Dibalik Kisah Penulisan Cerpen Nailah untuk FL2N 2019 - Small Things, Kecil Tapi Penting

Dibalik Kisah Penulisan Cerpen Nailah untuk FL2N 2019

Dear Temans,

Pada tanggal 25-29 Juli 2019 diadakan Festival dan Lomba Literasi Nasional Tingkat SD di Tangerang, Jawa Barat. Pesertanya sekitar 170 siswa SD dari seluruh Indonesia. Peserta terpilih dari 5000an naskah yang masuk ke situs Kemdikbud. 

ASUS VivoBook Ultra A412
Laptop Idaman Nailah ASUS VivoBook

Alhamdulillah, Nailah berhasil lolos menjadi finalis Lomba Cerpen. Tahun ini, Kabupaten Semarang berhasil mengirimkan empat siswi untuk mewakili Kabupaten Semarang di ajang nasional tahunan ini.

Persiapan Mengikuti Seleksi FL2N 2019

Perjuangan Kak Nai cukup mengharu-biru. Saat tahu ada pengumuman seleksi FL2N 2019, aku langsung sigap mencatat persyaratannya. Terutama tema Lomba Cerpen yaitu Semangat Belajar Hal Baru Apalagi, Ini adalah kesempatan terakhir Kak Nai ikut serta karena ia sudah kelas 6. Aku ingin ia merasakan kegembiraan berkumpul dengan teman-teman yang memiliki hobi sama. Agar semakin semangat berkarya. 

Dibalik Penulisan Cerpen Aku, Malala & Bahasa Inggris

Nailah pun menyiapkan diri. Kupersilakan ia mencari ide seputar belajar hal baru. Ia lalu cerita ingin menulis cerpen tentang anak yang tidak bisa berbahasa Inggris dan berusaha agar akhirnya bisa.

Nailah kemudian menemukan profil tentang Malala Yousafzai dari Afganistan di Majalah Bobo dan ia kagum sekali pada perjuangan Malala memberantas buta huruf pada anak-anak sebangsanya. Nailah pun memasukkan Malala menjadi orang yang dikagumi tokoh aku dalam cerpennya. 

Menulis Cerpen Bermodal Ponsel

Saat itu, laptopku sedang rusak jadi ia mengetik ceritanya di ponselku. Aku berusaha menyemangatinya biar bisa menulis walau dengan peralatan seadanya. Itu pun cukup lama prosesnya karena Nailah banyak kegiatan lain dan tugas sekolah. Setelah selesai, aku membantunya mengedit tanda baca yang kurang tepat. 

ASUS VivoBook Ultra A412
Tim Kabupaten Semarang 

Setelah cerpennya selesai, aku mengirimkannya lewat situs Kemdikbud pada hari terakhir. Aku baru sempat mengurus segala persyaratan lomba setelah aku pulang dari luar kota untuk menghadiri acara blogger. Alhamdulillah, akhirnya terkirim juga. Di hari terakhir, syukurlah! Hehe.

Tak disangka, cerpen sederhana Nailah memikat juri dan ia terpilih bersama tiga orang temannya dari Kabupaten Semarang untuk berangkat ke Tangerang naik pesawat. Hore! Alhamdulillah, bahagia melihat binar-binar gembira dimatanya. Pendamping mereka adalah Kak Dian A. Praptiwi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang.  

Hore-Hore Ikut FL2N Tingkat SD 2019

Kontingen Jawa Tengah bertolak ke Jakarta. Sekitar 44 siswa-siswi dari berbagai daerah di Jateng menjadi perwakilan Jateng di ajang FL2N tahun ini. 

Berjuang di FL2N 2019

Berbagai rangkaian acara menarik para peserta FL2N 2019 ikuti diantaranya acara pembukaan FL2N dan Festival Literasi Sekolah di Aula Insan Berprestasi Kemdikbud Jakarta, Seminar Anti Narkoba bersama Kapten Benn dan BNN, hingga acara piknik di Museum Indonesia dan Skyworld di TMII Jakarta. Seru!

