!-- Leverage Chaching Fixed --> KBA Sunter Jaya, Dari Daerah Rawan Narkoba, Menjadi Kampung Literasi Ramah Anak - Small Things, Kecil Tapi Penting

KBA Sunter Jaya, Dari Daerah Rawan Narkoba, Menjadi Kampung Literasi Ramah Anak

“Asyik, Kakak datang!”

“Hore, banyak buku baru!”

Belasan anak berlarian menyambut kakak-kakak yang membawa beberapa kardus bekas mi instan. Mata mereka berbinar, senyumnya merekah seakan baru saja menemukan harta karun.

Kampung Berseri Astra Sunter Jaya
Pojok Baca di Kampung Berseri Astra
 Sunter Jaya

Ada keramaian apa?

Aku melongok pada kedalaman kardus, benda apakah gerangan anggota mampu membuat mereka bersukacita? Olala, ternyata mereka kegirangan karena setumpuk buku cerita!


Berawal dari Keresahan Warga

Ya, anak-anak yang tinggal di pemukiman padat Sunter Jaya ini layaknya anak kecil biasa. Mereka suka berlarian, bermain dan saling bercanda. Yang berbeda adalah ketertarikan mereka yang tinggi pada buku-buku.

Disaat anak-anak lain terhipnotis gawai dan konsol game, mereka lebih dahaga untuk menyelami isi sebuah buku tentang satwa dengan gambar yang berwarna-warni. Mereka menyerap sebuah atlas dunia dan berimajinasi suatu hari akan terbang ke Paris dan Abu Dhabi.

Kampung Berseri Astra Sunter Jaya
Ibu-ibu pun ikutan membaca ya
Semuanya berawal dari keprihatinan Sri Hartaty, ibu tiga anak yang akrab disapa Tati dan para orangtua di lingkungan perkampungan Sunter Jaya. Sepulang sekolah, anak-anak bermain gawai tanpa diawasi.

Warnet atau warung internet menjadi tempat nongkrong favorit mereka untuk browsing dan main game online. Belum lagi yang nongkrong tidak jelas di pinggir jalan.

Belum lagi, wilayah Kelurahan Sunter Jaya, Jakarta Utara termasuk daerah rawan narkoba. Anak-anak dan remaja rentan menjadi target penyebaran narkoba. Hal ini sangat meresahkan warga Sunter Jaya.
Kampung Berseri Astra Sunter Jaya
Gerobak Buku yang unik 

Mendirikan Pojok Baca Sederhana

Apa yang harus dilakukan?
Mereka pun memutar otak. Tati yang telah dua tahun berkecimpung sebagai relawan ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) pun mendapat ide. Bagaimana jika mereka membuat taman bacaan yang menarik agar anak-anak suka membaca buku?

Buku adalah jendela ilmu.
Anak-anak akan mempunyai wawasan dan pengetahuan yang luas jika senang membaca buku. Walaupun berada dalam kondisi serba terbatas, buku akan menjadi kawan sejati.

KBA Astra Sunter Jaya Jakarta
Asan pengunjung tetap perpustakaan 

Atas inisiatif warga Kelurahan Sunter Jaya, mereka membangun Pojok Baca Tunas Harapan Bangsa dengan buku-buku yang menarik.  Tempatnya pun sederhana, menempati bagian rumah warga. Awalnya tentu tidak mudah mengajak anak-anak yang biasa nongkrong sesukanya untuk tertarik pada buku yang dipajang.

KBA Sunter Jaya Jakarta
Menarik sekali gerobak bukunya

Namun, Tati dan kawan-kawan berusaha menyodorkan buku yang kira-kira sesuai minat anak-anak usia sekolah dasar.

Semua Suka Membaca Buku

Buku tentang olahraga, sains, ilmu alam, otomotif serta buku cerita bergambar paling menarik perhatian mereka. Kisah jagoan dan cerita fantasi adalah kegemaran anak-anak. Pelan tapi pasti, mereka penasaran mengintip isi buku lalu tertarik membacanya. Tak hanya anak-anak, para ibu mereka juga akhirnya tertarik membaca buku.

Tak terkecuali, Asan seorang anak berkebutuhan khusus. Anak dengan down syndrome ini memiliki semangat belajar tinggi. Ia adalah pengunjung tetap dan paling rajin di Perpustakaan Sunter Jaya Berseri. Asan betah berlama-lama baca buku dan menulis. Keren banget, Asan!

Menjadi Kampung Berseri Astra

Ketika warga kampung bersemangat menggiatkan kegiatan literasi, Tati mendapat informasi tentang kegiatan CSR Astra. Ia lalu membuka website Astra untuk membaca persyaratannya.

