Friday, September 5, 2014

Horee..Buku Inspirasi Untaian Nama Bayi Terbit!

Dear Temans,

Horee...
Alhamdulillah, Syukur kepada Allah SWT, akhirnya bayi pertama IIDN Semarang, Inspirasi Untaian Nama Bayi terbit juga! 
Yup, Bulan Agustus lalu, IIDN Semarang mendapat hadiah terindah. Buku antologi kami nongkrong di toko buku.




Buku ini berisi kisah-kisah di balik nama bayi, ditulis keroyokan oleh teman-teman anggota IIDN Semarang dan teman-teman dari berbagai komunitas yang kuikuti. Aku menuliskan kisah di balik nama Nailah dan Alde di buku ini. 

Kok kami bisa menulis buku ini?

Berawal dari silaturahim Indari Mastuti, founder IIDN ke Penerbit Gradien di Djokdja, kedua pihak sepakat bersinergi membuat satu buku seru. Dapatlah ide membuat buku tentang nama bayi dalam format tidak biasa, berupa cerita dibalik nama bayi. Kita tahu, nama adalah doa orangtua. Banyak harapan dan impian yang disematkan dalam seuntai nama. 

Ketika ditunjuk oleh Iin untuk menjadi PJ buku ini. Aku langsung terima tantangannya hehe. Siapa takut? Insya Allah, bukunya bakal menarik. 


Ketika diworo-woro di grup, teman-teman IIDN Semarang excited untuk ikutan.
 Alhamdulillah, pupus deh worry kalau naskah ini bakal kekurangan cerita. Apalagi, 1 kontributor cuma diminta menulis maksimal 1 halaman saja. Butuh berapa banyak cerita dan nama anak?



Deadline yang ketat, nggak sampai 3 minggu, tak menyurutkan niat teman-teman untuk partisipasi.  Total terkumpul sekitar 160-an nama! Horee...padahal, ikutan proyek ini para kontributor tidak mendapat honor atau bukti terbit, karena royalti buku ini akan dimasukkan ke kas IIDN Semarang. Hiks, terharuu!

Naskahnya pun dikirimkan di e-mail IIDN Semarang, via inbox FB hingga watsapp! Hehe pegal kan kalau disuruh tulis ulang ke word? Tenang, dikopi paste kok hihi. Tak disangka, ceritanya begitu beragam. Ada yang lucu, mengharukan, gado-gado deh baca naskah teman-teman. Menjadi PJ naskah ini termasuk bersenang-senang hehe. Aku tidak banyak mengedit cerita, hanya merapikan saja.

Nama-nama yang masuk pun indah, gagah, penuh makna.

Ada nama Bagaskara Manjer Kawuryan, yang artinya matahari terangbenderang, putra Mbak Milana Sulaiman, yang ia ambil dari novel Majapahit karya Pak Langit Kresna Hariadi. Mbak Milana dan suami mengidolakan Pak Langit. 

Adapula Midori Aisya, nama cantik putri Mbak Hapsari Hanggarini. Ia memberi nama berbau Jepang, Midori yang berarti hijau, terkait dengan hutan dan pekerjaan sang suami di Kementerian Kehutanan. 

Jadi senyum-senyum sendiri baca kisah Midori ini, soalnya ayah saya juga orang Kehutanan, dan rata-rata nama anak orang Kehutanan berbau hutan mulai dari Sylva, Sylvia, Rimba, Lestari, hehe.

Nama-nama yang disusun berdasarkan abjad ini diharapkan bisa menginspirasi para calon orangtua dalam memberikan nama anaknya. Juga menjadi kenang-kenangan bagi anak yang namanya ditulis dalam buku ini. Di bagian akhir buku, diselipkan kamus mini nama bayi yaitu arti setiap nama yang ada di buku. 

Oh iya, buku ini adalah buku pertama dari Penerbit Booku, lini baru Penerbit Gradien Mediatama yang khusus menerbitkan buku-buku parenting. Yuk, siapa yang punya naskah non fiksi monggo serbu Booku yaa.

Ingin bertualang di dunia nama? Monggo dibeli buku Inspirasi Untaian Nama Bayi ini. Sudah nongkrong di toko buku lhoo! Untuk para kontributor, terima kasih sudah berbagi kisah indah buah hati teman-teman yaa, semoga buku ini menjadi kado indah untuk para orangtua. Semoga teman-teman makin semangat berkarya yaa, aamiin.

Terima kasih yaa Mbak Aning, Mas Khun dan Penerbit Booku, terutama Indari Mastuti hingga buku ini bisa mewujud. Semoga bermanfaat bagi pembaca yaa, aamiin...

Oh iya, untuk para penulis, buku ini juga bermanfaat sekali lho. Bisa jadi inspirasi nama tokoh cerita hehehe...




4 comments:

  1. Eeeehh...ada akuuh! hihihi. Yuk, pada dibeli :)

    ReplyDelete
  2. selamat ya mbak, tapi aku lupa gak ikut setor nama nih :(

    ReplyDelete
  3. Selamat.. penasaran dengan bukunya,,

    ReplyDelete
  4. Buku ini rekomended buat dibaca. Mematahkan pepatah "apalah arti sebuah nama". Bener-bener berarti, dong! Nyarinya aja njelimet begitu. Mungkin ada yang sampai semedi 7 hari 7 malam 7 tanjakan 7 tikungan 7 turunan biar dapetin nama yang cucok and eye catching.

    Senang lah, bisa jadi bagian dari kontributor buku nama bayi. Kapan-kapan kalau ada proyek besar, eyke dicolek ya. Digaplok juga bolehh *eh jangan*

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...