Menyiapkan Tabungan Anak untuk Kebutuhan Pendidikan di Masa Depan - Small Things, Kecil Tapi Penting

Menyiapkan Tabungan Anak untuk Kebutuhan Pendidikan di Masa Depan


Tabungan anak harus dipersiapkan sejak dini agar buah hati lebih terjamin di masa depan khususnya masalah finansial.

Dear Temans,
Sebentar lagi tahun ajaran baru sekolah tiba. Ada yang putra-putrinya mau masuk sekolah atau kuliah? Tentu saja, sejak jauh hari sudah harus kita siapkan dana untuk biaya pendidikan mereka.
Menyiapkan Tabungan Anak untuk Kebutuhan Pendidikan
Menyiapkan Tabungan Anak untuk
 Kebutuhan Pendidikan
Kemarin, aku dan Mama Moza mencari informasi penerimaan siswa baru di sebuah SMP Islam Plus Ungaran.
Alhamdulillah, biayanya cukup terjangkau untuk kantong kami. Jadi, setelah aku dan suami berdiskusi dengan Nailah, akhirnya kami memutuskan untuk menyekolahkannya di sana.
Syukurlah, sejak Nailah dan Aldebaran lahir, kami sudah mulai menabung untuk biaya pendidikan mereka. Jadi, saat dananya dibutuhkan kami tidak pusing lagi mencari dananya.
Ya, Menjadi seorang orang tua tidak mudah. Kita harus menyiapkan banyak hal untuk anak mulai dari pakaian, makanan bergizi, rumah yang layak, sampai tabungan pendidikan anak untuk masa depannya. 
Menyiapkan Tabungan Anak untuk Kebutuhan Pendidikan
Rencanakan lebih dahulu

Tabungan anak digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan khususnya dalam hal biaya pendidikan yang cukup mahal setiap tahunn.
Mengingat berbagai jenis biaya untuk anak pasti menanjak di masa depan, ada baiknya kita menyiapkan tabungan anak sejak dini. Ayah dan Bunda dapat melakukan beberapa tips di bawah ini:
1. Merencanakan Pendidikan Anak
Setiap orang tua pasti ingin anaknya bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang sangat tinggi dan sukses. 
Namun, untuk bisa melakukan hal ini perencanaan yang matang harus dilakukan sejak awal. Apalagi kalau orang tua belum memiliki penghasilan tetap dan cukup. 

Menyiapkan Tabungan Anak untuk Kebutuhan Pendidikan
Anak butuh pendidikan layak untuk masa depan
Rencanakan pendidikan anak atau kebutuhan terdekatnya dahulu. Dari perencanaan tersebut, kita berusaha untuk mencukupi apa yang dibutuhkan. Selanjutnya naikkan kebutuhan itu perlahan-lahan agar tidak mengalami stagnan.
2. Mengalokasikan Dana secara Bertahap
Alokasikan dana secara bertahap sesuai dengan kebutuhan anak. Biasanya dana akan naik seiring dengan berjalannya waktu dan pendidikan anak. 
Jangan lupa, inflasi yang mengancam dana pendidikan anak kita harus diperhitungkan. Hal ini harus diperhatikan dengan baik agar tabungan bertambah sesuai dengan jumlah yang kelak dibutuhkan.
3. Memilih Alternatif Tabungan
Tabungan yang dipilih bisa saja dalam bentuk tabungan uang yang dilakukan di bank konvensional atau syariah. Walaupun sering dibahas jika tabungan konvensional akan kalah dari tingginya inflasi setiap tahun. 

Menyiapkan Tabungan Anak untuk Kebutuhan Pendidikan
Siapkan investasi untuk masa depan anak

