Jangan Mau Jadi Blogger Sekadarnya! Catatan Kecil dari BloggerDay 2024

“Memangnya blog masih ada yang baca?”

“Eh, blog masih laku? Masa?”

Begitulah reaksi dari orang-orang yang pernah ketemu dan menanyakan apa profesiku. Ya, selain penulis buku, aku kerap mengenalkan diri sebagai blogger. Hai, aku Dedew, blogger dan penulis cantik dari Ungaran. Kenapa, nggak suka? #bombasticsideseyes.

Jangan Mau Jadi Blogger Sekadarnya! Catatan Kecil dari Blogger Day 2024
Jangan Mau Jadi Blogger Sekadarnya 

Sebenarnya, pengen merajuk dan ngambek sih dengar komentar begitu. Lho, memangnya kalian kalau cari informasi detail di Google, nemunya bukan di blog kita? Huh.

Sabar, Dew. Tahan. Kalau marah nanti cepat keriput, nggak cantik lagi. Uhuk.

Sebagai salah satu media menulis, tak bisa dipungkiri, harus diakui kalau belakangan ini, blog agak tersingkirkan keberadaannya. 

Berbagai jenama kini lebih melirik para influencer di media sosial untuk mempromosikan produknya daripada mengontak blogger. Contohnya nih, para homedecor di IG dikirimi air fryer dan juicer oleh perusahaan besar untuk diulas. Blogger kok nggak dapat? #dengki #haha.

Hadirnya berbagai macam media sosial seperti Instagram dan X membuat para blogger pun banyak yang beralih ke sana dan blognya pun terbengkalai.

Tak Ada yang Abadi, Uhuk

Ya, Para blogger banyak yang beralih jadi influenza eh influencer, selebgram atau selebtok. Ya, daku tak menyalahkan peralihan itu. 

Manusia itu dinamis. Perubahan akan selalu ada. Kita tak bisa memaksa blogger untuk tak berpaling ke lain hati. Hiks. Tapi, sedih lho, rasanya seperti ditinggal kawan-kawan seperjuangan.

Ya, tak ada yang abadi di muka bumi. Kecuali cintaku padamu, Leonardo Dicaprio. Semua ada pasang surutnya, Kawan. Tapi, benarkah masa keemasan blogger sudah lewat? Tergantikan dengan berbagai media sosial?

Suntikan Semangat di BloggerDay 2024

Alhamdulillah, aku yang mulai lesu ngeblog mendadak dapat suntikan semangat baru ketika menghadiri acara BloggerDay yang diadakan oleh Komunitas Blogger Indonesia BloggerCrony untuk merayakan ultahnya ke-9. Selamat ulang tahun ya BloggerCrony! Keren banget selalu berhasil membuat acara yang menginspirasi seperti ini!

Ternyata, blog masih ada. Para blogger masih terus semangat berkarya. Bahkan, banyak blogger muda yang kreatif bermunculan.

BloggerDay 2024 yang meriah ini didukung Carro Indonesia dan co-partners Genie Indonesia, Asuransi MSIG Indonesia, Igloo Insurance, Mega Central Finance/MCF-MAF serta Bluebird Group, Alfa Kreasi Decoration, Ngafe.in Teras juga berbagai produk lokal BloggerPreneur Ummi Doodle, Kamiya Project, Nyi Pede Souvenir, Ayee Deo dan UMKM Malang Demadols, Venzfood, Aira Cake & Cookies, dan Kayis Craft. Wow, banyak ya sponsornya!

Jangan Mau Jadi Blogger Sekadarnya! Catatan Kecil dari Blogger Day 2024
Happy Blogger Day 2024


Bahagia banget bisa ketemu teman-teman blogger. Akhirnya bisa bertemu Teh Nchie, blogger geulis dari Bandung, dan banyak lagi blogger lain yang seru. Bahkan, ada beberapa rombongan blogger yang jauh-jauh datang dari Bandung, Malang, Surabaya dan Semarang khusus untuk menghadiri acara akbar ini. Mereka bisa berkendara dengan nyaman berkat Bigbird (layanan bus Bluebird) memberikan pengalaman mobilitas yang menyenangkan dan bisa diandalkan. 

