Thursday, June 8, 2017

4 Tips Bukber Bareng Yang Ngangenin Saat Ramadan

4 Tips Bukber Bareng Yang Ngangenin Saat Ramadan. Dear Temans, kali ini mau cerita tentang sesuatu yang ngangenin.

4 tips bukber bareng 

Tema menggelitik ini adalah usul dari pemenang #ArisanBlogGandjelRel putaran ketiga yaitu Rizka Alyna dan Alley Hardiani Mbak Rizka adalah kakaknya Mak Irits, Rahmi Aziza. Ia adalah psikolog yang tinggal di Kudus.

Sedangkan Alley Maknya Kenzie ini adalah adik ipar Mak Irits haha. Jadi tema kali ini dari klan Mak Irits. Tema kali ini tuh bikin banyak GRes, sebutan untuk anggota blogger Gandjel Rel baper. Hihi. Nah lho.  Kangen mantan atau kangen apa ini GRes? Hihi.

Bukber bareng di tepi pantai beneran ngangenin

Kalau aku yang ngangenin itu adalah bukber bareng  keluarga atau teman-teman di kota tempat aku pernah tinggal, hihi. Rempong ya? Duh, gimana dong namanya juga kangeen!

Misalnya nih waktu SD aku tinggal di kota kelahiranku Makassar. Aku sungguh kangen pengen bukber bareng di Pantai Losari! Dulu, orangtua suka mengajak kami bukber bareng di tepi pantai.

Sambil menikmati sunset yang perlahan turun, oranye keemasan, duduk di tepi pantai menunggu pesanan pisang epe' makanan ringan khas Makassar.

Penampakannya berupa pisang dibakar di panggangan oleh para pedagang di gerobak dorongnya. Pisang bakar ini lalu digencet hingga pipih dan dilumuri cairan gula merah, yummi!

Untuk minumnya, Mama bawakan sirup DHT dalam botol minum biar irit, hihi. Terakhir ke Makassar tahun 2005 jadi nggak tahu suasana Losari saat ini. Kayaknya sih sudah tidak boleh jadi tempat nongkrong asyik pedagang kaki lima, ya? Tetap kangeen.

Terus, yang dikangeni pada Jayapura juga sama. Kangen suasana berbuka puasa bareng keluarga di tepi laut. Iyaaa, Ada rumah makan sea food di Jayapura.

Kalau Bapak baru gajian, biasanya mengajak kami ke sana. Rumah makannya semacam bangunan yang menempel di tepi laut, semacam kapal gitu hihi.

Nunggu buka puasa di alun-alun haha ngga ada pantai buu

Jadi makannya sambil menikmati suasana laut yang berangin dan bergoyang-goyang. Dan eyke lupa apa nama restorannya, haha.

Yang dikangenin saat di Palembang adalah bukber bareng sahabat SMAku. Puasa terasa berat saat ABG karena hobinya ngegosip alias mengghibah dan selera makan sedang tinggi-tingginya maklum masa pertumbuhan, haha.

Bukber bareng biasanya di resto fast food mal dan menggasak makanan berbuka dengan kalap, kekenyangan hingga gagal tarawih. Haha bandel banget.

Bukber bareng  mempererat persaudaraan

Sekarang sih jarang bukber bareng karena rumahku nun jauh di atas plus rasanya serba terburu-buru kalau bukber tidak di rumah. Bisa-bisa tarawihnya bablas. Uhuk. Lagi insyaf.

Bukber bareng di restoran walau praktis dan lokasi strategis, tapi juga cukup menguras kantong seperti cuitan Andien Isyah di Twitternya. Haha kena banget deh Andien!

Nah, aku mau berbagi 4 tips bukber bareng yang nyaman dan asyik saat Ramadan. Semoga bikin Ramadan kita tambah berkah, meriah dan tidak menguras kantong, haha.

1. Usahakan di rumah atau masjid

Bukber bareng di rumah saudara atau teman lebih santai dan nyaman karena kita tidak terburu- buru untuk bubar karena harus salat atau harus mencari tempat salat.

