Raih Mimpimu Jadi Konten Kreator Sukses

Dear Teman,

Siapa saja konten kreator di sini? Toss dulu. Menjadi konten kreator itu mengasyikkan. Kita bisa bekerja dari mana saja dan sesuai bakat dan minat kita. Sebenarnya, apa sih konten kreator? Konten kreator adalah orang yang membuat konten edukatif atau menghibur sesuai keinginan audiens. Konten yang dibuat pun bermacam-macam mulai dari tulisan, lagu, foto, karya seni, film pendek dan banyak lagi yang lain.

57 Tahun Telkom, Raih Mimpimu Jadi Konten Kreator
Raih mimpimi jadi konten kreator sukses (Foto: Pixabay.com)

Kalau kamu suka menulis, kamu bisa menjadi blogger atau penulis buku. Suka cuap-cuap, kamu bisa jadi podcaster atau live di Medsos. Suka membuat film pendek kamu bisa jadi vlogger. Dan banyak lagi lainnya. Seru kan? Pekerjaan konten kreator ini bisa jadi pekerjaan tetap atau job side disamping pekerjaan utamamu. Sebagai penulis buku dan blogger aku pun termasuk konten kreator dan mengerjakannya secara penuh waktu di rumah.

Skill apa yang dibutuhkan oleh konten kreator?

1.       Ide Kreatif

Sebagai konten kreator kamu harus selalu memiliki ide-ide kreatif untuk bisa membuat konten yang menarik. Konten kreator harus rajin riset apa nih topik yang sedang hits dan banyak dicari pembaca di blog dan Youtube?

Kamu nggak bisa terus-terusan mengolah ide dan tema yang sama karena akan membuat pembaca atau penonton bosan. Mencari ide-ide dan topik kreatif inilah tantangan menjadi konten kreator untuk sukses saat ini.

2.      Manajemen Waktu

Sebagai konten kreator, kita harus mampu mengatur waktu dengan baik. Pekerjaan konten kreator memang kompleks. Sebagai blogger, setelah mendapat ide untuk konsep konten, kita harus mulai riset tentang topik yang berkaitan dengan tema yang akan kita tulis. Setelah itu kita mulai menulis artikel setuai topik. Sambil menulis, kita juga bisa mulai menyiapkan foto-foto pendukung yang menarik. Setelah artikel diunggah di blog apakah pekerjaan blogger selesai? Oh, nanti dulu.

Kamu harus rajin mempromosikan artikelmu di berbagai media sosial agar banyak yang baca, Teman. Untuk melakukan pekerjaan konten kreator kita harus punya manajemen waktu yang bagus. Apalagi kalau kamu punya kegiatan lain seperti pegawai atau pelajar. Konten kreator juga sering dihadapkan pada tenggat waktu atau deadline yang ketat. Jangan sampai klien merasa kecewa karena kamu terlambat mengumpulkan pekerjaan sesuai tenggat waktu yang telah disepakati. Kepercayaan klien mahal harganya.

3.       Kemampuan Menulis dan Mengedit

Tak hanya sebagai penulis dan blogger, kamu yang bekerja sebagai Youtuber, Podcaster, Komika dan lainnya juga sangat membutuhkan kemampuan menulis yang baik. Sebelum membuat konten, kamu harus membuat naskah yang sesuai dengan topik yang akan kamu bawakan. Semakin mengalir naskahmu, maka konten yang akan kamu buat akan semakin menarik. Setelah menulis naskah, kamu juga harus mampu mengedit atau merapikan tulisanmu agar enak dibaca. Kemampuan editing ini sangat menunjang pekerjaanmu sebagai konten kreator.

Selain itu, ada beberapa skill lain yang kamu butuhkan sebagai konten kreator diantaranya memahami SEO dasar agar kontenmu bisa ditemukan lewat mesin pencarian seperti Google. Kemudian kamu juga sebaiknya memiliki skill memotret atau fotografi agar kontenmu semakin menarik.

Nah, satu hal penting yang dibutuhkan konten kreator zaman sekarang adalah koneksi internet yang andal. Bayangkan kalau kamu sudah punya ide-ide kreatif, eh ternyata saat kamu ingin riset di dunia maya eh koneksi internetnya kentang alias buruk sinyalnya, huhu sedih. Pekerjaan jadi tertunda dong apalagi kalau tenggat waktu mendekat uh panik!

