!-- Leverage Chaching Fixed --> Tak Sekadar Glowing, Perempuan Milenial Harus Melek Kosmetik Aman - Small Things, Kecil Tapi Penting

Tak Sekadar Glowing, Perempuan Milenial Harus Melek Kosmetik Aman


"Wah, muka kamu beneran glowing! Kirain editan Instagram!" Aku terperangah memeluk sahabatku yamg sudah lama tak bertemu. Sore itu, Kami janjian di sebuah kafe vintage Kota Lama.

Tips memilih kosmetik aman
Perempuan melek kosmetik aman


"Enak saja, Fitnah! Sudah dua bulan ini aku rajin perawatan. Muka jadi bersih," jawab Ellin bangga, manik matanya berbinar.
Sumpah, Wajahnya memang mulus dan berkilau kayak pantat bayi. Hihi.
"Yakin, skin carenya aman? Nanti mengandung umpan eh formalin!" ledekku, sedikit sirik. Ah, dasar perempuan.
"Ya iyalah. Aku beli skin care di toko langgananku, bukan kosmetik abal-abal!"


Aku mengangguk-angguk. Takjub pula ketika ia menyebutkan angka setengah juta untuk dua tube krim malam dan siang. Ada harga, ada rupa, betulkah?

Dunia kecantikan memang sedang booming saat ini. Apalagi dengan munculnya media sosial seperti Instagram dan YouTube.

Tips memilih kosmetik aman
Kosmetik aman untuk perempuan

Kesadaran para perempuan milenial untuk merawat diri agar tampil cantik dan sehat makin tinggi. Pilihan kosmetik dan perawatan kulit makin beragam baik buatan lokal maupun luar negeri. Kita bisa dengan mudah membeli produk yang diinginkan.

Tak hanya beli secara langsung  di toko sebelah, tapi juga di berbagai toko kosmetik online  baik melalui situs khusus, Instagram atau Facebook. Selain barang fashion seperti baju, sepatu dan tas, kosmetik juga termasuk yang laris dibeli secara online.
Tips memilih kosmetik aman
Perawatan diri penting agar tampil segar

Kita dengan mudah belajar tutorial make up dan perawatan kecantikan  dari YouTube dan media sosial lain. Para Beauty Vlogger menjadi selebriti baru. Sebut saja Suhay Salim, Rachel Goddard dan Abel Cantika menjadi panutan banyak perempuan untuk diikuti gaya make up-nya. Vlog tutorial make up mereka selalu ditunggu ratusan ribu pengikutnya.

Sekarang, Kita dengan mudah mendapat informasi ulasan lipstik dan kosmetik lainnya di blog para beauty blogger. Ada Alodita, Sasya Aile hingga Lizzie Parra yang memiliki merek kosmetik sendiri yaitu BLP.

Tips memilih kosmetik aman
Perempuan tak hanya cantik tapi juga sehat

Namun, semaraknya dunia kecantikan dan fashion tanah air belakangan  ini, ternyata tidak diikuti dengan meningkatnya pengetahuan para perempuan milenial tentang kosmetik aman.

Intip saja Instagram dan Facebook berseliweran berbagai iklan dan postingan artis yang mengendorse produk kosmetik dengan klaim bombastis, misalnya kulit putih seketika setelah memakai krim, atau langsing dan cantik setelah mengonsumsi obat pelangsing.

Sedihnya, produk itu laris dibeli para perempuan. Banyak yang tergiur iming-iming penjual online. Wow, pakai sihir apa bisa mengubah kulit sawo matang kamu menjadi putih ala Lisa dan Jennie anggota grup Blackpink dalam sekejap?

Tips memilih kosmetik aman
Berbagai merek kosmetik bisa didapat di pasaran 
Beberapa waktu lalu, kita terkejut mendengar berita merek kosmetik yang banyak diendorse artis dan selebgram ternyata adalah kosmetika oplosan berbahaya dan tentu saja tidak mempunyai izin dari BPOM. Nah, ayo ngaku, siapa yang pernah tergiur iklan kosmetik endorsan artis di Instagramnya? Padahal, mereka belum tentu pakai kosmetik yang diiklankan dan belum tentu tahu kandungan kosmetiknya. Duh.

