7 Tempat Wisata Ramah Anak di Jogja - Small Things, Kecil Tapi Penting

7 Tempat Wisata Ramah Anak di Jogja

Dear Temans, Jogja selalu ngangenin ya. Mungkin juga karena  aku nggak bisa sering-sering piknik ke daerah tetangga Jawa Tengah itu, hehe. Wisata di Jogja selalu ada yang baru lho!

  7 Tempat Wisata Ramah Anak di Jogja
7 Tempat Wisata Ramah Anak di Jogja

Beberapa kali aku mengajak anak-anak menginap dan piknik ke Jogja dan mereka bahagia. Apalagi yang namanya ke Kebun Binatang Gembiraloka, suka banget!


Itulah mengapa kalau piknik ke Jogja atau kemanapun, biasanya aku mencari tempat wisata yang ramah anak, alias cocok untuk dikunjungi dan dinikmati bersama anak-anak.

Apalagi yang ada nilai edukasinya, jadi anak tak hanya bermain tapi juga sambil belajar. Apa saja 7 Tempat wisata ramah anak di Jogja? Intip ya!

  7 Tempat Wisata Ramah Anak di Jogja
Jogja Bay (Foto: Jogja Bay Instagram)

1. Jogja Bay

Jogja Bay Pirates Adventures Waterpark memadukan unsur Jawa dan Eropa. Berlokasi di Kawasan Terpadu Maguwo City, Maguwoharjo, Sleman Jogjakarta.

Jogja Bay baru berdiri tahun 2015 dan memliki luas 7,7 hektar. Karena itulah, langsung dinobatkan sebagai tempat wisata air terbesar di Indonesia dengan 19 wahana permainan seru. Anak-anak senang banget  piknik ke sini.

2. Sindu Kusuma Edupark
Sindu Kusuma Edupark ini beralamat di Jalan Jambon, Kragilan, Sinduadi, Mlati, Sleman. Di sini kita bisa mengajak anak-anak menonton film dengan format 8D. Namanya Cinema 8D, yang teknologinya berasal dari Korea.

  7 Tempat Wisata Ramah Anak di Jogja
Sindu Edupark (Foto: Dera Pertiwi)

Tarif menonton film hanya 30 ribu rupiah. Selain itu, banyak wahana seru lainnya seperti Ferris Wheel, Pit Egrang hingga boom boom car. Selain itu ada arena Dino Park dan House of Batik. Tiket masuk per orang Rp75.000. Lumayan terjangkau, ya!

3. Taman Pelangi Monjali

Jika ingin piknik ke sini, sebaiknya malam hari agar anak-anak bisa menikmati keindahan berbagai bentuk lampion. Hehe, namanya saja taman lampion bukanya ya mulai setelah Magrib.  Beralamat di Monumen Jogja Kembali di Jalan Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Jogja

Sayangnya, saat kami ke sana  saat cuaca gerimis jadi agak was-was menikmati keindahan taman pelangi buatan  ini. Taman ini dibangun mengelilingi Monumen Jogja Kembali (Monjali).

Berbagai bentuk benda bisa ditemui di sana mulai dari menara Eiffel hingga bentuk binatang. Cantik! Selain itu, anak-anak bisa bermain trampolin, hingga becak mini dan Bombom  car. Seru!

4. The World Landmarks Merapi Park

Tempat wisata ini tiketnya murah-meriah lho hanya 15 ribu per orang. Kita bisa mengajak anak mengenal  berbagai bangunan yang menjadi ikon sebuah negara ada patung Liberty dari Amerika, Menara Pisa dari Italia dan banyak lagi.
  7 Tempat Wisata Ramah Anak di Jogja
Merapi Landmark (Foto: Endah Endull)

Kita bisa  berfoto bersama anak-anak mengukir kenangan di taman ini. Selain itu, ada pendopo dan kafe untuk tempat makan dan beristirahat. Alamatnya di Jalan Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman.

5. The Lost World Castle

Seperti namanya, tempat wisata ini dibangun menyerupai kastil di Eropa zaman dulu. Beralamat di kaki Gunung Merapi, tepatnya Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Jogja. Tiket masuknya hanya Rp25.000 lho.

Selain kastil-kastil, ada juga pohon-pohon sakura, hingga tenda Bangsa Indian. Menarik banget untuk anak-anak berimajinasi ya! Jika mau datang saat cuaca cerah, kami bisa menyaksikan keindahan Gunung Merapi.

6. Taman Pintar

Ingin belajar yang menyenangkan, main saja ke Taman Pintar! Anak-anak pasti suka sekali main ke sini. Lokasinya di pusat kota, tak  jauh dari Malioboro.

Taman Pintar ini punya banyak wahana untuk belajar dengan cara menyenangkan. Ada "Dinding Berdendang" dan "Pipa Bercerita" untuk belajar tentang gelombang  suara.

Ada pula "Cakram Spektrum Warna" untuk anak-anak belajar tentang warna. Tak hanya itu, kita bisa menonton film hingga belajar menjadi pembawa acara berita  di televisi. Alamatnya di Jalan Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Jogja.

7. Kebun Binatang Gembiraloka

Kebun Binatang Gembiraloka adalah tempat wisata paling seru untuk anak-anak di Jogja. Tiket masuknya cukup terjangkau  bagi anak dan hewan di dalam terawat dan bersih. Kita bisa mengajak anak-anak mengenal berbagai jenis hewan di sini.

Kita juga bisa menyaksikan penjaga satwa memberi makan ular dan lainnnya. Seram! Selain itu ada beberapa permainan yang bisa dilakukan seperti naik gajah dan naik perahu.

