Saturday, June 13, 2015

10 Tempat Wisata Seru di Kabupaten Semarang :)

Dear Temans,

Masih membahas tempat wisata di Kabupaten Semarang yaa.
Aiiih, jadi duta wisata lama-lama nih eyke. Ayo dong pak Bupati, tunjuk dakuw, Hihihi. Nggak apa-apa deh, memperkenalkan kota kecilku pada dunia. Halahh.

Siap menjelajah Kabupaten Semarang?
Jangan lupa pakai topi, kacamata dan payung lipat yaa! Lagi hot banget iniii...

berkeliling hortimart agro center

Kali ini, dakuw mau menulis 10 tempat wisata di Kabupaten Semarang yang oke dikunjungi. 
Sebagai daerah tetangga Kota Semarang, Kabupaten Semarang jarang dilirik sebagai daerah tujuan wisata. Ibukota Kabupaten Sermarang, Ungaran malah lebih dikenal dengan kota tahu baxo #eh atau kota industri. 

So, dakuw mau sharing Top 10 Tempat Wisata Kabupaten Semarang menurut versiku yaa, kalau ada yang versi lain, Seperti versi Majalah Femina atau Dinas Pariwisata mungkin itu lebih terpercaya kevalidannya hihi.

 1. Candi Gedong Songo

Terletak di kaki Gunung Ungaran, di Dusun Darum Kecamatan Bandungan.
Gedong Songo berarti sembilan bangunan atau sembilan candi. Candi ini eksotis banget.
Terletak di pegunungan hingga udaranya benar-benar sejuk dan pemandangannya indah. Kesembilan candi ini letaknya terpisah sehingga untuk mengunjungi semuanya cukup melelahkan, ada jasa naik kuda juga lho. Candi ini dibangun abad ke-9 Masehi.

2. Kolam Umbul Sidomukti

Masih di daerah Bandungan, alias daerah Puncak bagi orang Jawa Tengah.
Kolam renang alam ini memiliki pemandangan menakjubkan.
Gimana nggak? Letaknya saja di atas ketinggian 1200 M diatas permukaan laut.
Wow, airnya berasal dari air pegunungan lho. Jalanan menuju Umbul Sidomukti ini memang menanjak dan bikin deg-degan tapi sepadan dengan sensasi yang kita rasakan berendam di atas kolam di atas awan. Berasa bidadari hehe. 

3. Cimory On The Valley Bawen     

Walau terbilang baru dibuka, restoran ini mencuri perhatian warga Jawa Tengah, lho. Tak hanya restoran, Cimory juga memiliki areal peternakan dan pertanian yang bisa dikunjungi wisatawan. Selain menyantap makanan dan nongkrong cantik, kita dimanjakan pemandangan indah dan asri Cimory. 
Cimory Bawen
Ada Dairy Tour untuk anak sekolah, dimana mereka memerah sapi dan mencicipi hasil peternakan, susu dan sosis. Ada juga Cimory Farm, kita membayar sepuluh ribu dan menikmati sebotol susu kedelai Cimory, melihat binatang seperti sapi, rusa, burung dan lainnya. Berbagai jenis tanaman juga ditanam disana.

4. Kampung Kopi Banaran

Selesai berenang di Umbul Sidomukti, bisa nih kita mampir ke Kampung Kopi Banaran di Bawen. Kampung kopi ini merupakan one stop entertainment. Banaran sebenarnya perkebunan kopi yang dikelola PT. Perkebunan Nusantara IX. Berada di ketinggian 680 M di atas permukaan laut.


siap-siap jelajah kebun kopi banaran

Untuk mengelilingi Kebun Kopi yang luas, kita menumpang mobil kopi dengan membayar Rp.60.000 per mobil. Mengasyikkan melintasi jalanan berkelok-kelok di perkebunan kopi. Dengan pemandangan Rawa Pening dari kejauhan. Setelah puas berkeliling, mari menyesap Kopi Banaran yang dibuat dengan teknik dripping dengan coffee drip atau Teh Kaligua yang ueenak sambil lesehan juga boleh. What a life!

