Cara Membuat Akun PayPal untuk Pejuang Dollar

Dear Teman,

Bulan lalu, Alhamdulillah aku dapat beberapa job dari Intellinfluence untuk menulis artikel di blog dengan fee dollar. Karena belum punya akun PayPal untuk transfer dollar akhirnya aku nebeng akun PayPal sobatku Rahmi Aziza. Oh iya, 

PayPal dibutuhkan untuk mengirim atau menerima transfer uang ke dan dari luar negeri. Mata uangnya pun tak hanya dollar, yen dan lainnya bisa. Ingat kan kehebohan saat PayPal dibekukan oleh pemerintah Indonesia? Terjadi kehebohan diantara pejuang dollar juga freelancer.

Cara Membuat Akun PayPal untuk Pejuang Dollar

Lah, uangnya nggak bisa ditarik! Temanku Mbak Nita Candra yang ilustrator berkeluh-kesah saat itu. Tak disangka, akhirnya aku sekarang juga bisa merasakan ciptaan eh cipratan dollar ini haha. Maafkan, aku norak. Soal Intellinfluence bakal aku tulis di artikel tersendiri ya. Kali ini aku ingin bahas tentang cara membuat akun PayPal.

Ini kedua kalinya aku nebeng Rahmi karena mendapat bayaran ngeblog dari klien luar negeri. Pertama, dapat job menulis dari klien di Jepang. Untungnya, menulisnya pakai bahasa Indonesia sih dan di blog sendiri. Job Intellinfluence pun menulis artikel berbahasa Indonesia. 

Nah, karena nggak enak merepotkan Rahmi terus, akhirnya aku memberanikan diri untuk membuat akun PayPal pribadi. Tadinya, maju-mundur mau bikin karena katanya agak ribet. Kudu menghubungkan akun PayPal dengan kartu kredit. Waduh, aye nggak punya kartu kredit, Bang! Huhu. 

Aku pun mengobrol dengan teman-teman blogger Semarang Gandjel Rel di grup WA. Aku mendapat pencerahan dari Gres sebutan sayang untuk anggota Gandjel Rel. Makasih ya!

Iyaa, Ternyata, sekarang sudah tidak ribet syaratnya. Kita bisa membuat akun PayPal tanpa memasukkan nomor kartu kredit. 

Kita bisa memasukkan nomor kartu debet. Itu juga tidak wajib. Sepertinya, fitur ini lebih berguna untuk kamu yang punya kebutuhan membayar tagihan atau apapun dengan dollar via PayPal. So, aku pun mencoba bikin akun PayPal. 

Berbekal artikel dari Google, aku mengikuti langkah-langkah cara membuat akun PayPal di website PayPal.com. Langkah membuat akun ternyata mudah sekali. Semudah membuat email. Tak lama, akunku pun jadi! Horee. 

Cara Membuat Akun PayPal untuk Pejuang Dollar

Syarat Membuat Akun PayPal:

Sebelum membuat akun PayPal, siapkan:

1. Nomor telepon dan alamat email aktif.

2. Kartu kredit atau kartu debit (untuk akun bisnis).

3. Rekening bank.

Cara Membuat Akun PayPal:

Setelah semua persyaratan siap, berikut cara membuat akun PayPal:

1. Buka laman registrasi PayPal di perangkatmu yaitu www.paypal.com.

2. Pilih jenis akun yang ingin kamu buat, apakah rekening pribadi atau rekening bisnis, lalu klik berikutnya.

3. Isi informasi login seperti nama, email, dan password juga nomor rekeningmu. Klik berikutnya.

4. Lengkapi data dirimu pada kolom yang tersedia.

5. Centang kotak persetujuan syarat dan privasi, lalu klik “Setuju dan buat akun.

6.Hubungkan kartu kredit atau kartu debitmu. Ini opsional ya. Tidak wajib.

7. Setelah itu, PayPal akan mengirimkan email verifikasi ke emailku. Jadi, buka email dan klik Konfirmasi Alamat Email ya.

8. Agar lebih aman, kamu bisa memverifikasi nomor teleponmu.

9. Akun PayPalmu siap digunakan.

Oh iya, Aku tak menghubungkan kartu debetku di akun ini. Kata teman-teman, tidak wajib kok memasukkan nomor kartu ke akun PayPal kita. Aku hanya memasukkan nomor rekening bank di Indonesia untuk menerima transferan. 

