Perhatikan Dulu 4 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Asuransi Mobil


Dear Teman,

Kepemilikan aset jenis apapun tentu perlu dilindungi, dan kendaraan seperti mobil termasuk aset tersebut. Salah satu bentuk perlindungan yang bisa diberikan adalah dengan menjadi nasabah asuransi Astra. 


Perhatikan Dulu 4 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Asuransi Mobil

Yaitu, asuransi yang memberi proteksi pada kendaraan pribadi yang dimiliki dan mobil menjadi salah satunya. 

Mobil merupakan kendaraan yang perlu dilindungi karena selama kepemilikannya ada risiko rusak karena kecelakaan sampai risiko dicuri orang. Meminimalkan kerugian tersebut maka bisa melindunginya dengan produk asuransi mobil. 


Selama memilih produk asuransi dengan teliti maka dijamin bisa memetik manfaat dan keuntungan yang sangat beragam. 

Manfaat Memiliki Asuransi Mobil 


Asuransi adalah produk perlindungan yang disediakan oleh perusahaan asuransi, dan jenisnya beragam. Masyarakat mayoritas menggunakan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.


Namun, untuk aset tertentu seperti harta yang dimiliki ternyata juga perlu perlindungan dari asuransi. Salah satunya adalah aset berbentuk kendaraan seperti mobil. 


Mobil yang digunakan untuk mendukung mobilitas harian tentu memiliki banyak risiko, sebagaimana yang dijelaskan di awal. Maka membeli asuransi mobil sangat penting untuk dipertimbangkan. Sebab lewat produk inilah berbagai manfaat berikut bisa dirasakan: 


• Menutup biaya untuk perbaikan mobil saat mengalami kerusakan akibat kecelakaan, kebanjiran, dan sebab lain sesuai dengan isi polis asuransi yang telah disepakati. 

• Memberi perlindungan jika terjadi pencurian, sehingga saat mobil dicuri orang maka bisa mengajukan klaim dan oleh pihak asuransi akan diganti dengan mobil baru. 

• Membantu mengatur keuangan, sebab dengan adanya asuransi maka tabungan dan dana darurat tetap aman meskipun mobil rusak atau dicuri. Sebab akan ditangani oleh pihak asuransi sehingga pemilik mobil tidak perlu keluar uang atau mengeluarkan uang dalam jumlah minimal. 

• Memberi rasa aman karena tidak pernah lagi merasa was-was akan menanggung biaya besar saat mobil mengalami kerusakan parah maupun saat dicuri oleh orang. 

• Memberi manfaat lebih, khususnya untuk nasabah yang memilih asuransi unit link. Sehingga premi yang dibayarkan sebagian akan digunakan untuk memproteksi mobil dan sebagian lain untuk produk lain, misalnya asuransi jiwa. 


Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan 

Melalui penjelasan tersebut, maka bisa diketahui bahwa membeli asuransi mobil adalah hal penting sekaligus hal tepat. 


Asuransi untuk kendaraan pun memiliki beberapa jenis dan disediakan oleh banyak perusahaan asuransi. Rate asuransi mobil pun sesuai dengan jenisnya masing-masing.


Karena itu, penting untuk memilih dengan teliti agar bisa mendapatkan manfaat yang optimal dan merasa puas atas layanan penyedia asuransi tersebut. 


Perhatikan Dulu 4 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Asuransi Mobil

Nah, untuk membantu memilih dan mendapatkan produk asuransi yang bagus dan tepat, maka saat memilih perlu memperhatikan beberapa hal penting berikut ini: 

1. Mengecek Reputasi Perusahaan Asuransi 


Asuransi disediakan oleh perusahaan asuransi, dan perlu memastikan dulu reputasi perusahaan ini bagus. Mulai dari mengecek apakah perusahaan asuransi ini dikenal luas? 


Sudahkah direkomendasikan oleh orang terdekat? Kemudian, pernahkah menerima keluhan dari konsumen sampai ke jalur hukum? 


Rekam jejak perusahaan akan mencerminkan kualitas produk asuransi yang disediakan. Oleh sebab itu cek dulu riwayatnya seperti apa dan pastikan perusahaan asuransi tersebut resmi. Sekaligus tidak pernah terlibat kasus yang menunjukan reputasi mereka buruk. 

2. Cek Polis dengan Teliti 


Polis merupakan surat perjanjian antara nasabah dengan perusahaan asuransi. Semua detail produk asuransi mobil tercantum di dalam polis asuransi, maka perlu dibaca dengan teliti sebelum membubuhkan tanda tangan. Sebab bisa jadi ada beberapa ketentuan yang dirasa masih timpang. 

3. Sesuaikan Premi dengan Kondisi Finansial 


Berikutnya adalah memperhatikan masalah premi, yakni biaya asuransi yang disetorkan setiap bulannya. 


Idealnya tentu saja disesuaikan dengan kemampuan finansial sebab selama premi lancar dibayarkan maka polis akan berlaku. Selain itu, jangan mudah tergiur oleh premi yang terlalu murah karena bisa jadi perlindungannya mengecewakan. 

4. Jaringan Bengkel dan Rekanan Luas 


Jaringan bengkel dan rekanan perusahaan asuransi mobil sebaiknya luas sehingga memudahkan nasabah untuk mengakses layanan perbaikan. 


Jadi, utamakan perusahaan asuransi yang memiliki jaringan bengkel dan rekanan luas. Tidak hanya di satu kota melainkan di banyak kota dan bila perlu di seluruh Indonesia. 

Teliti dalam memilih produk asuransi mobil akan memberi rasa aman secara maksimal, sebab bisa puas dengan layanan asuransi tersebut. Oleh sebab itu, perhatikan beberapa hal penting yang sudah dijelaskan untuk terlindungi dari produk asuransi yang merugikan.

Foto: Pixabay.com

Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

1 Comments

  1. Wow, sekarang mobil bisa di asuransi mantap baru tahu. Kalau gini jadi gak perlu khawatir lagi, kalau ada apa-apa sama mobil. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post