Saturday, April 11, 2015

Nonton Bareng Filosofi Kopi :)

Dear Temans,

Alhamdulillah, Kamis (09/04) dakuw dan Alde bisa nonton bareng film Filosofi Kopi di Citraland.
Ceritanya, menang kuis di Twitter Visit Semarang, kerjasama dengan Torabika Coffee. Jadilah, siang bolong kami meluncur ke Semarang. 

film Filosofi Kopi


Udah buru-buru berangkat nih, takut kesiangan.
Gegara disuruh ngumpul sebelum pukul 12.00, setiap pemenang nobar film Filosofi Kopi  kudu bawa 5 bungkus kopi Torabika Mocca latte.
Jadi, mlipir dulu ke minimarket cari kopi itu. Duh, nggak ada rasa itu, comot saja yang varian lain. Asal nggak beda merek, kan? *dipentung sponsor, hihi.

meet and greet penulis filosofi kopi


Dan gara-gara kudu bawa bungkus kopi kosong, dakuw tuang deh isi 5 sachet ke kresek. Nggak mau rugi penganut aliran Mak Irits garis keras haha. Masa, mau nyumbang 5 sachet ada isinya ke panitia? :p 

Alde sampai bingung, nanyaa melulu. 
"Untuk apa sih, Ma?"
"Oleh-oleh Ayah," jawabku mengacuhkan pandangan heran orang-orang.
(Abis ngisi kreseknya di lobi mal haha)

Penulis filosofi kopi

Sampai disana, eh panitia Visit Semarang belum pada nongol. Yang rame baru panitia dari Trax FM saja yang juga bikin nobar  film Filosofi Kopi hari itu.
Untungnya, ada mas-mas nyamperin. Malah mau nitipin tuh all ticket Visit Semarang buat kubawa.
Ng, ntar kujual lagi lho, Mas! Hihihi. Bener nih, mau nitip tiket film Filosofi Kopi ? *calo.

Akhirnya, aku mencomot dua tiket film Filosofi Kopi dan buru-buru kabur ke dalam. Takut Alde lihat poster film Tuyul eh Sponge Bob dan minta nonton. 
Ngacir nggak pakai nunggu teman-teman dari Hellosemarang.com kayak Mas Suke, Mas Sofyan & Mas Hyudee. Eits, Alde malah nagih popcorn! Duh, Adek, itu kan mahal! *keluarin 35 ribu setengah hati hahaha. 

Akhirnya, bisa nonton  film Filosofi Kopi juga!
Ada iklan Pak Jokowi versi film kartun Adit Sopo jarwo nyuruh kita nonton pelem Indonesia.
Tenang pak, dakuw pencinta pelem Indonesia lhoo! 

Film Filosofi Kopi, ternyata keren!
Aku suka ceritanya, karakter tokohnya yang kuat terutama Ben (Chicko Jerikho) & Jody (Rio Dewanto). Aih, nampak sekali mereka akrab banget. Sesuai deh ceritanya kam mereka bareng sejak kecil. Aku, aku..jadi ngefans bingit pada mereka. Ganteng bingiit! *lupakan Akang Lee Min Ho dan  Taylor Lautner, aku cinta produk-produk Endonesah #eh.

Film Filosofi Kopi karya sutradara Angga Sasongko ini memang keren.
Diambil dari cerpen karya Ibu Suri aka Dewi Dee Lestari di buku Filosofi Kopi. Buku ini terbit pertama kali tahun 2006 ya. Aku punya bukunya lho, beli pas Mbak Dee's coaching clinic tapi belum sempat kubaca, uhuk. jadi bagus sih, aku blank dengan cerita filmnya. Jadi, menikmatinya mengalir saja.

Dan aku menikmati banget.
Walau Alde jungkir balik di dalam bioskop. 
"Kok flimnya ceritanya kopi terus ya, Ma?"

si bocah jumpalitan nonton filosofi kopi

Ceritanya, Ben dan Jody yang membuat kafe Filosofi Kopi. Ayah Jody sudah meninggal dan mewariskan hutang ratusan juta rupiah yang kudu dibayar Jody dan saudara angkatnya, Ben. Mereka berusaha keras dengan bisnis kafe ini. Ada riak-riak kecil antara Jody yang serba cuan aka materi dan Ben yang jenius kopi eksentrik dan semaunya sendiri. Ben punya filosofi untuk masing-masing kopi yang diraciknya. Tak heran, penggemar kafe mereka membludak. Tapi, hutang tak kunjung terbayar.