Mbak Wardah Fajri, founder BloggerCrony bersemangat banget untuk mendorong teman-teman blogger agar tak bosan menggali potensi dirinya. Jangan mau jadi blogger sekadarnya. Asal nulis, asal jadi, terus dapat duit. Selesai.

Jangan Mau Jadi Blogger Sekadarnya! Catatan Kecil dari Blogger Day 2024
Bertemu dengan para blogger bikin semangat 

BloggerCrony Community mendukung teman-teman blogger yang punya keahlian menggambar, crafting, memasak dan skill lainnya untuk maju. Mbak Wawa mengajak para blogger untuk mencoba hal baru dan tuangkan kisahnya di blog untuk menginspirasi pembaca.

Jangan Mau Jadi Blogger Sekadarnya! Catatan Kecil dari Blogger Day 2024
Bersua dengan April dan Ivonie

Blogger Itu Istimewa

Blogger serba bisa. Kita liputan acara, syuting dan memotret dari berbagai angle, jadi model, terus meriset bahan untuk tulisan. Setelah itu kita mulai menulis di tengah berbagai kesibukan. Jangan lupa, pikirkan apakah artikel kita sudah oke SEO-nya? 

Selesai? Belum. Selesai menulis, harus mengedit artikel, belum lagi mengedit video reels, mengisi suara alias voice over, editing video lalu kasih caption dan posting. Belum promoin postingan IG dan blog via kegiatan walking hihi.  All in my fellow Blogger!

Ya, menjadi blogger harus siap all in. Oke gas. Oke gas. Eh.

Jadi, tak ada yang salah dengan beralih ke media lain. Sebagai blogger, kita harus bisa beradaptasi. Ketika banyak jenama mensyaratkan postingan reels di Instagram atau short video di TikTok, kita bisa mengimbangi. Blogger bisa jadi content creator di platform lain kok. Asal, jangan lupa ngeblog hihi. Jadikan blogmu bernilai jual tinggi. Unik dan kamu banget.

Terus bertumbuh, Tingkatkan Kualitas Diri Gali Potensi Diri

Sungguh, kulihat semangat seratus orang blogger dari berbagai kota sangatlah tinggi. Ternyata, semangat itu masih menyala, Abangkuh! Kita masih haus berkarya.

Jangan Mau Jadi Blogger Sekadarnya! Catatan Kecil dari Blogger Day 2024
Blogger Semarang dan Surabaya naik Bigbird 

Ya, blog belum punah. Masih banyak blogger yang rajin mengisi blognya dengan cerita-cerita dan pengalaman sehari-harinya. Senang berbagi hikmah di blognya.  Job menulis review sebuah produk pun kita tulis sepenuh hati, khas ulasan blogger mendetail dan full curcol, hihi.

Tak masalah kalau kini ada video TikTok dan Instagram yang FYP, pembaca akan selalu mencari artikel blog yang detail membahas hal yang mereka butuhkan. Tentu saja, artikel dengan pendekatan personal khas para blogger. Seperti mengobrol dengan kawan sendiri.

Teringat kata-kata blogger senior Teh Ani Berta. Di dunia job yang penuh bantingan harga ini, temukan keunikan dirimu, find your value yang membuatmu dicari-cari jenama untuk bekerja sama. 

Yes.

Temukan suaramu. Maka kau akan dihargai. Mereka takkan lihat DA blogmu, atau jumlah followers akun medsosmu. Tapi, mereka akan melihat keunikan tulisanmu yang memaksa mereka untuk berkolaborasi denganmu.

So, menulislah dengan hati. Ungkapan blogging with heart money will follow yang aku dengar dari Mbak Indjul delapan tahun lalu ternyata masih sakti untuk dunia blogging saat ini. 

Jadi, kawan blogger tak usah resah, gundah gulana. Blog masih mampu merajalela. Temukan suaramu, ciri khas dan keunikanmu maka kamu akan tetap eksis di dunia blog.

Sekali lagi, keputusanku untuk hadir di Carro Automobiles Mal di Pondok indah hari itu sungguh tepat. 

