4 Rekomendasi Drama Korea Genre Thriller & Kriminal 2021

Dear Temans,

Masih betah di rumah? Situasi di masa pandemi makin tak menentu. Kabar rumah sakit pada penuh cukup menyesakkan dada, belum lagi kabar kematian hampir setiap hari. Lebih aman kita bertahan di rumah saja jika tak ada keperluan mendesak keluar rumah seperti untuk bekerja dan belanja, misalnya.

4 rekomendasi drama genre thriller kriminal tahun 2021
Nam Gong Min (Foto: Awaken, OCN)

Biar nggak stres, selain menanam tanaman hias aku juga fangirling EXO dan adeknya, NCT. Kadang oleng juga ke Stray Kids, haha. Selain itu, aku juga melanjutkan hobiku menonton drakor untuk menghibur diri agar tetap waras dan sehat, hehe. 

Baca Juga: Bahagia di Masa Pandemi

Setelah beberapa waktu lalu menikmati drama romantis seperti Do Do La La Sol dan Crash Landing on You, aku kembali ke habitat lamaku menikmati drama Korea bertema thriller, detektif dan misteri. Ya, drakor nggak melulu drama romantis, lho. Genre drama Korea cukup luas mulai dari olahraga, komedi, masak-memasak hingga pembunuhan. Jadi, kalau kamu nggak suka drama menye-menye dan manis, kamu bisa kok mencicipi drakor bergenre lain.

Kali ini, aku bakal mengulas 4 drakor bergenre kriminal, detektif, dan thriller yang menarik buat ditonton tahun 2021. Ada apa saja drakor yang kurekomendasikan? Yuk, kita simak bareng! Semoga suka, ya.

1.       Awaken (TVn)

Drama bergenre thriller ini memang memikat dan bikin penasaran. Awalnya, aku tonton karena ingin menonton akting Nam Goong Min aktor kesayanganku yang baru-baru saja meraih Daesang atau Grand Prize karena aktingnya di Hot Stove League di 2020 SBS Drama Award. Pilihanku tak salah, aktingnya sebagai Kapten Do tak kalah kerennya.

Drama 16 episode yang ditayangkan di TVn ini memasuki episode terakhir minggu depan. Diawali tentang tragedi di Desa Malam Putih. Dimana panti asuhan terbakar dan orang-orang mendadak gila saling membunuh. Hanya beberapa orang saja yang berhasil selamat dari kejadian itu. Termasuk seorang detektif yang terkenal, Kapten Do. Ia membawahi tim khusus yang berprestasi.

4 rekomendasi drama genre thriller kriminal tahun 2021
Poster Awaken (Foto: TVn)


Suatu hari, terjadi pembunuhan berantai di Seoul dimana korbannya meninggal seperti bunuh diri. Kapten Do dan timnya berusaha mengusut kasus ini dibantu Jamie Leighton (Lee Chung Ah) anggota FBI dari Amerika. Tak disangka, peristiwa ini berkaitan dengan kejadian puluhan tahun lalu di Desa Malam Putih.

Panti asuhan tempat Kapten Do ternyata adalah laboratorium pemerintah yang menggunakan anak panti asuhan sebagai bahan percobaannya. Mereka meninggal satu-persatu karena percobaan yang gagal. Yang hidup pun mengalami sakit otak parah. Walaupun Desa Malam Putih hancur, percobaannya masih dilanjutkan sampai sekarang karena didukung petinggi pemerintahan Korea. 

Baca Juga: Serial AKD di Karya Karsa

Kapten Do malah dituduh pelaku pembunuhan berantai dan jadi buronan bersama Letnan Gong Hye Yoon (Kim Seol Hyun) yang mencintainya. Dramanya seru dan menegangkan, akting pemainnya bagus-bagus dan memikat. Jalan ceritanya pun tak terduga, yang tadinya kukira kasus pembunuh berantai saja. Jadi, drama ini kurekomendasikan banget deh.

