Tips Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha


Dear Temans,

Walaupun masih masa pandemi, kita harus tetap optimis dan kreatif untuk maju. Kalian memiliki ide bisnis yang punya peluang bagus untuk diwujudkan pada saat ini?

Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha
Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha

Mengapa tidak mencoba memulainya? Bahkan di masa pandemi ada banyak peluang yang bisa kita raih. Misalnya saja, saat ini produsen masker kain, face shield, makanan, tanaman dan sepeda mendapatkan berkah. 

Orang-orang yang terpaksa tinggal di rumah, bekerja dan sekolah dari rumah memerlukan kegiatan sebagai hiburan. Yang banyak dilirik adalah bersepeda dan bercocok-tanam. Yang memiliki keahlian memasak juga makin laris karena orang-orang tidak makan di mal atau restoran, tapi banyak memesan secara daring. Hm, kira-kira apa ya yang dibutuhkan orang saat ini?

Baca Juga: Tips Keuangan Stabil

Kalian punya keahlian menulis atau memotret? Kalian bisa mencoba membuka kelas daring sepertiku. Saat orang tak bisa keluar rumah, maka kelas yang mengajarkan berbagai keahlian secara daring mulai diminati banyak orang untuk memanfaatkan waktu senggang. 

Nah, saat kita sudah memiliki ide bisnis yang kira-kira bagus prospeknya langkah selanjutnya adalah mencari modal usaha yang kita butuhkan untuk memulai bisnis. Memulai bisnis tak harus membutuhkan modal besar lho terkadang kita cukup bermodal keahlian dan gawai kita, misalnya. Apalagi usaha yang dilakukan secara daring misalnya kelas fotografi daring dan berjualan secara daring di media sosial. 

  

Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha
Bisnis Kelas Daring Juga Prospeknya Bagus

Tapi, jika kalian membuka bisnis memproduksi barang dan memasarkan misalnya home dress, gaun untuk dikenakan di rumah maka tentu saja butuh modal awal tak sedikit untuk memproduksi bajunya. Duh, tapi duitku terbatas karena saat pandemi tabungan terkuras untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari! Mungkin begitu keluhan kalian. Tenang, ada beberapa cara mudah untuk mendapatkan modal usaha. Berikut beberapa tips yang bisa kalian ikuti:

  1. Menggunakan Modal Sendiri

       Menggunakan modal sendiri adalah pilihan terbaik karena segala risiko usaha kita sendiri yang menanggungnya. Kita tak berhutang dengan pihak lain. Selain memakai tabungan kita yang nganggur kita juga bisa menggadaikan atau menjual aset kita sebagian seperti logam mulia, perhiasan emas dan lainnya untuk mendapatkan modal usaha.

  1. Meminjam Uang dari Keluarga 

Ya, meminjam uang dari orangtua atau saudara untuk modal usaha adalah cara termudah. Karena meminjam dari mereka tidak dikenai bunga pinjaman. Tapi, meminjam dari keluarga bukan berarti kalian seenaknya saja tidak mengembalikan pinjaman ketika jatuh tempo. 

Kepercayaan dan kejujuran adalah kunci. Jangan kecewakan orang tersayang kalian. Untuk menghindari perselisihan, jangan lupa untuk membuat perjanjian hitam diatas putih berapa jumlah pinjaman kalian, jangka waktu pinjaman dan kapan jadwal pengembalian hutang. 

  1. Mencari Investor

       Cara kedua untuk mendapatkan dana modal usaha adalah mencari investor untuk menanamkan modal pada usaha kalian dengan sistem bagi hasil. Kalian bisa membuat proposal bisnis secara terperinci dan jujur tentang usaha yang akan kalian dirikan serta bagaimana sistem bagi hasil yang kalian tawarkan. Proposal bisnis ini bisa kalian bagikan kepada orang-orang atau teman-teman yang kira-kira cocok. Sekali lagi, jangan lupa membuat perjanjian yang jelas disertai materai. 

  1. Meminjam dari Tunaiku

Kita bisa meminjam dana dari lembaga keuangan yang terpercaya seperti program kredit usaha dari bank. Tapi, terkadang persyaratan yang diminta agak berat misalnya kita harus memiliki syarat penghasilan minimal atau haru mememberi agunan kendaraan bermotor atau sertifikat tanah. 

Jika terasa berat, ada alternatif pembiayaan lain yaitu Tunaiku. Tunaiku adalah salah satu situs pinjaman online pertama di Indonesia dan berdiri sejak 2014. Berbeda dengan situs pinjaman online saat ini, Tunaiku adalah salah satu produk dari Amar Bank, bank resmi di Indonesia yang berdiri tahun 1991. 

Baca Juga: 4 Ciri Investasi Bodong

Tunaiku memberikan kredit tanpa agunan daring yang mudah, aman dan terpercaya pada nasabah yang membutuhkan dana untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya modal usaha. Tunaiku berada dibawah bank resmi yang dilindungi OJK sehingga data nasabah terjamin. 

Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha

Tunaiku menawarkan pinjaman tanpa jaminan dengan jangka waktu lebih lama dan limit lebih besar yatu sekitar 20 bulan dan dana maksimal Rp20.000.000,- pengajuan KTA online pun mudah hanya bermodalkan KTP dan waktu 10 menit untuk pengisian formulir.

Nah, itulah 4 cara mendapatkan pinjaman modal usaha dengan mudah. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kalian yang membutuhkan modal usaha. Semoga lancar bisnisnya ya, semangat! Foto: Pixabay.com.


Comments

  1. Tulisannya enak dibaca... Pinter nih mbak e mainkan kata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooo ya jelas dooong. Mba Dedew gitu looo. Penulis ternama lo beliau ini.

