbah ini juga digunakan untuk mengairi sawah di sekitar pabrik. Wow. Sebelum menjelajah pabrik, kami berkumpul di tenda. Dijamu camilan dan minuman. Juga diberikan penjelasan tentang SGM, mulai dari sejarah berdirinya hingga standar kebersihan dan kesehatan pabrik.

Bayangkan, jika karyawan bagian produksi bersin, ia tidak boleh masuk kerja hingga sembuh betul. Mereka juga menjalani tes pemeriksaan bakteri tubuh secara berkala juga tes kesehatan. Semuanya demi kebersihan dan keamanan produk.  Secara bergantian, kami menjelajah pabriknya. Seru.

Makan Siang di Rama Shinta Garden Resto

Alhamdulillah, Setelah kunjungan pabrik kami diajak makan siang di tempat yang cantik yaitu Rama Shinta Garden Resto, bo.

makan siang yang mewah pemandangannya

Viewnya cantik karena Candi Prambanan yang anggun terpampang nyata. Aku juga sudah menulis ceritanya di blog www.pejalansantai.com

Outbond dan Games di Kawasan Candi

Setelah kenyang, bukannya bobok siang. Kami malah diajak outbond! Lokasinya di Kawasan Candi Prambanan. Bus kami mengelilingi Candi siang itu. Ah, napak tilas banget iniii zaman masoh kuliah di Yogya!

Asyiknya ngegames di Prambanan

Biasanya aku malas banget lho ikut permainan seperti ini. Nggak begitu suka berkompetisi dalam lomba ketangkasan, wkwk maklum lola. Rasanya, Pengen kabur, hihi. Tapi ternyata seru, nggak berhenti ngakak.

Adu pengetahuan tentang nutrisi

Panitia EO membawakan acara dengan segar dan kocak. Kami dibagi beberapa grup dan mengikuti 4 jenis perlombaan.

Ternyata, Semuanya berhubungan dengan pengetahuan gizi. Duh, eykeh jeblok banget soal kandungan gizi dan vitamin dalam makanan. Untung ada anggota kelompokku yang ngelotok soal ini, hehe. Aman sentosa!
melatih kerjasama dan kekompakan tim

Outbound ini bikin kita kenal satu sama lain, juga bisa bekerjasama dalam tim. Seru deh biarpun timku kalah, hihihi.

Gala Dinner di Sekar Kedhaton, Kotagede

Belum sempat beristirahat, kami sudah harus mandi dan dandan kilat sesampai di hotel. Bersiap untuk Gala Dinner! Capeknyaa. Peserta mulai kelelahan karena acara super padat. Tapi tak menghalangi untuk dandan syantik, hehe.
Sudah syantiiik mo Gala Dinner

Gala Dinner di teras Sekar Kedhaton

Acaranya diadakan di sebuah restoran yang menempati gedung cagar budaya. Usianya ratusan tahun, tapi gedung di kawasan Kotagede ini begitu terawat. Cantik deh.

Gala Dinner berjalan meriah karena MC nya Mbak Tako kereeen dan kocak abis. Banyak games seru juga ada talkshow seputar Mombassador SGM.

Menu makanannya pun memuaskan. Aku sempat jepret sana-sini interior restonya. Acara diakhiri dengan pengukuhan 92 Mombassador juga joget bareng peserta dan panitia. Duh, setrong banget kalian, Bunda!

Hari Ketiga

Diskusi dan Lomba Poster

Hari terakhir, banyak yang mulai tumbang karena kecapean. Untungnya, acara diadakan di hotel masing-masing jadi nggak terlalu lelah. Acaranya berupa diskusi seputar gizi dan tumbuh-kembang anak.

Setelah itu, ada lomba poster untuk membuat program CSR SGM. Kami dibagi beberapa kelompok dan bikin campaign sederhana.

Acara diskusi gizi

Aku dapat kelompok 7 dan membuat poster tentang Ruang Ekspresi, sebuah tempat berkreasi Ibu dan anak di RT masing-masing. Ide sederhana ini ternyata memikat juri dan kami meraih juara tiga. Hore! Alhamdulillah.

siap berdiskusi niih Kelompok 7

berembuk bikin poster kampanye CSR

Setelah itu, makan siang plus pengumuman pemenang lomba. Yang terpilih sebagai Bunda Persahabatan adalah Bunda Jeni dari Sorong, Papua yang ramah. Perpisahan ini bikin sediih. Cepat banget sih acaranya!

Tim Semarang pun sempat main ke Malioboro hihi dan mampir di rumah Mbak Irfa di Muntilan. Beneran, precious moments deh Mombassador SGM 2017 ini. Yuk, jangan lupa daftar ya untuk seseruan tahun depan.

Hore Juara 3 lhooo

Serunya Mombassador SGM 2017, semoga kami makin kompak dan bisa berbagi informasi tentang gizi dan tumbuh-kembang anak yang kami punya. Terima kasih, SGM.
Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

12 Comments

1. Enaknyaaa bisa jalan2 ke malioboro😄😄😄

ReplyDelete
  2. Dengar2 ini yg terakhir ya, Mbak? Tahun dpn nggak ada lagi. Hiks, belum beruntung ikutan daftar dong.

3. Sayangnya hanya untuk mommy mommy ya mba dew, harusnya calon mommy boleh ikutan juga ya hihi

4. wah asiiiik ya mbaak acaranyaa. seruu. dapat ilmu, teman, dan pengalaman baruu. besok klo aku dah nikah pengen coba dftr acara ini jglah. btw, makasih sharingnya mbk :))

ReplyDelete
  5. Seru acaranya, keren banget SGM bisa mengumpulkan puluhan ibu smart. Selamat udah jadi bagian dari mombassador, mba Dew

Replies
    1. Seru banget ya mbak dew, banyak kenalan baru dan ilmu, aku dah 2x gak lolos, batch berikutnya ada lagi kapan dan dimana ya 😀

Delete
  6. Asik ya mak pulang2 bawa oleh2 bakpia sama pocer belanja hehehe

7. Wuih asyiknyaaa... Nyesel waktu itu gak daftar 😑

8. Akhirnya mba Dewi jadi bagian keluarga besat komunitas mombassador SGM neh. Selamat datang.

9. keren acaranya, tapi sayang gak ada untuk bapak-bapaknya. hehehe

ReplyDelete
  10. Semoga batch selanjutnya aku terpilih jadi momambasador, soalnya udah 2x gak terpilih 😅