Seru-Seruan di Jatim Park 2 Batu,Malang

Dear Temans,

Apa kabar, moga selalu happy yaa...
Mau lanjut cerita tentang Malang yaa. Satu perjalanan bersama Pejalan Santai, berjiliid-jilid postingannya hihi.
Hari pertama di Malang, kami langsung main ke Batu, kota kecil di Malang yang berhawa sejuk dan banyak tempat wisata seru. Mungkin sama dengan Puncak di Bogor dan Bandungan di Kabupaten Semarang yee...

welcome to jatim park 2 batu malang
Untunglah, anak-anak sudah kumandikan sekenanya di kereta api, hihi.
Tinggal emaknya dan Ate Taro yang kepanasan gegara belum mandi, uhuk. Ceritanya kan bekpekeran toh, jadi irit air. Mau ke hotel, belum waktunya check in ey. Asiknya, karena kami main ke Batu bareng keluarga biru yang seru, Mas Ihwan, Ivon dan anaknya yang lucu dan lincah, Aim. Sepanjang perjalanan ke Batu, dakuw tidur hihi jadi nggak tahu gimana pemandangannya.

Jatim Park 2 Malang
jangan lupa pakai topi yaa
Begitu sampai di Batu, kami menuju Jatim Park 2.
Kalau nggak salah sih, sekitar pukul 10 pagi. Badan lumayan segar habis tidur di mobil. Rada susah tidur semalam di kereta api ekonomi, hihihi. Tadinya kami akan membeli tiket terusan Jatim Park 2 yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa dan satu lagi pilihannya bisa Taman burung atau museum tubuh seharga Rp.125.000.

monyet terkecil di dunia

Setelah dipikir lagi, capek nggak ya kalau tiga tempat sekaligus?
Akhirnya kami mengambil dua tempat saja: Batu Secret Zoo dan Museum Satwa, tiketnya di waktu wiken Sabtu Minggu Rp.105.000. Baiklah. dakuw merogoh dompet yang dalam, lumayan beli 3 tiket hihi. Soalnya tiket dewasa atau anak sama saja bayarnya. Kecuali seperti Aim yang tingginya kurang dari 100 cm, masih batita, gratis masuk.

Jatim Park 2 Malang
berbagai papan permainan trivia mengasyikkan bagi pengunjung
Aah, Anak-anak langsung kayak dicharge tenaganya. Excited banget! Sudah menarik-narik kami biar cepat masuk lokasi. Tak lupa, dakuw memakaikan topi lebar untuk keduanya karena cuaca Batu panas terik.

Baru masuk, kami disambut myocastor coypus, tikus air raksasa dari Amerika Selatan, yang sebesar kucing dan beratnya 10 kg, saudara-saudara! Bergidik deh lihatnya. Setelah itu, berbagai jenis monyet dipajang di beberapa kandang besar. Masya Allah, betapa kaya ciptaan Allah ya. Betapa banyak jenis hewan yang nggak kami ketahui. Ada monyet terkecil di dunia yang besarnya hanya setelapak tangan anak-anak. Ada juga lemur, binatang yang beken gara-gara nongol di film animasi Madagascar.

Jatim Park 2 Malang
sejenis liama dari amerika selatan

Puas melihat-lihat saudara tua, kami beranjak ke area lain dimana berbagai jenis binatang dikandangkan dengan penataan yang menarik. Ada kuda nil, badak, liama, zebra, dan banyak lagi. Sampai ketiga bocah itu memekik kegirangan dan berlarian dari kandang ke kandang. Daku mulai soak, mencari bangku untuk duduk hihi, saingan dengan bumil Ivon, hihihi. Ada berbagai pajangan yang berisi permainan trivia, mengeters pengetahuan pengunjung tentang satwa yang ada. Seru!

Alamak, ternyata luas sekali ya, Jatim Park 2 ini!
Jika kakimu lelah, kamu bisa menyewa semacam skuter, motor listrik untuk berkeliling area kebun binatang. Toilet dan kantin tersedia di banyak tempat jadi nggak sulit deh kalau lapar atua ingin buang air. Setelah itu, kami masuk area binatang Afrika. Suasananya ditata sehingga mirip perkampungan di daerah Afrika yang tandus. Ada zebra, yak dan banteng.

Terus, ada juga kolam dimana flamingo, burung pink ini asyik bercengkrama. Cantik banget deh. Ada yang berantem lagi tuh burung-burungnya mungkin memperebutkan betina #sok tahu. Ada area ular dan kura-kura raksasa. Beneran, gede banget! Puas menikmati binatang, kami pun jajan di kantin. Dan harga makanan dan minumannya terjangkau kok. Tidak mahal seperti layaknya tempat wisata.

Ada juga area berbagai ikan.  Ah, cantik-cantik banget.
Mulai dari piranha hingga ikan hiu. Ada kelinci laut, entah beneran atau nggak hihihi.