Kampung Berseri Astra Sunter Jaya
Kegiatan PAUD yang semarak
Ada 4 pilar kontribusi sosial Astra yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan Kewirausahaan. Nah, untuk menjadi Kampung Berseri Astra, di daerah tersebut harus sudah melaksanakan aktifitas 4 pilar tersebut.

Tujuannya adalah Astra ingin memberikan bantuan untuk pengembangan dan kemandirian. Karena atas inisiatif sendiri, masyarakat sudah memulai dan bukan baru akan mulai atau masih rencana di awang-awang.

Karena bantuan yang sifatnya baru memulai, berapapun dana yang diberikan, cenderung akan selalu habis karena bukan didorong sikap inisiatif dan swadaya masyarakat itu sendiri.

Kampung Berseri Astra Sunter Jaya
Bikin pot bunga dari botol plastik bekas

Untuk itulah, Tati dan teman-teman mulai menyusun proposal dan menawarkannya pada PT. Astra International Tbk. Ia yakin dengan bergandeng tangan bersama Astra, impiannya untuk menjadikan wilayah Sunter Jaya lebih ramah anak dan nyaman ditinggali akan terwujud.

Alhamdulillah, tak disangka, pihak Astra menyambut gembira proposal yang ditawarkan Tati dan teman-teman aktivis Sunter Jaya. Pada tahun 2016, Sunter Jaya menjadi Kampung Berseri Astra Produktif.


Kampung Literasi Ramah Anak

Kampung Produktif adalah konsep kampung mandiri yang mampu menjadi pusat pembelajaran dan memenuhi kebutuhan sendiri melalui kegiatan produktif dan meningkatkan kualitas hidup di bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi.

Kampung Berseri Astra Sunter Jaya
Kerja bakti tak boleh bolos hehe

KBA Sunter Jaya Jakarta
Kebun sayur organik KBA Sunter Jaya

Sebagai daerah yang terbilang rawan, pengurus KBA menitikberatkan pada aspek pendidikan dan lingkungan. Hal ini untuk menepis gangguan dari pihak luar. Tapi, bukan berarti dua aspek lainnya yaitu kesehatan dan kewirausahaan terabaikan.

Para pengurus KBA Sunter Jaya dan warga masyarakat begitu bersemangat dan bahu-membahu membangun wilayahnya. Sudah ada delapan PAUD di Sunter Jaya dan mereka pun melakukan kegiatan bersama dengan pengurus KBA.
Kampung Berseri Astra Sunter Jaya
Sepanjang gang nampak asri dan teduh

Untuk kegiatan literasi, ada Pos Baca  yang diadakan rutin seminggu dua kali. Pos baca adalah sebuah acara bermain dan bersenang-senang dengan anak-anak.

Kegiatan Pos Baca diantaranya bernyanyi, membuat prakarya, mendongeng hingga menulis pengalaman sehari-hari di agenda. Tempatnya berpindah-pindah di tiga lokasi wilayah Sunter Jaya. Kegiatan ini sangat ditunggu oleh anak-anak.

Sedangkan anak-anak PAUD dikenalkan buku sejak dini lewat acara Wisata Literasi. Efeknya, anak-anak menjadi gemar membaca buku dan mulai tertarik untuk menulis. Sudah tahu kan, kegiatan membaca diikat dengan aktivitas menulis.

Kampung Berseri Astra Sunter Jaya
Menanam metode hidroponik

Gerobak Buku untuk anak-anak juga dibuatkan oleh Astra atas permintaan Tati karena menurut Tati taman bacaan mereka terlalu kecil untuk menampung  koleksi buku yang ada.

Tak hanya itu, ada pendampingan belajar juga untuk anak usia dini, SD & SMP. Ya, anak-anak di wilayah Sunter Jaya disibukkan dengan kegiatan positif dan bermanfaat sehingga celah dan keinginan untuk berbuat tidak baik dapat dicegah.

Kampung Berseri Astra Sunter Jaya
Cantik kan walau dari barang bekas

Gerakan Penghijauan
Yang Berkesinambungan

Lingkungan yang hijau dan rimbun tentu menyenangkan untuk ditinggali. Warga pun tentu lebih sehat karena menghirup udara bersih. Karena itulah, warga KBA Sunter Jaya giat menjaga lingkungan tempat tinggal mereka.

Tinggal di Jakarta, apalagi di perkampungan padat seperti Sunter Jaya memang terkadang terasa kurang nyaman. Polusi udara dan polusi suara mengganggu. Tapi, bukan berarti warga menyerah dengan keadaan.