Kesempatan melunasi hutang datang ketika ada yang menawarkan Ben bikin kopi terenak sedunia dengan bayaran 1 M. Ben menerima tantangan itu dan akhirnya menemukan kopi sempurna. Tapi, kopi itu dianggap biasa saja oleh El, Food blogger dan penulis buku. Karena El pernah minum kopi terenak sedunia di sebuah dusun. Mereka bertiga pun mencari kopi terenak itu.

dua cowok ganteng dalam filosofi kopi
Ternyata, cerita filmnya lebih kompleks daripada cerpen milik Mbak Dee. 
Jadi, lebih menarik dan seru diikuti. Keren pisan ey penulis Jenny Jusuf meramu skenario cerita.
Ada tambahan tokoh El (Julie Estelle) cewek indo Perancis yang jadi penulis buku. El tidak ada dalam cerpen Dee. Tentu saja biar cerita makin menarik, ada ceweknya dong. Bukan film batangan saja, hihihi.

Lagu-lagunya juga asyik dinikmati karya Glen Fredly. Quote-quote menarik ala Dee Lestari tentu saja bertabur sepanjang film. Misalnya filosofi kopi Tiwus, walau tiada yang sempurna namun hidup ini indah begini adanya. Wow. Jadi makin banyak ngerti kerjaan barista aka peracik kopi. Asyik melihat Ben bekerja. Berapa lama ya Chicco Jerikho belajarnya? 

Film yang keren.
Makasih ya buat Visit Semarang dan Torabika Coffee sudah mengajak nobar.
Jadi mupeng pengen buru-buru ngopi cantik gara-gara film ini. 
Waaa, Nikmat banget tuh ngetik di rumah sambil ngopi pakai  USB Cup Warmer. 
Jadi, selama ngetik tuh kita nggak perlu bolak-balik ke dapur ambil air panas. Mug kopi kita tetap panas dan nikmat selama dicolok pakai USB Warmer ya.

Yang mencekam selama nonton film ini kok di hidungku tercium bau kopii terus. Ah, masa sih biskop ini udah ada teknologi yang bisa bikin apa yang tersaji di layar ada aromanya? Apa  gara-gara aku mupeng banget pengen ngopi? Atau..ada hantu kopi? *seringai. 

Galauku terjawab pas sampai di rumah. 
Olala, di ranselku kan ada satu kresek berisi 10 sachet Torabika! 
Jelas aja, baunya nendaang! Wkwkwkwkw. 


42 comments:

  1. Pencinta film Indonesia yang gratisan #ops

    Berarti filmnya gpp dotonton anak2 yo mak, ya sapa tau ada ksempatan nonton aku mau bawa Thifa gituu

    ReplyDelete
  2. Aku juga mau meet up ama penulis anak kost dodol hehehe.
    btw kmrn gw juga nonton film ini tp bukan pecinta kopi jd kagak nyambung dan akhirnya muncul pernyataan "Mmg segitu penting nya rasa kopi" #laludikeplak

    ReplyDelete
  3. Wkwk rahmii tertohok deh eyke #celingukan cari kuisfree ticket cokroaminoto

    ReplyDelete
  4. Wkwkw...iyaa..kalau ga terlalu suka sesuatu jadi bertanya2 sendiri ya..ih apa serunya? Itu aku mbatin kl liat gerombolan pencinta burung ngumpul dekat rmh..tapi lalu nyadar org juga pasti komen gitu kl liat aku mantengi kompi berjam2 nulis mpe encok hihi

    ReplyDelete
  5. dua kali abca reviwe film ini jadi makin pengen nonton .

    ReplyDelete
  6. Aaaaaak, pengen nontoon...*sambil mikir nitipin anak2 dimana yak?

    ReplyDelete
  7. Hahaha, kopinya dirubung semut nggak Mbak?

    ReplyDelete
  8. Hahaha. Kebayang bingungnya mb Dew paa ngira aroma kopinya dari sumber lain. :D btw, filmnya aman ditonton sama anak2, mba?

    ReplyDelete
  9. @ila: hihi iya...wangi banget dr kresek..iya, aman kok buat anak..cuma ada adegan nampar 1x

    ReplyDelete
  10. Enaknyaaaa yang ada bioskop, hahaaa

    ReplyDelete
  11. Waahh..jadi ga apa2 ya bawa anak2 mak? Takutnya ada adegan begitu2 tp klo ga diajak terus mo dikemanain si bocah :p

    ReplyDelete
  12. jadi pengen nonton.. *walau aku sukanya kopi susu* siapa tau ntar keidean bikin cerita ttg kopi susu.. tfs Mak :)

    ReplyDelete
  13. @mak muna: bersih kok mak ga ada adegan dewasanya hanya kalo bawa balita bosen..siapin cemilan hihi..

    ReplyDelete
  14. @eki: aku juga kudu turun gunung kii kalo mo nonton pelem haha

    ReplyDelete
  15. @ika hardiyan: nyaris bocor kareseknya untung selamat oleh2 buat akang di rumah hihi

    ReplyDelete
  16. @mba ika: angkuut...aman kok buat anak2..