Selain aku bisa mencuci mata melihat mobil cantik idamanku, aku jadi lebih berkobar semangatnya untuk terus ngeblog. Siapa tahu nanti aku bisa nabung untuk beli mobil di Carro? Yuk, Kunjungi Carro.id sekarang dan temukan mobil bagus layaknya baru!

Ngeblog Ben Rak Ngganjel

Ngeblog ben rak ngganjel, ujar Founder Blogger Semarang Gandjel Rel. Dari blog, aku mendapatkan banyak peluang dan kesempatan emas yang tak terbayangkan sebelumnya.

Sinergi dengan berbagai lembaga berkat blog

Dengan blog aku menyembuhkan luka hati dan lebih bahagia. Berkat blog, aku dipertemukan Allah dengan saudara-saudara yang sayang dan peduli padaku dan mendirikan beberapa komunitas literasi.

Berkat blog, aku bisa menjelajah berbagai kota untuk liputan.

Baca Juga: Kenapa Ngeblog?

Dari blog sederhana, aku bisa menulis 40 buku, dipercaya jadi pembicara dan jadi juri lomba blog tingkat nasional. Dari blog, aku bisa dapat komentar dan testimoni menyejukkan hati dari para pembaca buku dan blogku.

"Senang banget Mbak Dedew rajin nulis ulasan kajian bulanan di blognya, saya jadi ngga pusing mencatat lagi. Tinggal intip blog mba Dedew tiap pulang mengaji,”

-Bu Ning, warga Kalirejo, Ungaran.

Makasih Bu Ning, jadinya saya yang pusing mencatat uraian Bu Ustazah sampai nggak sempat ngemil. Hahaha. 

Selamat ulang tahun BloggerCrony Community, semoga makin menginspirasi para blogger untuk berkarya dan berprestasi, aamiin.


Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

34 Comments

  1. MasyaAllah mba Dedew, nggak salah aku jadikan mba Dedew blogger panutan dan penulis idamanku. Selalu konsisten menulis, bahasanya ringan dan enak dibaca. Love you mba Dew, blogger panutankuuh

    ReplyDelete
  2. Waah sangat menampar kemalasanku ini karena udah lama banget nggak nulis blog. Hahaha!
    Aku termasuk yang beralih ke content creation sih, tapi sejujurnya aku nggak ninggalin blog cuma emang effort-nya beda nulis sama ngedit video tuh.

    Alhamdulillah, aku dari bikin konten ini pernah dikirimin air fryer loh mbak! #lah #dipanas2in :))

    Menurutku blog itu masih works, cuma emang lagi sepi dilirik. Aku pun kalau lihat review produk masih suka lihat blog. Tapi emang nggak ada salahnya untuk belajar bikin konten juga untuk ngikutin perkembangan zaman. Karena sekarang anak-anak Gen Z itu senengnya nontonin visual. Kalau aku sih sekarang ngonten jalan, blog juga jalan.

    ReplyDelete
  3. Wuih mantabs nih mbak, dah muncul aja nih liputannya. Padahal harus menempuh perjalanan. Saya yang dekat malah belum sempat buat. Blogger Day memang keren, saya jadi bisa ketemuan dengan teman-teman blogger ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  4. Manusia itu dinamis, jadi blogger juga harus bisa mengembangkan diri ya, bisa jadi tiktokers. Acara kumpul bareng gini tuh bikin semangat nulis makin bertambah, seneng loh ketemu teman-teman

    ReplyDelete
  5. Wah, seru banget itu acara Blogger Day nya :’D Dulu aku punya blog dan dari sana dapat banyak teman. Tapi setelah blognya hilang teman-temanku itu stop ngeblog (sementara aku pindah ke blogspot). Sedih sih, tapi ya itu dia semuanya pindah ke Instagram atau YouTube, huhu. Dan betul banget gak ada yang bisa gantiin blog, karena kalau mau lebih in depth tetap aja blog lebih unggul :)

    ReplyDelete
  6. iya banget mba, berkat ngeblog aku banyak bertemu orang dan networking bertambah, apalagi pengalaman dan bisa mengunjungi berbagai tempat dan lokasi untuk diliput, ah rindu

