Pengalaman Kursus Bahasa Inggris Online di TBI Kelapa Gading, Seru dan Menyenangkan


“Biasakan diri dengan konten berbahasa Inggris untuk mengasah keterampilan pasif dan aktif baik berupa opini, ekspresi, maupun artikel deskripsi. Lakukan dengan seru dan tidak membosankan karena segala proses itu berperan penting untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.”

Diah Pratiwi Soehendro, 

Marketing Communication Manager TBI


Dear Teman,

Beberapa waktu lalu, Teh Ani Berta ketua Komunitas blogger ISB mengabarkan di grup ISB ada pendaftaran untuk blogger yang tertarik mengikuti kursus singkat bahasa Inggris. Kursus bahasa Inggris gratis ini diadakan secara online selama 6 jam.

Pengalaman Kursus Bahasa Inggris Online di TBI Kelapa Gading, Seru dan Menyenangkan
Pengalaman Kursus Bahasa Inggris Online di TBI Kelapa Gading

Pucuk dicinta ulam tiba, menggambarkan perasaanku saat itu. Awal tahun 2024 aku punya resolusi untuk belajar hal baru. Nah, ternyata ada kesempatan emas dari Komunitas ISB untuk mengikuti kursus online bahasa Inggris Short English Course For Blogger. Aku pun mendaftar ikut kelas itu.

Baca Juga: Mengenal IELTS 

Kelas online ini terselenggara berkat kerja sama Komunitas blogger ISB (Indonesia Social Blogpreneur) dengan TBI (The British Institute) cabang Kelapa Gading. Alhamdulillah, senang banget waktu aku dikabari pengurus ISB kalau aku terpilih untuk ikut kursus ini. Kursus singkat ini diadakan tiga hari melalui Zoom.

Berkenalan dengan The British Institute

Sebelum cerita tentang kelasnya, aku mau kenalin TBI dulu. Kalian pasti sudah familiar dengan TBI atau The British Institute ini kan? TBI adalah lembaga kursus bahasa inggris yang diselenggarakan online dan offline. TBI sudah berdiri sejak 18 Februari 1984 alias sudah 40 tahun berdiri jadi kualitasnya sudah tak usah diragukan lagi ya, Teman. 

Pengalaman Kursus Bahasa Inggris Online di TBI Kelapa Gading, Seru dan Menyenangkan

TBI memiliki tenaga pengajar asing atau lokal yang punya jam terbang mumpuni dan komunikatif untuk mengajar para siswa. Jadi, kelasnya lebih interaktif dan menyenangkan ya. TBI sudah memiliki beberapa cabang diantaranya TBI Kelapa Gading, TBI Pondok Indah, TBI Malang, TBI Medan, dan TBI Bandung. 

Tahu tidak, kalau TBI didukung oleh UTC (UniSadhuGuna Testing Center) sebagai satu-satunya lembaga pelatihan bahasa Inggris yang mendapatkan lisensi dari Cambridge University Press and Assesment untuk menjalankan kursus Certificates in Teaching English to Speaker of Other Languages (CELTA). Karena itulah, TBI selalu terdepan dalam hal kualitas para guru dan metode pelatihannya. Keren ya?

Metode pembelajaran di TBI menggunakan metode eklektik yaitu konsepnya menitikberatkan pelajaran di kelas yang sesuai dengan kebutuhan siswa atau student centered learning. Jadi, metode belajar ini lebih personal dan terarah karena siswa belajar sesuai dengan kebutuhannya.

Kenapa Harus Pilih Kursus di TBI Kelapa Gading?

1.   Tempat Kursus Berkualitas

Sudah aku bahas di atas kan bagaimana kualitas TBI termasuk cabang Kelapa Gading. Berpengalaman selama 40 tahun bergerak di bidang kursus bahasa Inggris jadi tentu saja kurikulum, metode belajar, suasana kelas, kualitas pengajar dan modulnya tak usah diragukan lagi kualitasnya.