Seru-Seruan di Jatim Park 2 Batu, Malang
berbagai permainan seru untuk anak-anak

Puas berkeliling, kami sampai ke Taman Bermain.
Iyaa, ada taman bermain ala Dufan lho! Ada kolam renang juga pancuran air untuk anak-anak main air. Ada berbagai permainan seperti boom boom car, carrousel, kereta api, roller coaster, dan banyak lagi. Semuanya gratis, sudah termasuk harga tiket yang kita bayarkan. Wow.

naik carrousel yang seru

Kami lalu makan siang di kantin yang besar. Dengan sistem mengisi kartu lalu membayarnya di kasir. Setelah makan dan isi kartu belum habis, bisa ditukarkan ke kasir dan uang kita kembali. Berbagai atraksi tari dan nyanyi juga ada di sekitar kantin. Setelah makan siang, kami lalu menjelajahi kebun binatang kembali. Bertemu dan memberi makan jerapah yang ramah! Bertemu harimau, panter, cheetah, dan singa yang luar biasa gagah.

Terakhir, kami mlipir ke sebuah gedung besar yang ternyata museum satwa  sampai di dalam kita di sambut oleh sangkar burung raksasa. Ada berbagai kerangka binatang dinosaurus hingga ikan paus. Juga berbagai serangga. Semuanya ditata cantik dan menarik sehingga tidak mengesankan museum yang suram dan gelap.

kerangka tyrex
Hari sudah menjelang sore ketika kami beranjak dari Jatim Park 2. Bodi berkingat dan kaki gempor. Tapi hati senang hehehe. Alhamdulillah, kesampaian juga mengajak bocah-bocahku main ke Malang sesuai janji dakuw. Mereka hepii banget. Keren deh kalau tempat wisata dikelola seprofesional ini. Pengunjung jadi merasa hepi dan nyaman berwisata. Jatim Park 2 ini keren, kita ak hanya bersenang-senang tapi dapat banyak ilmu.

Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

21 Comments

1. wah..mbak dedew ke Batu nih...aku belum kesitu mbak..belum pernah main2 kesitu..pengennnn

ReplyDelete
  2. Aku betah banget disana. Jalan2ku yg ke Malang belum di blog semua. Pengin ke Malang lagi deh, belum semua didatengi.

3. andaikan bisa jalan2 ke Malang,, seru dan asyik ya tempatnya

4. Mengasyikkan banget tempat wisatanya, Mbak. Moga kapan2 bisa ngajak anak2 ke sana. ira

ReplyDelete
  5. wisata di Jatim ini emang lagi happening ya. jangan lupa ke batu zoo sama museum angkut.

6. Ini salah satu destinasi liburan kami. Doakan kesampaian ya, Dew. Aamiin.

7. Seru maks... ! Soal mandiin anak2 sekenanya...klo aku sering modal tisue basah. Mayan, cepet..wangi pula..:-)

ReplyDelete
  8. kereeen lhooo...ada T-rex jugaaa...seperti di siniiii dong maak..aku tuh ama anak-anak hobiii banget ke Museum :)

9. kejatim seumur umur baru sekali mbak . waktu itu di Lamongan ( tanjung kodok ) Hahaha
    #ngenes

10. Deket rumah gw tapi belum kesampean kesini #AkuGagal

11. Aahh kemarin ngak masuk museum nya ngak liat tulang belulang nya dinosaurus ulalala

12. Wah... Jatim Park bagus, ya. Bawa anak-anak pasti seru....

ReplyDelete
  13. Aku ngga ke museum maak, udah kesorean hiks. Bayar lagi ga mak kalo ke museum?

14. duh kalau saya cerita ke Faiz ada Tyrexnya bakalan selalu merengek diajak ke sana.

15. Aaahh, aku lebaran lalu juga ke Batu, ngajak anak ke Secret Zoo tapi lom bikin reportasenya *blogger pemalas* :))

ReplyDelete
  16. Aku sudah dua kali ke Jatimpark2 ini, belum kutulis di blog hihi.
    Pingin ke museum angkut, blom pernah soalnya.

17. Aku ama suami pengen ke jatim park, tapi anak2 udah dua kali kesono sama sekolah dan keluarga, huehueee

ReplyDelete
  18. Terakhir kesini sma Najin. itupun acara reskresi sekolahnya dia. pas buat rekresasi bersama keluarga

19. Asyiknya.. pengen deh. Mahal y bayar masuknya
    Tiket mihil harus dipuas2in dan ga boleh ad yg dilewatin ya mba.. hihi

ReplyDelete
  20. Keren banget memang tempat ini, udh lama jd incaran buat liburan :)

21. Dulu pas ke Malang saya ke Jatim Park 1, Jatim Park 2, BNS sama museum angkut