Monday, June 3, 2013

Tips Menulis Cerita Komedi Boim Lebon

Dear Temans,

Hai, hai..akhirnya dakuw bisa ngeblog juga, hehe. 
Sejak Minggu lalu, tanggal 26 Mei dakuw bertolak ke Bogor bersama my lovely daughter Nailah. So, baru sekarang deh aku bisa nulis acara seru workshop Tips Menulis Cerita Komedi Boim Lebon, my favourite author. Uhuy! Happy!

Masih kinclong hihihi chibi-chibii!

Berawal dari colekanku pada bang Boim di Inbox FB. "Bang, kalau ke Semarang mau dong sharing dengan Ibu-Ibu Doyan Nulis Semarang yang kiyut! Hihi.

Eh, ternyata sambutan Bang Boim diluar dugaan. Beliau bersedia! Dan ternyata, tak hanya basa-basi. Saat beliau ada acara di Semarang berbulan-bulan kemudian, beliau mengingat janjinya lho. Terharu deh. Suatu siang, Pak Besar, dosen UNDIP mengsmsku. Mengabari kalau Bang Boim bakal diundang di acara UNDIP. Dan beliau menyediakan waktu untuk bertemu kami! Wow!

Jadilah, dakuw dan Bang Boim inbox-inbox di FB. SMS-an janjian, nentuin tanggal. Ada jam kosong siang tanggal 25 mei 2013. Yes. Begitu aku mengabari IIDNers Semarang, sambutannya antusias! 

Alhamdulillah, atas inisiatif Uniek, kami bisa meminjam Rumah Albi di Alfamart Telogorejo secara gratis. Fyi, Rumah Albi ini bisa dipinjam gretong lho, temans untuk acara komunitas. Caranya tinggal datang ke Alfamart yang memiliki Rumah Albi dan membookingnya. Ruangannya asyik, ber-AC dan dilengkapi sound system, kursi lipat, proyektor dll. Komplet!


Boim Paling Kasep!
Pada hari H, ketiga puluh cewek *ehem antusias sekali untuk bertemu Bang Boim, ingin menculik Tips Menulis Cerita Komedi Boim Lebon. Kami datang sejam sebelum acara, sembari menunggu, kami diberikan pencerahan oleh mbak Dian Nafi, seorang emak lincah, penulis dan pemilik penerbitan Hasfa Publishing di Demak. Menurut mbak Dian, peulis pemula nggak boleh minder dan keder untuk menulis dan menerbitkan buku. Belum tentu penulis senior tulisannya bagus, belum tentu pula penulis pemula tulisannya cemen. Kudu pede! 

Tak lama, Bang Boim dateng dianter Pak Besar. Huaa, kontan kami grogi hihihi.
Abis persiapannya seadanya :D
Bang Boim nampak lelah. Ternyata beliau pagi datang dari Jakarta langsung mengguncang FKM Undip dan setelah itu langsung sharing dengan kami. Hiks, Subhanallah. Pantas lecek, Bang hihi.

Tanpa menunggu lama, bang Boim mulai deh dongengnya ups, perkenalannya. Berbagi Tips Menulis Cerita Komedi Boim Lebon

 Kami jadi makin ngeh sama abang imut aka item mutlak ini *eh kata die sendiri lho, sumprit!
Beliau menampilkan slide tentang karya-karyanya termasuk film, sinetron, acara TV, buku-buku yang wow, banyak! Gila, idenya melimpah ruah Bang!

Tips Menulis Cerita Komedi Boim Lebon
Buku bang Boim antara lain yang terbaru 3 Anak Badung, Sotoy, Batman Bidin, dan banyak lagi. Judul bukunya rata-rata pelesetan dari yang hip saat itu. Misalnya buku Batman Bidin, cover dan judulnya dibuat dari film Batman Return ups Begin (diralat Mak Unik hihi makasiih), kalau ceritanya sih tentang Bidin yang hobi banget nolong orang tapi bukannya membantu malah nyusahin, hihi. Akibatnya dia dilarang Pak RT buat nolong orang. Merana deh hay!