5. Taman Djamoe Indonesia

Sepintas, kehadiran Taman ini tak menyolok di Daerah Bergas.
Taman Djamoe adalah warisan pemilik perusahaan jamu besar di Semarang, Nyonya Meneer. Berawal dari ikhtiar sang nyonya yang merawat suaminya sakit parah dengan berbagai jenis jamu hingga sembuh, hingga menjadi pengusaha jamu besar.

welcome to paradise hehe

Taman Djamoe berdiri di atas tanah seluas tiga hektar, memiliki koleksi 600 jenis tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan. Suasana asri dan tenang begitu kental terasa saat masuk taman ini. Kita bisa piknik sambil belajar tentang tumbuhan. Selain itu, kita bisa mencicipi berbagai jenis jamu bahkan spa dan pijat tradisional disana.   


6. Museum KA Ambarawa

Museum ini salah satu tujuan wisata paling hits di Kabupaten Semarang.
Terletak di Kota Ambarawa, Museum ini ramai dikunjungi wisatawan. Cukup membayar tiket anak Rp.5000 dan dewasa Rp.10.000, kita sudah bisa menikmati koleksi kereta api uap yang dibuat sekitar tahun 1900.

Lokomotif kereta uap tahun 1900

Ingin merasakan sensasi naik kereta api uap dengan rute Ambarawa-Tuntang? Bisaa...asal datangnya pagi di akhir pekan atau tanggal merah. Cukup membayar Rp.50.000 per orang, kita bisa merasakan perjalanan napak tilas nenek kita dulu. Ada tiga gerbong yang beroperasi.


7. Hortimart Agro Center

Terletak di Bawen, Hortimart menjadi salah satu pilihan wisatawan untuk menikmati alam. Hortimart luasnya sekitar 25 Hektar, lho. Memiliki berbagai jenis buah dan sayur. Andalan Hortimart adalah varietas durian lokalnya yang memiliki puluhan jenis, namanya pun diambil dari nama toko pewayangan seperti Durian Bima, Durian Petruk dan lainnya. Kita bisa mengelilingi kebun buah sambil dijelaskan oleh pemandu yang merangkap sebagai supir.

pemandangan indah hortimart

Hortimart juga mengenalkan sistem perairan dengan embung, yaitu kolam penampung air hujan. Ketika kemarau tiba, air embung ini dipakai untuk menyiram tanaman. selain berkeliling kebun, kita bisa memetik buah sendiri, makan sepuasnya di resto vegetarian dan berbelanja buah dan sayuran di Agro Mart.

8. Dreamtoon Studio

Dreamtoon, salah satu lini dari Dreamlight Studio, sebuah Production House yang khusus memproduksi film animasi. Letkanya di Sewakul, Ungaran. Beberapa film animasi karya anak bangsa ini antara lain Keluarga Somat dan Petok si Ayam Kampung.


Keluarga Somat favorit my boy
Keluarga Somat yang diputar setiap hari di Indosiar kini memasuki episode ke 200, wow. Di Dreamtoon, anak-anak bisa tur melihat cara kerja ilustrator komik, berfoto bareng boneka tokoh Keluarga Somat hingga  menonton bioskopnya. Seru!

bioskop mini di Dreamtoon Ungaran
9. Pabrik Biskuit Nissin

Ingin tahu proses pembuatan biskuit? Kunjungi saja pabrik biskuit Nissin di Ungaran.
Kita akan diajak berkeliling pabrik, sambil dijelaskan proses pembuatan biskuit enak yang biasa kita nikmati di rumah. Aroma pabriknya begitu menggoda lho. Setelah lelah berkeliling, kita bisa membeli oleh-oleh biskuit Nissin dengan harga lebih miring daripada di Nissin Emporium Kafe.  Kafenya juga menyediakan berbagai jenis makanan mulai dari lumpia rebung, hingga nasi goreng Nissin.

