10 Kegiatan di Rumah Selama Pandemi Corona

Dear Temans, ini Nailah!
Kali ini kembali menulis untuk blog Mama. Ada yang kangen baca tulisanku, tidak? Hehe. Saat ini, musim dimana kita harus waspada. Musim dimana virus bernama Covid 19 ini sedang menyebar luas di dunia. Karena itu, saat pemerintah ingin kita di rumah saja agar memutuskan tali penyebaran virus. 

10 Kegiatan di Rumah Selama Pandemi Corona
10 Kegiatan di Rumah Selama Pandemi Corona 


Sekarang, hampir semua sekolah diliburkan. Lebih tepatnya, belajar dari rumah. Secara online, seperti diberi tugas oleh guru setiap hari. Jadi, setiap hari kita tetap mengerjakan tugas setiap hari. 

Tapi, rasanya bosan karena harus mengerjakan tugas sendirian. Kalau di sekolah, pastinya kita bisa mengerjakan bersama teman-teman sambil mengobrol dan bercanda bersama guru. 

10 Kegiatan di Rumah Selama Pandemi Corona
Bermain scrabble bareng saudara 

Nah, karena kita di rumah aja, pastinya bosan dong. Nggak boleh kemana-mana. Padahal kan, biasanya kita sering ke luar rumah buat beraktivitas sehari-hari. Kayak sekolah, kerja, hang out, main sama teman-teman dan lain-lain. 

Nah ini dia, 10 kegiatan di rumah selama pandemi Corona #DiRumahSaja!

1 . Memasak
Salah satu cara menghalau bosan untuk kalian adalah memasak. Apalagi yang suka banget masak, pasti nggak bakal bosan nih. Kalian bisa cari resep-resep masakan di Google. Salah satunya di web Cookpad. 

10 Kegiatan di Rumah Selama Pandemi Corona
Belajar bikin kue

Kalian bisa mencoba resep masakan atau minuman baru yang belum pernah kalian coba. Seperti yang sedang hits saat ini, yaitu Dalgona Coffee. 

2. Membaca Buku
Sebelum kita harus tinggal di rumah saja, kita biasanya sibuk mengerjakan banyak hal di luar rumah. Jadi kita nggak sempat membaca buku. So, tips kedua untuk menghalau bosan di rumah ala Nailah adalah membaca buku. 

10 Kegiatan di Rumah Selama Pandemi Corona
Baca buku kesukaanmu


Baca Juga: Belajar Bahasa Inggris Online

Kita bisa membaca novel-novel yang sempat dibeli tapi belum pernah dibaca. Atau, membaca ulang buku-buku yang sudah lama tak dibaca. Bisa juga, beli buku e-book atau meminjam e-book di aplikasi IPusNas. Ada yang membagikan buku online secara cuma-cuma lho misalnya Gramedia Digital membagikan gratis buku anak karya Paulo Coelho.

Setelah membaca buku, biasanya aku menulis ulasan bukunya di blogku. Seperti ulasan buku Mantappu Jiwa karya Jerome Polin.

3. Belajar Hal Baru
Ya, Belajar hal baru selain bisa menghalau bosan, dan juga bermanfaat. Itu bisa jadi hobi baru, atau keahlian baru. Belajar itu bukan berarti belajar tentang pelajaran di sekolah, lho. Belajar bukan hanya pelajaran di kelas seperti Matematika atau IPA. 

10 Kegiatan di Rumah Selama Pandemi Corona
Menggambar juga seru

Belajar bisa juga seperti belajar menari, menggambar, bikin video dengan ponsel, atau yang lainnya. Mungkin saja, kalian bisa menemukan bakat baru kalian! Mungkin salah satu dari kalian nanti akhirnya jago menggambar? Atau ternyata memiliki bakat mendandani wajah  teman? Siapa tau. Who knows? 

4. Menulis
Menulis bisa jadi salah satu hal yang menghalau bosan kalian. Kalian bisa menulis apa saja yang mau. Kalian bisa berkhayal atau biasa disebut halu. Bisa membuat cerita sesuai keinginan kita. Bikin cerita ketemu sama Jungkook BTS? Bisa aja! 

