Tips Berburu Rumah Pertama dengan Mudah

Dear Teman,

The Ultimate Luxury is Being Able to Relax and Enjoy Your Home.

Kutipan di atas kucetak dan kubingkai lalu kugantung di dinding rumahku. Sebagai pengingat betapa beruntungnya kami sekeluarga bisa tinggal di rumah yang nyaman dan aman terlindungi. Ya, bukan ukuran rumah yang menentukan kebahagiaan, tapi dengan siapa kita menciptakan kebahagiaan di dalam rumah. Siapa lagi, kalau bukan dengan keluarga tercinta? 

Baca Juga: Tips Menata Rumah 

Tips Berburu Rumah Pertama dengan Mudah
Berkumpul dengan nyaman bersama saudara di rumah

Rasanya menyenangkan ya setelah lelah bekerja seharian di kantor, lalu kembali ke rumah yang nyaman di mana pasangan dan anak-anak berada. Anak-anak yang seharian sibuk dengan belajar dan kegiatan di sekolah, lanjut les ini itu lalu pulang ke rumah tempat keluarga berkumpul.

Rumah kita mungkin tidak mewah dan tidak luas tapi terasa nyaman untuk dihuni. Tempat sekeluarga bersenda-gurau tanpa beban. Tiap anggota keluarga bebas bercerita tentang hari-harinya yang padat. Ya, rumah tempat pulang. Tempat mengisi energi yang terkuras selama di jalanan.

Segera setelah tiba di rumah. Langsung menuju ke kamar mandi setelah menyapa orang-orang tercinta. Kita mandi membilas kotoran yang melekat seharian. Lalu berpakaian yang santai. Segera membuka kulkas, menyiapkan hidangan makan malam sederhana yang sudah kita siapkan bahannya sebelumnya. 

Baca Juga: Rumah Kinclong Tanpa Lelah 

Memeluk orang-orang tercinta lalu makan malam diawali doa. Menyantap menu makan malam yang simpel sambil mengobrol penuh canda bersama anggota keluarga di dalam rumah yang hangat. Tidak penuh dengan barang-barang indah, namun penuh cinta. Setelah itu, kita bersantai sejenak nonton variety show kesayangan di TV, baca buku yang bikin penasaran lalu bisa beristirahat di kamar tidur tanpa overthinking. Maka, nikmat Allah mana yang kau dustakan?

Jadi, tak ada yang keliru dari kutipan indah di atas. Memang benar, suatu kemewahan jika kita bisa bersantai dan menikmati kenyamanan rumah kita. Tak perlu gelisah memikirkan jadwal bayar kontrakan, atau takut diomeli mertua kalau tidak membersihkan rumah yang ditinggali bersama karena kita tinggal di rumah kita sendiri. Lebih baik di sini, rumah kita sendiri, begitu lirik lagu jadul yang fenomenal.

Home is where you hang your heart.  

Tips Berburu Rumah Pertama dengan Mudah
Rumah tempat berkumpul dengan keluarga

Bukanlah sekadar ungkapan kosong. Tapi, baru-baru ini mendengar kabar milenial dan gen z akan kesulitan memiliki rumah sendiri. selain karena gaya hidup yang konon katanya boros, harga rumah zaman sekarang memang nggak ngotak kenaikannya setiap tahun. Untuk itu, semoga pemerintah memberikan kebijakan yang berpihak pada masyarakat umum. Seperti mewujudkan program sejuta rumah murah yang didengungkan pemerintah Republik Indonesia.

Pandemi Covid19 memang menghantam seluruh dunia termasuk Indonesia ya. Segala lini terkena dampak yang cukup parah termasuk dunia properti. Menurut pengembang Jayametro Semarang, pembangunan rumah terhambat karena ada pembatasan aktivitas. Daya beli pun menurun drastis walaupun tetap ada penjualan karena rumah termasuk kebutuhan pokok, ya. Alhamdulillah, setelah pandemi segala aktivitas termasuk pekerjaan kita mulai normal dan yang ingin memiliki rumah pertama bisa mulai mencari informasi tentang rumah idamannya.

Ingin merasakan kenyamanan hidup bersama keluarga di rumah yang aman? Inilah langkah-langkahku saat berburu rumah pertama dulu dengan mengambil KPR (Kredit Pemilikan Rumah) di bank. Semoga Tips Berburu Rumah Pertama dengan Mudah ini bermanfaat ya untuk kalian!

1.       Mencari Informasi Perumahan

Saat itu, aku dan suami rajin berburu brosur rumah di pameran perumahan di mal-mal. Kalau sekarang, lebih praktis ya kita bisa berburu informasi rumah di website atau akun media sosial pengembang perumahan di kota kita. Tapi, ada kepuasan tersendiri ya ketika mengunjungi stan-stan berbagai pengembang dan mengumpulkan brosur.