2.  Sistem Pembelajaran Beragam

Nah, ini dia asyiknya kursus di TBI. Kamu yang rumahnya jauh di Pulau Sulawesi atau Kalimantan tetap bisa belajar di TBI. Soalnya, ada dua metode pembelajaran di TBI Kelapa Gading yaitu:

-Offline learning.

-Online learning.

Untuk kelas online bisa dilakukan via Zoom dan bisa kamu ikuti dari daerah mana pun. Makanya, aku bisa ikut kelas ini walaupun tinggal di kaki Gunung Ungaran, hehe. Sedangkan untuk kelas offline kamu bisa mengikuti kelasnya di TBI Kelapa Gading yang lokasinya di Gading Walk, Mal Kelapa Gading. Selesai les, bisa jalan-jalan di mal hehe. Asyik, kan.

3.   Lokasi Yang Strategis

Sudah kusebutkan tadi ya, buat kamu yang ingin kursus tatap muka bisa langsung datang ke TBI Kelapa Gading yang berlokasi di Summarecon Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara. Lokasinya strategis dan mudah dijangkau berbagai sarana transportasi umum seperti LRT dan lainnya.

Pengalaman Kursus Bahasa Inggris Online di TBI Kelapa Gading, Seru dan Menyenangkan
Kelas tatap muka yang menyenangkan 

4.   Jadwal Kelas Variatif

Salah satu kendala mamak-mamak seperti kita ingin ikut kursus karena waktu luangnya terbatas. Ada yang bekerja kantoran, ada yang IRT dengan kesibukan seabrek, ada yang punya bisnis. Nah, kelebihan belajar di TBI adalah jadwal kelasnya yang variatif. Kamu bisa memilih jadwal belajar yang lebih fleksibel.

Baca Juga: Mengenal Literasi Keuangan Lewat Game

Kelasnya tersedia dari hari Senin-Sabtu pukul 09.00-20.30 WIB. Jadi, Mamak yang punya waktu luang pagi saat si kecil berangkat sekolah, mamak kantoran yang bekerja 9 to 5, semua bisa kursus di TBI. Tinggal pilih jadwal kelas yang sesuai denganmu ya.

5. Biaya Kursusnya Terjangkau

Kalian tentu ingin daftar kursus bahasa Inggris yang berkualitas bagus tapi dengan harga terjangkau. Tenang, di TBI ada diskon 20% untuk semua program dan kelas khusus di bulan ramadan ini. Jadi, jangan lewatkan peluang emas ini untuk belajar di TBI Kelapa Gading, ya.

6. Program kursus sesuai tingkat kemampuan dan kebutuhan

TBI Kelapa Gading memiliki program kursus yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan kebutuhan kamu. Setiap orang bisa kursus di sini, lho mulai dari kelas anak, kelas remaja, hingga kelas untuk mempersiapkan tes akademik seperti TOEFL dan IELTS tersedia di TBI Kelapa Gading.

Ada beberapa program kelas yang tersedia di TBI Kelapa Gading adalah:

Core Programmes:

-Young Learner English

-Pre-Teenager English

-Teenager English

-Global English

-Academic English (IELTS, TOEFL, dan TOEIC Preparation)

Customised Programmes, program yang dirancang sesuai keinginan dan kebutuhan peserta:

-Professional English

-Workshop for Professionals

-Private Class

-International Exam Prediction Test

-Short Course.

Powered by UTC:

-ICAS

-Teacher Training

-CELTA

-Official English Proficiency Test (Cambridge English

Qualifications, TOEFL ITP, IELTS at School)

-Digital Learning

Pengalaman Ikut English Short Course Online di TBI Kelapa Gading 

Nah, sekarang aku mau cerita tentang kelas english for blogger yang kuikuti di TBI Kelapa Gading secara online. Kelas kami berlangsung tanggal 18-20 Maret 2024 pukul 10.00-12.00 WIB melalui Zoom. Pesertanya sembilan orang blogger dari berbagai kota.