Total sekitar 1600 jenis kosmetik ilegal dioplos di sebuah klinik kecantikan di Kediri, Jawa Timur (Tribunstyle.com, 07 Des 2018). Sejumlah artis dan selebgram dipanggil ke Polda Metro Jaya untuk memberikan kesaksian.

Nyaris bersamaan waktunya, BPOM Purwokerto menyita puluhan ribu kosmetik ilegal dari berbagai toko kosmetik di Purwokerto. Ada sekitar 17 ribu produk kecantikan baik produksi dalam dan luar negeri yang tidak memiliki izin edar (Republika.com, 10 Des 2018).


Tips memilih kosmetik aman
Jangan asal pilih kosmetik

Seram banget! Siapa saja yang membeli produk palsu itu? Tentu saja kita para perempuan! Untuk itulah, para perempuan milenial tak boleh sekadar cantik dan glowing, tapi juga harus memiliki pengetahuan tentang kosmetik yang aman untuk kita.

Karena kosmetik palsu, ilegal, belum memiliki ijin BPOM bisa mengandung bahan berbahaya untuk kesehatan misalnya merkuri, timbal, paraben, hidroquinon dan lainnya, zat berbahaya yang bisa mengakibatkan berbagai penyakit mulai dari alergi, infeksi, sakit ginjal, hingga kanker.  

Bagaimana memilih kosmetik yang aman ala perempuan zaman now?

Jangan Lupa CEK KLIK!

Dari awal sudah kusinggung tentang BPOM. Sebenarnya apa sih BPOM itu? BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan adalah lembaga negara yang mengurus tentang pengawasan keamanan makanan dan obat-obatan, termasuk kosmetik di Indonesia. Mereka aktif berkampanye tentang produk kosmetik yang aman untuk digunakan.

Tips memilih kosmetik aman
Cek KLIK

Salah satu cara untuk mengetahui keamanan kosmetik yang kamu beli adalah dengan CEK KLIK. Cek KLIK adalah empat langkah yang disarankan Badan POM untuk memeriksa keamanan obat, makanan serta kosmetik kamu.

Pertama, Cek Kemasan,
Kamu harus memeriksa kemasan kosmetik yang kamu beli dengan seksama. Adakah yang cacat, sobek, atau berlubang, sesuai tidak dengan kemasan asli kosmetiknya. Jangan dibeli jika kemasan kosmetik rusak!


Tips memilih kosmetik aman
Cek kemasan kosmetikmu

Kedua, Cek Label Kosmetik
Setelah mengecek kemasan, jangan lupa untuk memeriksa labelnya. Hal ini yang sering luput kita periksa, langsung pakai saja hehe. Label kosmetik biasanya  berisi nomor izin edar, kandungan atau komposisi produk, kode produksi, dan tanggal kedaluwarsa.

Jangan sampai kosmetik yang kita beli mengandung zat berbahaya seperti merkuri, paraben dan lainnya.

Tips memilih kosmetik aman
Cek label kosmetik sebelum dibeli

Ketiga, Cek Izin Edar
Setiap produk yang aman digunakan memiliki NIE atau nomor izin edar yang ditempel di label kemasan produk. NIE ini dikeluarkan oleh Badan POM. Jika produk sudah memiliki NIE berarti sudah diuji kandungannya di laboratorium BPOM dan aman untuk digunakan. Jadi, tak mungkin kosmetik berbahan merkuri bisa lolos uji BPOM.

Agar lebih yakin bahwa produk yang kita gunakan sudah memiliki label BPOM, kamu bisa mengeceknya di aplikasi atau website resmi BPOM.

Tips memilih kosmetik aman
Aplikasi Cek BPOM

Sekarang sudah ada aplikasinya lho namanya CEK BPOM yang bisa kamu unduh di Google Play Store atau cek website https://cekbpom.pom.go.id. Takutnya, produsen kosmetik abal-abal asal menempel label palsu untuk mengelabui konsumen. Nah, terdaftar nggak lipstik yang kamu pakai di BPOM?

Keempat, Cek Tanggal Kedaluwarsa
Ya, seperti makanan dan obat-obatan, kosmetik juga mempunyai tanggal kedaluwarsa. Manfaat dicantumkannya tanggal ini berarti kita tidak boleh menggunakan produk setelah tanggal kedaluwarsanya lewat. Jangan karena dibuang sayang, kita tetap memakainya padahal sudah tak layak pakai. Kalau muka kamu jadi ruam, bagaimana? Hiyy!