2.       Survei ke Perumahan yang Diinginkan

Nah, setelah berburu brosur dan tanya-tanya ke pengembang. Aku dan suami juga mengintip akun Instagram dan web pengembang untuk mengetahui pfoto atau video perumahan yang diincar. Apakah sesuai dengan keterangan yang ditulis di brosur? Setelah itu, aku dan suami pun mengunjungi perumahan yang kami minati. 

Tips Berburu Rumah Pertama dengan Mudah
Survei ke perumahan yang kita inginkan

Jangan sampai kejadian kayak yang ramai beberapa waktu lalu. Seorang pembeli mengiyakan saja bujukan pengembang untuk pindah lokasi rumahnya di tepi sungai tanpa melihat langsung lokasinya. Setelah rumah selesai, ternyata lokasinya terlalu dekat dengan sungai dan saat banjir, pagar rumahnya diterjang banjir!

It’s a big no. Menandatangani kesepakatan apapun tanpa mengunjungi perumahannya langsung. Nah, saat aku berkunjung ke beberapa perumahan yang tertera di brosur, akhirnya terpampang deh kenyataan hidup yang sebenarnya. Realita tak semanis kata-kata indah di brosur. Ada perumahan yang aku sukai bangunannya ternyata lokasinya persis bersebelahan dengan lapangan latihan tembak. Hm, agak worry, ya. Huhu. Ada juga perumahan yang tak dilalui jalur angkutan umum, susah.

3.       Pilih Rumah Sesuai Kebutuhan dan Kondisi Keuangan

Saat melihat-lihat perumahan, kami memilih rumah berdasarkan lokasinya. Kami memilih rumah yang dekat dengan tempat kerja suami, sekolah, masjid, pasar, dan rumah sakit. Apakah lokasi rumahnya aman dari banjir dan longsor? Apakah daerahnya aman dari tindak kriminal? Perhatikan juga kualitas bangunannya, ya.

Saat itu, kami sengaja memilih lokasi rumah yang dekat dengan rumah mertua agar mudah mengunjungi mereka. Terus, dengar-dengar kabar akan dibangun pintu tol dekat perumahan tersebut karena itulah kami memilih rumah kami ini.

Sebenarnya, saat itu harga rumahnya agak diatas bujet kami. Tapi, kami memilihnya karena lokasi strategis, jalanan lebih lebar dan tanahnya lebih luas dibandingkan perumahan lain. Sebenarnya, lokasi rumah yang kami pilih diperuntukkan untuk rumah tipe 54 tapi karena dana kami hanya cukup untuk rumah tipe 45 maka kami pun negosiasi dengan pengembang. Akhirnya, kami bisa membeli rumah tipe 45. So, jangan memaksakan diri ya. Sesuai kebutuhan dan kemampuan saja. Apalagi, KPR untuk jangka panjang, Teman.

4.       Riset tentang pengembang perumahan yang kita inginkan

Ya, jangan asal pilih perumahan tanpa meneliti terlebih dahulu reputasi dan rekam jejak pengembangnya. Sering dengar kan, para pembeli rumah ditipu oleh pengembang yang tak amanah? Ada yang rumahnya tak kunjung jadi setelah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun teken kontrak, ada pengembang yang membawa kabur uang pembeli. Bahkan ada pengembang nakal yang membangun perumahannya di atas tanah sengketa dan merugikan pembelinya! Daripada menyesal kemudian, pilihlah pengembang yang punya reputasi terpercaya.

5.       Siapkan dokumen untuk pengajuan KPR

Setelah memilih rumah yang diinginkan, aku dan suami lalu mencari informasi tentang pengajuan KPR ke beberapa bank. Kami lalu melengkapi dokumen yang dibutuhkan juga membandingkan mana pembiayaan yang lebih ringan diantara beberapa bank. Biasanya, banyak promo menarik dari bank dan pengembang saat akhir tahun yang bisa kita manfaatkan. Ada bank yang menawarkan bunga tetap selama tiga tahun, ada pengembang yang menawarkan promo bebas biaya pengurusan dokumen dan lainnya. Promo ini lumayan membantu para pembeli ya.