10 Kegiatan di Rumah Selama Pandemi Corona
Nulis lewat hape juga bisa

Setelah menulis, kalian bisa memposting cerita itu di blog bila kalian ingin membuatnya. Atau kalian bisa memposting cerita pendek di Instagram. Tapi kalau di Instagram tulisannya mungkin terlalu sedikit, ya?



Dengan mempostingnya di media sosial, orang lain bisa membacanya. Jadi, kalian juga berbagi pada orang lain. Alhamdulillah, selama belajar di rumah aku berhasil menulis beberapa artikel blog dan empat cerpen untuk dikirim ke media massa! Hore!

5. Streaming Drama Korea atau MV KPop
Kalau pencinta KDrama atau bisa jadi KPop, pastinya libur Corona ini bisa dimanfaatkan untuk nonton streaming video musik grup KPop kesukaan kalian. Dengan begitu, kalian juga mendukung para idol grup kesukaan kalian. Selain itu, kalian jadi terhibur dan tidak bosan.

Bisa juga maraton KDrama. Yang biasanya sibuk dan nggak ada waktu buat nonton, jadi bisa maraton deh. Kalian juga bisa searching KDrama terbaru. Jadi enggak bosan, kan? Apalagi kalau yang jadi pemeran dalam KDrama adalah aktor dan aktris favorit kalian. Makin seru! 

Tapi ingat, jangan kebanyakan juga ya! Karena itu tidak baik untuk mata. Memang, segala hal yang berlebihan itu tidak baik! 

6. Bikin Video YouTube
Mungkin, beberapa dari kalian menghabiskan waktu selama karantina untuk menonton video YouTube. Dan mungkin mulai bosan. Jadi, daripada hanya melihat YouTube kenapa tidak membuat video sendiri? 

Kalian bisa membuat channel YouTube terlebih dahulu, lalu membuat konten-konten yang menarik. Tapi ingat, tak hanya menarik kontennya harus juga mendidik dan bermanfaat. Sehingga orang lain mendapatkan ilmu saat menonton YouTube. Tak hanya konten yang asal menarik saja tapi tak bermanfaat. Percuma, bukan? 

7. Membuat Prakarya
Pastinya untuk yang suka bikin-bikin tak akan bosan. Kalian bisa mencari contoh cara membuat prakarya di Google dan Pinterest. Seperti membuat poster, jepit rambut, gantungan kunci, atau hal lainnya. Kalian bisa mencari prakarya yang mudah dan juga simpel bagi yang pemula. 

Kalau sudah jadi, bisa dipajang atau dipakai. Seperti pigura buatan sendiri, bisa jadi hiasan menarik di rumah untuk dipajang. Jepit rambut karyamu bisa dipakai sendiri atau dijadikan hadiah untuk teman.

8. Berkumpul Bersama Keluarga
Karena dikarantina, pastinya anggota keluarga di rumah. Ibu dan Ayah bekerja di rumah atau bisa disebut WFH (Work From Home). Ini bisa jadi kesempatan kalian untuk berkumpul bersama keluarga lebih sering.

Yang biasanya sibuk dengan pekerjaannya masing-masing, kali ini bisa berkumpul dan bercerita satu sama lain. Bisa mengerjakan tugas rumah bersama, dan bermain bersama.

9. Merangkai Puzzle
Kalian bisa merangkai puzzle bersama keluarga. Kalian bisa membeli puzzle di toko online, atau merangkai puzzle kepunyaan yang tak pernah dipakai lagi. 

10 Kegiatan di Rumah Selama Pandemi Corona
Bikin puzzle 500 keping hihi

Kalian bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dengan merangkai puzzle yang besar yang perlu waktu lama untuk diselesaikan. Justru karena itu, permainan ini menyenangkan. Minggu lalu, aku, Mama dan adikku berhasil merangkai puzzle Galaksi Bimasakti sebanyak 500 keping! Wow, sebuah prestasi, haha. 

10. Berolahraga
Olahraga bisa menghalau kebosanan, dan tentu saja juga menyehatkan badan. Walaupun di rumah, kita tetap harus berolahraga agar tetap sehat. Walaupun mungkin lebih sederhana daripada berolahraga di gym atau tempat olahraga di luar rumah.