2.       Search (OCN)

Aku tertarik menonton drama yang disutradarai Im Dae Wong ini karena dibintangi oleh Krystal Jung, mantan idol yang terjun ke dunia akting. Ia berperan sebagai Letnan Song Ye Rim, tentara pasukan khusus. Lawan mainnya di sini adalah Jang Doo Yon yang berperan sebagai Sersan Koo Dong Jin yang sebentar lagi selesai wamil.

4 rekomendasi drama genre thriller kriminal tahun 2021
Letnan Song Ye Rim (Foto: OCN)

Serial yang diputar di OCN ini bisa kalian saksikan di VIU, ya. Kisah ini berawal dari hilangnya beberapa tentara Korsel di hutan perbatasan Korut-Korsel atau disebut DMZ. Maka, satu tim tentara diturunkan untuk melakukan pencarian. Nah, anggota tim pasukan khusus Polaris ini nih yang ganteng-ganteng, hehe. Ada Kapten Song Min Gyu (Yoon Park) yang cakep pisan dan keren, ada Le Hyun Wook yang misterius.

Nah, Kedua tentara yang hilang ini ditemukan tewas tercabik-cabik. Malah, ada yang hidup kembali seperti zombie ketika diautopsi. Ternyata, hal ini berhubungan dengan peristiwa 20 tahunan lalu ketika ada sepasang ilmuwan Korut beserta bayinya ingin melarikan diri ke Korea Selatan dan ditemukan oleh pasukan penjaga perbatasan Korsel namun dihadang tentang Korut.

4 rekomendasi drama genre thriller kriminal tahun 2021
Para anggota tim pasukan khusus (Foto: OCN) 

Situasi tak terkendali dan terjadilah adu tembak yang mengakibatkan hampir semua tentara meninggal. Sang kapten pasukan Korsel berusaha melaporkan yang terjadi tapi malah dibunuh rekannya. Sang rekan kemudian berpura-pura jadi pahlawan. Balik ke masa kini, dua tokoh utama bertemu makhluk misterius dengan kekuatan besar di hutan. Petinggi Korsel berupaya membunuh makhluk itu.

Alur cerita Search ini menegangkan, dan chemistry antara kedua tokoh utamanya cukup memikat. Son Ye Rim dengan muka dingin dan kisah masa lalunya yang berkaitan dengan DMZ, serta Sersan Koo yang berani dan nekad. Akting Jang Doo Yon beda banget dengan aktingnya di Tale of Nokdu yang jadi perempuan centil, haha.

3.       The Good Detective (JTBC)

Drama berikutnya adalah The Good Detectives. Drama ini mengisahkan dua detektif yang berbeda sifat dan usia bahu-membahu menyelesaikan kasus pembunuhan misterius yang melibatkan para petinggi polisi. Kasus ini sudah selesai lima tahun lalu, tapi dibuka kembali karena ada bukti baru. Detektif senior yang menangani kasus itu, Kang Do Chang (Son Hyun Joo) merasa ia telah salah menangkap orang. Padahal, orang itu akan dihukum mati sebentar lagi. Rekan baru Detektif Kang, Oh Ji Heok (Jang Seung Jo) adalah detektif muda yang terkenal cerdas dan nekad.

4 rekomendasi drama genre thriller kriminal tahun 2021
Pemain The Good Detective yang aktingnya keren (Foto: JTBC)

Kerennya lagi, tokoh antagonisnya adalah Oh Jung Se, yang berperan sebagai Jong Tae di drama ini. Kalian nonton Its Okay Not To Be Okay? Dialah pemeran Moon Sang Tae, kakaknya Moon Gang Tae yang ABK tapi ahli menggambar. Oh Jung Se ini meraih Baeksang Art Award 2020 karena aktingnya yang memukau di When The Camellia Blooms. So, nggak diragukan lagi kan keseruannya? Perannya di sini menyebalkan pisan. 