Tips Berburu Rumah Pertama dengan Mudah
Persiapkan dokumen untuk pengajuan KPR

6.    Hitung Besar Cicilan Bulananmu

Saat mengajukan KPR, berarti kita sudah punya tabungan dan dana untuk mencicil setiap bulan. Jangan sampai cicilan jangka panjang ini membebani keuangan keluarga. Ingat, KPR untuk jangka panjang 5-20 tahun. Jangan sampai, kamu harus makan nasi dan garam melulu sepanjang masa gara-gara gaji tersedot untuk membayar cicilan KPR, huhu. Sebaiknya, pengeluaran cicilan jangan sampai mencapai 30% dari penghasilan bulanan agar kita bisa bernapas lega.

Tips Berburu Rumah Pertama dengan Mudah

Untuk memastikan kemampuanmu membeli dan mencicil sebuah properti setiap bulan kunjungilah laman https://www.mortgagecalculator.uk dan gunakan mortgage calculator ini untuk membantumu. Mortgage adalah sebutan untuk pemberian kredit pinjaman jangka panjang di Inggris. Jika di Indonesia kita mengenalnya dengan KPR.

Mortgage Calculator ini dapat berfungsi sebagai kalkulator untuk memperkirakan berapa dana yang harus kita bayarkan setiap bulan, ya. Jangan sampai, jumlah cicilan kamu melebihi pendapatan yang kita miliki setiap bulan. Jadi besar pasak daripada tiang kan! 

Tips Berburu Rumah Pertama dengan Mudah

Walaupun perhitungan biaya bulanan di web ini ditujukan untuk pasar Inggris, tapi cara perhitungannya berlaku untuk seluruh dunia kok. Oh iya, Mata uang di kalkulator ini adalah dollar maka tinggal kalian konversikan saja nilai tukar mata uangnya ke rupiah ya. Selain kalkulator menghitung dana bulanan, ada banyak fitur lain di web ini seperti kalkulator amortisasi bulanan, kalkulator kelebihan pembayaran dan lainnya. Lengkap ya!

7.       Perbesar DP Rumah Jika Memungkinkan

Ya, DP atau uang muka rumah lebih besar berarti cicilan rumah lebih ringan setiap bulannya. Tanggungan keluarga setiap bulan menjadi lebih ringan. Saat KPR kami disetujui, kami membayar uang muka agak besar karena saat itu ada tabungan yang cukup. Alhamdulillah, cicilan bulanan kami jauh lebih kecil.

Nah, itu dia beberapa tips beburu rumah pertama dengan mudah yang bisa kalian praktekkan saat membeli rumah pertama. Alhamdulillah, tahun ini akhirnya cicilan rumahku lunas. Semoga berkah dan sehat sekeluarga, aamiin. Kudoakan kalian yang belum punya rumah bisa segera memiliki rumah sendiri ya, aamiin. 

Sumber Foto: pixabay.com

Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

21 Comments

  1. Wah bermanfaat banget nih, Kak tips berburu rumah pertama yang ada di atas

    ReplyDelete
  2. Sepertinya memudahkan banget nih ya, Kak menggunakan aplikasi Mortgage Calculator ini

    ReplyDelete
  3. Mengunjungi tempatnya langsung memang menjadi salah satu hal yang penting dilakukan

    ReplyDelete
  4. Menyesuaikan dengan budget ini memang yang terpenting, Kak menurut saya

    ReplyDelete
  5. Mencari informasi sekarang memang bisa didapatkan dengan mudah nih ya, Kak

    ReplyDelete
  6. Menentukan developernya penting banget siih memang. Justru hrs itu dulu yg dilihat. Banyak kejadian pembeli tertipu karena rumah atau apartemen yg dijanjikan ga sesuai kenyataan. Malah ada yg ga dibangun2.

    Aku sendiri prefer ambil dari developer yg udah punya nama dan trusted, drpd yg masih baru. Blm ada jejak track recordnya.

    Baru setelah itu perhitungin budget deh. Enak kalo ada mortgage calculator ini ya mba. Jadi bisa tahu berapa cicilan yg siap kita sisihin per bulannya. Jangan sampe tekor dan ambil budget dr pos lain

    ReplyDelete
  7. Setuju. Yang paling penting bukan seberapa luas ukuran rumah yang kita miliki ya mbak tapi dengan siapa kita mencipta kebahagiaan di rumah tersebut. Meskipun rumah kecil dan tak mewah tapi kalau dihuni bersama dengan orang2 terkasih pastinya kita akan merasa nyaman dan bahagia tinggal di rumah tersebut.