      Delete
  2. banyak umkm juga yang butuh modal selama pandemi ya bisa oba di Tunaiku asalkan disiplin & gak dipakai untuk kebutuhan komsumtif ya

    ReplyDelete
  3. Meminjam Uang dari Keluarga kalau keluarganya beruang sih gak papa ya. Tapi daripada ribet, mending pinjam ke tempat lain dengan segala syarat. Yang penting terdaftar di OJK. Jadi jelas aturannya

    ReplyDelete
  4. Dari sekian poin itu selain pakai modal sendiri aku mending pinjam bank atau dana tunaiku karena kasian kalau pinjam duit orang lain mereka juga pasti membutuhkan :)

    ReplyDelete
  5. tetep harus pilih2 ya kalo mau mendapatkan pinjaman modal usaha, solusinya sepeerti Tunaiku udah familiar banget, temenku ada yang minjem juga buat usaha , beneran bisa jangka panjang.

    ReplyDelete
  6. Memang di masa pandemi seperti ini kita harus memutar otak untuk bisa lebih kreatif yah mbaak, gimana caranya supaya bisa bertahaaan. Tambahan modal juga bisa menjadi masalah

    ReplyDelete
  7. Iya, kini banyak banget berbagai tawaran pelatihan daring. Emang bermanfaat mengisi waktu luang dan upgrade pengetahuan.

    Tunaiku bisa jadi pilihan nih kalau butuh tambahan modal untuk memulai usaha. Jadi sekarang nggak ada lagi alasan "nggak punya modal" ya mbak. Asal mau usaha, ada aja jalannya, salah satunya pakai Tunaiku ini

    ReplyDelete
  8. disaat pandemi sekarang ini memang yang paling tepat menjalankan bisnis rumahan dan bisa dari membuat makanan rumahan atau sekarng tuh yang lagi banyak diminati adalah frozen food. Dan ini tuh jadi membantu sekali untuk yang minim modal bisa melakukan pinjaman ya mbak.

    ReplyDelete
  9. Ada yang pernah bilang kalau usaha pertama sebaiknya gak ngutang dulu modalnya.
    Sepertinya aku lebih setuju dengan mencari investor itu, mungkin bisa juga join bikin bisnis sama teman kali ya? Walau ya gak seua org bisa/ cocok sih punya partner hehe

    ReplyDelete
  10. So far sih aku masih mencoba ngumpulin modal sendiri mbak, dikit2 tapi mencoba di tambah trs. Tapi saran dipoin yg lain juga sepertinya bagus dan praktis ya, next bisa dicoba salah satunya

    ReplyDelete
  11. Bisa dijadikan pegamgan nih ya mba kalau butuhodal kepingin bnget ini ngembangin bisnis kulineran Minjam
    dari Tunaiku lembaga keuangan yang terpercaya

    ReplyDelete
  12. Senang klo skrg modal usaha bisa mudah di dapat..
    Tapi tetap harus bijak ya mbak sebelum memutuskan mrminjam

    ReplyDelete
  13. Wah, baru tau nih sm tunaiku ini. Padahal udah lama ya. Noted buat yg mau memulai usaha tp butuh modal

    ReplyDelete
  14. Masa pandemi saat eksplore kemampuan ya mb..apa yg bisa dilakukan yang sekiranya bisa mendatangkan pemasukan. Dan untuk masalah pemodalan juga ada byk kemudahan. Yang penting semua dilakukan dengan perhitungan.

    ReplyDelete
  15. Banyak hal yang mesti diperhatikan saat mau mengajukan pinjaman. Bagus sih karena Tunaiku ini udah berada di bawah bank resmi yang dilindungi OJK. Jadinya lebih tenang :)

    ReplyDelete
  16. Meminjam dari saudara untuk usaha sepertinya paaling enak ya mbak. Cuman kadang sungkan dan hubungan persaudaraan jadi nggak enak kalau gagal usaha dan nggak bayar.

    ReplyDelete
  17. Tunaiku ini fintech terpercaya ya apalagi sudah terdaftar dan diawasi oleh ojk

    ReplyDelete
  18. Ini anakku juga lagi Ada tugas Dari sekolahnya Untuk membuat bisnis usaha selama pandemi. Tapi kayaknya belun berani kalau harus menggunakan pinjaman dari luar ya. Skrg baru pinjam modal dari ortunya aja. BTW thanks undangannya ya mbak dedew

    ReplyDelete
  19. Pinjaman sekarang emang mudah ya...semoga banyak yang terbantu dan bisnis bisa berjalan lancar jadi pinjamannya bisa dibayar tepat waktu

    ReplyDelete
  20. Harus benar-benar diperhitungkan ya ketika mengajukan pinjaman. Sedapat mungkin kita sudah ada gambaran nanti kira-kira ada berapa besar pemasukan untuk mengembalikan pinjaman tersebut.

    ReplyDelete
  21. Untuk usaha pemula, karena belum tahu respon pasar menurut saya ngumpulin modal sedikit demi sedikit dulu.
    Ketika sudah tahu respon pelanggan bagus baru bisa pertimbangkan tambah pinjaman sekirannya punya kemampuan bayar.

    ReplyDelete
  22. Jujur, sebenernya masih takuuut banget pake jasa pinjaman kayak gini. Tapi buat yang pengen buka usaha, saya rasa bakal membantu banget sih Mak. Cuma ya balik lagi, jangan sampe salah perhitungan supaya nggak nambah beban.

    ReplyDelete
  23. jaman sekarang mudah banget ya mbak asal kita mau. apalagi untuk mendapatkan modal usaha. intinya dimana ada kemauan disitu ada jalan

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Tips Penulis Ali Muakhir Menghadapi Masa Pandemi Covid-19

Let's Read, Inilah Cerita Kami Mencintai Buku Sepenuh Hati