Kampung Berseri Astra Sunter Jaya
Kebun sayur yang subur

Maka mereka mulai bergotong-royong menghijaukan lingkungan kampung. Lahan terbatas dan sempit, bukan masalah karena mereka bisa memanfaatkan apa yang ada untuk bercocok tanam. Misalnya dengan metode hidroponik yang tidak butuh lahan luas untuk menanam.

Tak hanya menanam tanaman hias, warga juga menanam sayuran secara hidroponik. Pojok halaman atau tepi gang bisa dimanfaatkan untuk meletakkan tanaman.

Kampung Berseri Astra Sunter Jaya
Media komposter untuk mengolah limbah

Pupuk cair botolan siap jual

Warga Kelurahan Sunter Jaya juga berkreasi, memanfaatkan botol plastik dan kemasan plastik bekas minyak goreng untuk dijadikan pot-pot yang menghiasi kampung. Mereka juga memiliki kebun kecil yang ditanami berbagai jenis sayuran.

Sepanjang gang menuju rumah penduduk ditanami pohon dan tanaman. Kerja bakti menjadi hal rutin dilakukan.

Perlahan, wajah kampung yang gersang berubah menjadi hijau, asri dan lebih sejuk. Coba saja berjalan di sepanjang gang di  Kampung Berseri Astra Sunter Jaya. Rasanya teduh dan hijau. Tentu saja nyaman tinggal di daerah ini.

Kampung Ramah Anak 

Mengelola sampah biasanya menjadi masalah klasik bagi pemukiman penduduk. Tingginya volume sampah menjadi problem.  Warga dapat berperan aktif untuk mengurangi efek negatif sampah. Diantaranya dengan memisahkan sampah organik dan non organik.

Warga Sunter Jaya pun melakukannya. Mereka belajar memisahkan kedua jenis sampah dan mengumpulkan sampah organik seperti dedaunan, ranting pohon dan sisa sayuran di dapur untuk dimasukkan ke dalam media komposter.

Komposter adalah alat untuk membuat pupuk cair. Mereka membuat sendiri komposter sederhana dari ember plastik, tong atau ember bekas cat. Ukuran komposter dapat disesuaikan dengan limbah yang dikeluarkan. Metode pengolahan limbah ini diajarkan oleh penggiat lingkungan di RW 01 yaitu Pak Tarno.

Anak bebas bermain dengan nyaman

Sampah organik ini kemudian diolah hingga akhirnya menjadi pupuk cair. Hebat kan memanfaatkan limbah dan barang bekas menjadi barang berguna dan bernilai ekonomi.

Hasilnya, lingkungan juga lebih bersih dan sehat karena masalah sampah teratasi. Agar kesehatan warga terjaga, pengurus KBA juga rutin mengajak warga senam bersama.

Kampung Berseri Astra Produktif Sunter Jaya
Kegiatan tujuh belasan warga

Kegiatan Kewirausahaan

Saat ini, warga Sunter Jaya yang kreatif dan inovatif sedang giat belajar membuat berbagai jenis makanan dan minuman. Mereka membuat berbagai jenis barang untuk dijual. Hal ini tentu saja didukung penuh oleh Astra.

Berbagai produk yang warga buat selain pupuk cair adalah bolu kukus ketan hitam dan roti gabin tape, dan serta minuman sehat khas Betawi yang terbuat dari rempah-rempah, bir pletok yang diajarkan oleh warga bernama Mbak Rom. Beliau pula yang sukarela meminjamkan bagian rumahnya untuk pojok baca. Masya Allah, Keren ya!  

Sambil berproduksi, warga juga belajar memasarkan produk buatan rumah tersebut dengan bimbingan dari Astra. Hasil penjualannya digunakan untuk membeli buku-buku, menambah koleksi Pojok Baca Tunas Harapan Bangsa.

Kampung Berseri Astra Produktif Sunter Jaya
Kekompakan warga Sunter Jaya

“Masya Allah, keren banget sih, Mbak Tati!”

“Sebenarnya yang keren para ibu-ibu warga kampung ini, Mbak Dewi. Mereka punya  semangat tinggi untuk berubah,” ujar Tati bangga.

Tak heran, jika Sunter Jaya ini mendulang banyak prestasi diantaranya sebagai Juara 2 Fasilitator Pos Bisa tingkat Jakarta Utara dan Juara 3 Fasilitator Pos Baca tingkat DKI Jakarta tahun 2017. Mereka juga mendapat penghargaan dari Astra untuk KBA berprestasi.