    ReplyDelete
  7. Betul, Blogger jaman sekarang lebih canggih. Segala bisa, asal tetap semangat dan konsisten berkarya. Potensinya masih besar dan bisa banyak yang bisa dieksplorasi lagi. Semangat menulis

    ReplyDelete
  8. Sedih banget kali ini gak bisa ikutan Bloggerday 2024 karena pas ke luar kota, aku pas ke tempatmu kemarin mbak. Ternyata ini seru ya acaranya, yang bikin kangen tuh dari Bloggerday karena ketemu blogger dari luar kota juga. Jadi banyak temannya juga kalau menurutku dan tentu juga ilmu dari setiap acara yang seru-seru ini.

    ReplyDelete
  9. Selamat ulang tahun bloggercrony !!!!
    Semoga suatu saat saya juga diberi kesempatan untuk bisa menghadiri temu blogger dan dapet ilmu tentang ngeblog, masih perlu banyak belajar dan berlatih menulis untuk menemukan cirikhas blog..selama ini masih menulis ala kadarnya saja gak tau sudah cukup menarik atau blm hehe

    ReplyDelete
  10. wah ulang tahun BCC ya, senangnya bisa ketemu teman-teman sati profesi dan hobi yang sama. Baik blogger maupun creator di mana pun ssemua ada plus dan minusnya ya Mbak. Apapun itu yang kita lakukan senang dan menjadi penghasilan hehe

    ReplyDelete
  11. Selamat ulang tahun blogger croni. Sukses terus. Aku termasuk yang sempat patah arang sama ngeblog. Jadi Semangat lagi baca tulisan ini. Bloger tuh dituntut harus serba bisa sebenarnya ya. Semangat buat semua blogger.

    ReplyDelete
  12. Iya, sih, saya juga merasa makin ke sini klien makin suka sama influencer. Saya sendiri lemah di medsos jadi hampir merasa "kutaksanggup lagih..." Tapi setelah beberapa kali mereview tulisan dan mendapatkan "surat cintah" dari klien lama, saya mulai menyadari bahwa masih banyak juga kok yang baca blog. Nyatanya beberapa klien lama juga masih balik lagi dan mau dibuatkan review ini itu dengan imbal jasa yang masih sepadan. Selain itu, saya tetap ingin disebut bloger karena menyadari banyak peluang berhasil saya dapatkan dari blog. Berasa gak rela aja kalau harus ninggalin blog, hehe. Btw, Selamat Ulang Tahun untuk BloggerCrony, semoga tetap eksis dan terus menginspirasi Bloger Indonesia.

    ReplyDelete
  13. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan ketika bertemu dengan teman sesama blogger itu bisa menyuntikkan semangat ngeblog lagi.
    Setelah seru berkumpul dan saling cerita biasanya ingin langsung nulis keseruannya di blog.

    ReplyDelete
  14. Aahh Mbaa... aku jadi semangat nih buat ngeblog dan tetap mengembangkan blog dengan baik di tengah banyak yang banting setir jd influencer dan ninggalin blog. Mungkin cinta jg sm blog yang membuat bertahan yaa

    ReplyDelete
  15. Jadi blogger emang menyenangkan ya Mbak Dedew. Kalo dihitung dari dulu kita ngeblog di MP udah berapa tahun jadinya? Hehehehhe.

    Itu blogger Malang kenapa nggak kesebut padahal ada foto ama mbak Ivon :D

    ReplyDelete
  16. Banyak tantangan ya mbak jd blogger sekarang ini dan harus banget upgrade ilmu kalo ga ya ketinggalan deh. Tapi point nya mbak dew yg jadi catatanku adalah kita harus punya value. Dan value kita temukan perlahan butuh proses ya mbak insyaallah pembaca akan menghargai value itu

    ReplyDelete
  17. Aiih..berasa tertampar baca judulnya. Sebab, masih merasa jadi blogger yang biasa-biasa saja, yag masih suka on off dalam menulis dan belum juga menemukan jati diri (ihikkki). Tapi saya tetap suka ngeblog, karena saya pikir blog akan jadi warisan buat keluarga. Entah berharga atau tidak di anggapan mereka, karena warisan tak selalu harus berarti cuan, namun juga kenangan dan keberadaan. Selamat ultah blogger Crony.