    Oya ngomongin soal beli rumah pertama, ini memang penting sekali nih, karena ada banyak pertimbangan dan jangan sampai kita salah beli ya. Jadi harus benar2 dipastikan dulu termasuk jg jangan sampai memaksakan diri beli rumah yang nggak sesuai dengan anggaran karena itu sebelum beli emang kudu banget lakukan perhitungan

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah untuk saat ini rumah yang ditempati sudah nyaman. Tapi tak ada yang tahu di kemudian hari mungkin ada kesempatan untuk menghuni rumah yang lain. Saat ingin beli rumah pasti banyak hal yang harus dipikirkan ya kak. Tidak bisa tiba-tiba maupun asal ambil. Semoga rumah kita senantiasa jadi tempat ternyaman bersama keluarga.

    ReplyDelete
  9. Wah pas banget mau berburu rumah pertama niy mba Dew, pastinya tips di atas bermanfaat banget buat saya, btw alat penghitung cicilan ini pastinya bermanfaat banget sehingga kita bisa tahu cicilan yang bakal kita bayarkan setiap bulannya, sehingga pastinya kita melakukan persiapan soal keuangan yang bakal kita keluarkan itu, jadi lebih matang deh dalam mengatur keuangan kita

    ReplyDelete
  10. Ternyata banyak juga dokumen yang harus dipersiapkan dan hal-hal yang mesti dicermati saat akan membeli rumah pertama. Untuk kini ada Mortgage Calculator yang dapat membantu estimasi cicilannya ya mbak Dedew. Reputasi developer kudu dicek dan ricek juga. Mantap deh.

    ReplyDelete
  11. Survey ke lokasi perlu bnget. Bener deh karena kadang kenyataannya tidak seindah foto di brosur. Jangan sampai beli kucing dalam karung . Mesti beneran dilihat dan diteliti berbagai sisinya

    ReplyDelete
  12. Rumah ini jodoh-jodohan banget yaa, ka Dew..
    Buat berjodoh ini kudu banget banyak liat, banyak survey sampai ke tanya calon tetangga. Banyak ngobrol ke orang asli kota tersebut juga.

    Kalau menggunakan mortgage calculator, bisa merencanakan keuangan untuk beli aset properti degan cara yang bijak.

    ReplyDelete
  13. nah beneran nih...untuk beli rumah perlu banyak perhitungan..selain masalah lokasi,fasilitas, sarana, perlu survei juga masalah harga dan hal lain yang berhubungan sama pengeluaran.. untung ada kalkulator yang memudahkan kita buat hitung2an ..

    ReplyDelete
  14. Iya benerr mba, kalau hanya lihat brosur duh kadang tydac seindah kenyataan. Harus cek realita. Apalagi kan ini rumah untuk tempat tinggal tentu harus terjaga keamanan dan kenyamanan ya. Kalkulator ini bisa buat tau kemampuan kita ya kalau mau mengajukan kpr

    ReplyDelete
  15. Bener bagaimana pun keinginan kita tapi tetap sesuaikan dengan kemampuan ya. Dengan adanya mortgage kalkulator setidaknya kita bisa menyesuaikan antara kemampuan dengan keinginan. Semoga saja rumah impian menjadi kenyataan jadi milik kita

    ReplyDelete
  16. rasanya pingin deh punya property kedua selain yang sekarang yg alhamdulillah udah lunas. cuma memang harus bener dihiting mengingat sekarang usia udah ga mudah lagi sehingga tenornya mungkin ga bs sepaanjang dulu klo au KPR

    ReplyDelete
  17. Aku baru tau nih mba tentang mortgage calculator ini bener banget sih hrs diperhitungkan banget utk ambil rumah apalg dg cara KPR banyak yg hrs dipertimbangkan dn dipersiapkan.. ambil rumah sesuai kesanggupan itu point penting

    ReplyDelete
  18. Selamat ya mbak untuk lunas KPR-nya. Situasi ini tuh kayak... lepas dari beban banget hehehe. Dan pastinya jadi suda punya pengalaman seputar KPR. Kalkulator KPR semacam ini memang sangat membantu untuk itung2an awal sebelum kita memutuskan mengambil KPR. Thanks tipsnya mba Dew..

    ReplyDelete
  19. Setuju banget sama tips terakhir soal berburu rumah dengan mudah, yaitu membayar DP atau uang muka lebih besar supaya cicilan tiap bulan nggak terasa berat untuk dikeluarkan. Thank you Mak tipsnya lengkap banget ~

    ReplyDelete
  20. Aku jadi ingat gimana bingungnya cari rumah untuk pertama kalinya dulu. belum banyak wawasan seperti sekarang, tapi alhamdulillah semua lancar. makasih tipsnya, mbak..

    ReplyDelete
  21. Setuju semua pinnya.. yang penting memang sesuaikan budget yaa san kemampuan cicil kita. Cari rumah uru kayak jodoh memang. mortgage calculator sangat membantu yaa buat tanggung nih

    ReplyDelete
Previous Post Next Post