Harapan Tati dan para pengurus KBA Sunter Jaya kedepan adalah ingin meningkatkan taraf hidup anak yatim piatu, para lansia dan anak-anak berkebutuhan khusus yang ada di daerah ini.

Menurut data Tati ada sekitar 15 anak tuli, down syndrome, autis dan lainnya. Ada juga lansia yang sebatang kara dan membutuhkan uluran tangan. Begitu pula dengan anak-anak yatim piatu. Mereka sedang mencari donatur untuk membantu. Semoga program Astra juga bisa menjangkau mereka. Aamiin. Semoga dimudahkan urusannya ya, teman-teman.

Kampung Berseri Astra Produktif Sunter Jaya
Bir pletok siap dipasarkan 

Tentang Kampung Berseri Astra
di Indonesia

Ya, Kampung Berseri Astra (KBA) sudah mencapai 77 KBA  di 33 Provinsi di Indonesia. Seperti yang sudah disebutkan di atas, KBA merupakan program kontribusi sosial Astra untuk masyarakat dengan konsep pengembangan terintegrasi empat pilar program CSR yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

Program pembinaan KBA diharapkan membawa perubahan positif bagi kehidupan masyarakat dan meningkatkan taraf hidup mereka.

Kampung Berseri Astra Produktif Sunter Jaya
Bir pletok buatan warga Sunter Jaya

Untuk menyeleksi calon Kampung Berseri Astra (KBA) terdapat beberapa tahapan yang harus dilewati, antara lain koordinasi perusahaan grup Astra, pembentukan tim KBA, koordinasi dengan pemerintah daerah, social mapping lalu penentuan lokasi KBA Astra.

Perjalanan 61 tahun Astra sejak 1957 yang dilandasi filosofi Catur Dharma telah menginspirasi Indonesia lewat karya anak bangsa. PT. Berawal dari 4 karyawan, kini tumbuh menjadi grup perusahaan yang maju pesat dengan 208 perusahaan dan didukung 214.835 karyawan (sumber: www.astra.co.id).

Perjalanan panjang Astra menginspirasi kita bahwa segalanya  dapat terwujud jika kita memiliki etos kerja yang baik dan selalu bekerja dengan cerdas.

Kampung Berseri Astra Produktif Sunter Jaya
Semangat untuk perubahan
 KBA Sunter Jaya

Astra International Tbk tak hanya menghasilkan berbagai barang dan jasa berkualitas tinggi, tapi juga memiliki kepedulian tinggi untuk mengubah nasib masyarakat sekitar lewat berbagai program CSR (corporate social responsibility).  Tati bersyukur Astra memilih Sunter Jaya sebagai daerah binaan.


Ya, tak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha dan bergotong-royong membuat perubahan. Seperti warga KBA Sunter Jaya yang merasakan peningkatan kualitas hidup secara signifikan berkat gotong-royong dan bergandengan tangan dengan Astra.

Sunter Jaya pun bertransformasi. Dari daerah padat dan rawan narkoba, menjadi kampung asri yang ramah anak. Terima kasih untuk Mbak Tati dan warga Sunter Jaya, kerja keras dan semangat kalian sungguh menginspirasi.

Photo Courtesy
Instagram KBA Sunter Jaya













28 comments:

  1. Luar biasa ya perubahannya. Jadi berdaya gitu warganya.

    ReplyDelete
  2. Wah, kampungnya asri banget banyak tanaman hijaunya.
    Amin, Semoga harapan mbak Tati dan para pengurus KBA Sunter Jaya bisa terwujud, dilancarkan semuanya.
    Btw gimana ya rasanya bir pletok itu? :D

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah. Sekarang jadi gak meresahkan warga lagi kampungnya. Malah memiliki prestasi

    ReplyDelete
  4. wah keren nih, penggeraknya juga keren nih bisa menggerakkan warga untuk membaca dan mengembangkan diri

    ReplyDelete
  5. Kereeen. Dulu daerah memang bikin serem, setiap naek Metro Mini 24 hati dag dig dug trus. Alhamdulillah skrng sudah jd t4 yang .sejuk dan asri.Salut sama warga yg kompak.

    ReplyDelete
  6. membuat kampung lebih bersih dan berseri memang harus dimulai dari warga kampungnya, jadi jangan alasan nunggu pemerintah melulu.
    dan saya paling suka program Kampung ramah literasi anak tuh. supaya bisa membudayakan membaca sejak dini. selalu senang melihat anak2 kalau lagi sibuk baca buku euy.