    ReplyDelete
  17. Aku suka cerpennya, dan lagi pingin bingit nonton filmnya... Kelihatannya menarik deh adaptasinya dg modif & pengembangan skenario ituh... Mau nontonnnn...

    ReplyDelete
  18. Hahahaha mak Dew bisa aja eh ngelucu, penasaran euy sama kopinya eh filmnya

    ReplyDelete
  19. 'Masak filmnya batangan doang'
    Ngekek baca bagian itu. Haha..
    Pabtes, aku heran Julie Estelle jadi apa? Di cerpen kan ga ada ceweknya. Rupanya buat pemanis. Lebih keren cerpen difilmin drpd novel y? Kl cerpen, cerita skenarionya msh bs byk berkembang

    ReplyDelete
  20. Wah enal nih klo ada USB cup warmer, konsentrasi nulis bertambah. Kagak pakai grudak gruduk me dapur. Sukses buat bukunya mbak :)

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Dewi Rieka12 April 2015 10.01
    @diba: di cerpen ada yg ahli kopi ya..tapi cowok kayaknya..jadi El di filmnya..mereka bertiga berburu kopi tiwus..jd ceritanya lebih seru..

    ReplyDelete
  23. Wkwkwkwk.... trus itu kopi di dalam kresek apa kabarnya, mbak? Beneran seru.. nonton film tentang kopi dengan cerita unik tentang kopi kresek.. :D
    Kalo nulis di rumah, emang paling enak bikin kopi pake usb cup warmer ya mbak... kopinya bisa anget terus :)

    ReplyDelete
  24. Hahahahaha...terus kopi yg di kresek jdi buat oleh2 Dew?Atau dituang air panasa uat simpanan kopi seminggu hahahaha.
    Nggak keras tuh di resekin :)

    ReplyDelete
  25. Jadi mupeng pengen nonton juga, ah... ira

    ReplyDelete
  26. Pengen banget nonton euy. Sayang belom ada kesempatan. Mana katanya ini film adaptasinya Dee yg paling bagus ya mbak.

    ReplyDelete
  27. Mbak, aturan kopi yang dikresek itu diseduh aja, terus jualin ke pengunjung mal. Siapa tahu bisa nutup ongkos bensin.
    *irit bensin*
    *dijitak*

    ReplyDelete
  28. Kopi yang di kresek itu dibikin aja, tiru gaya si Barista Ben yang keren, wkwkwkkkk

    ReplyDelete
  29. wah jadi penasaran baca bukunya dulu atau langsung nonton yaa.. *_*

    ReplyDelete
  30. hahaha mak irit dibawa-bawa nih. AKu belum nonton mbak semoga kalau aku nonton gak dinyinyirin lagi kaya film sebelum ini ya :-D.

    ReplyDelete
  31. sebagai pecinta kopi, saya kayanya harus nonton nih mba...tapi suka bingung kalo mau k bioskop, anak2 dikemanain :D

    ReplyDelete
  32. Kmrn sempet kepikiran mau nonton film ini pas FF7 gak kebagian tiket, tapi batal euy.. both of us are not coffee person. eh tapi naksir sm Deenya sebetulnya, TFS ya mak, sharingnya bs buat inpoh ke Ayahnya klo pelem ini layak tonton juga.

    ReplyDelete
  33. Aku baru mau beli bukunya, Mbaaaaak.. Hahah.. :D

    Gegara buku Gelombang yang ngga ngerti isinya, pemikiran ku cetek banget, aku jadi skeptis bakalan tertarik sama buku-buku Mbak Dee..

    Eh gegara Filosofi Kopi ini jadi mupeng.. Hihihi :P

    ReplyDelete
  34. Penasaran, chiko di ambarawa apa buat syuting ini yaaaa

    ReplyDelete
  35. Jadi pengen nonton,
    pasti chiko ganteng banget.
    huaaaaa

    ReplyDelete
  36. Tadi aku denger reviewnya di radio, naskahnya nggak ada dialog loh, murni improvisasi pemain, seperti srimulat gitu. Keren ya. Terus mbayangin Alde lagi jungkir balik di bioskop :)

    ReplyDelete
  37. Aah..jadi makin pengen nonton setelah baca tulisan ini :D

    ReplyDelete
  38. asyiiik ya dari cerpen bisa jadi film keren...dan pasti pesannya banyak tuh :), apalagi kopi Indonesia kan memang sudah mendunia :)

    ReplyDelete
  39. Wah jadi ingin nonton Filosofi Kopi :) mari cinta film indonesia :)

    ReplyDelete
  40. sy kopinya saja...iya bener aku juga pingin nyari gratisan Cokro

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...