Astra Life Syariah, Melayani Keluarga Indonesia dengan Cinta

Dear Teman,

Asuransi sering menjadi perdebatan diantara umat Islam tentang hukum syariahnya. Ada yang bilang asuransi itu haram. Ada yang bilang asuransi hukumnya adalah boleh. Menurut literatur yang aku baca, ulama yang membolehkan asuransi adalah karena mereka mendasarkan pada kaidah fikih yaitu, asal sesuatu adalah boleh.

Astra Life Syariah, Melayani Keluarga Indonesia dengan Cinta

Menurut para ulama tersebut, Asuransi yang menggunakan akad sosial merupakan sebuah transaksi yang bermanfaat untuk dilakukan.

Tak hanya itu perdebatan seputar asuransi. Ada yang menentang keras asuransi karena dinilai menipu dan membohongi nasabah. Seperti yang kita lihat huru-hara beberapa tahun belakangan ini beberapa perusahaan asuransi koleps dan menimbulkan kerugian bagi para nasabahnya. Banyak kisah pilu nasabah asuransi yang tak ketika polisnya jatuh tempo ternyata tak bisa dicairkan. Padahal nilainya puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Ada pula nasabah yang merasa tertipu karena nilai polis yang cair jumlahnya jauh dibandingkan dengan hitungan saat membuka polis asuransi. Karena itulah, agar lebih yakin dan terhindar dari kejadian tak mengenakkan seperti diceritakan di atas sebaiknya kita harus berhati-hati memilih perusahaan asuransi. Jangan sampai kita zonk karena salah pilih perusahaan asuransi yang tidak kredibel dan tidak Amanah, ya.

Agar lebih tenang menjalani kehidupan, sebaiknya kita memilih asuransi yang sesuai dengan prinsip syariah ya. Ya, agama Islam adalah agama yang sempurna. Berbahagianya menjadi muslim, semua konsep tak ada yang ambigu, semua dijelaskan dengan gamblang. Mulai dari proses kelahiran hingga kematian. Dari bangun tidur hingga tidur lagi semua dijelaskan, semua ada doa dan tata caranya. Segala aspek dalam kehidupan kita ada aturannya menurut syariah islam.

Termasuk aturan dalam berasuransi syariah. Dalam memilih produk asuransi syariah, sebaiknya memilih produk asuransi syariah yang merujuk pada Fatwa Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) Nomor 21/DSN-MUI/X/2001 tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah;

Asuransi syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong-menolong di antara sejumlah orang/pihak melalui investasi dalam bentuk aset dan/atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah. Jadi, harus ada akad sosial pada asuransi syariah yang kamu ikuti ya, Teman. Perhatikan akadnya saat mendaftar menjadi nasabah asuransi. Agar hidup kita lebih berkah dan tentram.

Astra Life Syariah, Melayani Keluarga Indonesia dengan Cinta

Salah satu perusahaan asuransi yang telah memenuhi syarat yang ditetapkan oleh DSN-MUI adalah Astra Life. Menurut Astra Life, asuransi adalah bentuk cinta. Melalui produk asuransi jiwa syariah, Astra Life Syariah menghadirkan cinta dengan ketenteraman hati untuk keluarga muslim di Indonesia. Ada beberapa produk asuransi berkualitas dari Astra Life Syariah yaitu Flexi Life Syariah, ASLI Asya Proteksi Syariah dan AVA iFamily Protection Syariah.

Ketiga produk #LoveLife memiliki keunikan masing-masing dan bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan . Keluarga adalah cinta kita. Pilihlah produk asuransi syariah yang paling sesuai untuk melengkapi cinta kita pada keluarga.

AVA iFamily Protection Syariah

AVA iFamily Protection Syariah ini adalah asuransi jiwa tradisional yang dikeluarkan oleh Astra Life Syariah.

  • Asuransi #AStraLife ini berjenis asuransi jiwa berjangka yang dijalankan sesuai dengan prinsip syariah yang memberikan perlindungan terhadap risiko meninggal dunia, meninggal dunia akibat kecelakaan, santunan dana kecelakaan, penggantian biaya rawat jalan darurat karena kecelakaan, serta santunan harian rawat inap dan rawat inap ICU.
  • Salah satu kelebihannya adalah asuransi ini memberikan tambahan manfaat berupa manfaat saat tertanggung meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji, umrah serta mudik lebaran.
  • Biaya kontribusi untuk mengikuti program asuransi ini cukup terjangkau mulai dari Rp90.000,- per bulan.
  • Ada diskon kontribusi hingga 20% jika menambahkan keluarga inti sebagai Peserta Tambahan Yang Diasuransikan dalam satu polis. 
  • Kalian bisa mendaftarkan diri sebagai peserta asuransi ini di cabang Permata Bank terdekat.

Agar keluarga kita lebih terjamin kehidupannya sebaiknya memang perlu kita persiapkan sejak dini bekal untuk mereka. Islam mengenal konsep mempersiapkan bekal sebelum melakukan perjalanan. Bekal yang dipersiapkan berbeda-beda sesuai kebutuhan kita. 

Bahkan ulama mengatakan, dunia adalah tempat mempersiapkan bekal sebelum kita pulang. Tak hanya bekal berupa ilmu pengetahuan, wawasan agama, hingga berupa asuransi jiwa untuk keluarga. Kalian ingin tahu lebih dalam? Bisa kunjungi web #AstraLifeSyariah ya untuk mencoba kalkulator kontribusi dan manfaat dari Flexi Life Syariah. Kamu juga bisa berkunjung ke Instagram Astra Life  untuk menambah wawasan tentang asuransi syariah. #LengkapiCintadanKebaikan Ramadan kita dengan asuransi Astra Life Syariah.

 

Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

Post a Comment

Previous Post Next Post