    ReplyDelete
  7. Subhanallah, betapa gigih perjuangannya untuk menuju perubahan yang lebih baik. Dan jujur, artikel ini disajikan dengan baik dan lengkap hingga menginspirasi bagi ku dan pasti yang lain juga untuk menulis lebih baik. Keren.

    ReplyDelete
  8. Seneng kalau lihat kegiatan positif begini. Serasa energi positifnya tersalurkan gitu. Semoga anak-anak terus cinta literasi dan warga selalu menjaga kebersihan lingkungan.

    ReplyDelete
  9. Setuju, buku adalah jendela ilmu. Dan sangat penting mengajarkan anak tentang literasi sejak usia dini

    ReplyDelete
  10. Keren pemberdayaannya ya mba semuanya turut merasakan perubahannya deh..btw aku salfok sama bir Pletok belum pernah cicip

    ReplyDelete
  11. Keren ya ibu-ibu dan warga Sunter Jaya. Semangat mereka untuk mengubah wajah kampung memang patut disupport.

    ReplyDelete
  12. Masyaallah, mantap deh Astra! Bisa memberdayakan kampung yg rawan narkoba jadi jauh lebih baik. Salut!

    ReplyDelete
  13. Saya selalu senang mendengar kisah desa-desa mandiri yang mau berbenah guna mewujudkan lingkungan sosial yang lebih baik. Desa yang berdaya dan berkarya.

    ReplyDelete
  14. Lihat gang-gang yang bersih, rapi, teduh, dan anak-anak bebas bermain diluar rumah, tipikal hunian idaman ya mbak.

    ReplyDelete
  15. Yang kayak gini nih yang patut banget kita tiru, ternyata bisa merubah sesuatu kebiasaan buruk menjadi lebih baik. Tingkal kitanya lagi mau atau tidak. Semoga Kampungnya tambah maju y mbk.

    ReplyDelete
  16. Aku suka banget sama program CSR yang dampaknya langsung bisa dinikmati warga mba. Konsepnya bagus banget ya Astra ini

    ReplyDelete
  17. Terimakasih utuk Astra.
    Sebuah perusahaan besar yang mengabulkan banyak impian anak-anak hingga seluruh warga Sunter Jaya.

    Sukses terus perubahannya...

    ReplyDelete
  18. Mbadew, aku tu selalu kagum sama orang-orang yang punya kepedulian tinggi sama dunia literasi. Karena udah terbukti banget, banyak baca bakal mengubah dunia kita jadi lebih cerah, bisa memandang dunia ini dari banyak sisi, tidak sekedar hitam & putih saja :')

    ReplyDelete
  19. Duh kalau semua lokasi di Indonesia begini, keren banget ya. Anak-anak jadi suka baca buku dan haus pengetahuan.

    ReplyDelete
  20. MasyaAllah, semua bekerja keras bersama dan akhirnya mereka pula yang memetik hasilnya. Menginspiraasi sekali teh Dew kampung ini.

    ReplyDelete
  21. Keren KBA ada perpus buat anak2 gtu ya?
    Para org dewasa jg dikasi kegiatan2 positif gtu ya. Dan msh berlanjut sampai skrng. Moga makin banyak ya KBA2 di lokasi lain hehe

    ReplyDelete
  22. Keren sekali nih Sunter Jaya, memiliki warga yang peduli dengan generasi penerusnya. Sanggup mewujudkan kepedulian tersebut dengan menggandeng Astra dan tiada henti mencari inovasi agar daerahnya menjadi tempat yang ramah anak. Salut untuk KBA Sunter Jaya.

    ReplyDelete
  23. Salut d eeh sama masyarakat nya bisa membuat kampung jadi lebih baik dan anak2 gemar membaca

    ReplyDelete
  24. Masya Allah, hebat yaa warganya kompak membangun daerahnya. Sekarang jadi lebih ramah anak. Ibu-ibu pun ada kegiatan positif, bisa jualan bir pletok. Btw, ini kayaknya dekat tempatku, deh.

    ReplyDelete
  25. Keren banget ya kampungnya, bersih dan astri banget. Apalagi tempat buang sampahnya keren/

    ReplyDelete
  26. Kampung literasi ramah anak, bisa ditiru....

    ReplyDelete
  27. menginspirasi sekali ini, saya pengin sekali bisa bikin perpustakaan ramah anak.

    ReplyDelete
  28. Luar biasa Ibu Hartati ini dan semua masyarakat yang mendukung melakukan perubahan ke arah yang lebih baik pada kampung tersebut. Menarik anak-anak dari gadget pada zaman sekarnag tentu sulit, tapi ketika itu bisa dilakukan, salut luar biasa.

    ReplyDelete

Yang Sering Dibaca

Recent

recentposts