Friday, September 1, 2017

Jacqueline Wilson, Menulis Gelap Untuk Anak & Remaja


Jacqueline Wilson, Menulis Gelap Untuk  Anak dan Remaja. Dear Temans, Alhamdulillah, ikutan nulis postingan #ArisanBlogGandjelRel putaran 10, ah. Hore!



Kali ini temanya dari dua pemenang arisan kali ini yaitu Dani Purwono dan Mbak Irfa Hudaya. Dani seorang karyawati yang rajin apdet blognya. Sedangkan Mbak Irfa, penulis buku religi yang tinggal di Muntilan. Temanya adalah Siapa Penulis Favoritmu? Temanya seru!

Pertama mengenal karya Aunty Jacqueline Wilson aka Jackie, melalui my master, Bhai Benny Rhamdani. Kira-kira tahun 2007, aku ingin menulis sebuah novel anak.


Bhai menyarankan aku untuk membaca karya-karya Jackie Wilson. Terutama yang berjudul Sleepovers atau Pesta Menginap yang ditulis tahun 2001, dan telah diterjemahkan oleh Gramedia Pustaka Utama. 

Menurut Bhai, buku itu sangat cocok untuk mengembangkan penulisanku mengenai novel anak/ pre teen terutama dengan tokoh utama anak cewek. Sejak saat itu, aku jatuh cinta dengan Aunty Jackie, telat ya.

Padahal buku-bukunya sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia sejak lama. Aku pun mulai berburu buku-bukunya. Jackie Wilson penulis asal Inggris yang tersohor seantero dunia dengan buku anak dan remajanya. Ia adalah penulis luar biasa produktif. 

Buku Vicky Angel yang sedih kisahnya

Tak hanya untuk anak, Jackie juga menulis buku untuk remaja. Baik dalam bentuk lepas ataupun serial. Penulis ini lahir di Bath, Inggris pada tahun 1945. Ia suka membaca dan berkhayal setelah membaca karya penulis favoritnya seperti Noel Streatfield dan. Saking hobinya berkhayal, di usia 9 tahun ia berhasilkan novel pertamanya di sebuah buku catatan. Wow. 

Buku-bukunya pun menginspirasiku: 5 Buku Yang Menginspirasi Dedew. Bersama penulis produktif Irlandia Maeve Binchy dan Pramoedya Ananta Toer, Jacqueline Wilson menjadi penulis favoritku.

Karya fenomenalnya antara lain Serial Tracy Beaker, seorang anak yang tinggal di Panti asuhan. Suka berkhayal dan nyentrik. Serial ini bahkan telah dibuat film serial televisinya. Lebih dari 100 buku telah diterbitkan pleh Aunty Jackie ini.

Bukunya terjual 30 juta kopi di Inggris saja, telah memenangkan banyak penghargaan buku anak dan remaja internasional seperti The Smarties Prize.

Buku Jackie Wilson koleksikuu


Oh iya, lumayan banyak juga lho buku Jackie yang telah diterjemahkan Gramedia Pustaka Utama ke Bahasa Indonesia diantaranya Serial Tracy Beaker, The Cat Mummy, Mum Minder, Double Act, Lizzie Zipmouth, Vicky Angel, Cookie, Lola Rose, dan banyak lagi. Aku suka semua buku Jackie yang sudah kubaca, namun favoritku adalah Lola Rose.

The Suitcase Kid kubaca berulangkali
Dahsyat rasanya, saat nongkrong di bukfer dan menemukan edisi Lola Rose berbahasa Inggris dan hardcover. Seperti menemukan harta karun  Ceritanya tentang Jayni yang kabur ke London bersama ibu dan adiknya, Kenny karena ayahnya suka memukul. Dalam pelarian itu, mereka mengganti nama dan berusaha bertahan hidup. Jayni menjadi Lola Rose.

Ternyata, hidup tak seindah nama barunya. Jayni harus menjadi dewasa dengan cepat demi melindungi keluarga kecilnya. Begitulah, kelebihan buku Jackie ini adalah walau segmennya anak dan remaja, Jackie banyak mengupas hal-hal yang gelap. Masalah yang sering dihindari oleh penulis buku anak dan remaja.

hasil hunting di Big Bad Wolf Book 2017 

Dua bukunya, The Cat Mummy dan Vicky Angel bercerita tentang kematian. Tracy Beaker dan Hetty Feather tentang anak yang tinggal di Panti Asuhan. The Suitcase Kids, Anak Tanpa Rumah bercerita tentang jungkir-balik hidup Andy, anak perempuan berusia 10 tahun setelah orangtuanya bercerai.

Selama 1 minggu ia harus tinggal di rumah Dad dan minggu berikutnya di rumah Mum.  Kebayang deh perasaan tidak aman seorang anak kecil. Fiuh, tema yang berat dan menyesakkan dada terkadang.