Selain itu,  kita bisa mencoba jenis lain seperti tabungan berjangka, deposito, atau tabungan emas yaitu tabungan di Pegadaian tapi berupa logam mulia. Jangan lupa, Menabunglah di lembaga keuangan yang terpercaya. 
4. Mencoba  Berinvestasi
Kebutuhan anak di masa depan sangat besar. Kalau hanya menabung saja, uang yang dipersiapkan tidak akan bertambah. 
Oleh karena itu, kita disarankan untuk belajar berinvestasi. Investasi banyak jenisnya dan bisa kita pelajari satu-persatu jenis dan faktor resikonya. 
Diantara jenis investasi ada investasi logam mulia, reksa dana, properti hingga saham. Untuk produk investasinya biasanya kita pilih berdasarkan dana yang kita miliki serta faktor resiko yang bisa kita hadapi. 
Menyiapkan Tabungan Anak untuk Kebutuhan Pendidikan
Pilih sekolah yang sesuai kebutuhan anak
Selain itu, kita bisa juga berinvestasi di platform investasi di aplikasi ponsel. Sebelumnya, Pilih platform investasi yang cocok apakah jenis konvensional atau yang berbasis syariah seperti Qazwa.
Qazwa  mempertemukan antara pemilik modal dan mereka yang membutuhkan modal. Modal yang masuk akan dikelola secara Islami dan tidak berpotensi riba. Kalau masih ragu berinvestasi, coba lakukan dengan modal kecil dahulu. Mulai dari Rp5.000 saja kita bisa mendapatkan keuntungan maksimal 24% per tahun.
Menyiapkan Tabungan Anak untuk Kebutuhan Pendidikan
Libatkan anak memilih sekolah 
Investasi yang dilakukan di Qazwa juga tidak sembarangan. Semua diawasi dengan baik untuk meminimalkan terjadinya penipuan atau hal lain yang membuat pemilik dan penerima modal dirugikan.
Nah, itulah beberapa hal yang harus dilakukan untuk mempersiapkan tabungan anak.  Kita bisa memulainya dengan menyimpan uang di bank atau melakukan investasi secara syariah di Qazwa. 
Mari, mulai hijrah finansial bersama Qazwa melalui pembiayaan syariah, untuk mencapai tujuan finansial keluarga, salah satunya mengumpulkan biaya pendidikan anak. Siap berinvestasi, Temans?

Foto: pixabay.com

28 comments:

  1. Walau belum berkeluarga, ini jadi reminder aku mba buat nyiapin tabungan pendidikan buat anakku kelak. Nggak kebayang deh biaya sekolah jaman anakku nanti, mihil pastii hahaha!

    ReplyDelete
  2. Semua diawasi ini maksudnya diawasi oleh OJK kah mbak?
    Iya nih buat tabungan pendidikan anak kami termasuk yang terlambat buat planning, baru bikin akhir2 ini tapi ya itu sekadara ada tabungan konvensional. Kyknya strategiku perlu kuganti ya biar gk kena inflasi hehe

    ReplyDelete
  3. jaman skr penting banget buat nyiapin dana pendidikan. apalagi buat uang pangkal masuk sekolah. duh jumlahnya ga sedikit dan bisa ngagetin anggaran rumah tangga.
    untung skr bisa investasi dana pendidikan via Qazra. pendanaan syariah dan Insha Allah bikin tenang.

    ReplyDelete
  4. Asyik nih Mba kalo ada platform investment kayak gini.
    Soale pendidikan anak tuh menyedot budget yg mayaaann banget.
    Di Sby, tuh, kalo mau nyekolahin ke SMP Islam fave, kudu siapin 100 juta utk 3 tahun
    Hiks hikkksss

    ReplyDelete
  5. Berinvestasi untuk pendidikan di jaman now udah menjadi kebutuhan ya, huhuuu secara seklah anak tuh mihil terutama ini itunya hihiiii..
    Semoga makin terbukakan pemikiran masyarakat tentang pentingnya berinvest untuk pendidikan anak.

    ReplyDelete
  6. Qazwa ini sudah terdaftar di OJK ya Dew? Tenang hati kalau sudah terdaftar gitu, jadi kan kita udah percaya sepenuh hati. Memang nih, dana pendidikan ini harus benar-benar dipikirkan demi masa depan anak-anak ya.

    ReplyDelete
  7. bang bing bung kita ke bank yuuuk... eh bank nya virtual yoooo sekarang!

    ReplyDelete
  8. Wah, investasi semakin praktis dengan adanya aplikasi qazwa ya, syariah pula...

    ReplyDelete
  9. Ketika baru punya anak, yang langsung terpikirkan oleh suami saya memang dana pendidikan. Ya abisnya biasa pendidikan bisa naik terus setiap tahunnya.

    ReplyDelete
  10. Waah kebetulan banget nih saya baru akan mempersiapkan dana pendidikan untuk anak saya Mbak. Dari artikel ini saya jadi semakin paham dan yakin untuk mempersiapkan dana pendidikan anak di Qazwa

    ReplyDelete
  11. Menurutku menyiapkan tabungan untuk pendidikan sangat penting banget, mengingat sekarang biaya sekolah anak itu wow banget. Aku mau baca-baca dulu tentang Qazwa ini.