Nah, Itulah beberapa wisata ramah anak di Jogja sehingga anak-anak bisa belajar sambil bermain. Jadi jangan ragu untuk ajak anak-anak ke 7 tempat wisata ramah anak yang kurekomendasikan ya!


24 comments:

  1. Anakku minat ke Taman Pintar nih mbak, waktuke JOgja aku gak ngerti Taman Pintar itu apa hihihi. Padahal tinggal googling ya

    ReplyDelete
  2. Yayyy dapat informasi ini dari Mbak Dewi. Karena kebetulan banget insyaAllah tahun ini mau nganter suami ke Jogja sekalian jalan - jalan. Langsung ngincer Jogja Bay ni buat ngajak anak - anak berenang, hihii

    ReplyDelete
  3. Sekarang kebun binatang Gembira Loka udah bagus ya mba. Dulu aku ksana udah lama banget jaman kecil. Destinasinya bener2 cocok untuk anak2 klo wisata ke Jogjaa..

    ReplyDelete
  4. Menarik-menarik deh tempat wisatanya. Bikin aku gereget kepengen cepet2 ngajak anak2 ke Jogja. Udah sejak kapan nih kepengen ke sana. Soalnya belom pernah barengan. Biasanya sendiri2. :)))

    ReplyDelete
  5. Iya bener, Jogja emang selalu ngangenin. Rindu suasana di perkampungannya.

    Btw semuanya aku baru tau tempat wisata yang ramah anak di Jogja tersebut, hihi. Sebelumnya nggak pernah denger.

    ReplyDelete
  6. Slafok sama bianglala nya.. Gede bangettt. Pengen deh nyobain naik bianglala di Sindu Kusuma Edupark itu.. kalau bawaanak pasti dia bakal happy!

    ReplyDelete
  7. Pengin ke Jogja Bay, naget nget nget. Biasanya kalau ke Jogja anak-anak renang di daerah atas. Byuh dinginnya puol, Mbak. Kalau daerahnya agak turun pasti nggak terlalu dingin kan. Selain itu pengin ke Lost Castle. Kemarin pas terakhir ke Jogja nggak sempat, hujan pula pas ke daerah Merapi. Jadi ya batal.
    Pokoknya kalau ngomongin Jogja mah, pengin balik terus.

    ReplyDelete
  8. Wah banayk juga ya tempat wisata di Jogja yang ramah anak

    ReplyDelete
  9. Wah bisa ajak si kecil nih kalau Jogja. Karena banyak tempat wisata yang ramah anak

    ReplyDelete
  10. Keren banget nih The World Landmarks Merapi Park yang ada di Jogja

    ReplyDelete
  11. Sudah lama nih nggak ke Jogja. Jadi, pingin ke sana lagi nih wkwk

    ReplyDelete
  12. Sindu Kusuma Edupark nih bagus banget ya. Tiket masuknya ya lumayanlah :D

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillaah sampai segede ini aku belum pernah sama sekali ke Gembiraloka. Kapan2 ke sana, yuk. Hahaha

    ReplyDelete
  14. Sudah beberapa kali ke Jojja, tapi dari 7 tempat yang direkomendasikan, belum satu pun yang pernah saya kunjungi hehehe..
    Lain kali kalau ke sana, mau mampir ke tempat yang deket, deh!

    ReplyDelete
  15. Yang paling sering dikunjungi ya Kebun Binatang Gembiraloka. Ternyata wisata edukasi di Jogja buat anak2 lumayan juga pilihannya

    ReplyDelete
  16. Paling suka kalau di Jogja itu tiket wisatanya murah yaaa, terjangkau banget meski harus bayar untuk satu keluarga. Kalau bisa ke Jogja lagi saya kayaknya mau ajak anak ke kebun binatang Gembiraloka sama The Lost World Castle, deh. Selain tempat wisata di Jogja kulinernya juga enggak mahal tapi uwennaaak.

    ReplyDelete
  17. Saya sudah ke jogja tapi anak-anak belum karena itu saya ngebet pingin ngajak anak2 jalan-jalan ke jogja, banyak wisata edukasinya ya apalagi sekarang hihihi, dulu tahunya cuma kebun binatang gembiraloka doang.

    ReplyDelete
  18. Dari sekian tempat baru ke Gembiraloka sama Taman Pintar, Mbak. Yg lainnya ku noted nih siapa tau bisa juga dikunjungin pas ke Jogja.

    ReplyDelete
  19. Kangen Jogja, pengen kesana lagi dan menjelejahi wisatanya.

    ReplyDelete
  20. Saya pernah ke Jogja dari Surabaya
    Pertama kalinya saya jatuh cinta sama kota ini
    Apalagi apa saja murah

    ReplyDelete
  21. Mendadak kangen Jogja, Dew haha. Dari ke 7 tempat ini yang pernah aku datangi cuma Taman Pelangi Monjali. Harus diagendakan, nih. Lokasinya banyak di Sleman pula. Hasyek. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  22. Yang aku belum pernah ke situ sindu doang sih. Hehe. Yang lain udah semua bedanya blum pernah ngajak anak anak ke sana.

    ReplyDelete
  23. Jogja memang surganya tempat wisata, banyak wisata kuliner, wisata alam, wisata budaya & edukasi sampai wisata yang ramah untuk anak-anak juga ada. Duh pokoknya Jogja tak pernah membosankan untuk dikunjungi

    ReplyDelete
  24. Wah sampai lupa kapan terakhir ke jogja, kapan yah bisa kesana lagii..

    ReplyDelete

Recent

recentposts