!-- Leverage Chaching Fixed --> Harapanku, Anak Indonesia Menyanyikan Lagu Anak-Anak - Small Things, Kecil Tapi Penting

Harapanku, Anak Indonesia Menyanyikan Lagu Anak-Anak

Halo, ketemu lagi dengan Nailah! Jangan bosan baca Tulisan Nailah, ya. Suatu hari, Mamaku bertanya apa harapan Nailah untuk Indonesia? Hm, pertanyaan susah. Harapanku untuk Indonesia sebenarnya banyak. 

Harapanku, Anak Indonesia Menyanyikan Lagu Anak!
Harapanku, Anak Indonesia Menyanyikan Lagu Anak!
Tapi yang mau kutulis satu saja ya, yaitu Indonesia punya banyak lagu anak-anak. Di sekolah kamu dan kawan-kawan lagi suka lagu apa? Sekarang, di sekolahku banyak yang sedang suka K-Pop, lagu Dangdut, dan lagu-lagu dewasa lainnya.

Sebenarnya itu tidak bagus untuk anak-anak. Karena terkadang liriknya dibuat bukan untuk anak-anak. Ya, Walaupun ada juga lagu dewasa yang bisa dinyanyikan anak-anak seperti lagu Meraih Bintang oleh Via Vallen, dan Laskar Pelangi oleh Nidji. 

Harapanku, Anak Indonesia Menyanyikan Lagu Anak!
Naura Penyanyi Cilik Zaman Now
(Foto: Kumparan)

Tapi mau gimana lagi? 
Sekarang sulit untuk menemukan lagu untuk anak-anak. Makanya anak-anak seperti kita jadi menyanyikan lagu-lagu dewasa. Bahkan lomba menyanyi The Voice Kids yang tentunya untuk anak-anak aja nyanyiannya lagu dewasa. 

Lagu anak-anak zaman sekarang tidak banyak, Cuma ada lagunya Naura, Neona, dan para penyanyi dari Konser Diatas Rata-Rata. Beda dengan zaman dulu saat ibuku masih SD. Sekitar tahun 90’ an lagu anak-anak sangat booming, bahkan ada acara musik untuk anak di televisi. Salah satunya acara televisi Tralalala Trilili yang pembawa acaranya penyanyi cilik Agnes Monica dan Indra Bekti. 

Harapanku, Anak Indonesia Menyanyikan Lagu Anak!
Pembawa Acara Tralala Trilili Udah Gede
(Foto: Kompas TV) 

Di tahun 90-2000, ini banyak penyanyi ciliknya lho. Kamu bisa membuka YouTube untuk mendengar lagu-lagunya. Ada Agnes Monica dan Eza Yayang yang menyanyikan lagu Yess, ada Tasya Kamila yang menyanyikan lagu Libur Telah Tiba, Sherina yang menyanyikan lagu Kembali Ke Sekolah, dan Joshua yang menyanyikan lagu Diobok-obok. 

Banyak pencipta lagu anak-anak seperti Papa T. Bob, dan Titiek Puspa. Aku sudah mendengar lagu-lagu itu di YouTube. Dan menurutku, lagu-lagu itu enak didengar dan lirik lagunya cocok untuk anak-anak. 

Jadi, harapanku untuk Indonesia di Masa Mendatang adalah lebih banyak lagu anak-anak, terus banyak lomba cipta lagu anak-anak. Jadi, anak-anak tidak lagi menyanyikan lagu Lagi Syantik, Akad, dan lain-lain. 

22 comments:

  1. Nai semoga harapannya terwujud, tante juga suka gak suka kalau ada anak-anak nyanyi lagu dewasa, anak-anak harusnya nyanyi lagu anak :)

    ReplyDelete
  2. Aku masih suka muterin anak2 lagu klasik ibu sud, AT mahmud bahkan lagu nasional Indonesia buat Athifah dan Nasya, hahaha

    ReplyDelete
  3. Waah Nailah makin keren nulisnya. Iyaa tante juga sama harapannya. Kadang ya di rumah puterin lagu anak muluk, eh di sekolah temen2nya nyanyiin lagu syantiek yaudah ikut2an deh Thifa ma Hana 😅😅

    ReplyDelete
  4. Semoga banyak pencipta lagu anak yg bisa merealisasikan harapan kita ini ya Nailah.. Atau bagaimana kalau kita sendiri yg bikin lagu anak? 😉

    ReplyDelete
  5. Huhuhu setuju banget nih! Aku aja gregetan sendiri liat keponakan nyanyi Syantiek :(

    ReplyDelete
  6. Naii, Tante ((Tante)) juga kangen lagu anak2 niih

    ReplyDelete
  7. Setuju sama Nai!
    Semoga makin banyak penyanyi dan lagu anak di Indonesia ya. Sedih kalo lihat anak2 sdh hafal lagu dewasa

    ReplyDelete
  8. Hehehe iya nih. Masa kecil2 nyanyi lagi syantik ya?

    ReplyDelete
  9. Setuju Nai, aku tahu lagi syantik masa dari ponakanku yang masih 4 tahun. Nyanyinya cepet banget

    ReplyDelete
  10. tiba tiba jadi pengen nyanyi anak gembala hahah ketauan banget umur berapa wkkwkw

    ReplyDelete
  11. Wah..nai bener2 tahu apa yg dibenak tante euy. Setuju nay,mmg kita defisit lagu anak2.Semoga ada yg mjd pioneer utk membangkitkan lagu anak2 sesuai umur penyanyinya ya Nay.Amin

    ReplyDelete
  12. Nai, Tante juga kangen lagu2 anak nih

    ReplyDelete
  13. Nailah keren, tulisannya baguus....aku syuka.

    ReplyDelete
  14. saya juga miris lihat jaman now, anak-anak udah gak ada lagunya sendiri, huhuhuh.
    saya juga pernah menuliskan kegalauan ini lho Mbak di blog, judulnya: lagu anak, kemanakah citranya? hikkss..

    ReplyDelete
  15. Sekarang memang harus lari ke youtube ya kalau ingin membuka kembali lagu-lagu anak jaman dulu. Kuota harus tebel.
    Semoga cepat ada perhatian darai yang berwenang bahwa anak-anak juga berhak untuk mendengarkan lagu untuk seusianya. Karena kita selaku orang tua tentu hanya bisa mengawasi

    ReplyDelete
  16. Iya nih sejak 10 tahun terakhir kayaknya sudah nggak kedengaran lagi ya lagu anak. Jadi miris lihat anak-anak nyanyi lagu dewasa

    ReplyDelete
  17. Jadi pengen denger Nai nyanyi nih 😀

    ReplyDelete
  18. Sangat menginspirasi bila anak sekecil ini pandai menyanyi dengan lagu yang populer. Semoga terbakat

    ReplyDelete
  19. Semoga anak-anak Indonesia, termasuk saya, bisa bebas bernyanyi lagu anak-anak. Kangen banget, lagu mereka jujur apa adanya. Saya rindu :')

    ReplyDelete
  20. Lagu favoritku, anak gembala 😍

    ReplyDelete
  21. Lagu Favoritku sampe selarang itu anak gembala...

    ReplyDelete
  22. Menurutku sekarang lagu Hey Tayo populer banget deh mbak. Mungkin harusnya lebih dibanyakin lagi lagu kartun yang didubbing ke bahasa Indonesia.

    Saya tinggalin link ya: https://rifalnurkholiq.blogspot.com/2018/10/three-girls-ive-amazed-before.html?m=1

    ReplyDelete

Yang Sering Dibaca

Recent

recentposts