Berkenalan dengan Sigit & Ina dari Penerbit Ihsan Media Tangerang - Small Things, Kecil Tapi Penting

Berkenalan dengan Sigit & Ina dari Penerbit Ihsan Media Tangerang

Dear Temans,
Apa kabar? Semoga selalu dalam lindungan Allah, aamiin. Kali ini, aku ingin mengajak kalian berkenalan dengan pasangan muda yang punya kepedulian tinggi terhadap literasi Indonesia

Penerbit Buku Islam Ihsan Media Tangerang
Berkunjung ke Ihsan Media 
Mereka adalah Sigit dan Ina Qiesyam, pemilik Ihsan Media yang berkantor di Perumahan Pondok Jaya Jalan Nako No. 3, Bintaro, Tangerang Selatan, Banten. 

Ihsan Media adalah sebuah penerbit yang peduli terhadap pendidikan anak dan juga pendidikan untuk orang tua. Dengan tagline Inspirasi Amal Kebaikan, Ihsan Media menerbitkan karya Islami dengan harapan agar menjadi inspirasi kebaikan. 

Ya, saat ini anak-anak terkena paparan maha dahsyat dari Youtube dan games online. Kebiasaan membaca makin ditinggalkan. Anak remaja perempuan keasyikan membaca novel online yang belum tentu sesuai dengan nilai-nilai Islami. Karena keprihatinan inilah, pasangan ini kemudian memulai penerbitan Ihsan Media sekitar dua tahun lalu. 

Penerbit Buku Islam Ihsan Media Tangerang
Ikut serta di Pasar Komik Bandung
 (Foto: Instagram Pakoban)

Buku-buku yang Ihsan Media terbitkan sudah cukup banyak jenisnya mulai dari buku aktivitas anak, Buku anak dan remaja hingga novel remaja serta buku parenting. Mereka ingin meningkatkan kesadaran literasi Islam lewat berbagai produknya. 

Karena itulah, Ihsan Media memiliki beberapa lini yang membawahi produknya. Seperti Lini Ihsan Kiss untuk buku-buku anak dan Lini Ihsan Parenting untuk buku seputar pendidikan anak.

Ihsan Media kerap menggandeng berbagai komunitas seperti Komunitas Ibu Bahagia dan Gemasik Karawang untuk bekerja sama menerbitkan buku. Mereka juga memilih memasarkan buku secara online dan lewat reseller, serta berbagai komunitas, daripada menjualnya lewat toko buku yang membutuhkan biaya besar.

Penerbit Buku Islam Ihsan Media Tangerang
Novel favorit Nailah yang dibacanya dua hari

Penerbit Buku Islam Ihsan Media Tangerang
Seri Comus yang imut seunyu komikusnya

Saat aku main ke kantor penerbitan mereka, buku-bukunya cukup banyak dan bergizi. Diantaranya berjudul Menjaring Cahaya, Binaran Hati Ibu Bahagia, buku kumpulan tulisan dari Komunitas Ibu Bahagia ini akan menghangatkan hati para orang tua. 

Ada pula novel remaja setebal 327 halaman berjudul Musim Dingin di Izmir karya Diana Dia. Novel yang menceritakan tentang Ayya Sophia, anak yatim piatu yang ingin mencari keberadaan ayahnya di Turki. Novel tebal ini dilahap Nailah, anakku hanya dalam dua hari dan ia terkesan sekali dengan novel ini. Duh, Mama saja baru baca bab 1 Kak! Kalah deh.

Penerbit Buku Islam Ihsan Media Tangerang
Buku parenting Ihsan Media 

Penerbit Buku Islam Ihsan Media Tangerang
Board book yang lucu dan imut

Untuk balita, ada buku board book Seri Adab Anak Muslim di bawah label Ihsan Kids. Dua buku yang saya baca berjudul Adab Kepada Orang Tua dan Adab Berpakaian. Buku ini ditulis oleh Lisdy Rahayu dan ilustrasi oleh Isminita01. Ceritanya menarik dan tidak menggurui, ilustrasinya juga cantik. Menarik sekali untuk anak balita! 

Untuk menarik minat anak-anak, mereka tertarik untuk menggeluti komik remaja dan anak Islami. Komik dengan gambarnya yang menarik, akan lebih mudah menarik minat anak-anak dan remaja untuk membacanya. Pesan yang disampaikan akan lebih mudah masuk ke benak mereka. 

Bergairahnya dunia komik Islam di Indonesia, dan melihat masih sedikitnya komikus muslimah, keduanya lalu berinisiatif membina sebuah komunitas yang disebut Comus atau Comic Muslimah pada tahun 2017. 