Impian Menghadiahi Nailah Laptop ASUS

Bahagianya, Nailah bisa berprestasi lewat hobinya menulis. Semoga ia bisa lebih semangat berkarya. Semoga Kak Nailah bisa menerbitkan buku solo di Penerbit Dar! Mizan.

Awal tahun, ia mengirimkan naskah bukunya tapi belum berhasil lolos. Bulan lalu, ia kembali mengirimkan naskah novelnya ke redaksi KKPK di Bandung. Semoga kali ini berjodoh ya Kak Nai, aamiin. 

ASUS VivoBook Ultra A412

Ya, Aku punya keinginan untuk membelikan Nailah laptop untuk ia pakai menulis dan beraktivitas. Kasihan, selama ini ia nebeng laptopku yang jadul, bahkan sekarang terpaksa menulis naskahnya di ponsel. Tapi, anak itu tidak mengeluh sedikitpun. Walaupun pasti jari-jemari dan kedua matanya lelah menghadapi layar ponsel seimut itu. 

ASUS Blogger Gathering Semarang

Sabtu lalu, (28/09), Kota Semarang kedatangan tamu istimewa yaitu para kru ASUS untuk membahas laptop terbaru dari ASUS yaitu lini VivoBook. Lini VivoBook adalah lini produk laptop ASUS untuk segmen anak muda yang aktif dan produktif. Alhamdulillah, bahagia bisa ketemu Mas Firman, Mas Danu, Mbak Marisa dan Mbak Oline lagi. 

ASUS VivoBook Ultra A412
Blogger Gathering ASUS Semarang 

Pucuk dicinta ulam tiba.
Langsung deh tergiur untuk tahu spesifikasinya lebih dalam karena aku sedang menabung untuk membelikan Nailah laptop baru. Sebenarnya bingung, laptop apa ya yang bobotnya ringan, performanya keren untuk Nailah? 

Selain menulis, ia dan Aldebaran, adiknya suka menonton video di YouTube, juga suka bermain video game, mengedit gambar dan foto jepretan mereka. Ya, namanya saja anak zaman now. Lebih kreatif memanfaatkan teknologi yang ada.  

Pertama lihat tampilan laptop ini saat acara peluncurannya di Jakarta. Lini VivoBook selalu tampil dengan penampilan produk yang segar dan berwarna khas anak muda. Laptop terbaru lini VivoBook ini adalah VivoBook Ultra A412. Alhamdulillah, aku sudah menjajalnya langsung saat acara peluncurannya. Wow, unyu banget penampakannya!

Varian ASUS VivoBook Ultra A412

Ya, walaupun sekarang banyak produsen laptop yang menawarkan produk untuk anak muda generasi milenial, ASUS tetap percaya diri dengan produk terbarunya yang menyasar anak muda. 

ASUS memperkenalkan VivoBook Ultra A412, ultrabook ringkas yang tetap hadir dengan performa kencang.  VivoBook Ultra A412 juga hadir dalam empat pilihan varian warna unik yang sangat cocok untuk pengguna muda. Salah satunya adalah Peacock Blue.

Laptop ASUS yang unyu untuk anak muda 

Kadang kita bingung dengan tipe laptop ASUS yang akan dibeli. Karena banyaknya tipe yang dikeluarkan ASUS. Tenang, pilih saja laptop yang sesuai dana dan kebutuhan kita Katanya, secara fisik VivoBook Ultra mirip dengan kakaknya yaitu VivoBook S430 yang diluncurkan tahun lalu. Kesamaannya, menggunakan layar 14 inci dengan teknologi NanoEdge Display. 

Laptop Cabe Rawit, Imut Tapi Powerful

Tahu tidak, kalau ASUS VivoBook Ultra A412 ini memiliki gelar khusus lho yaitu The World Smallest Colourful 14 Inch Notebook, aduh gelarnya ternyata panjang banget ya si Mungil ini! Haha. Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Sansekerta sih, laptop ini punya gelar laptop 14 inci terkecil dan paling berwarna di dunia. Wow.