Nyelak antrean foto hihi maap ya mak-mak!
Sedangkan buku terbaru Bang Boim 3 Anak Badung idenya didapat ketika ia baca koran dan membaca berita mengenaskan ibu yang membuang bayinya. Ia begitu tersentuh dan berduka hingga ia ingin menuliskannya dalam bentuk novel. Dan karena ia spesialis kocak. jadi deh buku kocak yang ternyata sangat menyentuh dan bikin terharu. Boim percaya tak ada ibu yang jahat. Makanya dalam buku ini, ia ingin menulis tentang ibu yang menyesal membuang anaknya. Anaknya juga mencari ibunya karena sayang yang dalam. Ihiks, bikin trenyuh, bo!

So, menurut Bang Boim, Tips Menulis Cerita Komedi Boim Lebon
Adalah kita nggak usah pusing gimana cari ide. Ide tuh bertebaran di sekitar kita. Kejadian lucu sehari-hari, nampak sepele tapi bisa kita jadikan bahan tulisan, lho. Bener banget. Aku tuh kalau lagi rumpi dengan teman, ngikik-ngikik deh tuh, terus pulangnya, pasti kuketik dan kujadikan bahan cerpen hihihi. Rumpi dan ngikik yang bermanfaat, toh?

Gegara mati lampu, ngungsi deh ke teras Alfamart
Oh iya, tak sekedar melucu. Tak sekedar menulis kocak untuk menghibur orang. Bang Boim berusaha menulis untuk kebaikan. Ia ingin menulis yang bermanfaat bagi pembaca. Makanya, beliau tak pernah menulis orang suka-sukaan lalu jadian di bukunya. Kalau bisa, endingnya putus. Ia tak ingin mengampanyekan pacaran di bukunya. Dezigh!

Semangat bang Boim ini, membuatku bersemangat untuk menlis lebih baik lagi kelak. Aamiin!

Berikut rangkuman bang Boim menurut laporan www.iidnsemarang.blogspot.com

Boim Lebon dengan tema "Creative Writing Comedy":

-Temukan ide melalui pengalaman pribadi, film, atau riset.
-Gunakan bahasa yang mudah dicerna.
-Pilih ending yang tidak biasa.
-Selipkan pesan moral.
-Walaupun buku komedi, tetapi wajib membuat pembaca ketagihan

Tak terasa berjam-jam, bang Boim memberikan Tips Menulis Cerita Komedi Boim Lebon pada kami.
Puas banget deh soalnya bang Boim bawain materinya sambil ngelawak. Ini penulis atau stand up comedian to? Lucuu pisan! Setelah itu, ada sesi tanya jawab yang langsung dapat hadiah buku dari Bang Boim. Terus, sesi foto bareng dan minta tandatangan. Pegel bang Boim soale 30 peserta semuanya pengen foto berdua terus ditandatangani bukunya, kataya sih biar ketularan kocak dan jago nulis kikikik. Pakai acara mati lampu pula!

Alhamdulillah, acara hari itu sukses. 
Bang Boim hepi *pengakuan beliau sendiri lhoo! IIDNers? Ya, happy pisaaan! Semua dapet ilmu, tanda tangan, buku en doorprize kikikik.


Semoga bang Boim nggak kapok kami kerubutin ya bang. Terima kasih atas ilmunya yang bermanfaat banget. Semoga Bang Boim sehat, panjang umur dan terus memberi manfaat lewat karyanya, aamiin!


Photo Courtesy of Ania Maharani & Uniek Kaswarganti :*

8 comments:

  1. Baca liputannya aja, bisa dipastikan beliau ini memang kocak ya. seru juga kalau bisa berbagi bareng KEB. TFS mak, ceritanya seru :D

    ReplyDelete
  2. bukan Batman Return mak, tapi Batman Begin yg asal usulnya Batman Bidin itu hehehe...

    aku ya terpesona lho liat bang Boim, bukan karena 'imut' yg kausebutkan tadi mak, tapi karena kelucuan gaya bicaranya, emang asli lucu ya orangnya, sampek capek mulutku ketawa mulu :D

    ReplyDelete
  3. Kalau dongeng dengan gaya meriah begitu memang menarik perhatian ya mak.

    ReplyDelete
  4. @uniek: iyaaa..orangnya asik, ngocool hihihi..udah kuralat yoo..maacihh..

    @niken:
    iya say..hihi

    @mira:
    makasih udah mampir makpon..iya, undang beliau deh..seru :)

    ReplyDelete
  5. emang nama akun facebook bang boim lebon apaan ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. FB dan Twitternya teteupp Boim Lebon :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...