Maksimalkan 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak dengan Probiotik

Dear Teman,

Sejak lahir, keponakanku Lea memiliki gangguan pencernaan. Bayangkan, balita usia setahun sering muntah-muntah. Adik iparku sedih sekali melihat anaknya. Bagaimana tidak, baru saja selesai makan tak lama makanannya keluar lagi. Ia mencemaskan tumbuh-kembang putrinya. Apakah ia bisa tumbuh dengan baik dan sesuai usianya? 

Maksimalkan 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak dengan Probiotik


Berbagai cara sudah adikku lakukan termasuk mengunjungi beberapa dokter anak. Ia bahkan menjalani tes alergi berbagai bahan untuk menemukan penyebab Lea sering muntah. Tapi, bisa dikatakan tak ada alergi yang berarti yang membuatnya sering muntah. 

Ya, pencernaan anak usia 0-3 tahun memang masih rentan. Terlebih ketika anak sudah usia balita dan memasuki fase oral. Tahu kan, anak balita sangat suka menjelajah ruangan dan memasukkan benda apa saja ke mulutnya karena rasa ingin tahu yang tinggi. 

Tak hanya bahaya anak tersedak atau menelan benda asing yang membayangi. Tapi, anak juga mudah terkena diare dan sembelit karena benda yang ia masukkan ke dalam mulut belum tentu bersih. Hal ini juga kerap terjadi pada Lea.  

Pada kunjungan dokter anak terakhir, Pak dokter yang ramah itu menyarankan untuk memberikan probiotik pada Lea. Lea pun rutin mengonsumsi Interlac. 

Alhamdulillah, ternyata saran pak dokter benar. Sejak itu, Lea jarang sekali muntah. Ia bisa makan dengan lahap dan tumbuh kembangnya baik sekali. Lea pun makin cerdas dan lincah. Kami bersyukur sekali akhirnya bisa menemukan solusi gangguan pencernaan Lea yang memusingkan itu. Nggak hanya Lea yang ceria, orangtuanya yang berhasil melepaskan beban dari pundak mereka kini nampak ceria penuh tawa. 

Dari kisah mereka, aku akhirnya paham betapa penting probiotik bagi perkembangan anak sejak usia dini. 

Sebenarnya, apa sih probiotik itu? 

Probiotik adalah bakteri hidup yang diberikan dalam jumlah yang adekuat dapat memberikan efek kesehatan dengan cara memperbaiki keseimbangan mikroflora saluran cerna (WHO 2002). 

Tentu saja, bakteri ini jenisnya bakteri baik yaitu bakteri yang memberikan manfaat kesehatan seperti menstimulasi produksi antibodi, meningkatkan sistem imun, melawan toxin, alergen dan mikroorganisme berbahaya, dan membantu proses pencernaan

Nah, kadang kita bingung membedakan probiotik dan prebiotik. Ternyata, keduanya berbeda lho. Kalau prebiotik adalah Makanan probiotik yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, mampu memicu aktivitas dan pertumbuhan yang selektif, terhadap bakteri penghuni kolon. Prebiotik pada umumnya adalah karbohidrat, contoh: oligosakarida/ fructooligosaccharide (FOS).

Probiotik di 1000 Hari Pertama Kehidupan

Probiotik sangat krusial dibutuhkan anak pada 1000 hari pertama kelahiran mereka. Ya, tak hanya otak cerdas, pencernaan yang sehat sangat menentukan tumbuh-kembang anak kita di masa depan. Jika pencernaan sehat, maka anak akan tumbuh sehat dan kuat. 

Maksimalkan 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak dengan Probiotik

1000 Hari pertama kehidupan memegang peranan penting pada pertumbuhan anak di masa depan. Masa 1000 hari pertama kehidupan dimulai sejak masa kehamilan hingga anak berusia 2 tahun (730 hari). 

Golden time ini tak boleh dilewatkan begitu saja oleh orangtua. Kita harus memaksimalkan tumbuh-kembang anak dengan baik. Sebab periode 1000 hari pertama anak, mempunyai dampak yang luar biasa untuk kesehatan masa depan anak dan pertumbuhan anak secara fisik maupun kognitif.

Tahu tidak kalau 70% dari kesehatan masa depan anak ditentukan di 1000 hari pertama?

80% dari pertumbuhan otak anak terjadi di 1000 hari pertama!

Benar-benar fakta yang mengejutkan dan penting bagi para orang tua, ya. Jangan sampai ketidaktahuan kita, kurangnya ilmu kita berakibat fatal bagi anak. Sudah tahu kabar viral seorang ibu muda memberi bayinya kopi instan karena kurang paham tentang ilmu gizi anak? 

Nah, karena itulah sebagai orangtua kita harus terus semangat untuk mengembangkan pengetahuan kita seputar ilmu gizi dan pengasuhan anak. Saat ini, internet adalah kebutuhan pokok dan lewat internet kita bisa mencari informasi seputar ilmu gizi dan pengasuhan anak dengan mudah. Tinggal bergabung dengan berbagai komunitas, membaca artikel di website parenting, serta dan follow akun di sosial media yang membahas tentang tumbuh-kembang anak.