Laptop 14 inci rasa 13 inci

Padahal kita tahu laptop 14 inci termasuk laptop yang berukuran besar dan untuk mengangkutnya kudu pakai ransel khusus. Duh, nggak stylish banget sih! #TimTasJinjing. 

Fitur NanoEdge Display 

Tapi, ASUS Ultra VivoBook A412 bisa meraih gelar ini berkat teknologi NanoEdge Display. Yang memungkinkan laptop ini punya bezel tipis dan ramping yaitu 5.7 mm! Sehingga dimensi bodinya berukuran panjang 32 cm dan lebar 21 cm. Benar banget lho, kalau dibandingkan dengan laptop 14 inci dari brand lain.

ASUS VivoBook Ultra A412
Tampilannya tipis

Ya, Laptop ini bahkan lebih kecil dibandingkan VivoBook S430. So, laptop 14 inci ini memang memiliki ukuran terkecil. Sekilas terlihat seperti ultrabook dengan layar 13 inci. Keren banget. 

Berkat ukurannya yang kecil pula, laptop ini juga ringkas untuk dibawa kemanapun kita beraktivitas. Beratnya juga hanya 1.5 kg, tidak terlalu berat untuk dibawa di tas cantik kita, bisa dimasukkan ke Tote bag, lho, hehe. Dadah dadah pada ransel gagah! Naillah bisa tetap tampil modis saat membawa laptop ini, ya. 

ASUS VivoBook Ultra A412
Ringan dijinjing

Main Spec.
ASUS VivoBook Ultra A412F
CPU
Intel Core i3-8145U Processor
Intel Core i5-8265U Processor
Intel Core i7-8565U Processor
Operating System
Windows 10
Memory
4GB DDR4 RAM
8GB DDR4 RAM
Storage
512GB M.2 PCIe Gen3X2 NVME SSD
Display
14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare, NTSC 45%
Graphics
NVIDIA GeForce MX250 with 2GB GDDR5 VRAM
Integrated Intel HD Graphics 620   
Input/Output
1x USB 3.1 (Gen1) Type-C, 1x USB 3.1 (Gen1) Type-A, 1x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI, 1x Audio Jack, 1x MicroSD card reader
Camera
HD Web Camera
Connectivity
Dual-band 802.11ac Wi-Fi (2x2), Bluetooth 4.2
Audio
Sonic Master audio, Array Microphone
Battery
37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion Battery
Dimension 
32.2(W) x 21.2(D) x 1.90 ~ 1.95 (H) cm
Weight
1.5Kg
Colors
Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue, Coral Crush
Price
Start from Rp7.599.000
Warranty
2 tahun garansi global


Fitur Desain ErgoLift

Dengan teknologi Desain ErgoLift, memungkinkan bodi laptop di bagian kibor dapat terangkat dua derajat. Fungsinya agar tangan kita lebih nyaman mengetik dan menggunakan laptop dibandingkan kibor standar laptop yang lurus. Selain itu, dengan teknologi ini aliran udara makin lancar sehingga laptop tidak terganggu panas. 

ASUS VivoBook Ultra A412


Fitur Finger Print Terintegrasi 
Windows Hello

Oh iya, laptop ini juga sudah dilengkapi finger print atau pemindai jari, lho jadi lebih aman untuk melindungi dokumen dan foto yang kita miliki dari tangan jahil. Fitur ini terintegrasi dengan Windows Hello.

ASUS VivoBook Ultra A412
Windows Hello

Hal ini membuat kita bisa login ke akun Windows 10 tanpa perlu mengetikkan password lagi. Jadi lebih mudah sekaligus aman, ya! Terus, Baterainya juga cukup tangguh untuk penggunaan standar selama 6 jam. 

Fitur Grafis Nan Keren

Laptop ini memiliki kemampuan grafis yang keren karena dilengkapi chip grafis NVIDIA GeForce MX250 dan ditenagai VRAN GDDR5 sebesar 2GB. 