Penerbit Buku Islam Ihsan Media Tangerang
Board book seri Adab Anak Muslim 

Tak disangka, perkembangan Comus terbilang menggembirakan. Anggotanya terdiri dari puluhan komikus muslimah muda yang berbakat. Coba intip saja akun Instagram mereka di @comicmuslimah. Ilustrasi yang terpampang di sana nampak cantik dan menggemaskan. Salah satu anggotanya adalah Isminita yang mengilustrasi buku Seri Adab Anak Muslim tadi. 

Hebatnya, saat mengilustrasi buku-buku tersebut, Isminita masih duduk di kelas 12, dan ia telah dipercaya menggarap empat buku dalam seri itu. Karena karyanya, ia berhasil masuk ke sebuah perguruan tinggi negeri di Solo tanpa tes alias jalur prestasi. Keren ya, Temans! 

Selain karya solo anggotanya, Comus juga telah menerbitkan tiga buku kumpulan komik yang disebut Comus #1 hingga Comus #3. Buku pertama yang terbit tahun 2017 masih bertema umum. Namun buku keduanya bertema Cinta Kami Untuk Palestina yang mengharukan. Buku ketiga temanya tentang ibu, Sebening Cinta Ibu. 

Apa saja rintangan Ina dan Sigit dalam menjalankan Penerbit Ihsan Media ini? Tentu saja ada rintangannya ya, diantaranya adalah biaya cetak buku yang selalu meningkat, SDM ilustrator yang agak sulit dicari karena sering pesanan gambar mereka sudah penuh, mendapatkan percetakan yang bisa mencetak buku anak dengan kemasan unik agak sulit serta input naskah yang masih sedikit.

Namun, mereka optimis penerbitan buku Islami akan tetap berkembang asal mereka selalu menghasilkan produk yang inovatif, kreatif dan unik kemasannya. Jadi harus selalu mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman ya! 

Bagaimana rencana Ihsan Media?
Rencana kedepan mereka adalah menerbitkan minimal 4 buku dalam sebulan, memperbanyak karya literasi anak dalam bentuk buku ilustrasi dan komik serta membuka sinergi dengan berbagai komunitas baik komunitas literasi dan non literasi. Semoga terwujud ya, dan usahanya membawa keberkahan, aamiin!

Nah, tertarik ingin membeli buku-buku Penerbit Ihsan Media atau ingin mengirim naskah buku di Penerbit Buku Islam Ihsan Media Tangerang? Yuk hubungi Mas Sigit dan Mbak Ina di akun Instagram Ihsan Media, ya!

Penerbit Ihsan Media
Komplek Pondok Jaya Jalan Nako C3 No 3 Bintaro Sektor 3A, Pondok Aren Tangerang Selatan, Banten 









34 comments:

  1. Memang banyak banget nih Mbak cobaan kalau mau memulai sesuatu itu hihi

    ReplyDelete
  2. Wah bagus banget nih ya Mbak bukunya. Apalagi tuh yang gambarnya lucu tuh hihi

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah nih ya penerbitannya sukses. Semoga sukses selalu aamiin

    ReplyDelete
  4. Wah kalau bukunya lucu seperti itu covernya si kecil jadi mau membacanya ya

    ReplyDelete
  5. Wah keren banget nih Mbak. Terima kasih atas informasinya ya Mbak

    ReplyDelete
  6. Warbiyasaaakkk pasutri yg mengusung misi mulia
    Semoga ALLAH berikan rezeki berkah dan melimpah kepada pasutri inspiring ini ya mbaaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  7. Suka banget sama taglinenya, nspirasi Amal Kebaikan
    Keren banget Isminita^^

    ReplyDelete
  8. Wah asik banget ya mbak bisa berkenalan langsung ke Ihsan Media. Ada kemungkinan berkolaborasi lebih lanjut dengan komunitas yang mbak ikutin nggak?

    ReplyDelete

  9. Daya tarik komik memang di gambarnya ya, karena itu yang pertama kali dilihat. Komik anak dengan gambar yang menarik pastinya akan membuat anak-anak lebih tertarik untuk membacanya. Btw itu buku board book lucuuu!

    ReplyDelete
  10. Makin banyak penerbit, makin ada peluang juga untuk orang berkarya melalui tulisan dan dijadikan sebuah buku ya mba. Jujur saya baru tahu ada penerbit ini. Melihat ada buku untuk anak, jadi tertarik..Gambar-gambarnya bagus :)

    ReplyDelete
  11. Duh aku penasaran pingn baca Musim DIngin di Izmi apalagi settingnya Turki ya. Cari ah bukunya

    ReplyDelete
  12. wah mantap-mantap mba bukunya, jadi pengen beli nih mau pilih-pilih dulua ah..semoga tetap semangat menerbitkan nih Insan Media sesuai targetnya 4 buku minimal aamiin

    ReplyDelete
  13. Belum punya satupun buku terbitan ihsan media. Jadi kepo sama buku-buku yang sudah diterbitkan.