Setelah akunku jadi, aku tak berani untuk mencobanya. Alias tak berani menuliskan akun PayPal ini di web Intellinfluence. Haha. Takutnya, akun ini belum bisa dipakai dan akhirnya duitku ngga sampai di rekeningku alias raib. Bakalan nyesek yaa karena jumlah fee nya lumayan banget 100 dollar. Hiks.

Nah, suatu hari, Mbak Wati mau merekomendasikan kami untuk content placement artikel berbahasa Inggris di blog. Aku pun ikut mendaftar. Sayangnya, aku lupa membalas email dari klien Mbak Wati itu, hiks. Aku baru ingat sekarang dan baru kubalas. Semoga masih ada lowongan hehe.

Syukurlah, peluang lain datang lagi, menawarkan content placement Artikel berbahasa Inggris di blog. Kami tawar-menawar akhirnya sepakat 25 dollar. Untuk fee ini aku memberanikan diri untuk mencantumkan akun PayPalku yang baru. Pikirku, kalau ada apa-apa dan uangnya tak sampai setidaknya ngga terlalu nyesek, hihi. 

Alhamdulillah, berikutnya ada lagi tawaran placement di blogku yang lain. Kali ini 15 dollar. Sambil deg-degan aku menanti. Tak lama, kedua fee CP masuk akunku! Horee, ternyata bisa! 

Ada potongan sekitar 2.5 dollar untuk 40 dollar yang masuk ke rekening. Sayangnya, tak lama ada email berupa pemberitahuan bahwa dana di sana dipending. Hua, kaget dong. Kenapa? Salah apa? 

Terus ada penjelasan kalau mau dana diterima, harus menunjukkan bahwa ini akun aktif dan aman bukan akun bot atau spam dan bukan untuk penipuan. Sebaiknya ada dana sebesar 200 dollar. 

Duh, Berhubung bahasa Inggrisku mengenaskan, aku mengira kita harus punya dua ratus dollar di PayPal biar bisa ditarik dananya. Pilu! Kapan bisa ditariknya nih segitu gede? Hihi. Aku sampai salah kasih informasi ke Nyi tentang ini. Maafkan ya kasih info sesat, Nyi! 

Setelah diskusi lagi dengan grup, ternyata memang biasanya ada pending seperti itu dan kita biarkan saja. Tak usah dikutak-katik.

Biasanya, dalam waktu dua minggu uang kita bisa ditarik. Alhamdulillah, waktu itu aku nggak cek akunnya sekitar sebulan. Pas habis ngobrol di grup, aku cek lagi Alhamdulillah, sudah bisa diklik untuk transfer! Yeye.

Nah, akhirnya aku coba untuk menarik dana yang ada. Aku akan mengirimkan dananya ke rekening BCA. Paypal menunjukkan kurs tukar rupiah hari itu dan aku dapat 15 ribuan per dollar. Oh iya, untuk transaksi di bawah 1.5 juta kena biaya Rp16 ribu.

Terus, katanya butuh waktu 2-6 hari kerja untuk proses pengiriman. Wah, hari itu Kamis, kalau diproses takutnya nanti hari Senin atau Selasa baru sampai. Apa diundur hari Senin saja prosesnya? Aku pikir lagi ah coba saja ya. Klik deh proses. Bismillah.

Tak disangka, hanya butuh satu hari saja proses pengiriman uang dari PayPal masuk ke rekeningku di BCA. Ya, hari Jumat sore sudah ada pemberitahuan via surel kalau duitnya sudah sampai di rekeningku. Alhamdulillah! Horee. Ternyata proses transaksi di PayPal mudah, cepat dan aman ya.

Rasanya happy banget hihi. Begini rasanya jadi pejuang dollar. Haha. Semoga nanti lebih banyak lagi job dari klien luar negeri biar PayPalku bisa banyak isinya yaa aamiin! Semangat ngeblog ya Teman. Ngeblog ben dapat cuan, eh ben rak ngganjel! Hihi. 