10 Kegiatan di Rumah Selama Pandemi Corona
Bermain bola sambil berjemur 

Kita bisa mengikuti acara Yoga atau Zumba yang ditampilkan di TV atau YouTube. Kalau tidak, kita lbisa melakukan sit-up, atau gerakan olahraga sederhana lainnya di rumah atau di teras depan rumah. Adikku biasa main bola bareng Ayah di lapangan depan rumah. Lumayan, keringetan!

Nah itu dia, 10 kegiatan di rumah selama pandemi Corona untuk menghalau kebosanan ala Nailah! Kalau kalian apa kegiatannya? Tulis di kolom komentar ya! Sampai jumpa di artikel Nailah berikutnya, Semoga bermanfaat! 

Comments

  1. ihh seru banget mba..masih mending di rumah banyak anak-anak. apa daya kalau saya cuma anak rantau, kalau di rumah ya sendiri doank.
    apalagi work from home. yang saya bisa lakuin rutin cuma aerobic doank sama maen game wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Wah asyik semua nailah..
    Di sini masak bareng makan bareng jadi favorit. Lari2 di rumah. Heboh rameeee. Berantakan udah pasti tapi seneng ya smua sehat2..

    ReplyDelete
  3. hai nailah! asik banget deh kegiatannya. dijamin anti bosan bosan club di rumah aja kalo begini nih. makasi tipsnya yaa :)

    ReplyDelete
  4. Aku pribadi ngerasain klo sebenarnya denga di rumah aja ini jadi makin banyak hal yang bisa dikerjain. Nulis blog jadi bisa makin rutin, edit video youtube bisa labih sering.

    ReplyDelete
  5. Beragam bangett mbak kegiatannya, seruuu. Aku paling cuma muter-muter antara masak-baca-nulis-nyetrika gituuuu terus,hihi. Tapi menikmati sih Alhamdulillah :)

    ReplyDelete
  6. Sebenarnya banyak hal yang bisa kita kerjakan walau di rumah aja ya mbak Dew, cuma mau apa gak nih berkegiatan poduktif? Atau malah sebaliknya, milih rebahan aja haha

    ReplyDelete
  7. Saya malah jadi jarang olah raga delama stayathome. Eaaa.. Dinikmati smua ya mba. Stay safe dan be happy

    ReplyDelete
  8. Kegiatan yang ga bikin mati gaya itu mak, aku pun sama ga jauh beda, apalagi memasaak ahh bikin kreassi teruus bisa berjam-jam.
    Menikmatiii meski di rumah aja saaat ini.

    ReplyDelete
  9. kecuali yang masak aku gak terlalu sering mba heheh, tapi selebihnya sama deh kegiatannya, hanya olahraga masih on off juga sih

    ReplyDelete
  10. Meskipun terasa membosankan, nyatanya banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan selama di rumah
    Jadi..meski kegiatan yg biasa dibatasi ada hal menyenangkan lain untuk mengisi kejemuan

    ReplyDelete
  11. Anak anak di rumah sih lebih suka masak mbak di rumah. Setiap pengen cemilan, mereka ke dapur hehe alhamdulilah jadi ga ngerepotin emaknya hihi anak anak di masa pandemi jadi lebih mandiri

    ReplyDelete
  12. Selalu ada hikmah dibalik musibah, salah satunya jadi banyak kegiatan yang dilakukan bareng keluarga di rumah. Sejak di rumah aja, sering banget masak2, rasa bosan tersalurkan dengan makan makan dirumah hehe

    ReplyDelete
  13. kalau anak-anakku kegiatannya, bangun, sarapan, belajar online, istirahat, main gadget atau baca buku, istirahat, makan, tidur, makan tidur, hahahaha, sampai aku yang lihatnya bosan tapi mau gimana lagi, enggak bisa marah karena keadaan.