Pengalaman Kursus Bahasa Inggris Online di TBI Kelapa Gading, Seru dan Menyenangkan

Kelas pertama dimulai tepat waktu dengan perkenalan masing-masing peserta yang terdiri dari berbagai kota dengan Mr. James Silaban, mentor bahasa Inggris kami dari TBI Kelapa Gading. Acara perkenalan ini masih malu-malu dan grogi menggunakan bahasa Inggris. 

Rasanya kaku banget karena jarang terpakai, haha. Ternyata, mentor kami yang akrab disapa Mr. Jamie dulunya seorang jurnalis. Ia memberikan banyak wawasan menarik sebagai jurnalis untuk kami.

Hari pertama kami belajar teori blogging. Bagaimana menulis artikel yang baik untuk blog. Teori seperti pilih sudut pandang yang menarik untuk ditulis bermanfaat untuk menulis artikel dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Pengalaman Kursus Bahasa Inggris Online di TBI Kelapa Gading, Seru dan Menyenangkan

Selanjutnya, kami juga belajar bagaimana membuat ulasan film yang kami tonton. Mr. Jamie asyik buat berdiskusi dan tidak mempermasalahkan kemampuan bahasa Inggris peserta yang berbeda-beda. Ia mendengarkan pendapat kami dan merespon dengan baik. Kelas jadi lebih akrab.

Para peserta dibagi tiga kelompok lalu berdiskusi tentang film. Kelompokku berdiskusi tentang film Korsel yang hits banget saat ini, Exhuma. Setelah itu, kami kembali ke grup besar untuk presentasi. Tugas hari itu membuat ulasan singkat film yang ditonton. Setelah kursus, aku jadi lebih percaya diri menulis dalam bahasa Inggris. Tak usah takut salah ya.

Pengalaman Kursus Bahasa Inggris Online di TBI Kelapa Gading, Seru dan Menyenangkan

Hari kedua, membahas artikel ulasan restoran. Penting banget kan untuk blogger bisa menulis ulasan makanan dan tempat kulineran. Kami diajak berdiskusi tentang bagaimana mengulas makanan dengan baik. Hari kedua suasananya lebih cair dan seru karena para peserta membaur. Kami diberi tugas menulis ulasan singkat restoran favorit.

Tak terasa, hari terakhir kelas pun tiba. Rasanya tidak rela harus berakhir deh. Kelasnya asyik dan seru, banyak hal yang kami pelajari di kelas ini.  Jadi lebih percaya diri berdiskusi dan menulis dalam bahasa Inggris.

Bagus lho program english for professional ini karena kita mendapatkan pelajaran sesuai profesi kita. Hari ketiga, kami belajar membuat straight news, hal yang jarang ditulis oleh blogger. Jadinya, tambah pengalaman lagi. Rasanya tidak rela harus berpisah dengan Mr. Jamie dan peserta lainnya. 

Terima kasih Mr. Jamie untuk ilmunya. Terima kasih ya TBI Kelapa Gading dan Komunitas ISB untuk kesempatannya. Kalau kamu ingin belajar bahasa inggris secara seru dan menyenangkan, daftar saja di TBI Kelapa Gading Jakarta, ya!

The British Institute Kelapa Gading

Summarecon Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara

The Summit Lt. Basement GW 6,

Jalan Sentral Kelapa Gading, Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading, RT.13/RW.18

Buka Senin-Sabtu Pukul 09.00-20.30 WIB

Telpon: 0858-8242-5835

Email: infokg@tbi.co.id 

Website : www.tbi.co.id


 

Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

17 Comments

  1. Kalau lokasinya bagus dan tempatnya nyaman. Kursus makin semangat ya mbak. Anakku juga nih lagi mau belajar conversation lagi nambah2 sertifikat bahasa inggris

    ReplyDelete
  2. Menarik nih, kursusnya disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan pesertanya. Dan ada cabangnya di Malang, wah jadi pengen juga daftarin anakuku buat kursus yang offline

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah yaa kalau TBI ada kelas online jadi bisa belajar di mana saja. Nulis pake english emang butuh effort sih tapi bisa dipelajari dan butuh banyak praktik biar lancar.