wafel es krim dari Nissin emporium cafe

 10. Curug Benowo

Curug Benowo terletak di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Desa Kalisidi, Ungaran Barat.
Ternyata, selain sebagai daerah peternakan dan penghasil susu sapi, Kalisidi juga menyimpan pesona keindahan alam. Salah satunya Curug atau air terjun Benowo. Lokasi menuju ke curug, memang cukup berat medannya. naik turun dengan tanjakan curam. Tapi, kelelahan itu terbayar dengan menikmati curug Benowo. Selain air terjun ini, adapula Curug Lawe yang juga cantik sekali pemandangannya.

So, siapa bilang Kabupaten Semarang nggak punya obyek wisata seru? Huh! *mutung
Yuk, Visit Kabupaten Semarang, siapa tahu bisa ketemu Putri Pariwisata 2015, Dedew *lambai-lambai cantik sambil megang duit seratus ribuan, wkwkwk...

87 comments:

  1. walah aku belum sempat kesini semua. padahal kemarin dah ke Semarang ternyata masih banyak toh tempat wisata lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi balik lagi yaa eksplore semarang :)

      Delete
  2. Durung tau kabeh mbaaak. Melas men dirikuuuu :(

    ReplyDelete
  3. Aku udah ke cimory ama pabrik nissin..itu juga karena lokasinya di tol. Haha..kapan2 call mak dedew ni buat jd tour guide..wkwkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi boyeeeh mau mau deh akuuu jadi gaid muu...:*

      Delete
  4. aih Semarang aq selalu kangen dengan kulinernya tahu gimbal dan soto bangkong yang bikin ngiler :) Eh saya kira naik kereta uap itu harus sewa jutaan, ternyata cuma Rp 50.000 ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa kalau booking jutaan say, tiga gerbong bisa 10 jutaan kalau ndak salah..kalau per orang di hari libur sih murce :)

      Delete
  5. Belum pernah ke semarang :")
    Itu cimory pabrik apa gimana? cimory yg yoghurt itu kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan restoran dan farm gitu, more details klik hehe http://www.dewirieka.com/2014/12/nongkrong-sambil-cuci-mata-di-cimory.html

      Delete
  6. Lama di Semarang aku baru sekali aja ke Candi Gedongsongo :D Yang lainnya belum pernah, mba. Hiks. Moga kapan2 bisa main ke sana. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ilaa, deket kaan dari tegal, sekalian kopdar dengan kita2 :*

      Delete
  7. Referensi yang bagus.
    Insyaallah habis lebaran nanti aku pengen ajak putri kecilku ke tempat tempat itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. asiiik halan-halaan jangan lupa ditulis di blog ya mbaa

      Delete
  8. Baru pernah mendatangi 3 tempat dari 10 tempat itu...hiks

    ReplyDelete
  9. Kapan2 kalo ada rejeki ke Semarang, antar ka' keliling2 ke 10 tempat ini naah. Saya pernah ke Semarang tapi duluuuuuuuu sekali .. tahun 99 atau 2000. Kalau ke Semarangnya di waktu sekarang, banyak teman yang bisa dikunjungii karena menulis dan ngeblog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa niar kalau ke semarang bakalan heboh deh disambut IIDN Semarang dan gandjel rel :*

      Delete
    2. Hah? Gandjel rel? Apa pula itu? wkwkwk

      Delete
  10. Endingnya nggak nggak nggak nguatin :p

    Yoookkk pada ke Semarang yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkw kan sesuai visi misi gandjel rel yaa, memperkenalkan kota semarang sekitarnya pada khalayak hihihi *dadah dadah ah sama pak hendi dan pak ganjar ben diundang

      Delete
  11. Wkwkwk... apes..beneran bayangin mbak Dedew melambai2 megang duit :))

    Aduh.. dari 10 tempat belum ada yang pernah saya kunjungi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkw..mau atuh disawer putri pariwisatanya biar bisa jjs keluar semarang

      Delete
  12. kangeeen berat jadinya nih liat tmpt wisata yang menarik dan keren :)

    ReplyDelete
  13. Waahh baru tau klo byk tmpt wisata menarik...mak fotonya ditambah dong...biar tambah menarik... ft curug, candi...dll... salam knal ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ngga punya fotonya mak, keselip entah dimana, ni lombanya ngga boleh pakai foto orang lain hehe...ntar didiskualifikasi ;)

      Delete
  14. Target klo d Semarang ni mbk apalagi mbk Dew jdi Guide juga hihi...