    ReplyDelete
  18. Masya Allah seru banget acaranya, aku lihat lho updatenya, sayangnya kemarin ga bisa hadir huhuhu

    ReplyDelete
  19. Senang sekali ya bisa mengikuti gelaran Blogger Day 2024 secara langsung. Saya terakhir kali ikut tahun berapa ya itu, pas pandemi. Saking serunya sampai excited banget saya ceritakan di blog. Padahal online, kebayang kalau offline. Semoga suatu saat bisa ikut serta.

    Oh ya, terkait jangan jadi blogger sekadarnya, setuju sih mbak. Minimal untuk menghasilkan satu postingan blog yang cakep aja, ada baiknya kita paham bagaimana memotret yang baik sebagai foto pendukung tulisan, belajar cara membuat infografis (atau sekadar mendesain thumbnail postingan), di luar itu tentunya belajar keterampilan lainnya. Belakangan ini, saya makin semangat menulis artikel ketika tahu bahwa para pembaca mendapatkan manfaat dari tulisan-yang sempat saya anggap biasa saja.

    ReplyDelete
  20. kirain cuma saya aja yang sering ditanya begitu, emang masih ada yang mau baca blog? Kl saya memang selain buat terima job, juga buat catatan diri sendiri mengenai proses misalnya registrasi untuk perpustakaan atau rute busway menuju ke suatu tempat. Kalau bisa berguna juga buat pembaca, ikutan seneng atuh sayah

    ReplyDelete
  21. Masya Allah seru banget sih Mbak Dew. Aku tuh pengen banget ngumpul blogger sebanyak ini kayaknya seru luar biasa gitu jadi kayak zaman dulu blogger kalau ngumpul rame dan heboh bikin kenangan tak terlupakan.

    ReplyDelete
  22. Nuhun, ka Dew atas oleh-olehnya.
    Bener yaa.. Find your value .

    Aku salut sama blogger yang masih mempertahankan ciri khasnya untuk rajin menulis organik. Dan nyaman banget membaca tulisan organik tuh.. Bukan berarti sponsor post tuh ga nyaman, tapi yaa.. kadang kalau POV nya sama suka bingung cari keunikannya.

    Ka Dew.. TERBAIK.
    Semoga menjadi blogger yang dicintai pembacanya dan menghadirkan limpahan jariyyah melalui karya-karyanya yang menginspirasi.

    ReplyDelete
  23. Aku tetap setia sama blog nih, Mba. Memang betul kita harus temukan keunikan dulu minimal style kita itu dimana, setelahnya rezeki datang sendiri. Btw, aku juga datang ke Blogger Day, tapi karena banyak orang jadi bingung mau nyapa siapa.

    ReplyDelete
  24. Waaahhh seru bangeeett yaa.. Aku jadi senang kalau ternyata masih ada komunitas blogger yang aktif. Dan yang ikut rame jugaaa..

    Sebenernya aku blogger yang nulis cuma karena senang, alias lebih mentingin ke perasaan aku sendiri. Entah ada yang baca atau nggak. Atau yang baca hanya sedikit. Aku nggk fokus disitu. Yang terpenting menurut aku adalah aku yang senang dan bahagia bisa nulis banyak meskipun tulisan aku kebanyakan Curcolan ๐Ÿ˜.. hehe

    Keputusan ngeblog 2016 sama sekali nggak aku sesali. Karena seiring waktu berjalan, aku bisa melihat perkembangan tulisan yang dihasilkan dari waktu ke waktu... Pluss bisa kenal banyak orang yanggg Hebat-hebattt, dan nggak julid ๐Ÿ˜Š

    Semoga blogger bisa tetap eksisss yaaa.. Meskipun ditengah gempuran Video Pendek.. ahaha