    ReplyDelete
  4. Sisi positif era digital. Semakin memperluas kesempatan belajar, meskipun lokasi tempat pendidikannya jauh dari rumah. Tapi, jadi dekat karena internet. Jadi siswanya bisa dari seluruh Indonesia, ya.

    ReplyDelete
  5. Nagih yaa ikut short course di TBI. Aku pernah ikut yang TBI Pondok Indah, seru banget dari awal udah diajak main game, jadi berani ngomong dan latihan nulis artikel pakai bahasa Inggris.

    ReplyDelete
  6. Wab kalo TBI memang ga diragukan sih kualitasnya mbak. Aku kalo ambil TOEFL atau IELTS biasanya di TBI

    ReplyDelete
  7. TBI Kelapa Gading dan Komunitas ISB menggali kembali potensi para blogger untuk berani menyuarakan ide tulisan menggunakan bahasa inggris pasif karena memang blog berbahasa inggris jangkauannya lebih luas. Seru banget belajarnya, ka Dew...

    ReplyDelete
  8. Waaw..menarik sekali mbaa. Dan menariknya sekarang ini yaaa, gara2 pandemi, banyak kursus yang bisa dilakukan secara online. Pas tinggal di Makassar, anakku les dan lembaganya kasih fasilitas les gratis seminggu sekali buat para ortu. tapi yaa gitu,,,peminatnya sedikit :(

    ReplyDelete
  9. Aku juga salah satu alumni TBI tapi yang di Kuningan Jakarta Selatan pada waktu itu. Jadi dulu waktu masih kerja ada kursus free bahasa Inggris untuk bisnis dari kantor. TBI ini menurutku bagus banget program belajarnya ya.

    ReplyDelete
  10. Enak juga ya kalau belajar Bahasa inggris disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing murid. Jadi lebih enak dan fokus saat belajar. Bisa belajar Bahasa Inggris secara online ya. Kalau tinggal di kota yang belum ada TBI tetap bisa belajar Bahasa Inggris nih. Gak perlu khawatir ya.

    ReplyDelete
  11. Oh, di Kelapa Gading juga ada ya, di sini juga ada loh. aku belum tahu sekece ini, pas baca reviewnya ini jadi pengen nyoba masukin Lintang ke sini yang dekat rumah deh. Siapa tahu kan cocok dan langsung cas cis cus

    ReplyDelete
  12. TBI nih dari zaman aku sekolah udah hits banget sampai temen-temenku banyak yang kursus di sana. Aku pengen ikutan kursus gini, cuma agak malu karena udah merasa tua buat ikutan hahaha.

    ReplyDelete
  13. Saya juga sudah ikuti ini
    Seru belajarnya
    Diajarin creative writing dan langsung koreksi on the spot
    Makin semangat

    ReplyDelete
  14. Keren nih kelasnya, menyesuaikan dengan kebutuhan masing2 peserta kursus ya. Untuk kelas blogger bisa langsung diberikan materi sekitar teknik mengulas tempat atau produk menggunakan Bahasa Inggris. Jadi langsung praktek gitu ya dengan apa yang biasa kita kerjakan sehari-hari.

    ReplyDelete
  15. wahhh seru bgt mba belajar english for blogger di TBI, pengen ikut, msh ada lg ga?

    ReplyDelete
  16. Seru banget ya bisa ikut kursus online begini. Pastinya deh bikin nambah ilmu dan wawasan. Huhu aku kudu juga ikut kursus begitu. Offline ataupun online. Soalnya kemampuan speaking English-ku payah. Sejak jarang dipake. Kudu distimulasi dengan ikut kursus dulu kayaknya

    ReplyDelete
  17. Enak sih ini kalau ada program yang bisa diambil secara online. Kalau cocok, malah bisa lanjut walau secara jarak jauh

    ReplyDelete
Previous Post Next Post