Beli Kosmetik di Toko Yang
Direkomendasikan

Untuk menghindari beli kosmetik abal-abal, sebaiknya kamu membeli kosmetik di toko yang banyak direkomendasikan teman dan handai taulan, baik itu toko offline atau online. Kamu juga bisa membeli produk kosmetik di gerai resmi suatu brand agar lebih terjamin.

Tips memilih kosmetik aman
Cantik memesona 

Seminggu lalu, aku main ke toko kosmetik dan menemukan merek kosmetik lokal dengan harga murah. Sepertinya produknya bagus. Tapi, karena khawatir dengan kualitas produknya, aku lalu mengecek NIE yang tertera di label kemasan di aplikasi CEK BPOM. Ternyata, produk yang dimaksud sudah terdaftar di BPOM. Langsung deh aku beli beberapa lipstik dan parfum tanpa ragu! Hehe.


Jangan Gampang Tergiur Harga Murah

Harga kosmetik memang tidak murah. Apalagi jika produk dari merek ternama. Tapi bukan berarti kosmetik murah kualitasnya jelek ya.

Tapi daripada menggunakan kosmetik mahal tapi palsu, lebih baik kita beralih menggunakan kosmetik produksi Indonesia yang berkualitas bagus. Selain lebih cocok untuk jenis kulit perempuan Indonesia, kosmetik produksi Indonesia biasanya harganya lebih terjangkau dan aman karena memiliki label BPOM. Cintai produk Indonesia! :)

Tips memilih kosmetik aman
Cek reaksi kulitmu setelah memakai kosmetik

Kita sering tergiur dengan merek kosmetik impor. Tapi, harganya biasanya mahal. Jadi, saat ada toko menawarkan produk dengan harga miring, kita langsung memborongnya. Hati-hati ya, karena jika harga murahnya keterlaluan, bisa jadi kosmetik itu palsu. Dan tentu saja berbahaya bagi kesehatan.

Ngeri kan kalau wajah kita malah bruntusan dan jerawatan karena pakai kosmetik abal-abal? Siapa tahu isinya mengandung merkuri atau zat berbahaya lainnya? Duh, mau cantik malah jadi penyakit!

Jika kamu menemukan kosmetik yang dicurigai palsu, kamu bisa melapor melalui hotline Halo BPOM 150533 atau aplikasi HALO BPOM.

Pilih Kosmetik Sesuai Jenis Kulit

Saat akan membeli kosmetik yang belum pernah kita coba, jangan lupa cari informasi tentang produknya dari blog para beauty blogger dan pramuniaganya. Galilah informasi sebanyak mungkin tentang produk, untuk jenis kulit apa, apakah sudah dites alergi dan lainnya.

Saat membeli, jangan lupa mencobanya di kulit, bisa di pergelangan tangan dan tunggu beberapa saat. Tak hanya untuk mengetahui warnanya, tapi juga untuk mengetahui apakah cocok di kulit, ada reaksi alergi seperti gatal atau kemerahan tidak? Jika ya, jangan dibeli!



Jika kamu baru pertama kali mencoba produk kosmetik, mungkin bisa membelinya dalam bentuk mini atau kemasan sampel. Jadi, jika ternyata kurang cocok, tidak terlalu nelangsa sudah menghabiskan banyak uang, hehe.

So, perempuan zaman now, harus jadi konsumen cerdas dan cerdas memilih kosmetik aman. Jangan gampang tergiur  dengan iklan krim dan kosmetik lain yang ditawarkan di media sosial. Apalagi dengan embel-embel putih instan, segera mulus dalam waktu 3 hari, dan lainnya.

Yang penting kita mensyukuri tubuh kita, sehat, dan bahagia itu lebih penting! Kecantikan akan terpancar dengan sendirinya. Percaya, deh!

Sumber Foto: Pixabay





32 comments:

  1. Bener harus hari hati memilah dan memilih kosmetik yang akan kita pakai dan setuju cek Klik sesuai BPOM biar makin aman pakai kosmetiknya :)

    ReplyDelete
  2. Keren oh mbak, iya. Sekarang kita harus waspada. Aku juga mulai berhati-hati apalagi skincare

    ReplyDelete
  3. Buat wajah emang ga boleh coba-coba ya, mbak. Tapi gimana nih cara mengetahui cocok tidaknya dengan kulit wajah

    ReplyDelete
  4. Saya juga nggak mau tergiur cream abal-abal yang iklannya seliweran di instagram. Ada check bpomnya itu yang paling penting. Atau langsung aja pilih brand lokal yang sudah terkenal merknya.