Mereka yang tadinya tidak akur, malah menjadi klik setelah berusaha keras mengusut kasus ini. Keduanya dibantu oleh reporter Jin Seo-Kyung (Lee Elijah). Walaupun ceritanya serius, drama ini seru karena dibumbui komedi di sana-sini. 

Kisah Detektif Kang Do Chang dan anggota timnya yang dianggap pemalas oleh petinggi polisi juga menarik. Terasa betul persaudaraan mereka bahu-membahu menyelesaikan kasus. Ada juga sedikit keuwuan antara Detektif Oh dan reporter. Bikin senyum-senyum sendiri. Drama ini seru dan menghibur.

4.       Team Bulldog of Duty Investigation (OCN)

Drama OCN itu memang beda dibandingkan drama di stasiun TV lainnya. Mereka spesialis drama kriminal dan investigasi. Tapi drama Team Bulldog yang jadi andalan di OCN ini agak beda karena walaupun genrenya kriminal, tapi komedinya seru, hehe. Menonton ini nggak melulu tegang tapi juga ketawa-ketawa melihat tingkah pemerannya. 


4 Rekomendasi Drama Korea Genre Thriller & Kriminal 2021
Tim Bulldog yang rusuh (Foto: OCN)

Jadi, drama ini tentang 5 orang yang berbeda latar belakang bersatu menyelesaikan kasus kriminal. Kalau tim dalam drama lain tuh diceritakan kompak dan persaudaraannya erat, berbeda dengan tim bulldog nan koplak satu ini. tokohnya ada Jin Seo-Kyung (Lee Elijah), detektif kaya raya, pemberani tapi sembrono. 

Terus, ada Lee Sun Bin sebagai Kang Moo Young, seorang produser acara kriminal yang ratingnya anjlok. Demi rating, ia menghalalkan segala cara, nekad dan berani. Tak heran, ia jatuh miskin karena sering dituntut oleh banyak pihak, hehe. Ia juga sering menyusahkan Detektif Jin.

Ada Ji Seung Hyun sebagai Tak Won, mantan profiler hebat yang beralih profesi jadi detektif dan penjual MLM. Ia juga matre dan banci tampil, hihi. Terus, ada Yoon Kyung Ho sebagai Teddy Jeong, preman insyaf yang sekarang menjadi pemilik bar. Ia menjadi tukang pukul dalam tim ini. Terakhir, Jung Sang Hoon sebagai Lee Ban Seok. Lee adalah dokter forensik terkenal yang beralih pekerjaan perias jenazah. Ia tak kalah aneh dan penakutnya dengan Tak Won.

Bayangkan, kelima tokoh absurd ini bekerja sama menyelesaikan kasus. Yang ada, sering berantem dan rusuh. Sayangnya, hanya ada 12 episode saja jadi kurang puas menonton kelakuan barbar mereka. Semoga ada season dua nya!

 

 

 

 

 

Comments

  1. Aku udah nonton drama Korea Search, Mbak. Dan saat ini aku lagi asik nonton drama Korea True Beauty dan Mr. Queen.

    ReplyDelete
  2. Komplit ulasannya, tapi...saya masih menikmati reply 1988. Lelet banget nih, sering tergopoh-gopoh dengan KDrama yang sering membetot perhatian.

    ReplyDelete
  3. Wihii, bagus bagussss ya Mba
    Asik asik, tahun ini aku juga berusaha bangettt supaya betah d rumah aja
    Drakor adalah jalan ninjakuuuuu

    ReplyDelete
  4. Bhuaa drakor kriminal, pasti seru banget nih cerita2 kriminal , yang bikin kepo dan penasaran yaa. Aku menyimak ripyuannya di sinii , keknya tertantang sama Awaken.