    ReplyDelete
  14. Wah banyak juga ya aktifitasnya bersama keluarga saat pandemi ini.. yang aku lakukan bersama keluarga dirumah ngga sebanyak yang mba lakukan sih.. berjemur, belajar online, masak deh.. nice sharing mba, aku adopsi beberapa kegiatannya ya mbak

    ReplyDelete
  15. Aku WFH mba.. Jd tetep harus selesaikan bbrp target kerjaan termasuk rapat via zoom meeting.
    Tp mmg WFH memaksa jd lebih kreatif sih

    Si kakak aja bolak balik nyobain resep baru di dapur

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah, banyak kegiatan poitif yang bisa dilakukan selama #dirumahaja saat pandemi covid ini, sehingga anak-anak bisa ttap enjoy dan tetap ceria.

    Saya juga ingin bikin konten yutup, apa daya anak-anak tdk tertarik direkam.

    ReplyDelete
  17. Jav suka bikin konten buat Youtube, tapi enggak semangat belajar ngeditnya... Bundanya juga males ngeditin, huhuhu...
    Jadi pingin main puzzle juga...

    ReplyDelete
  18. Overall sama sih kegiatannya sama aku selama pandemi ini. Aku skrg jd sering memasak, baca buku, menulis organic. Apa ajalah yg penting gak bikin pikiran stress :))

    ReplyDelete
  19. Banyak hal kegiatan yang bisa di lakukan ya kak walau ada Corona ini ..seneng deh ya jadinya....

    ReplyDelete
  20. Sebenarnya banyak juga kegiatan yang bisa kita lakukan selama pandemi ya, Mbak. Kegiatan saya juga hampir sama dengan yang tercantum di atas, tambahannya jadi ada waktu banyak untuk beres-beres rumah dan mengubah tata letak perabotan

    ReplyDelete
  21. Nonton drakor tuh aku banget, apalagi kalau pas lagi suntuk gitu. Sekarang juga banyak drakor baru yang seru. Wah, kegiatan nailah seru-seru ya dan sehat pula

    ReplyDelete
  22. Sama Aja kak kegiatan paling disambi foto2 dirumah klo gak berkebun jd sering bngt masak cemilan juga

    ReplyDelete
  23. sungguh 10 kegiatan yang berfaedah mba wkwk aku jadi malu ya kalau di rumah cuman bisa jadi wasit bersuara sopran karena ga punya peluit, anak2ku entah kenapa intensitas ributnya jadi meningkat tajam huhuhu

    ReplyDelete
  24. Aku uda gapernah olahraga, huhu...sedih banget.
    Tiap 2 hari sekali bebersih rumah, anak dan suami juga harus turut membantu.
    Jadi pandemi ini sungguh merekatkan psikologis kami, suami-istri, orangtua dan anak.

    ReplyDelete
  25. Enak banget ada temennya, lah ku ini gimana di kosan sendiri, udah gitu bener-bener dijaga ga boleh keluar kemana-mana, untungnya kampus masih mau memberi jatah ehehe karena susah keluar cari makan, uang sih ada

    ReplyDelete
  26. Selama stay di rumah aja ternyata banyak hal yang bisa dilakukan, terutama bonding dengan keluarga. Ets satu lg yg gak bisa terlewatkan bagi mamak2, meningkatkan skill memasak

    ReplyDelete
  27. Aku pun ruame anak Dew wkwk tahu sendiri deh ya ada 4. Sungguh kadang aku merasa capek ngomel karena ulah mereka yang nano nano hahaha. Begitulah hidup..moga pandemi berlalu ya

    ReplyDelete
  28. pinternya nailahh, bisa bercerita bagus begini
    aku dirumah nggak beda jauh sama nailah, masak-masak cobain menu kekinian, ikut kelas online, lumayan banget. jadi penasaran sama cerita nailah selanjutnya

    ReplyDelete
  29. Kalau saya, tambah beres-beres rumah. Setelah di rumah terus, baru nyadar banyak barang yang sebetulnya nggak kepakai dan memenuhi tempat.

    ReplyDelete
  30. Woww, aku baru liat puzzle 500 keping. Beli dimana ya Mba? Online kah? Mau nyari untuk anak-anak, mereka suka puzzle

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Terlanjur Betah di Perpustakaan Cinta Baca di Bogor