Buku-bukunya menceritakan secara gamblang tentang KDRT, perceraian, kematian, kesendirian dan lain-lain kadang membuat jengah kita sebagai pembaca. Apalagi untuk pembaca remaja ya.

Bukunya membuat kita berpikir, melihat sisi lain kehidupan. Dunia remaja tak melulu manis seperti permen loli.

Ya, Aku suka buku-bukunya. Semoga Aunty Jackie sehat terus dan terus berkarya. Selain menulis buku, Jackie juga mengajar tentang literature anak dan penulisan kreatif di Roehampton University.

Sumber foto:
http://www.randomhouse.com.au/authors/jacqueline-awilson.aspx


20 comments:

  1. Untuk tema arisan kali ini saya mati gaya deh mbak, karena memang nggak pernah baca buku, hehe

    Jadi bingung mau nulis apaan karena baca aja nggak pernah, gimana tahu para penulis favorit ya. Padahal banyak penulis di Indonesia yang terkenal, apalagi di dunia.

    Semoga dengan membaca tulisan mbak Dew ini jadi dapat inspirasi yaa..

    Saya juga suka buku anak dan remaja mbak. Dulu waktu kecil suka baca-baca tapi random nggak harus fanatik pada penulis tertentu.

    Pokoknya sukses selalu buat mbak Dew. Sementara saya mau ngelanjutin mikir, mau nulis apa pada arisan putaran 10 GangjelRel yang keren ini :)

    ReplyDelete
  2. Aku jadi pengen baca bukunya onty Jackie ini....boleh pinjem tak? hihiw :p

    ReplyDelete
  3. Aku baru baca The Cat Mummy, dan mupeng baca yang lain, mbak Dew

    ReplyDelete
  4. Kalau anak anak dan remaja baca bukunya, pasti cepet dewasa yaa mb...diajak berfikir dan merenung soale, bukan seneng2 :)

    ReplyDelete
  5. aaah..aku udah denger namanya di sini mba, dan bagus ratenya. Mau cariii aaah bukunyaaa

    ReplyDelete
  6. Sering lihat judul2 buku beserta covernya yg menarik perhatian, tapi nggak pernah penasaran pengen tahu isinya. Sekarang mbak Dedew cerita, aku jadi pengen baca buku2 itu deh

    ReplyDelete
  7. Pernah baca beberapa bukunya dan aku lg mikir untuk dijadikan bahan penelitian nih mbak

    ReplyDelete
  8. Ha? 30juta copy? Ya ampuuun *kemudian ngitung royalti 🤑🤑

    ReplyDelete
  9. Aku baru tahu nich mbak aunty jacky wah bukunya bgs2 y..anak2 ku pasti suka

    ReplyDelete
  10. Covernya menarik perhatian saya, Mbak. Jaid tertarik baca bukunya :)

    ReplyDelete
  11. Koleksinya banyak banget, mbak :D Aku juga tertarik nih bacanya ^^

    ReplyDelete
  12. Makdew peluuk...Jacqueline Wilson juga salah satu penulis favoritku..ceritanya seru-seru aq punya sekitar 10 bukunya..ada yg dpt 2nd hand saking langkanya termasuk yang lola rose hard cover jugak hihihi... always love the story, ceritanya selalu dalam dan mendewasakan.

    ReplyDelete
  13. Buku dan nama penulis ini sering tampil di depan mata saya waktu jalan-jalan di Gramedia maupun di toko buku bekas bahkan online shop. Tapi belum mengusik saya untuk membacanya. Karena saya pikir buku cewek remaja dengan masalah umum. Tapi, setelah baca review Mbak Dewi, saya patut mulai membacanya. Hehe

    ReplyDelete
  14. aku lagi mikir kenapa judulnya menulis gelap, apakah dia nulis ngga pake lampu? hihihih ternyata ada cerita dibalik kelambu.. tapi menurut aku bagus buku remaja yg mengulas ttg perceraian, kdrt, dan kegelapan lainnya, karena memang masa remaja ngga semanis permen loli :D

    ReplyDelete
  15. Wah... isi bukunya "menantang" ya mba. Jadi tertarik deh ni...

    ReplyDelete
  16. Rada abot ya isi bukunya ya Dew. Aku belum pernah baca nih. Oma Enid mulu bacaannya jaman kecil dulu ;)

    ReplyDelete
  17. Wah buku2 yang menarik.
    Terimakasih rekomendasinya :)

    ReplyDelete
  18. Setelah baca postingan ini yang terekam dalam ingatanku adalah 30 juta copy .... hehhehhehe

    ReplyDelete
  19. Kerenn! kayaknya aku belum pernah baca bukunya deh, atau mungkin lupa. jadi pensaran nih sama aunty jackie

    ReplyDelete
  20. Pengen baca tulisan onty Jacky nih... Kapan yuk berburu bukunya bareng?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...