Sumber Foto: Pixabay.com






 

Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

24 Comments

  1. Halo Mbak Dewi, saya juga kemarin-kemarin cobain bikin akun Paypal, tujuannya buat belanja luar indonesia tapi, buat bayar template blog. Setelah jadi saya harus cari jasa top up saldo Paypal juga. Sempet bingung, harus browsing sana sini mencari penjelasan. tapi alhamdulillah bisa. Lumayan juga ya mbak honor nulis dari luar negeri. Bisa sampe puluhan dolar.

    ReplyDelete
  2. Mbak Dew, aku juga akhirnya memberanikan diri untuk bikin akun Paypal sendiri. Hihi.. Dulu-dulu kalau ada bayaran dollar, biasanya dari CP luar negeri gitu, aku titipnya ke Mbak Widut.

    Nah, berhubung beberapa waktu lalu aku iseng-iseng bikin akun Shutterstock, jadinya mau ngga mau harus bikin akun Paypal juga.

    Tapi Alhamdulillah, beberapa bulan ini dapat 2 job di Intellinfluence juga. Pokoknya, semangat nyari dollarnya, Mbak..

    ReplyDelete
  3. Smoga semakin banyak jobnya ya mba aamiin. Paypal aku dulu lupa bikin thn berapa trus sempat ngurus nama. Dan dipakai pertama kali karena ikut job intel jg lalu cair shutterstock pakai paypal jg..alhamdulillah.
    Makasih udah berbagi tentang paypal ya mba

    ReplyDelete
  4. Kalau aku sampai sekarang masih nebeng sama suami nih, hehehe. Ternyata kalau bikin sendiri gak terlalu sulit dan gak terlalu ribet yaa.

    ReplyDelete
  5. Asiiik ada langkah2 membuat akun Paypal nih dari mbak Dedew :D AKu dulu dibuatkan sama teman blogger. Senangnyaaa ya dapat fee menulis dalam bentuk dollar hehehe jadi banyak ya yeyeye :D Iya, ada potongan 16 ribu. Mesti sabar aja nanti juga masuk uangnya. Tinggal dtransfer deh dari Paypal ke rekening bank di Indonesia.

    ReplyDelete
  6. makk aku lupa akun paypal-ku begimana ya. waktu itu bikin trus didiemin. pas ribut2 mau dihapus, ya tenang aja karna ga ada isinya. skr penasaran pengen buka lagi. postinganmu aku save yaa.. maklum suka lupaan. makasi ya

    ReplyDelete
  7. Selamaaat Mba Dedew, sekarang siap buat menerima job dari LN terus nih. Anyway, aku dulu termasuk yg panik pas paypal mau diblokir. Padahal tak irit-irit itu tabungan biar ada uang di paypal. Begitu tak tarik, wh besoknya udah bisa lagi. Singalan emang itu yg bikin goro-goro 🤣

    ReplyDelete
  8. Ah ikut senang nih jadinya. Semoga dolar nya terus mengalir ke akun Paypal sehingga bisa dicairkan ke rekening BCA pribadi ya...

    ReplyDelete
  9. Bikin akun paypal gampang ternyata. Kalo molly sih sambungin pake kartu jenius mbak. Di paypal jadi bisa kirim dan terima uang dengan lancar.

    ReplyDelete
  10. Kalau masih awam banget tentang suatu hal tuh kadang emang takut buat "deket-deket" ya, Mbak.. hihi.
    Aku dulu juga gitu. Eh ternyata bikin akun PayPal gampang banget, ya. Sukses terus ngeblognya dan jadi pejuang dollar juga :D

    ReplyDelete
  11. Semoga makin banyak dolar yang nyiprat ke kita yaaaa

    Aku bikin Paypal udah lumayan lama. Dulu asal aja buatnya waktu ada bayaran di bawah 10$. Waktu agak ramean, baru deh hubungin ke akun bank. Sekarang lebih mudah, gak harus punya CC juga

    ReplyDelete
  12. Semoga makin banyak dolar yang nyiprat ke kita yaaaa

    Aku bikin Paypal udah lumayan lama. Dulu asal aja buatnya waktu ada bayaran di bawah 10$. Waktu agak ramean, baru deh hubungin ke akun bank. Sekarang lebih mudah, gak harus punya CC juga

    ReplyDelete
  13. Seru yah.. gajiannya uda dollar euuii~
    Ini jadi penyemangat banget siih.. kalo pas males nulis, inget-inget lagi kalau mainannya uda dollar.
    Hehehe, seriously.. it works.