    ReplyDelete
  25. Mba Dew hadirkah kemarin, wah kita ga sempet ngobrol ya, mari kita singsingkan lengan untuk menunjukan kepada dunia, bahwa blogger akan tetap hidup dan selalu ada untuk memberikan informasi yang bermanfaat. Selamat ulang tahun Blogger Crony, semoga terus jaya dan menjadi komunitas yang selalu mengembangkan potensi para Blogger dan Blogger semakin dikenal

    ReplyDelete
  26. Seru banget bisa ikutan acara BloggerDay bareng BloggerCrony Community. Tentu nya dari acara ini, bisa banyak dapet insight baru, meetup sama temen-temen sefrekuensi dan menyadarkan kita untuk tetapenjaga konsistensi menulis blog walaupun kadang merasa "Duh masa kejayaannya, ga kaya dulu" Tapiii pas lihat bisa ada acara sebesar ini..ternyata blogger masih banyak lho dan artikrl kita di google masih dibutuhkan sama khalayak.
    Mba Dedew keren dan inspiratif, udah sering meretaskan karya berupa buku ๐Ÿ˜.
    Aku harus banyak belajar nih sama mba Dedew supaya bisa meningkatkan kualitas tulisan blog ku yang masih cetek banget isinya.
    Terima kasih sudah menginspirasi lewat berbagai tulisan yang selalu nyaman buat dibaca..semakin sukses mba๐Ÿ˜‡

    ReplyDelete
  27. Ka Dew..
    Akutu malah belum bisa menemukan ciri khasku di medsos.
    Asa pingin miroring dari konten blog, tapi kok aku malah cape sendiri mikirin konsepnya.

    Jadi rasanya seger banget baca tulisan ka Dew ini..
    Berasa dipukpukin dan dibilang "Kincanaa.. kincanayooo..."

    ReplyDelete
  28. Potensi blog masih cerah hingga saat ini. Menulis dengan penuh cinta dengan semangat apa yang ditulis akan memberikan pencerahan buat orang lain. Menulis dengan mengalir dan bahagia. Ini kulakukan sampe sekarang sih. Sekalian juga supaya bisa selalu terbaca dan jadi kenangan

    ReplyDelete
  29. Tersentil sekali saya membaca tulisan ini mbak. Bahwa jangan jadi blogger yang biasa aja, kalau bisa kita harus bisa jadi blogger yang luar biasa. Selama ini saya asal nulis dan terima cuan, udah gitu aja. Wah, ada blogger dari malang juga nih, seru banget pasti acaranya yaa

    ReplyDelete
  30. keren ini catatatnnya, jadi blogger emang dituntut mengikuti zaman, di era digital ini banyak yang harus disesuaikan, ngeblog gak sekedar nulis artikel, tapi kita harus promo juga artikel blog di medsos bahkan video di TikTok ya.

    ReplyDelete
  31. Ngeblog lah terus sampai kau tak kuat menulis lagi, aduduuรบ.. Terima kasih untuk suntikan semangatnya, my beloved sister. Kadang rasanya udah burn out aja dan menjauh dari aktivitas yang satu ini. Tapi entah mengapa, selalu tergoda untuk balik lagi, meski hanya menulis sepotong kisah yang sepertinya kurang penting.

    Yes, klo kita sudah menemukan value kita sendiri di blog, maka kerinduan untuk mengisi blog kita kembali dengan update2 terbaru bakalan muncul terus.

    ReplyDelete
  32. Setuju banget, enggak masalah beralih ke media-media lain, asal enggak melupakan blognya. Hehe. Karena sebagai bloger tentu kita merasa blog itu emang beda, ya.. sensasinya juga lain gitu ketika membuat konten di blog. Itu sih yang aku rasakan ☺️

    ReplyDelete
  33. Wah seru banget nih acara bloggerday, aku belum pernah ikutan.. huuhuu. Suka banget sama tema dan remindernya, mulai sekarang tiap blogger emang mesti updet skill yaaa

    ReplyDelete
  34. Halo Mba... saya ngeblog masih belum konsisten, masih gampang tergoda ngerjain yang lain-lain ^_^. Mudah-mudahan bisa cepat sadar n konsisten ngeblog dari sekarang.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post