    ReplyDelete
  12. Sebenernya berinvestasi cocok banget lho buat mempersiapkan biaya pendidikan anak, tapi menurutku itu untuk rencana jangka panjang, misalnya pas anak baru lahir atau masih batita, tapi memang mengingat biaya pendidikan makin lama makin selangit sudah saatnya orangtua mulai mempersiapkan tabungan anak untuk bekal pendidikannya nanti, tentunya sesuai kemampuan orangtua.

    ReplyDelete
  13. Dana pendidikan anak memang perlu disiapkan sejak dini. Iya, kalau mengingat inflasi, menabung saja rasanya tidak cukup. Karena nilai mata uang makin ke depan berbeda. Bisa jadi tahun ini 100rb bisa buat bayar SPP, 5 thn ke depan, yang jelas sudah naik. Belum kebutuhan lainnya.

    Saat ini kita memang perlu berinvestasi untuk jangka panjang.

    ReplyDelete
  14. Setuju, tabungan pendidikan anak perlu disiapkan sejak dini. Kalau ada Qazwa bisa jadi pilihan nih , karena syariah hukumnya, tenang deh hati

    ReplyDelete
  15. Ternyata cukup dengan menggunakan Qazwa mampu mempertemukan pemilik modal dan mempertemukan yang membuutuhkan modal untuk masa depan anak-anak,, keren banget

    ReplyDelete
  16. Wah, baru tahu dengan Qazwa ini. Menarik ya. Bisa mulai dari 5 ribu rupiah. Jadi kepengen tahu lebih lanjut. Ceki-ceki ke tekapeee...

    ReplyDelete
  17. Anak saya tahun ini mau masuk kuliah. Biayanya gak sedikit.
    Memang harus dipersiapkan dana pendidikan untuk masa depannya.

    ReplyDelete
  18. Anak saya tahun ini mau masuk kuliah. Memang tenang kalau sudah ada dana pendidikan ya..karena biayanya lumayan besar

    ReplyDelete
  19. Jadi tertarik buat mencoba Qazwa. Pas banget lagi Naning buat sekolah Sierra anak saya. Btw, apakah sistem ini diawasi oleh OJK juga Mbak?

    ReplyDelete
  20. Aku inget banget saat pertama kali ikut investasi dana pendidikan untuk anak pertama. Memang terasa berbeda ketika kita sudah merencanakan sesuatu dengan segal sesuatu yang "tergantung rejekinya nanti..."
    HIhii...semoga semakin mantap berinvestasi.

    ReplyDelete
  21. Aih saya baru tahu nih kalau ada yang namanya pembiayaan syariah. Ntar deh coba kepoin lebih banyak lagi tentang Qazwa. Terima kasih sharingnya ya mbak.

    ReplyDelete
  22. mikirin dana pendidikan ini yaa bikin terkezuuut karena biaya sekolah swasta di Jakarta itu angkanya WOW banget! maunya sih sekolah negeri aja supaya gratis, hehe. Tapi tetap perlu siapkan dana pendidikan sejak dini karena biaya pendidikan gak cuma SPP. Ada les, ekskul, field trip, dsb.

    ReplyDelete
  23. Wah aku tertarik nih sama Qazwa ini. Lagi nyari platform investasi berbasih syariah. Selama ini cuman nabung emas aja buat tabungan sekolah bocah2

    ReplyDelete
  24. investasi bisa mulai Rp 5.000, mbak? Beneran nih? aku mau coba ah. Lagi minat belajar investasi tapi masih rada takut untuk invest dalam jumlah yang terlalu besar.

    ReplyDelete
  25. perlu pembagian dana agar nantinya tak mengganggu lainnya. untuk persiapan biaya pendidikan anak pun kami memakai rekening khusus yg gak boleh diotak atik

    ReplyDelete
  26. Insyallah lg nabung juga nih buat bekal kuliah anak2, walaupun banyak godaannya heheh. Sy nabung dlk bentuk emas, godaannya digadai lagi d gadai lagi krn BU hehehe

    ReplyDelete
  27. Hari gini biaya masuk sekolah swasta rata-rata sudah selangit. Investasi sejak dini melalui Qazwa ide bagus juga nampaknya:)

    ReplyDelete
  28. Jaman sekarang biaya pendidikan sangat tinggi, harus mulai nabung.

    ReplyDelete

Recent

recentposts