    ReplyDelete
  15. dream toon itu adanya di ungaran ya mbak:) wah baru tahu nih..mksh sharenya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya mba ningrum, banyak yang ngga tahu termasuk warga ungaran sendiri :)

      Delete
  16. << masih kepingin pergi ke Hortimart Agro Centre... O_o

    eh, tapi pabrik Nissin menaik juga. belom pernah ngerasain nasi goreng nissin, kalo nasi goreng yang dikasih nissin sih pernah, biar lebih sedap. (?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi nissin apa micin yang dikasih ke nasgor?

      Delete
  17. Pengen ngajak anak2 ke musium kereta ambarawa. Tapi klo harus sampai sana pagi....waaa...dini hari ni aku dari rmhnya......

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau hanya mau datang liat2 bisa kok mba datang kapan aja, kalau mau naik kereta yang harus pagi, biar kebagian tiket :)

      Delete
  18. Waa... Kunjungan ke pabrik nissin kayaknya seruu, jarang2 kan wisata ke pabrik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iyaa hits banget ni pabrik nissin dan sosro untuk dikunjungi

      Delete
  19. Catet! Buat bekal nanti kalo ke Semarang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dakuw antarin jjs dehh kalau dian main semarang :*

      Delete
    2. hihi aku mau deh dian jadi guide mu :*

      Delete
  20. Yang Hortimart Agro Center tempatnya keliatan alami banget mba, tempat yang nyaman buat refreshing :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, seger pemandangannya apalagi kalau panen buah, petik sendirii...

      Delete
  21. Aku baru pernah ke KA Ambarawa dan naik keretanya. Sukses lombanya mba :)

    ReplyDelete
  22. aku belum pernah semua nya,, :(

    ReplyDelete
  23. ke rawapening mbaaak. kerennnn

    ReplyDelete
  24. Aku tow mbak! Udah 10 th di smrg tp ga pernah wisata2 gituuu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Normaa, gimana siih, ayo kalau balik Semarang, kudu naik BRT ke Ungaran :)

      Delete
  25. makasih kedatangannnya sahabat ke curug lawe benowo kalisidi, sedikit ralat aja #clbk di wilayah desa kalisidi kecamatan ungaran barat kabupaten semarang

    ReplyDelete
  26. Kayaknya aku blm perna datengin semua dech, trus aku kudu piyeee e????

    ReplyDelete
  27. oooh saya baru ngeh klo biskuit nissin itu dari semarang.. ok, baiklah, catet dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas asli semarang hehehe *kayaknya :D

      Delete
  28. wah assyik2 ya tmpt wisatanya, aku belum pernah ke semarang loh mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuuk mak irma main kesinii, ketemu emak2 blogger sini disambut meriah deh...:*

      Delete
  29. Yah Mbak Foto-foto tempat wisata kurang banyak. Tambahin lagi dong fotonya. biar makin keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok masing2 postingan tersendiri mba kayak hortimart, taman djamoe, , monggo disearch yaa di tab search yaa for details :)

      Delete
  30. Kabupaten Semarang top neh, punya banyak objek wisata keren. Ini kayak Batu pas statusnya masih di bawah kabupaten malang. Tinggal nunggu waktu aja jadi kota mandiri Mbak he3 *komporr*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi aamiin....Batu kabupaten sendiri ya sekarang wan?

