5 Tips Berbelanja Bahan Makanan dengan Anggaran Terbatas

Dear Teman,

Setiap bulan, setidaknya kita menghabiskan satu hari untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga yang habis atau perlu diisi ulang. Banyak orang menyukai kegiatan tersebut karena menjadi pelepas stres dan terasa menyenangkan. Biasanya, belanja bulanan menjadi kegiatan khusus bagi anggota keluarga untuk membeli barang-barang yang diperlukan.

5 Tips Berbelanja Bahan Makanan dengan Anggaran Terbatas
5 Tips Berbelanja Bahan Makanan dengan Anggaran Terbatas

Akan tetapi, sering kali dalam belanja bulanan orang-orang membeli barang yang tidak perlu sehingga anggaran membengkak. Hal ini bisa terjadi karena orang biasanya membeli sesuatu di luar catatan belanja yang mereka pikir akan berguna nantinya. Tidak jarang perilaku seperti ini hanya akan membuat bahan makanan di rumah menumpuk karena tidak digunakan, sama seperti berbelanja bahan makanan.

Selain mempersempit ruangan dan lemari es, tidak jarang bahan makanan tersebut berakhir di tempat sampah dikemudian hari. Untuk itu, diperlukan manajemen uang agar kita tidak membeli makanan yang tidak akan habis dan tidak terpakai. Ada beberapa tips yang bisa kamu jalani saat berbelanja bahan makanan dengan anggaran terbatas. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

1. Beli Makanan yang Mudah Rusak Secukupnya

Makanan basi yang dibuang ke tempat sampah bukanlah barang murah. Cobalah untuk membeli produk segar dalam porsi kecil yang akan Anda makan dalam waktu seminggu. Misalnya, tidak apa-apa untuk membagi pisang atau anggur sesuai dengan jumlah yang Anda butuhkan. Alih-alih membeli sebagian besar produk segar, carilah buah dan sayuran beku, yang tidak mudah rusak.

Selain itu, buatlah makanan atau minuman yang diolah dari buah dan sayur-sayuran, jadi Anda tidak akan punya alasan untuk tidak mengonsumsi buah dan sayuran. Kreasikan dan sebisa mungkin gunakan semua itu setiap hari untuk menghindari penumpukan di dalam lemari pendingin. Cara ini sangat jitu untuk menghemat pengeluaran serta mengurangi makanan yang akan terbuang.

2. Berburu Produk Diskon

Saat akhir atau awal bulan, banyak supermarket yang mengadakan diskon besar-besaran untuk bahan makanan dan camilan. Waktu-waktu tertentu seperti hari natal, tahun baru, dan lebaran juga menjadi hari besar untuk pemburu diskon. Harga yang diturunkan bisa bermacam-macam, tak jarang Anda akan melihat beberapa produk diskon hingga 70%. Ini adalah kesempatan yang tidak boleh disia-siakan.

Diskon adalah salah satu cara agar Anda dapat menghemat saat berbelanja bulanan. Biasanya, produk diskon akan dipajang di rak-rak makanan atau diiklankan melalui internet. Jika Anda ingin menghemat dan menggunakan diskon, selalu pantau situs web yang memberikan informasi seputar diskon. Selain itu, Anda juga harus membaca syarat dan ketentuan diskon terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya.

3. Hindari Paket Makanan Ringan

Makanan ringan memang nikmat terutama saat sedang tidak ingin memakan makanan berat. Akan tetapi, makanan ringan biasanya yang akan paling banyak menghabiskan uang. Makanan ringan juga sering dijual dalam bentuk paket sehingga harga yang ditawarkan menjadi lebih murah. Namun, jika Anda membeli paket makanan ringan dalam jumlah yang banyak itu hanya akan jadi pemborosan.

5 Tips Berbelanja Bahan Makanan dengan Anggaran Terbatas

Dibandingkan membeli paket makanan ringan, belilah hanya satu atau dua makanan ringan. Anda juga bisa menggantinya dengan bahan makanan lain yang lebih penting untuk satu bulan ke depan seperti produk susu, telur, atau sereal. Ini tentu akan menekan budget agar dapat membeli semua yang diperlukan dan tidak membeli makanan ringan yang akan habis kurang dari dua minggu.