Balik lagi ke 1000 hari pertama kehidupan anak. Ternyata, Nutrisi,  Genetik dan Mikrobiota Usus adalah 3 faktor utama yang saling berkaitan dan sama pentingnya selama 1000 hari pertama anak Perkembang-biakan bakteri baik di usus bayi memiliki kaitan erat dengan kesehatan di 1000 hari pertama anak.  

Karena itulah, probiotik diperlukan anak sejak usia dini. Perkembang-biakan bakteri baik di usus bayi memiliki kaitan erat dengan kesehatan di 1000 hari pertama anak. Sebenarnya, mikrobiota sehat ibu hamil akan melindungi anak pada 1000 hari pertamanya. 

Sayangnya, tidak semua ibu hamil memiliki kandungan bakteri usus yang baik. Bayi yang dilahirkan secara caesar tidak melewati vagina Ibu sehingga terjadi ketidakseimbangan kandungan bakteri baik dan bakteri buruk pada ususnya sejak lahir. Yang mengejutkan adalah fakta bahwa kondisi tidak seimbang itu bisa bertahan tujuh tahun. 

Interlac, Probiotik Yang Aman untuk Anak dan Teruji Secara Klinik

Interlac dapat mendukung 1000 hari pertama kehidupan sebagai suplementasi bakteri baik bagi ibu hamil dan bayi. Interlac memenuhi semua syarat probiotik yang baik menurut WHO. Ya, Interlac probiotik bayi yang aman. 

Ya, BPOM mengkategorikan probiotik sebagai suplemen makanan dan bukan obat jadi kita tak perlu khawatir akan mencekoki bayi dan balita dengan obat. 

Menurut WHO, syarat-syarat probiotik yang baik adalah:

Berasal dari manusia

Dapat tumbuh dan bertahan di mukosa saluran cerna.

Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu.

Menghasilkan zat antimikroba.

Mampu melawan mikroorganisme jahat (pathogen).

Terdokumentasi penelitian klinis yang baik. 

Maksimalkan 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak dengan Probiotik

Interlac telah teruji secara klinis dan direkomendasikan oleh dokter di lebih dari 90 negara. Diimpor dari BioGaia, perusahaan Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics, Interlac adalah satu-satunya produk probiotik di Indonesia yang mengandung Lactobacillus Retri
DSM 1738, salah satu probiotik yang paling banyak diteliti dunia dengan efikasi (kemampuan) dan keamanan yang teruji klinis.

Interlac dianjurkan untuk dikonsumsi sejak dari 1000 hari pertama anak. Interlac Oral Drops adalah probiotik anak di 1000 hari pertamanya. Interlac Drop tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk anak yang intoleransi laktosa.

Suplemen ini juga tidak mengandung pelarut berbahaya yang berpotensi tercemar EG dan DEG seperti dalam sirup anak yang menghebohkan itu. Hal ini sudah dibuktikan dengan surat keterangan BPOM yang menyatakan Interlac bebas dari bahan berbahaya. Jadi, Interlac aman dikonsumsi bayi dan balita kita. 

Nah, sudah tahu kan pentingnya probiotik untuk tumbung-kembang anak? Interlac menjadi pilihan orangtua untuk probiotik yang terbukti aman dan telah teruji secara klinis. 

Interlac untuk Bayi dan Anak 0-3 Tahun

Kesehatan Saluran Cerna

-Mengatasi Diare

-Mengatasi Sembelit

-Mengatasi Regurgitasi

Sebagai Terapi Pencegahan Kolik Infantil

Menaikkan Sistem Imun

-Mencegah alergi

-Menaikkan daya tahan tubuh 

-Mengurangi penggunaan antibiotik 


Interlac Drops 

Komposisi: Tiap 5 tetes mengandung Lactobacillus reuteri protects 

Kegunaan: Suplemen untuk membantu kesehatan pencernaan.

Interlac Oral Drops adalah probiotik oral drops pertama di Indonesia yang cocok untuk bayi baru lahir hingga berusia 2 tahun. 

Bedanya dengan probiotik lain, formula Interlac ini tidak mengandung laktosa.

Bagaimana Membedakan Interlac Asli atau Palsu?

elakangan ini terdengar kabar beredar produk Interlac Drop palsu. Hal ini tentu meresahkan bagi para orangtua yang ingin memberikan hal terbaik bagi buah hatinya. Untuk itu, kita harus bisa membedakan Interlac Drop asli dan yang palsu ya. Jangan sampai kita salah beli produk palsu yang membahayakan kesehatan anak-anak. 

Bagaimana membedakan Interlac Drop asli dan Palsu? Cermati perbedaannya berikut ini ya! 


Timeline

Description automatically generated

Agar produk yang kita beli terjamin keasliannya sebaiknya membeli di Interbat Official Store di e-commerce kesayanganmu. Kamu juga bisa membeli langsung di toko dan apotek seperti Viva Health, Watson, Guardian dan lainnya. Cek link ini ya https://linktr.ee/interlacprobiotics

Terima kasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat ya!





Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

18 Comments

  1. Pastinya panik klo anak tumbuh kembang tdk optimal ya.
    Alhamdulillah ada Interlac yg mengerti kebutuhan para ibu

    ReplyDelete
  2. bener sepenting itu ya ternyata probiotik. bisa membantu saluran cerna makin sehat dan terhindar dari gangguan gangguan pencernaan. apalagi untuk anak, kita insyaAllah bakal ngasih apapun supaya mereka tetap sehat ya :')

    ReplyDelete
  3. Semoga sehat selalu ya buat ponakannya mbaaa.. iyaya masih rentan banget usia segitu. Sedih kalau anak sakit. Fase tumbuh kembang anak cepat, wah dengan Interlac bisa jaga imun anak juga..
    Makasih infonya mba, ternyata ada yg palsunya ya.. jadi tau deh sekarang cirinya

    ReplyDelete
  4. Iya nih, 1000 HPK itu bagaikan hari emas bagi anak-anak karena di masa itu harus mendapatkan pola asuh yang baik dan juga kebutuhan makanan yang tepat. Terutama dalam memenuhi probiotiknya ya mak Dew. Jadi ingat masa 1000 HPK anakku dulu, semua serba ku tulis waktu itu jadi gak boleh ada yang terlewat.

    ReplyDelete
  5. Penting memang ya mbak, memaksimalkan 1000 hari pertama anak karena ini cikal bakal atau pondasi kesehatannya di masa depan. kalau anak sering sakit, kasian juga ya. makanya perlu probiotik untuk mengatasi gangguan pencernaan, karena sehat atau gaknya seseorang itu dari kesehatan pencernaannya juga

    ReplyDelete
  6. Agak waswas ya kalau dapat produk palsu. Malah ga dapet manfaat probiotik baik. Padahal bayi kan emang rentan banget kena gangguan saluran cerna. Aku juga nyetok interlac di rumah. Dan wajib memastikan beli di e-commerce resmi biar asli.

    ReplyDelete
  7. 1000 hari pertama tuh emang penting banget. Makanya gak boleh kelewatan termasuk urusan pencernaan. Untung sekarang ada Interlac ya. Jadi gak bingung mau kasih suplemen apa

    ReplyDelete
  8. 1000 hari pertama tuh emang penting banget. Makanya gak boleh kelewatan termasuk urusan pencernaan. Untung sekarang ada Interlac ya. Jadi gak bingung mau kasih suplemen apa

    ReplyDelete
  9. Saya tuh baru tahu beda probiotik sama prebiotik setelah baca2 artikel ttg Interlac. Sebelumnya, saya pikir keduanya tuh sama and bisa dipakai bergantian dalam kalimat wkwkwkw. Kesehatan pencernaan anak mmg sangat penting ya bun. Jangankan pd anak2, org dewasa pun tersiksa kalau mengalami gangguan pencernaan.

    ReplyDelete
  10. 1000 HPH anak sangat penting diperhatikan ya Mbak karena ini menyangkut kesehatan dan pertumbuhannya ke depan. Anak sehat dan tumbuh kembang dengan adalah impian para keluarga.

    ReplyDelete
  11. Pantas Interlac sangat direkomendasikan saat seribu hari pertama anak secara kandungan yang dimilikinya sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Demi kebaikan anak apapun pasti dijalani ya

    ReplyDelete
  12. Masa 1000 hari pertumbuhan baby penting banget, beruntung mamah muda sekarang dengan adanya suplemen Interlac. Dan belinya harus di official store nya aja ya mba

    ReplyDelete
  13. pemberian probiotik pada anak memang sebaiknya dimulai sedini mungkin ya, karena manfaat dari probitiok untuk tumbuh kembang anak cukup banyak

    ReplyDelete
  14. Bagitu pentingnya ya Mak probiotik bagi perkembangan anak. Jadi memang semestinya diberikan sejak usia dini. Btw anakku tempo hari juga ada sedikit masalah pencernaan, sama dokter anak dikasih Interlac juga :)

    ReplyDelete
  15. Namanya emaak pasti was was kalau anak.tidak tumbuh secara optimal atau berbeda dengan teman sebayanya.
    Interlac baguss buat anak maupun bayi, rekomended untuk pertumbuhan anak.

    ReplyDelete
  16. 1000 hari kehidupan seorang anak emang kruisal dan sangat menentukan tumbuh kembang dan nasibnya ke depan ya mbak.
    Emang salah satu yang kudu diperhatikan adalah kondisi pencernaan anak. Kudu bagus kondisinya tercukupi adanya probiotiknya. Bisa dibantu juga dengan suplemen kek Interlac sejak anak msh bayi ya.

    ReplyDelete
  17. 1000 hari pertama kehidupan anak adalah masa-masa penting
    Penting juga konsumsi probiotik agar tumbuh kembangnya maksimal ya mbak

    ReplyDelete
  18. Gemeess lihat anak kecil. Namun kalau mudah sakit, perlu banget dicari tau, apa penyebabnya.
    Dengan memberikan probiotik melalui produk terpercaya Interlac Drops, alhamdulillah.. anak bisa tumbuh sehat di 1000 HPK tumbuh kembangnya.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post