57 Tahun Telkom, Raih Mimpimu Jadi Konten Kreator

Beberapa bulan ini aku memakai wifi Indihome dari Telkom di rumah. Alhamdulillah, jaringannya lancar jaya dan menunjang pekerjaanku sebagai konten kreator. Indihome merupakan salah satu produk dari perusahaan telekomunikasi digital terdepan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).

Tahukah kalian kalau Telkom tahun ini berusia 57 tahun? Sudah memasuki usia matang ya. Tujuan utama Telkom adalah terwujudnya kedaulatan digital Indonesia. Agar terwujud harus diciptakan tiga ranah yaitu lingkungan, masyarakat dan ekonomi digital.

Agar lingkungan digital tercipta, pemerintah berusaha terus melakukan pemenuhan kebutuhan infrastruktur telekomunikasi yang merata. Berdasarkan data Kementerian Keuangan, sejak 2019 hingga 2022 investasi APBN untuk pembangunan infrastruktur digital telah mencapai Rp75 triliun.

Hingga Desember 2021, Telkom  membantu membangun berbagai infrastruktur diantaranya 170.885 kilometer kabel fiber optic yang membentang di sepanjang Nusantara, 251.116 Base Trasceiver Station (BTS), serta 14,1 juta optical port yang membantu 8,6 juta pelanggan IndiHome terhubung dengan dunia melalui sambungan internet.

Tak hanya membangun infrastruktur, pemerintah juga harus menyiapkan masyarakat yang melek literasi digital, yang mampu memanfaatkan teknologi internet dengan maksimal untuk hal-hal positif dan produktif.

Karena itulah terus dilakukan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang literasi digital. Menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika, indeks literasi digital Indonesia ada di angka 3,49 dari rentang 0-5. Hal ini cukup menggembirakan karena semakin dekat dengan tujuan terwujudnya kedaulatan digital Indonesia yang kuat.

Untuk mewujudkan masyarakat digital, Telkom menyediakan berbagai produk dan layanan. Lewat kolaborasi dengan banyak pihak dan BUMN, Telkom melakukan pengembangan aplikasi PeduliLindungi,  pendampingan di Rumah BUMN, penyediaan sarana inkubasi Amoeba dan Indigo, serta berbagai upaya lain.

57 Tahun Telkom, Raih Mimpimu Jadi Konten Kreator

Jika lingkungan dan masyarakat sebuah negara kuat maka bisa mendukung ekosistem ekonomi digital yang kuat. Taraf hidup masyarakat pun meningkat dan pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat.

Menurut laporan Google, Temasek, dan Bain & Company, pada 2021 lalu nilai transaksi digital yang terjadi di sektor e-commerce Indonesia mencapai Rp1.000 triliun atau US$70 miliar. Angka ini diprediksi akan terus meningkat hingga US$146 miliar pada 2025.

Telkom memberikan berbagai produk dan layanan untuk mendukung  pertumbuhan ekonomi digital di masyarakat seperti PaDi UMKM (UMKM), Agree (pertanian dan perikanan), Logee (Logistik), BigBox (Satu Data Indonesia), MySooltan, dan banyak layanan digital lainnya.

Telkom ingin mewujudkan visi perusahaan mereka sebagai perusahaan telekomunikasi pilihan utama masyarakat di Indonesia. Harapan Telkom di usia 57 tahun, bisa lebih banyak berkolaborasi dengan berbagai pihak, demi terwujudnya Indonesia yang lebih sejahtera, berdaya saing, dan memberi nilai tambah terbaik bagi masyarakat dan negara.

Telkom mendukung mimpi anak bangsa mewujudkan kedaulatan digital Indonesia. Tahun ini, Digital Bisa untuk Semua menjadi tema untuk memperingati hari jadi ke-57 tahun. Tema ini menggambarkan semangat dan mimpi besar Telkom untuk mengakselerasi terwujudnya mimpi-mimpi anak bangsa melalui digitalisasi di berbagai bidang. Termasuk kalian yang punya mimpi jadi konten kreator. Bagaimana, kalian siap jadi konten kreator sukses?


 

 

 

Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

1 Comments

  1. Mudah banget, ya, sekarang akses internet dengan indihome apalagi kalau telkomsel andalan banget soal memudahkan akses ke internet, Menarik juga konten kreator, sekarang pun banyak yang jadi konten kreator. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
Previous Post Next Post