    ReplyDelete
  14. Saya suka baca komik muslimah. Tidak hanya untuk anak. Bahkan untuk saya pun lebih mudah mencerna kalau dibuat dalam bentuk komik

    ReplyDelete
  15. Lengkap ya bukunya, ibarat kata apa yang kita butuhin ada semua disana

    ReplyDelete
  16. Wah Ihsan Media ini berarti deket atuh ya ama tempat tinggal aku. Tapi aku baru tahu soalnya. MasyAllah aku suka lho penerbit yang mengedukasi sekaligus menanamkan nilai islami pada pembacanya. Semoga mereka sukses dunia akhirat

    ReplyDelete
  17. Aku suka banget membaca tapi anak-anakku susah sekali kalo urusan baca buku kecuali buku sekolah karena terpaksa, padahal sebisa mungkin aku beliin buku yang menarik atau ntak ajak ke toko buku pilih sendiri, sekarang anak-anak mulai remaja dan Alhamdullilah ada penerbit Islami yang konsen menerbitkan buku-buku yang baik, Dengan cover yang menarik Insha Allah anakku mulai tertarik baca buku.

    ReplyDelete
  18. Wahh asik banget mba bisa ketemu dengan pengiat literasi.. pasti banyak ilmu yang bisa didapat yaa.. 😍

    ReplyDelete
  19. Wah, sepertinya aku harus mulai nyari nih buku2 bergizinya Insan Media buat stok di rumah. Buku di rumah aku komik doraemon ama detektif Conan semua nih hehehe

    ReplyDelete
  20. Subhanallah, dengan adanya penerbit Ihsan Media ini akan semakin meramaikan dunia literasi Islam di Indonesia. Aku salut dg foundernya. Semoga terus berjaya dan dapat dukungan dari banyak pihak.

    ReplyDelete
  21. Lihat dari judul judulnya saja aku sudah kepincut pengen baca sampai tuntas
    Semoga banyak giveaway buat buku ini haha

    ReplyDelete
  22. Baarakallahu fiikum buat Ihsan Media dan pemiliknya. Semoga konsisten dan eksis terusss

    ReplyDelete
  23. Aku kira awalnya ihsan media ini bagian dari Rumah sakit IMC di tgr juga..eh ternyata penerbit buku aku baru tau..

    ReplyDelete
  24. Jadi inget temen yang ga tertarik sama blog, karena dasar nya dia emang ga suka baca, sedih sih, minat baca orang2 semakin berkurang. Semoga dengan inovasi dari Ihsan Media, masyarakat terutama kaum Muslim jadi tertarik buat membaca ya.
    Duh jadi kangen baca2 novel islami lagi aku, setelah jd ibu jd susah cari waktu buat namatin buku hehe.

    ReplyDelete
  25. Buku-buku yang diterbitkan ihsan media keren2 ya mbak. Walaupun bukan penerbit mayor, tapi dari tampilan buku yang diterbitkan, desainnya aku suka

    ReplyDelete
  26. Wah, menarik sekali kabar ini. Menyejukkan dan menggembirakan bagi kita para orangtua muslim. Semoga penerbit Ihsan Media ke depannya semakin eksis, ya.

    ReplyDelete
  27. Wah keren nih kantor penerbitnya di Tangsel, deket rumah ortuku. Novelnya juga bagus-bagus ya kovernya.

    ReplyDelete
  28. Semoga next makin banyak yang terinpirasi menjadi seperti mereka, yang menerbitkan / membangun penerbit dengan visi misi mulia, bukan sekedar memikirkan keuntungan saja

    ReplyDelete
  29. Menarik sekali buku-bukunya. Btw, apa bisa penulis kirim naskah ke penerbit Ihsan Media, Mbak?

    ReplyDelete
  30. Ihsan media ini menerima tulisan dari luar apa nggak ya?

    Menerima naskah kiriman gitu...

    ReplyDelete
  31. mau dong nyoba masukin naskah k epenerbit ini ya Mba, moga lolos dan cocok, tapi tunggu yang ini terbit dulu nde, hahaha

    ReplyDelete
  32. MasyaAllah, latar belakang berdirinya keren banget. Semoga menjadi langkah yang baik.untuk terus memberikan yg terbaik.untuk agama dan bangsa nelalui buku / novel terbitan ihsan Media ini...

    Yang kisah begini, pengen aku angkat di rubrik "titik balik" majalah Quran..

    ReplyDelete
  33. Orang-orang yang peduli literasi layak untuk ditulis gerak dan harapannya.

    ReplyDelete
  34. Udah tau juga Ihsan Media tapi sering gak ngeh itu penerbitan mandiri. Aku kira semacam inprint penerbit besar

    ReplyDelete

Recent

recentposts