    ReplyDelete
  5. Tulisannya baguuuus...aaaah....musti banyak belajar lagi saiah....
    Kalau menyangkut soal kosmetik memang harus hati-hati, wajah kan aset penting juga, jadi kalau mau pesan galva bisa di saya. Eeh...
    wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  6. Mbakdedew...ini yang musti aku pelajari hihi...dunia kosmetik,terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  7. Dan jgn lupa juga kalo ada kosmetik mencurigakan langsung lapor ke halobpom. Pasti direspon 👌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, biar kapok ya, dan nggak jatuh korban..

      Delete
  8. Ya ampun Teh aku jujur ya, kadang ke goda sama embel-embel 3 hari wajah langsung cling putih berseri wkwwkk ternyata perlu waspada juga ya Teh. Untunglah kita bisa ngecek-ngecek ini menggunakan bpom sangat terbantu dong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk iya, aku juga kok, pengen mukaku mulus akutuh

      Delete
  9. Pokoknya kalau nggak ada BPOM dan label halalnya, harus lebih waspada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, takutnya bahan berbahaya shaay

      Delete
  10. aplikasi cekbpom sangat berguna banget yaa, aku udah downlod mba, kita bisa cek tidak hanya kosmetik tetapi food dari ukm juga yang sudah banyak dimana-mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makanan dan obat-obatan juga bisa dicek ya di aplikasi..

      Delete
  11. Kudu ati-ati sama produk kosmetik. Thanks infonya Mbakyu.

    ReplyDelete
  12. Betul sekali. Untuk cantik juga harus jadi konsumen cerdas ya

    ReplyDelete
  13. Bener juga yaa..harus paham, nggak asal beli.

    ReplyDelete
  14. Setuju.... cek ijin edar itu penting. Apalagi kalau nggak jelas merek-nya apa.

    ReplyDelete
  15. benar banget Mba, sekarang banyak kosmetik yang kaleng-kaleng.. harus hati-hati kita

    ReplyDelete
  16. Eh, baru tahu kalo bisa cek BPOM lewat aplikasi android mba. haha
    perlu ini buat eike yang suka beli produk kecantikan dari luar

    ReplyDelete
  17. Bukan cuma kosmetik menurutku, tetapi lebih ke memahami sensitifitas kulit kali yak namanya. Karena banyak yg mengalami, ketika kulit sensitif terhadap sesuatu bukan malah menghaluskan kulit namun malah memunculka benih jerawat 😂

    Pengalaman ketika gak cocok sama sabun wajah

    ReplyDelete
  18. Ya Allah..160 kosmetik ilegal?
    Ngeri y.
    Bener bgt.. Harus beli d tempat yg terpercaya

    ReplyDelete
  19. Benar sekali, apalagi dengan adanya endorsment dan iklan menarik ditambah diskon. Hal itu kadang membutakan, "mumpung diskon."
    Padahal kita perlu cross check lebih lanjut sebelum beli, supaya hasil juga memuaskan dan nggak nyesel.

    ReplyDelete
  20. Ngeri kalau dengar kosmetik palsu atua oplosan. Maksudnya pingin cantik malah...

    ReplyDelete
  21. Iya sekarang sudah banyak banget produk kosmetik yang tidak terdaftar di BPOM RI. Jadi kudu hati2 jangan asal terjebak harga murah.

    ReplyDelete
  22. Aku termasuk yang ga suka gonta ganti. Kek tipekal setia gitu. Lagipula. Soal harga ya rupa2 lah ya

    ReplyDelete
  23. wah bermanfaat sekali infonya, terima kasih mbak, aku jadi harus berhati-hati dalam memilih kosmetik unuk pria.

    ReplyDelete
  24. Keren dan bermanfaat infonya mbaq Dedew

    ReplyDelete
  25. Infonya keren dan bermanfaat mbaq Dedew

    ReplyDelete

Yang Sering Dibaca

Recent

recentposts