      Delete
  31. paling suka ke Hortimart Agro Center pemandangannya yang indah bikin terpesona

    ReplyDelete
  32. Wah,ada taman jamu dan keluarga Somad....lucuhh..asik -asik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi yuk yuk main siniii..ditraktir tahu baxo dehh

      Delete
  33. Cimory di Kab.Semarang ini sama kayak yang di Puncak, Bogor ya?

    ReplyDelete
  34. Ya ampyun Mbak Dedew... Aku baru Museum KA Ambarawa thok... Itu juga piknik SD. Sekarang pasti lebih bagus yaa...

    Thanks rekomendasi tempatnya ya mbak... Mudah2an kapan waktu bisa main ke Semarang dan sekitarnya. Look so children friendly semuanyaa... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya mba wilis, wisatanya emak2 kudu yang buat bocah biar keangkut jugaa :D

      Delete
  35. Wah aku banyak yang beluuuum! Masuk Nissin aja belum hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kumaha ieu urang ungaran sudah sampai amerika belum pernah ke pabrik nissin hihihi

      Delete
  36. wowww....ternyata ada yang belum aku kunjungi...xixixi

    ReplyDelete
  37. Replies
    1. iyaa cimory emang yummi yogurt dan susu segarnya mak

      Delete
  38. Pingin ke Cimory On The Valley Bawen

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk mba rien kita kopdar hore2 disana hihihi

      Delete
  39. Banyak ya mbak, Semarang nggak cuman lawang sewu yang horor itu :)

    ReplyDelete
  40. Saya katrok bangeet kok baru tahu ternyata semarang banyak ya wisatanya...pernah ke semarang di simpang 5 :)

    ReplyDelete
  41. Semua sbagian sdh q kunjungi, mksih blog nya,,,,slm knl

    ReplyDelete
  42. cimory ada di mana2 yah... saya mah pgn ke pabrik nissin :D

    ReplyDelete
  43. Saya warga Kendal mbak dan sering traveling ke Semarang :D
    sebenarnya masih banyak lagi di Semarang yg cukup bagus seperti Masjid Agung Jawa Tengah, Lawang 1000, Curug Lawe, Curug Glawe, Nglimut, Curug Klenting Kuning, Curug Pangleburgongso, C7B dan yg lainya :D
    tapi diatas ada beberapa yg belum ane kunjungi, makasih mbak jadi penasaran nih mungkin kapan kapan ntar ane akan ke wisata diatas yg belum pernah ane kunjungi.
    Mampir ke Blogku mbak, kalau mau lihat lihat wisata yg sudah saya jelajahi di Semarang dan sekitarnya... Hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aku nulis khusus kabupaten semarang aja mas hehe..yuk kirim tulisan curug ke www.semarangcoret.com

      Delete
    2. Oh Mbak Dewi Rieke ada juga lho obyek wisata yang lain Kopeng, Air Terjun Semerang, Kampung Rawa Pening, Bandungan dan Air Panas Diwak dekat Situs Candi Ngempon untuk bisa masuk Paket Distinasi Wisata Syariah / Halal Tourism perlu nich ada Masjid/Mushola di Setiap Obyek Wisata plus ada Hotel Syariah di Malaysia, Thailand, Korsel, Jepang lebih duluan buat Paket Wisata Syariah yuk kita jangan ketinggalan nich Kerjasama Dengan Kementrian Pariwisata dan Indonedia Halal Tourism Forum

      Delete
  44. Belum pernah kesampaian ke semuanya kecuali gedong songo. harus diagendakan nih *ngerayu pakSu dulu :P

    ReplyDelete
  45. Dreamstoon Studio kayaknya yang baru deh. Belon lihat lagi ke sono..

    ReplyDelete
  46. beda ya mbak kabupaten semarang dan kota semarang?
    waah ada Cimory juga di sana..
    aku penasaran sama museum kereta apinya niih

    ReplyDelete
  47. thanks infonya mbak, siap2 ke Semarang utk destinasi selanjutnya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...