Bukber bareng di rumah lebih guyub dan nyaman

Bukber bareng di rumah setelah makan, kita bisa langsung wudhu dan salat berjamaah.

2. Membawa Makanan Sendiri Potluck

Daripada makan di restoran, sesekali kita bisa memilih bukber bersama di rumah. Agar lebih guyub dan irit sistemnya bisa potluck, alias membawa makanan dan minuman untuk dimakan bareng pas acara.

Menu bukber bareng yang yummii

Bisa janjian mau bawa apa sebelumnya biar nggak dobel hehe misalnya tiga orang bawa buah jeruk semua.

3. Selipkan Kegiatan Bermanfaat

Tak hanya sekadar berkumpul dan ngobrol. Ya walaupun berkumpul juga udah berpahala gede karena mempererat silaturahmi ya. Acara bukber akan lebih bergizi bila ada kegiatan tausiyah agama, sharing atau diskusi.

Berdiskusi soal cerpen anak sebelum buka bersama Kelingan

Misalnya bukber bareng Kelompok Literasi Ungaran nih. Acaranya diawali diskusi tentang cerita anak yang ditulis hehe saling memberi kritik dan masukan tentang naskah masing-masing.

4. Salat Berjamaah

Kebaikan bukber bersama akan berlipat ganda jika kita melakukan salat berjamaah misalnya Salat Magrib.

Sekalian Isya dan tarawih juga asyik jadi acara kangen-kangenan dan ngobrolnya juga puas, hehe. Jadi, sudah siap untuk bikin acara bukber bareng yang ngangenin? 

14 comments:

  1. PR banget sih emang ttg sholat ini kalo bukber kok kayak dikesampingkan, sedih :(

    ReplyDelete
  2. Yang rutin kalo aku bukber di rumah mertua sekeluarga besar. Sekalian trawehan bareng.

    ReplyDelete
  3. Bukber emang lebih enak di rumah, atau kalau di resto yang musholanya besar biar bisa shalat magrib dulu hihi

    ReplyDelete
  4. Waahhh kayaknya seru ya..tapi kalo bukber rasanya lebih enak makan diluar.

    ReplyDelete
  5. Bukber alias Buka puasa bersama emang selalu ngangenin yaa, sekaligus bersilaturahmi :)

    ReplyDelete
  6. Ah aku kalau bukber biasanya ke Maajid Mbak. Tapi puasa tahun ini dirumah terus.. heheh

    ReplyDelete
  7. asyik ya mbak kalau bukber rame2 gitu

    ReplyDelete
  8. Bener bgt mb, bukber di luar mmg asyik dan enak tapi nguras duit, hiks..sekali kali aja yaa mb, hehe
    Boleh ni mb tips nya, makasih yaa :)

    ReplyDelete
  9. aku jaarng bukber di luar tp ini lagi mau bikin bukber dg anak-anak asuhku biar mereka gembira

    ReplyDelete
  10. Udah 2 tahunan ini absen bukber mbak lagi males aja enakan buka di rumah jd ga ketinggalan shalat teraweh juga. Tp kapan2 mau ah diajakin bukber di pantai hehehr..

    ReplyDelete
  11. Bener banget, setuju kaya kemarin bukber di kedai blenduk susah cari musola, Alhamdulillah eh abis buka pas mens jadi gak ketinggalan solatnya, mending bukber di rumah dan mesjid, shalat magrib dan tarawehnya on time 😊

    ReplyDelete
  12. wah seru nih kalau udah bukber ya Mbk, apalagi bawa masakan sendiri bisa bagi-bagi resep juga haha

    ReplyDelete
  13. Yang potluck itu seru kayaknya. Belum pernah buka puasa potluck gitu. Paling kalau ga di resto, ya di rumah temen tapi catering. Hehe

    ReplyDelete
  14. Potluck di pantai asyik bangeeet mbaaa

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...