    ReplyDelete
  5. list rekomendasi drakor genre kriminal di tahun 2021 cukup menarik juga ya.. aku belum pernah nonton drakor genre kriminal ini. Kalo Jepang udah pernah beberapa kali

    ReplyDelete
  6. Aku belum nonton mbak judul-judul drakor kriminal ini. Mbak Dedew udah nonton Stranger & The Uncanny Counter belum? kayanay kriminal juga nih, aku lagi nonton

    ReplyDelete
  7. Aku lagi cuti ngedrama nih. Next mungkin mau lihat Awaken. Kalau gak kuat, milih Tim Bulldog aja. Kan ada lucu-lucunya gitu. Buat gak stres nontonnya

    ReplyDelete
  8. Udah capek nonton drama yg episodenya panjang banget, maunya film aja. Eh, tapi Good Detective kayaknya bagus, itu.

    ReplyDelete
  9. Wah, drama tentang pembunuhan berantai gini bisa nih ya dimasukin dalam list tontonanku di waktu senggang nanti, hihi

    ReplyDelete
  10. Team Bulldog of Duty Investigation kayaknya seru dan kocak nih. Paling demen kalo drama dan film komedi. Jadi nggak bosen nontonnya.

    ReplyDelete
  11. sejak anteng di rumah aku jadi kepo juga nontonin drakor mbaaa, terakhir nonton startup itu aja baru episode 4 πŸ˜…πŸ˜…

    ReplyDelete
  12. Akupun suka drama detektif gitu karena suka ikut menebak2 siapa penjahatnya. Tertarik nonton awaken, itu happy ending ga mba?😁

    ReplyDelete
  13. Hua Mbak, saya sekarang gak suka dengan yang horor soalnya kehidupanku sudah cukup horor hihi. Duylu semasa SMA dan kuliah masih suka.
    Tapi ini bisa jadi referensi deh, siapa tahu ada yang nanya. Kalau sudah lewat Mbak Dedew pasti apik deh filmnya.

    ReplyDelete
  14. aku blom pernah nonton K drama yang ceritanya kirminal atau detective gini...wah mereka mmg total ya, cerita kriminalnya juga mantap ya...

    ReplyDelete
  15. Nggak terlalu suka drakor, tapi kalau film koreaaa sukaaa nonton sama suami krn selalu keren hooo.. Btw makasih sharingnya sapa tau kapan2 mau nonton drakor :)

    ReplyDelete
  16. Saya penyuka serial kriminal. Tetapi, sekarang suka agak serem kalau ada cerita zombie atau semacamnya. Gara-gara pandemi, nih :D

    ReplyDelete
  17. wah mayan banyak ya mbak drakor kriminal yang oke banget buat ditonton..
    banyak yg merekomendasikan search mbak di kalangan teman teman drakor class ku

    ReplyDelete
  18. Setuju...kalau drama romantis melulu yang ditonton boring tau..sesekali perlu juga yang bergenre kriminal, detektif, dan thriller
    Cus simpen list ini, yang menarik buat ditonton tahun 2021 nih

    ReplyDelete
  19. Semuanya bagus-bagus nih. Tapi paling penasaran sama Search (OCN), kayaknya seru nih drama, karena ada yang mirip zombi-zombinya.

    ReplyDelete
  20. Drama Korea itu memang paling seru ya apalagi juga banyak fansnya juga aku sendiri juga jarang sih nonton drama Korea

    ReplyDelete
  21. Bener mba nonton itu hiburan biar tetap waras hahah secara gitu ya di rumah melulu. Film genre favorit nih cerita2 kriminal dan detektif. Banyak juga ya film korea dgn genre ini tahunya yg drama cinta aja heheh. Mau cari akh filmnya

    ReplyDelete
  22. Uugh, nonton genre thriller begini emang paling seru.
    Adrenalin serasa ikutan memuncak pas muncul adegan mengerikan.
    Hehhee..aku suka Good Detective.
    Lead malenya, udah kunantikan banget, Jang Seung Jo oppa.

    ReplyDelete
  23. Uugh, nonton genre thriller begini emang paling seru.
    Adrenalin serasa ikutan memuncak pas muncul adegan mengerikan.
    Hehhee..aku suka Good Detective.
    Lead malenya, udah kunantikan banget, Jang Seung Jo oppa.

