Wednesday, December 2, 2015

Bergumul dengan Ratusan Cerpen di ARKI 2015

Dear Temans,

Alhamdulillah Rabu ini daku bertolak ke Bandung, daku diajak untuk menjadi salah satu juri seleksi peserta untuk Akademi Remaja Kreatif Indonesia yang diselenggarakan oleh Mizan.

Rajinnya akyuu hihi pencitraan gituu
Naik Cipaganti bareng Alde,  turun pool Pasteur,  kami langsung naik taksi Cipaganti menuju Galeri Ciumbeleuit Hotel di daerah Ciumbeleuit, tak jauh dari Cihampelas.

Horee tepat waktu nii nyampe di TKP
Alhamdulillah, supir taksinya keren jadi tepat sasaran nggak dibawa city tour dulu hihi.  Daku sampai tepat waktu di acara pembukaan acara seleksi karya peserta ARKI 2015.

Kang Mahdi mengawasi Ziggy ayo kerja Z
Selesai sambutan dari pihak Kemendiknas dan Mizan,  sambil menikmati coffee break yang berlimpah berupa kopi dan teh,  serta aneka cemilan enak,  kami langsung bertugas hihi.

Akademi Remaja Kreatif Indonesia ini pertama kali diselenggarakan. Pesertanya untuk usia SMP-SMA, untuk bisa mengikuti acara ini para pelajar mengirimkan karyanya ke redaksi Mizan.

Para juri syair berantem hihi eh berdiskusi

Ada empat kategori karya yang diterima yaitu cerpen,  komik,  syair dan skenario. Dan yang bikin jantung nyaris copot,  naskah cerpen yang masuk ada 240 naskah dari pelajar berbagai kota di Indonesia. Gyaaa..bakal begadang niiih..hihi..

with my lovely sister Achi TM
Untuk komik ada komikus berpengalaman dan ketiganya berasal dari Bandung,  Aziza Noor, Imansyah Lubis dan Hendarto PP.

Untuk syair dan skenario ada Pak Yus R Ismail,  penulis FLP Kawakan,  Prisca Primasari novelis dari Surabaya dan Mbak Dian Hartati.
Ihh juri komik curang bisa pulang duluaan
Untuk kategori cerpen daku bersama Achi TM sobat lamaku,  penulis novel dan skenario FTV dari Tangerang juga Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie atau Ziggy Z penulis muda berbakat bernama unik dan tahun lalu menjadi juara 2 sayembara novel DKJ 2014 asal Lampung.

Kami berempat menempati sebuah kamar suite berkamar tiga di Galeri Ciumbeleuit Hotel ini.

Cari suasana baru baca naskah di tepi kolam renang 
Dan benar-benar dikarantina. Dalam waktu semalam harus bisa memilih 50 peserta dari 240 cerpen yang masuk yang bertema Warna Indonesia, kearifan lokalnya

Yang itu keren ceritanya kudu masuk 
Kualitas cerpen beragam. Ada yang outstanding karena ide cerita dan gaya bahasa yang tidak biasa.  Ada juga yang standar seperti berlibur ke rumah nenek atau jadi anak baru di sekolah.

Depeleh Depeleh 
Rata-rata penulisannya sudah rapi,  jadi ibu juri nggak puyeng bacanya hehe. Dalam semalam,  kami bertiga seperti diajak bertualang keliling Nusantara.

Jadi kenal filsafah masyarakat Aceh, festival dan perayaan meriah di Samarinda hingga tradisi potong gigi di Bali.  Ah, betapa negeri kita kaya akan budaya.

Ngintil mama kerja hehe
Alhamdulillah, setelah begadang sampai jam 3 dini hari, berdiskusi dan jambak-jambakan hihi nggaak, diselingi rumpi dan bercanda gila,  akhirnya kelar juga tugas kami,  membaca seluruh naskah,  menilai dan memilih siapa peserta yang akan diundang ke Jakarta tanggal 8-11 Desember nanti.

Benar-benar pengalaman tak terlupakan. Apalagi untuk para peserta yang akan bersenang-senang,  menimba ilmu baru dan berkenalan dengan teman dari berbagai kota di Indonesia.

Can't wait!

Jadi adakah namamu masuk menjadi peserta ARKI 2015? Tunggu infonya ya!

14 comments:

  1. 240 cerpen? Wow banget. Benar2 harus memikat cerpennya supaya bs menarik perhatian juri. Ga kebayang kalau jadi juri lomba novel, Mbak :D

    ReplyDelete
  2. Wah keren banget acaranya. Semangat ya bu juri. Pekerjaan begini yg bikin senang, bisa bawa anak :))

    ReplyDelete
  3. Wuaa....baca dan jadi juri 240 cerpen? duh, kalo aku udah siwer nih mata...hihi
    baidewei...kece abis deh mb Dew..

    ReplyDelete
  4. Ya Allah Mbak, Itu Ziggy Z beneran namanya sepanjang itu? Ga kebayang pas kenalan sama nulis di lembar ujian. Hehe *salahfokus v^^

    ReplyDelete
  5. Huaaa.. 240 cerpen harus dibaca dan dicermati dalam semalam?? Super, mbak...
    Moga nyeleksinya makin asik kalo ditemani cemilan ya mbak :)

    ReplyDelete
  6. Wiih..mumet pasti mbak, hihiii...
    Eh, si Alde ngintil Mama terus nih, asik ya bisa renang dan jjs juga :D

    ReplyDelete
  7. meski senep liat naskah segitu banyaknya...tapi seneng ya mbak
    pengalaman yg berkesan sekali....

    ReplyDelete
  8. Aduuuh mak, itu mata didopping apa kuat baca ratusan cerpen. Btw mak dedew keren euy...

    ReplyDelete
  9. aduh banyak banget yang harus dibaca....sama aja kayak baca novel satu buku itu :)

    ReplyDelete
  10. keren mba dedew... gak puyeng tuh mba nyeleksi segitu banyak cerpen? kalo aku udah puyeng duluan :D

    ReplyDelete
  11. iki ceritane kelempoken Cerpen. baca sebanyak gitu bisa belek en mata mbak, tapi namanya juga tugas dan hobi jadi dijalani dengan hati.

    mana namanku? emang kpn kirim? hehehe

    ReplyDelete
  12. Wah keren mbak dedew makin banyak pengalaman dan ilmunya, wah bandung bikin diriku pengen mudik nih, siapa yg menang nih mbak dew hehe

    ReplyDelete
  13. Eciee..mau dong diseleksi mb dedew..^_^

    ReplyDelete
  14. Kerja sambil bisa momong anak ini sesuatu banget

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...