4. Beli Buah dan Sayur Saat Musimnya

Cara ini sangat jitu untuk menghemat anggaran. Biasanya, buah dan sayuran menjadi langka dan mengakibatkan harganya melambung tinggi. Itu tentu akan memakan banyak biaya dan akan sangat boros saat melakukan belanja bulanan. Untuk itu, belilah buah dan sayur saat sedang musimnya di mana biasanya toko-toko akan mengadakan diskon khusus untuk bahan-bahan tersebut.

Untuk mengetahui kapan musim untuk buah dan sayur tertentu, Anda dapat mencarinya di internet. Agar memudahkan Anda, catatlah kapan saja musim tersebut di memo HP Android atau tulis di kertas dan tempel di pintu lemari pendingin. Jika Anda harus membeli buah atau sayur di luar musimnya, aturlah budget yang pas agar uang yang dihabiskan tidak terlalu banyak.

5. Belanja Online

Sudah bukan rahasia lagi jika bahan makanan yang dijual secara online banyak yang lebih murah jika dibandingkan toko fisik. Orang-orang juga lebih memilih berbelanja online karena lebih cepat dan banyak promo menarik. Ini juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang malas untuk keluar berbelanja di toko dan berdesak-desakan.

Promo yang didapatkan dalam berbelanja daring juga sangat beragam, Anda bisa mendapatkan promo cukup dengan mengikuti toko-toko yang menjual bahan makanan. Ada pula diskon untuk biaya pengantaran yang tentunya akan menekan budget Anda dan menjadi lebih murah. Berbelanja daring juga menghindari Anda dari kehabisan stok bahan makanan. Sangat praktis, bukan?

Rahasia berbelanja bulanan dengan hemat adalah pengaturan dalam pengeluaran. Adanya catatan tentu akan membuat Anda menjadi lebih fokus mencari apa yang ditulis dan terhindar dari pemborosan. Itulah 5 tips berbelanja bahan makanan sesuai budget. Semoga bermanfaat, ya!

Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

9 Comments

  1. diskon dan paket makanan ringan nih, emang godaan paling besar. kalau paketan gitu, kesannya jadi lebih murah ya. cuma ya kalau dilihat lebih detail, ternyata enggak semua merupakan bahan makanan yang kita butuhkan. terima kaih, tips-nya mba. bisa jadi pengingt banget nih

    ReplyDelete
  2. Tips yang bermanfaat, saya sendiri masih belanja ke pasara untuk membeli bahan makanan...bisa beli secukupnya saja karena pasar tak jauuh dari rumah

    ReplyDelete
  3. Aku biasanya belanja keperluan rumah tangga seminggu sekali karena pernah nyoba sebulan sekali ternyata jadi boros. Padahal niat hati biar sekali capeknya.😆 akhirnya kuputuskan seminggu sekali dan via online, dampak dari psbb tahun2 kemarin jadi enak belanja daring, diskonnya ga kalah banyak pula, bebas ongkir juga..🤣

    ReplyDelete
  4. Wah aku tim berburu diskon mba hahahaha. Selain hemat, berburu diskon tuh menyenangkan sih buat akuu

    ReplyDelete
  5. Memang hrs dicatat&disiplin sama catatan ya mbak, krn klo ga godaannya belajar,apalagi seperti aku yg banyak anak di rumah dgn kegemaran yg berbeda2. Makasih mbak tipsnya yg sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  6. Di saat akhir bulan gini kadang suka bingung atur anggaran belanja, dengan anggaran yang terbatas. Tapi, tips dari mbak Dewi memberikan pencerahan, jadi bisa lebih jeli lagi dalam memilih belanjaaan khusus pada makanan.

    ReplyDelete
  7. Sangat bermanfaat. Terima bantuan tilisann

    ReplyDelete
  8. Aku biasanya belanja online mba hihi. Lebih hemat

    ReplyDelete
  9. Aku pribadi suka berbelanja yang ada diskonannya sih mbak. Selain itu juga berbelanja online biar lebih hemat waktu dan fleksibel aja

    ReplyDelete
Previous Post Next Post