    ReplyDelete
  24. Aahh sedihnya aku belum terlalu bisa menikmati drakor genre seperti ini. Biasanya yang kutonton yang fun-fun aja sama romantis gituuπŸ˜” kadang sedih ngga bisa mengerti dan menikmati tapi susah juga dipaksakan. Btw, aku akan tetap coba sih, siapatau rekomendasi dari Mbak Dedew bisa membuatku berubah heheheh

    Sejauh ini drakor yang masih nyantol di kepala cuma Itaewon Class, Hi Bye Mama, sama Start Up nihπŸ™ˆ

    ReplyDelete
  25. Sejujurnya aku sudah gak betah di rumah, Mbak. Sejak awal pandemi semua berada di rumah dan melakukan aktifitas di rumah. Meski orang rumahan, yang memang lebih suka di rumah dan awalnya nyaman, lama lama ternyata bosan dengan rutinitas yang itu itu saja.

    Asyik juga mengubah rutinitas biasa dengan menonton drakor dulu kali ya. Meski aku bukan pecinta drakor, tapi demi kebetahan di rumah, kupilih-pilih mana yang mau kutonton nih

    ReplyDelete
  26. Wah aku udah nonton the bulldog itu sama the good detective dan emang bagus banget! Aku suka banget mba genre drakor kriminal gini, seneng aku yang mindblow, plotwist dan thrilling~

    ReplyDelete
  27. Wah boleh juga ini mbak Dew jadi referensiku karena sambil menantu drama Korea yang on going bisa nyambi nonton yang lainnya juga.

    ReplyDelete
  28. Sejujurnya ga mudeng drakor-drakor cuma nyimak status-status tentang drakornya. Tapi baca yang berbau zombie, aku jadi inget Train to Busan. Soalnya pernah nonton filmnya

    ReplyDelete
  29. Menarik-menarik mbak Dedew, bisa untuk referensi kalau lagi pengen nonton drakor yang bukan romantic comedy hehe. Seru juga ya untuk gendre yang detektif, pasti lebih buat deg-degan ketika menontonnya

    ReplyDelete
  30. Aku belum nonton Mbak tema di atas, jadi penasaran karena mulai sibuk dengan menemani anak belajar secara daring tapi penasaran dengan tema detektif

    ReplyDelete
  31. Aduh walau thriller atau cerita kriminal kok ya pemainnya tetap terlihat ganteng, eh 😊 jadi pengen nonton ih teh, edisi udah lama ga drakoran

    ReplyDelete
  32. AAhhhhh genre kesukaanku nih! makasih mba dew rekomendasinya bakal jadi list movie tahun ini...

    ReplyDelete
  33. Sesekali pingin nonton drakor juga nih, agar bisa reviuw seperti ini, keren review nya Mbak .bikin aku pingin ikutan nonton drakor..

    ReplyDelete
  34. Wahhh genre film favoritku nih. Thanks mbak bakal masuk list movie aku tahuhn ini

    ReplyDelete
  35. Search masih jadi favorit ini. Keren banget. Drama rasa film. Sayang jumlah episodenya cuma sedikit

    ReplyDelete
  36. Dudududu...aku belum nonton semua, Dew. Genrenya juga sebenarnya antara takut sama penasaran wkwk. Biasa nonton genre gini bareng suami tapi belum pernah film-film di atas. Jadi kepo

    ReplyDelete
  37. wah asik nih ada rekomendasi film baru...catet ah biar sewaktu-waktu pengen nonton tinggal search filmnya

    ReplyDelete
  38. satu lagi itu loh yang maen bae suzy lee jong suk
    while you were sleeping juga bagus walau cerita jaksa sebenarnya cuma ya termasuk film kriminal kan ya wkwkk

    ReplyDelete
  39. Baru nonton good detective doang nih aku.. Awaken ama Search udah download full tp malah blm ntn. Enaknya aku mulai ntn yg mana dl ni mbak? Search atau Awaken?

    ReplyDelete
  40. wah.. kudu lanjutin Good Detective nih

    ReplyDelete

Post a comment