Friday, October 12, 2012

Hai, It's me Dedew :)



Hai, Namaku Dedew.

Passionku adalah menulis.  Sejak SD, aku suka sekali membaca dan menulis. Karena hidup berpindah-pindah waktu sekolah mengikuti Abah bertugas sebagai PNS, aku jadi kurang pede bergaul dan agak tertutup. Aku merasa tak punya kelebihan apa-apa. Tak cantik, nggak kreatif, tak punya bakat apapun. Menulis lah yang menjadikanku seperti sekarang.

Awalnya, menulis untuk mengungkapkan rasa yang terpendam. Aku susah untuk curhat pada orang lain walaupun itu sahabatku sendiri. Waktu sekolah, sahabatku mengeluh dia bercerita apa saja padaku tapi tidak sebaliknya.

Menulis membuatku lega.

Ya, menulis membuka sumbatan perasaan-perasaan yang tak terungkap dalam diriku. Ketika aku punya masalah dengan orangtua, susah berteman, apa saja kutuliskan di komputerku. Ketika aku pun tak mengerti diriku sendiri, aku menulis. Menulis membuat perasaanku lega.

Ketika mengenal blog di tahun 2006, aku merasa menemukan tempat untuk berbagi pemikiran dan perasaan dan juga menemukan pembaca, teman baru yang membuka perspektifku.  Tak ada yang manusia tanpa problem. Bahkan yang terlihat sempurna dan ceria tanpa beban. Manusiawi sekali.

Aku ingat, aku bahkan tak pede untuk membuat blog di Multiply saat itu karena penuh dengan penulis senior dan ternama seperti Asma Nadia, Helvy Tiana Rosa. Namun, aku begitu kecanduan ngeblog dan berbagi sehingga nekad membuat akun di www.dedew80.multiply.com.

Satu-persatu, tulisanku mulai terbit di media massa ketika aku lulus kuliah. Ketika aku merasa tertekan karena menganggur. Allah memberi jalan dengan cara tak terduga. Tulisanku dimuat, aku semakin yakin dengan langkahku. Setelah menjadi karyawati perusahaan Jepang pun, aku tetap menulis di blog dan mengirimkan ke media massa.

Dengan percaya diri menulis naskah buku dan mengirimkan ke penerbit. Tak lama aku membuat blog di Multiply, buku pertamaku terbit di Penerbit Cinta, lini Penerbit Mizan,, Bandung. Judulnya Keajaiban Bunga. Aku menulisnya bersama dua teman mayaku, Nunik Utami dan Theresia Anik.

Aku melakukan kontak dengan orang di luar sana

Rasanya wow ketika kau melihat karyamu terpajang di toko buku. Dan sejak saat itu, lahirlah banyak bukuku hingga kini hampir 22 buku. Aku menulis buku komedi remaja dan buku anak. Satu-persatu pembaca mengirimkan e-mail setelah membaca tulisanku. Aku melayang. Aku mengadakan kontak dengan pembacaku. Mereka memerhatikanku. Amazing. Tak terbayangkan.

Banyak hal yang kudapat dari menulis: sahabat, teman, penghasilan, kesempatan untuk tampil di depan banyak orang dalam talks show, travelling, rasa bahagia karena telah berbagi. Aku bahagia karena telah berbagi rasa, pengalaman, pemikiran dengan para pembacaku melalui tulisan sederhanaku.

Mereka tahu ketakutanku. Kerapuhanku dan aku tahu semua manusia pun merasa begitu kadang-kadang.  Perasaan senasib itu membuatku melakukan kontak dengan orang lain diluar sana. Connected. Wow, gue banget, begitu mungkin kata mereka ketika membaca bukuku.

I love me. Because it’s me.

Aku yang dulunya pemalu dan tak percaya diri kini lebih bisa mengekspresikan diri melalui bukuku. Dan satu lagi. aku menemukan diriku. Aku menyadari memiliki kemampuan, Aku kreatif. Dan aku mencintai diriku.

Ya, aku tidak berubah menjadi orang yang berbeda. Jadi orang yang gaul atau dipuja. Tidak. Aku adalah aku yang pemalu tapi kini menjadi lebih baik. Better me. And I love me.

4 comments:

  1. tok tok tok... aku datang bertamu mak Dew.. kapan ya kita bisa ktmuan langsung? Mau dateng pas kopdaran tadi, tapi bawa anak kecil kyk ribet *halah alesan
    Aku suka dengan anak kos dodolnya, gue banget gt loooh, hehehe...

    ReplyDelete
  2. Ah...Mbak Dew, smoga aku juga bisa sepertimu, pengen deh bisa ngungkapin perasaan biarpun cuma lewat tulisan...

    Wawan

    ReplyDelete
  3. ayo jeung rahmi..bawa aja bocahnya, kalo kopdaran aku selalu bawa krucils kok, ntar suasananya persis banget play group hihihi

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...