ASUS VivoBook Ultra A412

Dengan teknologi tersebut, laptop ini dapat mengerjakan tugas grafis seperti mengedit video, membuat animasi, dan kegiatan lainnya. Hm, jadi penasaran dengan harganya ya. Laptop unyu ini dibanderol mulai Rp7.599.000,- jadi sudah siap untuk membeli dan menjajal keandalannya? 

Powerful Connectivity

VivoBook Ultra A412 ini dilengkapi beragam port untuk konektivitas yang prima. Mulai dari USB Type-A, USB Type-C, HDMI dan Audio Port. 

Bismillah, Semoga Mama dapat rezeki bulan ini ya Kak, jadi kita beli laptop ASUS VivoBook Ultra A412 untuk jadi perlengkapan menulismu! Keep writing, keep inspiring ya cintaku! 



17 comments:

  1. Wah, kak Nailah hebaaat prestasinya. Mengikuti jejak mamanya nih. Cocok ya Ultrabook A412 buat kak Nailah.. ringan. Aku Juga mupeng nih. Biar kalau ke mana2 kudu bawa lappy plus gendong Affan nggak berat..

    ReplyDelete
  2. Like mother like daughter y mb...sukses buat nailah...smoga tercapai y mb laptop buat nailah

    ReplyDelete
  3. Unyu banget warnanya ya? Pengen deh yang warna merah. Udah unyu, spec nya ga kaleng . Kalaukaleng lagi. Kak Nai kira-kira suka yang warna apa?

    ReplyDelete
  4. Waah Kak Nai keren..mewarisi kejeniusan mamanya...aku amin kan ya supaya Mama bisa hadiahkan Laptop ASUS Vivobook Ultra A412 yang super kece ini buat kak Nai amin...

    ReplyDelete
  5. Kak Nai keren, deh, semoga terus produktif menulis, ya, dan dapat laptopnya, aamiin,

    ReplyDelete
  6. Selamat kakak nailah, semoga sukses terus nulisnya ya. Pengen juga nanti Aira kalau sudah besar belajar nulis. Skrg belajar abaca dulu :D

    ReplyDelete
  7. Emang produknya ASUS selalu jadi idaman ya mba Dew..keren2..

    ReplyDelete
  8. Nai mengikuti jejak Mama nya nih mbak, semoga makin semangat berkarya dengan VivoBook Ultra ini ya mbak. Semoga segera terkumpul duitnya untuk membeli vivobook kece ini, aku pun pengen juga beli ini

    ReplyDelete
  9. ini memang laptop idaman semuaaa ya mba.. dan bravoooo kak Nai..keren lhooo bias semangat menulis cerpen

    ReplyDelete
  10. Kak nai hebat banget si udah jago nulis aja kek bunda ya. Semoga dengan laptop baru jadi makin semangat nulis ya kak

    ReplyDelete
  11. Aamiin...semoga terkabul doa mama untuk mempersembahkan VivoBook A412 ini untuk Nailah ya. Agar Nailah makin semangat nih menulis ceritanya.

    ReplyDelete
  12. ASUS mah memang paling jadi laptop keluarga digital Indonesia. ASUS putih punya kakak sulung, bandel bener ni ngekor setiap kegiatan positifku.
    Alhamdulillah

    ReplyDelete
  13. Gara-gara baca ini jadi pengen ganti laptop padahal belum gajian hmmmmm
    keren sih laptop asus nya, harganya juga ga kalah keren hehehe

    ReplyDelete
  14. Mendoakan kebikan seorang bunda, aamiin. Moga terwujud ya Tetah.
    Aku juga kepengen punya asus vivobook moga kapan2 ada rejeki dapet. Entah dari lomba atau beli sendiri wkwkkw

    ReplyDelete
  15. Wah, powerful dan stylish ya mbak.... Sukak, pengin punya asus vivobook hehehehe, mantap euy

    ReplyDelete
  16. Nailah ngikutin jejak bundanya ya..
    Anakku mau dong..biar ketularan kaya Nailah.
    Caranya gmn makdew?

    ReplyDelete
  17. tapi kok storagenya cuma 512 GB ya mbak, padahal aku mengharapkan bisa 1Tera gitu.

    ReplyDelete

Recent

recentposts