    ReplyDelete
  14. Aku selama ini nebeng akun suamik wkwk. Kyknya mau bikin sendiri juga ah. Buat afirmasi sering menerima kerjaan dollar ya mbak aamiinin dulu. Seneng kalau kerjaan kita dihargain dengan nilai bagus :D
    Ini belakangan dollar lagi oke jadi kudu dimanfaatkan baik2 yaa kalau msh ada tabungan di paypal :D

    ReplyDelete
  15. Tau gak sih mak, dua bulan lalu aku sering dapat email dari paypal yang berisi adanya uang masuk ke dalam akun paypal ku, ngeri banget fishing karena aktivitasnya gak masuk akal sih

    ReplyDelete
  16. Mbak Dewi Rieka yang dipending dollarnya, aku yang ikut ketar ketir bacanya. Untungnya bisa cair ya mbak meskipun harus nunggu 2 minggu lamanya. Paypal emang ngebantu banget untuk para pejuang freelance seperti kita ya. Mau ga mau harus ada potongan juga karena memang kita sama2 terbantu ya.

    ReplyDelete
  17. jadi kangen digaji pake dolar nih mbak dedew. Aku dulu yang ngajarin bikin akun paypal juga salah seorang emak blogger. membantu banget untuk kerjaan dg klien dari luar negeri

    ReplyDelete
  18. alhamdulillah ... udah ada akun paypal sendiri ya mbak, ga perlu nebeng lagi.
    ooh sekarang malah lebih mudah tanpa menghubungkan kartu kredit, kecuali akun bisnis. Dulu aku pakai CC jadi ya lancar aja.
    Rate-nya lumayan yaa sekarang dollar stabil di 15ribuan ke atas so sekali tarik $100 ga kena biaya lagi.

    ReplyDelete
  19. Iya senang sekali kalau ada Paypal
    Buat beli beli barang dari luar negeri untuk keperluan journaling sangat membantu
    Apalagi kalau ada kerjaan yang dapatnya dolar pun jadi mudah

    ReplyDelete
  20. Helo Mba Dewi salam kenal!

    Kebetulan aku juga cari referensi untuk Intellinfluence, gimana sistem kerjanya, bagaimana paymentnya. Setidaknya dengan tulisan mba ini sangat membantu untukku memahaminya meskipun sekarang yang lagi dibahas metode pembayarannya ya,

    Akan sangat senang sekali jika mba Dewi juga membagikan bagaimana awal mula untuk memulai terjun di Intellinfluence. Jujurly aku newby di komunitas tersebut. Awalnya ngeblog juga untuk senang-senang, sekarang kok jadi ketagihan untuk tau lebih lanjut.
    Thank you ya mba

    ReplyDelete
  21. Aaaih...aku uda sebulan lebih hiatus ngeblog dan baca ini jd kangen paypallku terisi lagi mba deww. Iya nih job dr intelifluence emang banyak yg menyenangkan yaaa fee-nya. Tinggal kita bisa kerjain atau tidak hehehe

    ReplyDelete
  22. Buat blogger akhir akhir ini berguna banget akun paypal buat nerima pembayaran dollar ya maaaaak.. Aku juga baru punya akun paypal karena ngeblog. hihihihi. Makasi infonya ya maaaak

    ReplyDelete
  23. Hehehee... sama nih waktu pending dana gitu aku panik, kenapa atuh lahh... Trus aku nanya si tuxlin itu Dew, katanya kalau baru awal2 emang gitu. Ntar bisa ditarik setelah bbrp waktu. Ya udah akhirnya kudiamkan aja, eehh bisa sendiri. Gini ternyata rasanya pejuang dollar. :))

    ReplyDelete
  24. Jadi kalau untu k bayaran blog itu termasuk akun pribadi ya mak, bukan bisnis.... aku pengen bikin tapi nanti ada pajak ga...walau kita gak pernah menggunkannaya...

    ReplyDelete
Previous Post Next Post